Remote AC Daikin Tidak Berfungsi

Penyebab Remote AC Daikin Tidak Berfungsi dan Solusinya

Posted on

Empat Pilar – Penyebab Remote AC Daikin Tidak Berfungsi dan Solusinya. Panduan lengkap mengatasi masalah Remote AC Daikin Tidak Berfungsi dengan langkah mudah dan praktis, serta tips perawatan agar remote kembali normal.

Remote AC Daikin Tidak Berfungsi? Jangan panik! Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai solusi praktis dan efektif untuk mengatasi masalah ini. Siapa sangka, mengatasi remote AC yang tidak berfungsi ternyata tak serumit yang Anda bayangkan. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Remote AC

Remote AC adalah sebuah perangkat yang terdapat pada unit pendingin ruangan yang berfungsi sebagai penghubung antara pemilik dengan unit pendingin ruangan yang dimilikinya.

Dengan menggunakan remote AC, pemilik dapat mengatur suhu dan mode pada AC. Secara singkat, remote AC berfungsi untuk memberikan perintah pada unit AC yang kemudian akan disampaikan melalui gelombang sensor.

Pada umumnya, remote AC sudah termasuk dalam komponen unit pendingin ruangan yang dibeli, sehingga tidak perlu dibeli secara terpisah.

Remote AC membutuhkan daya dari baterai yang terpasang pada bagian belakangnya. Seluruh remote AC dengan jenis AC yang berbeda-beda memiliki fitur yang sama, seperti pengaturan suhu, mode pendinginan, swing, dan kecepatan kipas AC.

Jika terdapat gangguan atau kerusakan pada remote AC, maka pemilik tidak dapat menggunakan AC dengan baik dan benar.

Kegunaan Remote AC Daikin

Seperti telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari remote AC adalah untuk mempermudah pengoperasian AC, karena tidak disediakan panel pengaturan manual pada unit AC.

Remote AC Daikin dilengkapi dengan beberapa tombol dengan fungsi yang berbeda-beda.

Terdapat tombol ON/OFF yang terletak di bagian bawah remote AC dan juga tombol ON/OFF yang berada di bagian atas dengan warna tombol yang berbeda dari yang lainnya.

Untuk mengatur arah hembusan udara secara merata ke semua arah, terdapat tombol swing pada remote AC Daikin dengan simbol sirip.

Untuk menggerakkan komponen kipas pada AC Daikin, terdapat tombol fan yang dilambangkan dengan gambar kipas.

Untuk mempercepat pendinginan pada AC, terdapat tombol turbo pada remote AC Daikin. Selain itu, terdapat tombol mode dengan beberapa pilihan, seperti cool mode, dry mode, dan fan only, yang dapat digunakan untuk mengatur mode sesuai kebutuhan.

Jika ingin meminimalisir penggunaan AC Daikin, cukup mengatur suhu sesuai kebutuhan atau mematikan AC menggunakan tombol ON/OFF pada remote AC.

Penyebab Remote AC Daikin Tidak Berfungsi

Ternyata ada beberapa penyebab mengapa remote AC Daikin tidak berfungsi. Ingin tahu apa saja? Simak penjelasannya di sini ya.

1. Baterai Remote AC Sudah Habis atau Mau Habis

Salah satu penyebab remote AC Daikin tidak berfungsi adalah karena baterainya sudah habis atau hampir habis. Meskipun terdengar sepele, namun hal ini seringkali terjadi pada beberapa orang.

Ciri-ciri baterai remote AC mau habis antara lain layar remot AC terlihat redup, lampu indikator menyala atau berkedip-kedip, bahkan bisa mati total.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda cukup mengganti baterai remote AC dengan yang baru.

2. Inframerah pada Remote AC Rusak

Jika mengganti baterai remote AC tidak berhasil, itu menandakan ada kerusakan pada remote AC. Jika lampu LED tidak menyala setelah baterai diganti, maka ada kemungkinan ada kerusakan pada bagian inframerah.

Kerusakan pada inframerah cukup serius karena berfungsi untuk mengirim dan menerima data. Hal ini menyebabkan remote tidak dapat berfungsi seperti seharusnya.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti remote AC dengan yang baru, baik menggunakan remote AC Daikin yang asli atau menggunakan remote AC universal.

Oh ya, berikut adalah kode remote AC universal yang dapat digunakan untuk menggantikan remote AC yang rusak.

Baca Juga :  Kode Error Pada AC Daikin : Pahami Secara Lengkap

3. Sensor AC Daikin Tidak Berfungsi

Sebelum menyalahkan remote AC yang diduga rusak, kemungkinan masalah terjadi pada bagian indoor AC. Salah satu masalah yang terjadi pada bagian indoor AC adalah kerusakan pada sensor.

Penyebab kerusakan pada sensor AC bervariasi, mulai dari terkena air selama pendinginan, socket sensor yang kendur, debu yang menempel pada socket, atau karena bagian indoor AC sudah cukup tua.

Selalu periksa bagian sensor pada AC, karena bagian ini sangat penting untuk menerima masukan dari pengguna.

