Apa Itu Undercarriage

Apa Itu Undercarriage? Pengertian, Fungsi dan Perawatannya

Posted on

Empat Pilar – Apa Itu Undercarriage? Pengertian, Fungsi dan Perawatannya. Di dunia mesin berat dan kendaraan, istilah “Apa Itu Undercarriage” memiliki arti yang signifikan. Memahami komponen-komponen undercarriage, fungsi-fungsinya, dan bagaimana merawatnya sangat penting untuk memastikan umur panjang dan efisiensi berbagai mesin, mulai dari bulldozer hingga excavator. Dalam panduan komprehensif ini, kami akan menggali lebih dalam tentang Apa Itu Undercarriage, memberikan cahaya terang pada aspek-aspek pentingnya.

Apa Itu Undercarriage?

Undercarriage adalah sistem penggerak yang digunakan pada kendaraan beroda besar seperti excavator dan bulldozer. Berbeda dengan roda pada umumnya yang berbentuk bulat dan terbuat dari karet, bahan pembuatan undercarriage adalah besi yang saling berhubungan antara bagian satu dengan bagian yang lainnya. Undercarriage memiliki tingkat ketahanan yang sangat baik karena selain digunakan sebagai penggerak, roda-roda ini juga harus mampu menopang beban atau berat dari alat berat tersebut.

Beberapa orang juga mendefinisikan undercarriage sebagai komponen bagian bawah dari alat berat berjenis track rantai yang berperan sebagai pembawa alat berat. Undercarriage ini termasuk dalam kerangka bawah yang masih menjadi bagian dari crawler tracktor.

Komponen Undercarriage

Berikut adalah komponen-komponen undercarriage yang digunakan pada dozer atau traktor:

1. Track Link (Rantai Pelacak)

Track link bersama dengan bushing digunakan sebagai penghubung dan penahan antara satu track link dengan yang lainnya. Ini membantu menjaga kestabilan rantai pelacak.

2. Track Bushing (Penghubung Rantai)

Track bushing dan track pin bekerja sama untuk menghubungkan dan menahan rantai pelacak. Mereka juga berfungsi untuk memisahkan antara bushing dan link dalam rangkaian.

3. Track Line Joint (Sambungan Rantai)

Track link berperan dalam menghubungkan satu rantai pelacak dengan yang lainnya, memastikan rantai tetap terhubung.

4. Track Shoe (Pelat Rantai)

Bagian ini bertugas menopang beban mesin. Track shoe juga memberikan traksi yang memungkinkan mesin bergerak. Ada berbagai jenis track shoe yang sesuai dengan kondisi operasional mesin, seperti extreme service shoe, single grouser shoe, self-cleaning low ground pressure shoe, double grouser shoe, chopper shoe, dan trapezoidal center hole shoe.

5. Track Roller (Roda Pelacak)

Track roller berfungsi menahan mesin dan memungkinkannya bergerak di atas track. Terdapat dua jenis track roller, yaitu double flange roller dan single flange roller.

6. Carrier Roller (Roda Pembawa)

Komponen ini digunakan dalam undercarriage untuk menahan beban dari rantai yang berada di antara sprocket dan idler. Carrier roller juga membantu meratakan gerakan rantai di bagian atas.

7. Sprocket (Gigi Pemutar)

Sprocket bertugas meneruskan tenaga yang diperoleh dari final drive agar sampai ke bushing track link. Cara kerja sprocket adalah dengan menarik track bushing dan menggerakkan rangkaian rantai sehingga memungkinkan alat berat untuk bergerak.

8. Idler (Pemandu Rantai)

Fungsi idler adalah sebagai panduan untuk memungkinkan rantai masuk dan keluar dari track roller. Selain itu, idler juga membantu menahan sebagian beban mesin dan membantu mengendalikan rantai. Pada undercarriage dengan jenis elevated sprocket, terdapat dua idler yang ditempatkan di depan dan belakang mesin. Sedangkan pada undercarriage dengan jenis oval track, hanya terdapat satu idler.

Fungsi Undercarriage

Selanjutnya, penting bagi kalian untuk memahami fungsi dan kegunaan dari undercarriage. Beberapa orang mungkin mendefinisikan undercarriage sebagai komponen bagian bawah dari alat berat berjenis track rantai yang berfungsi sebagai penopang utama untuk alat berat tersebut.

Hal ini dikarenakan sistem penggerak undercarriage ini adalah bagian integral dari crawler tracktor. Secara umum, undercarriage memiliki beberapa fungsi atau kegunaan yang penting. Untuk memahaminya dengan lebih baik, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa fungsi dari komponen sistem penggerak alat berat ini:

Baca Juga :  Cara Menggunakan Cup Sealer : Panduan Mudah Pemula

1. Menggerakkan Alat Berat

Undercarriage bekerja sama dengan sistem kemudi dan rem untuk menggerakkan unit alat berat ke depan, mundur, ke kiri, dan ke kanan. Ini memungkinkan operator untuk mengendalikan pergerakan alat berat sesuai dengan kebutuhan.

