Aplikasi Pembukuan Usaha

7 Aplikasi Pembukuan Usaha Terbaik yang Gratis

Aplikasi Pembukuan Usaha-Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, kalian wajib mencatat alur finansial yang masuk dan keluar. Untuk memudahkan pencatatan finansial itu, kalian membutuhkan bantuan aplikasi pembukuan. Sebenarnya kalian bisa saja mencatat pembukuan keuangan secara manual. Tetapi, hal itu akan membuat kalian kerepotan, mengingat banyak sekali hal yang harus diurus oleh pebisnis online.

Aplikasi pembukuan dibutuhkan oleh seseorang pebisnis buat mencatat hal- hal yang berhubungan dengan finansial secara rinci dengan menggunakan kemajuan teknologi. Ada banyak sekali aplikasi pembekuan yang ada di internet, baik yang gratis ataupun yang berbayar. Sudah tentu ada perbedaan fitur yang amat mencolok antara aplikasi yang berbayar dan gratis.

Berikut ini adalah aplikasi apa saja yang bisa kalian maanfaatkan dalam mengatur pembukuan.

1. Zahir accounting

Zahir Accounting merupakan aplikasi akuntansi yang sudah akrab di kalangan pebisnis sejak 1996. Zahir banyak sekali membantu pebisnis dan wiraswasta untuk mendukung pencatatan finansial bisnisnya dengan mudah, cepat, dan tepat. Zahir Accounting sudah dipakai oleh lebih dari 30 ribu perusahaan berskala kecil, menengah, serta besar dengan 50 ribuan pengguna( user/ lisensi) di Indonesia dan mancanegara.

Zahir ada dalam bahasa Indonesia dan Inggris mengingat banyaknya konsumen dari berbagai negeri. Zahir sendiri mempunyai bermacam fitur yang membolehkan pengusaha untuk mengendalikan bisnisnya secara realtime mulai dari sales& invoices, purchase, inventory.

2. Moota

Moota merupakan aplikasi untuk pengecekkan mutasi dan saldo rekening, dimana mutasi rekening diperoleh dari akun iBanking kalian. Moota menolong sekali pebisnis yang ingin memeriksa mutasi dana tanpa wajib login berbagai macam e- banking.

Bermacam fitur yang diadakan oleh moota adalah cek transaksi, notifikasi transfe uang yang masuk, eksport data transaksi, unlimited akun bank, dan sebagainya. Moota juga mempunyai fitur API yang bisa mengaitkan Moota dengan sistem web agar pengecekan data transaksi jadi lebih gampang dan otomatis.

3. BukuWarung

Aplikasi berikutnya yang bisa kalian coba adalah BukuWarung. BukuWarung merupakan aplikasi yang memudahkan pebisnis mulai dari utang piutang, kelola persediaan barang, pembukuan usaha.

Aplikasi ini akan sangat berguna untuk UMKM dan juga upaya mikro. Selain itu, aplikasi ini juga mudah untuk dipakai selain itu, aplikasi ini juga free sehingga bisa menghemat budget yang ada.

4. Teman Bisnis

Teman Bisnis merupakan aplikasi yang didesain untuk pebisnis Indonesia untuk mencatat dan mengevaluasi kinerja finansial. Aplikasi ini juga sangat gampang digunakan sekalipun kalian masih awam dalam mengelola finansial.

Teman Bisnis mempunyai bermacam fitur seperti memo transaksi, laporan finansial, utang piutang dan pengelola persediaan barang.

5. Freshbooks

Freshbooks merupakan aplikasi akuntansi yang berpusat di Toronto, Kanada. Freshbooks dioperasikan oleh 2ndSite Inc. yang menyasar bidang usaha UMKM ataupun rasio kecil dan menengah. Aplikasi ini juga sediakan sebuah fitur otomatis pengingat invoice untuk mengumpulkan pembayaran.

6. Akuntansi Kauangan

Akuntansi Keuangan akan menulis dengan metode pembukuan akuntansi. Itu berarti, ada fitur laporan harian, buku besar, neraca saldo, neraca, laba- rugi, dan sebagainya.

Buat memakai aplikasi ini, kalian wajib tahu mengetahui ilmu dasar akuntansi terlebih dulu. Aplikasi ini juga dapat dipakai di ponsel pintar kalian!

7. Paper. id

Paper. id merupakan program yang mempermudah kalian dalam mengurus kebutuhan invoicing. Kalian tidak perlu lagi dalam ribet mengurus dokumen invoice. Tidak cuma invoice, program ini juga mengatur pembayaran dan pendanaan usaha kalian. Paper. id telah diyakini lebih dari 250 ribu pengusaha dan industri besar di seluruh Indonesia.

 

Itulah 7 jenis aplikasi pembukuan untuk bisnis kalian. Bisa dibilang adanya aplikasi ini merupakan hal berarti bagi bidang usaha kalian. Mudah- mudahan Bermanfaat