4. PCB Modul Rusak

PCB Modul adalah bagian penting yang berfungsi untuk mengontrol semua operasi pendinginan pada AC. Bagian ini juga mengontrol proses menyalakan dan mematikan AC menggunakan remote. Jika remote AC rusak, maka PCB Modul juga mengalami gangguan.

Penyebab PCB Modul rusak bervariasi, bisa disebabkan oleh tegangan listrik yang tidak stabil, unit yang terbakar, atau terjadi korsleting.

5. Ada Bagian yang Hilang

Remote AC Daikin tidak berfungsi dengan baik mungkin disebabkan oleh bagian yang hilang atau tidak lengkap. Bagian yang hilang bisa berupa bagian dalam remote atau luar seperti tombol atau infrared.

Hal ini akan berdampak pada kemampuan remote AC untuk mengirimkan masukan data ke bagian indoor AC.

Pastikan selalu memeriksa kondisi remote AC yang dimiliki untuk memastikan tidak ada komponen yang rusak atau hilang. Jika remote AC masih tidak berfungsi dengan baik, Anda dapat mengganti remote AC dengan remote AC universal atau bawaan.

Cara Memperbaiki Remote AC Daikin Tidak Berfungsi

Ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk memeriksa kondisi remote AC. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Gunakan kamera smartphone atau kamera digital untuk menekan tombol pada remote dan melihat apakah lampu LED menyala atau tidak.
  • Jika lampu LED menyala, itu menandakan bahwa remote berfungsi dengan baik.
  • Namun, jika lampu LED tidak menyala setelah mengganti baterai, mungkin ada kerusakan pada unit remote.
  • Jika lampu LED menyala tetapi remote tidak berfungsi, itu menandakan bahwa inframerah pada remote tidak dapat mengirimkan data ke sensor AC. Atau sebaliknya, sensor AC tidak dapat membaca data yang dikirimkan oleh remote AC.
  • Kegagalan fungsi inframerah juga dapat menyebabkan kerusakan pada IC.
  • Perbaikan komponen IC pada modul PCB dan IC pada remote harus ditangani oleh profesional.

Cara Reset Remote AC Daikin

Cara mereset remote AC Daikin sendiri cukup mudah dan sederhana, tidak jauh berbeda dengan cara mereset remote AC merek lain seperti Sharp, Polytron, dan lainnya.

Berikut adalah langkah-langkah reset remote AC Daikin:

  1. Siapkan remote AC Daikin asli.
  2. Arahkan remote ke unit AC indoor dan tekan tombol “Power” untuk mematikan AC Daikin.
  3. Tekan dan tahan tombol “Reset” pada remote AC hingga lampu indikator pada layar berkedip cepat. Setelah beberapa saat, LED backlight akan mati. Lepaskan tombol “Reset” untuk menyelesaikan proses reset ulang.
  4. Nyalakan AC Daikin dan coba remote dengan mengarahkannya ke unit AC indoor. Tekan tombol “Power” untuk menghidupkan AC Daikin. Jika berhasil, maka remote sudah kembali normal.

Apa Kode Remote AC Daikin?

Seperti halnya barang elektronik lainnya, remote AC Daikin juga dapat mengalami kerusakan. Hal ini tentu akan menyulitkan pengoperasian AC karena tombol pengaturan terdapat pada remote.

Untuk mengatasi masalah ini, dapat dibeli remote Daikin yang baru atau remote universal yang umumnya cocok untuk semua merek dan tipe AC.

Untuk dapat menggunakan remote AC, perlu dilakukan pairing dengan menggunakan kode remote Daikin.

Setiap merek memiliki kode yang berbeda dan untuk remote AC Daikin, kodenya adalah 740-759. Cara memasukkan kode remote juga relatif mudah.

Pertama, nyalakan AC Daikin secara manual dengan menekan tombol ON/OFF yang terdapat pada unit AC.

Setelah AC menyala, arahkan remote ke AC dan tekan dan tahan tombol SET beberapa saat hingga kode di layar remote berkedip-kedip.

Selanjutnya, tekan tombol temperatur hingga sesuai dengan range kode untuk merek Daikin. Jika sudah terdengar bunyi bip, remote AC sudah terhubung dan dapat digunakan dengan menekan tombol OK untuk mengunci kode.

Baca Juga :  Cara Berlangganan Transvision dengan Mudah : TV Kabel Terbaik

Penutup

Dalam kesimpulan, beberapa penyebab umum remote AC Daikin tidak berfungsi meliputi masalah pada baterai, gangguan sinyal, kerusakan komponen, dan kesalahan penggunaan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, beberapa solusi yang bisa dicoba meliputi penggantian baterai, membersihkan sensor, memeriksa komponen remote, serta memastikan penggunaan sesuai dengan petunjuk.

Dengan mengetahui penyebab dan solusi yang tepat, Kalian dapat menjaga kinerja remote AC Daikin tetap optimal dan menikmati kenyamanan udara di dalam ruangan.

Selalu lakukan perawatan rutin dan berkonsultasi dengan teknisi ahli jika diperlukan untuk memastikan keawetan remote AC Kalian.

Itu saja yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Remote AC Daikin Tidak Berfungsi. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/remote-ac-daikin-tidak-berfungsi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *