Aplikasi Gratis Membangun SMS Gateway Berbasis Web

Aplikasi Gratis Membangun SMS Gateway Berbasis Web

Bisa jadi di antara pembaca sekalian terdapat yang sedang bingung, apa itu SMS Gateway? SMS Gateway adalah suatu program yang menyediakan metode buat mengirim dan menyambut SMS dari peralatan mobile melalui SMSC( Short Message Service Center).

SMSC merupakan jaringan telepon seluler yang menangani pengiriman SMS. Jadi, ketika seorang mengirimkan sebuah pesan SMS melalui handphone- nya, SMSC bertugas mengirimkan pesan itu ke nomor tujuan. Kita bisa menggunakan metode tersebut untuk mengirim SMS melalui komputer, salah satunya yaitu melalui aplikasi berplatform website.

Aplikasi SMS Gateway biasanya dipakai pada aplikasi bisnis, baik untuk kebutuhan broadcast advertensi, servis data terhadap pengguna, penyebaran konten produk/ jasa serta lain- lain. Karena relatif lebih gampang buat diimplementasikan, SMS Gateway dengan menggunakan handphone GSM/ CDMA modem cukup berkembang dan banyak digunakan.

Pada kesempatan kali ini penulis ingin sedikit berbagi mengenai aplikasi- aplikasi gratis SMS Gateway berplatform website yang dapat digunakan oleh pembaca sekalian. Pembaca bisa mengembangkan sendiri aplikasi SMS Gateway untuk tujuan tertentu lewat platform- platform berikut:

1. Gammu& Wammu

Gammu pada dasarnya merupakan suatu library untuk membangkitkan SMS Gateway. Karena sifatnya yang open source serta mensupport banyak jenis modem, Gammu sangat terkenal dalam pengembangan sistem/ aplikasi berplatform SMS Gateway.

Developer website dapat dengan mudah membuat sistem aplikasi SMS Gateway sederhana cuma dengan memakai script PHP dan database MySQL, dengan bantuan Gammu. Dokumentasi Gammu sangat komplit dan gampang untuk diikuti bagi pendatang baru. Wammu merupakan versi GUI dari Gammu.

2. Kalkun

Kalkun merupakan SMS Gateway open source berplatform website yang tinggal pakai. Tidak seperti pada Gammu, pada Kalkun konsumen tidak perlu melakukan coding. Pengaturan parameter SMS Gateway, yang mencakup tipe modem, nomor port, dan sebagainya dapat dicoba lewat GUI yang sudah disediakan. Instalasi Kalkun sangat mirip dengan metode instalasi aplikasi website berplatform CMS( Content Management System).

Beberapa fitur menarik dari aplikasi Kalkun ini yaitu semacam Multiple database backend, Multiuser, Conversation, Flash SMS, Custom folder management, Phonebook management, SMS bomber, SMS advertisement, SMS content/ member, Simple Auto Reply, dan Unicode support.

3. PlaySMS

PlaySMS termasuk program SMS Gateway yang sudah lumayan lama berkembang, tepatnya sejak tahun 2003 dan masih populer hingga saat ini. PlaySMS merupakan sistem gerbang mobile berplatform website yang fleksibel dalam menangani layanan- layanan seperti SMS Gateway, bulk SMS, personal messaging systems, hingga alat komunikasi korporasi( tim).

Fiturnya yang sangat lengkap dapat dijadikan alternatif yang tepat untuk membangun sistem SMS Gateway.

4. Kannel

Kannel merupakan aplikasi open source untuk WAP dan SMS Gateway. Akan tetapi, Kannel hanya dapat dikembangkan di dalam sistem UNIX( Linux).

Kannel menyediakan layanan untuk mengirim SMS lewat pc yang dilengkapi modem, WAP Push Service, dan konektivitas mobile internet. Untuk memakai Kannel, developer wajib memahami metode memprogram dan menggunakan perintah- perintah dasar yang disediakan oleh Kannel.

Kesimpulan

Dengan menggunakan penyedia SMS Gateway seperti di atas dan masih banyak lagi penyedia SMS Gateway yang lain, kamu juga lebih mudah membuat SMS Gateway hanya dengan membayar untuk SMS ke pihak penyedia dan anda tinggal menggunakannya saja, tidak perlu ribet menggunakan aplikasi di atas. mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan dari postingan ini mudah- mudahan berguna, Terima kasih dan semoga sehat selalu.