2. Menopang Beban

Salah satu peran utama undercarriage adalah menopang beban dari alat berat. Ini termasuk berat alat itu sendiri dan beban yang dibawanya. Undercarriage harus dirancang dan dipelihara dengan baik untuk menangani beban ini dengan aman.

3. Pendukung dan Pembawa Unit

Undercarriage juga berfungsi sebagai pendukung utama alat berat dan sebagai pembawa unit tersebut. Ini berarti undercarriage harus stabil dan kuat untuk menjaga alat berat tetap seimbang dan mampu mengatasi berbagai kondisi medan.

Jenis Undercarriage

Setelah memahami apa itu undercarriage, fungsi, dan klasifikasinya, langkah selanjutnya adalah memahami jenis-jenisnya. Dilihat dari bentuknya, sistem penggerak ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu track oval dan track sprocket terangkat.

1. Track Oval

Secara umum, track oval adalah bagian belakang dari konstruksi sprocket pada mesin, sementara idler terletak di bagian depan mesin. Di atas rangka track, terdapat 1 atau 2 carrier roller dan beberapa track roller di bagian bawahnya.

Komponen yang langsung berinteraksi dengan mesin adalah track line. Track line berfungsi sebagai penghubung yang penting, sedangkan track shoe berperan sebagai alat berat untuk menopang mesin.

2. Track Sprocket Terangkat

Jenis komponen sistem penggerak kedua ini memungkinkan sinal drive dan sprocket tidak harus menanggung beban berat mesin secara langsung. Selain itu, posisinya yang lebih tinggi juga membuatnya lebih bersih dari lumpur.

Ini juga merupakan salah satu alasan mengapa final drive adalah komponen yang tahan lama dan memiliki masa pakai lebih lama daripada komponen lainnya. Yang menarik, mesin akan lebih seimbang, menghasilkan gaya dorong atau traksi yang lebih besar, dan memungkinkan rangka track roller bergerak lebih fleksibel.

Perawatan dan Perbaikan Undercarriage

Undercarriage pada alat berat kalian merupakan salah satu komponen yang bisa menyebabkan perbaikan yang mahal. Agar kalian dapat memaksimalkan produktivitas dan mendapatkan hasil investasi yang terbaik, sangat penting untuk melakukan perawatan rutin dan menghindari perbaikan yang berat di kantong. Langkah pertama adalah dengan menghindari tindakan yang dapat merusak undercarriage, seperti mengemudi dengan kecepatan tinggi, mundur berlebihan, atau melakukan putaran track yang berlebihan, dan masih banyak lagi.

Manajer peralatan harus melakukan pemeriksaan berkala terhadap tingkat keausan pada pin dan bushing karena kurangnya pelumasan. Jika tidak ada tindakan yang diambil untuk mengatasi masalah ini, maka bisa berpotensi menyebabkan rantai menjadi terlalu kencang atau longgar pada treknya. Selain itu, kalian juga dapat mempertimbangkan untuk memutar bagian-bagian ini dengan cara membalik bushing dan pin yang sering digunakan pada sisi tertentu. Tindakan ini akan membantu memperpanjang umur undercarriage kalian sebelum akhirnya kalian harus membawanya ke ahli perbaikan khusus untuk menjalani perawatan yang lebih mendalam.

Kesimpulan

Dalam merangkum pembahasan dari empatpilar.com ini, memahami apa itu undercarriage bukan hanya penting bagi para mekanik atau insinyur otomotif tetapi juga bagi setiap pemilik kendaraan. Undercarriage adalah komponen dasar yang menopang seluruh beban kendaraan, memastikan kinerja optimal dari roda dan sistem pengekangan, serta mempengaruhi kestabilan dan keamanan saat berkendara.

Oleh karena itu, menjaga dan merawat undercarriage dengan tepat adalah langkah kunci untuk memaksimalkan umur panjang dan efisiensi kendaraan kalian. Sebagai bagian yang seringkali dilupakan, undercarriage sejatinya memerlukan perhatian yang sama seperti mesin atau sistem lainnya dalam kendaraan.

Jangan biarkan ketidaktahuan atau kelalaian membawa kalian ke jalan yang berbahaya atau mahal untuk ditempuh. Jadi, selalu periksa dan pastikan bahwa undercarriage kalian dalam kondisi terbaik, karena keamanan dan kenyamanan kalian bergantung pada komponen ini.

Baca Juga :  Pengertian Wheel Loader : Fungsi, Cara Kerja dan Jenisnya Secara Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *