Mengenal Alat musik Idiophone

Mengenal Alat musik Idiophone : Ciri-Ciri dan Contohnya

Posted on

Empat Pilar – Mengenal Alat musik Idiophone : Ciri-Ciri dan Contohnya. Alat musik idiophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran badan alat musik itu sendiri. Alat musik ini sering disebut sebagai alat musik pukul atau gesek.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang alat musik idiophone, mulai dari pengertian, jenis, hingga contohnya.

Apa Itu Alat Musik Idiophone?

Alat musik idiophone adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran badan alat musik itu sendiri. Idiophone berasal dari kata Yunani, yaitu “idios” yang berarti “sendiri” dan “phone” yang berarti “suara”.

Alat musik idiophone biasanya terbuat dari bahan padat, seperti kayu, logam, atau batu. Getaran dihasilkan dengan cara dipukul, digesek, atau digoyangkan.

Ciri-Ciri Alat Musik Idiophone

Ciri-ciri alat musik idiophone dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu ciri umum dan ciri khusus.

  • Sumber bunyi berasal dari badan alat musik itu sendiri.
  • Tidak memerlukan senar atau membran untuk menghasilkan suara.
  • Getaran dihasilkan dari bentuk, ukuran, dan bahan pembuatannya.
  • Tidak memerlukan sumber suara eksternal seperti listrik atau udara.

Contoh Alat Musik Idiophone

Ada banyak macam alat musik idiophone, dan tentunya berbeda-beda pula di berbagai negara. Di Indonesia sendiri juga beberapa contoh alat musik idiophone yang paling sering dijumpai, seperti berikut ini:

1. Simbal

Simbal adalah alat musik idiophone yang terbuat dari logam. Simbal terdiri dari dua lempengan logam yang tipis dan pipih. Lempengan logam tersebut biasanya terbuat dari perak, nikel, atau kuningan.

Ada dua cara memainkan simbal. Cara pertama adalah dengan dipukul menggunakan stick. Stick simbal biasanya terbuat dari kayu atau plastik. Cara kedua adalah dengan saling memukul dua buah simbal.

Simbal biasanya digunakan dalam berbagai genre musik, seperti jazz, rock, dan marching band. Simbal sering digunakan untuk menghasilkan suara yang keras dan nyaring.

2. Glockenspiel

Glockenspiel adalah alat musik idiophone yang terbuat dari logam. Glockenspiel terdiri dari deretan batang logam yang disusun secara berjajar. Batang logam tersebut biasanya terbuat dari perak, nikel, atau kuningan.

Glockenspiel dimainkan dengan dipukul menggunakan stick. Stick glockenspiel biasanya terbuat dari kayu atau plastik.

Glockenspiel biasanya digunakan dalam berbagai genre musik, seperti klasik, jazz, dan marching band. Glockenspiel sering digunakan untuk menghasilkan suara yang melodis.

3. Angklung

Angklung adalah alat musik idiophone yang terbuat dari bambu. Angklung terdiri dari beberapa bambu yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan bunyi yang berbeda-beda.

Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Saat angklung digoyangkan, bambu-bambu tersebut akan bergetar dan menghasilkan bunyi.

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Angklung sering digunakan dalam berbagai acara budaya, seperti pertunjukan seni dan upacara adat.

4. Kolintang

Kolintang adalah alat musik idiophone yang terbuat dari kayu. Kolintang terdiri dari beberapa bilah kayu yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan bunyi yang berbeda-beda.

Kolintang dimainkan dengan dipukul menggunakan tongkat kayu. Tongkat kolintang biasanya terbuat dari kayu dengan kepala yang terbuat dari karet atau kain tebal.

Kolintang adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Kolintang sering digunakan dalam berbagai acara budaya, seperti pertunjukan seni dan upacara adat.

Baca Juga :  Alat Musik Saluang Dimainkan dengan Cara? Pengertian dan Fungsinya

5. Saron

Saron adalah alat musik idiophone yang terbuat dari logam. Saron terdiri dari beberapa bilah logam yang disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan bunyi yang berbeda-beda.

Saron dimainkan dengan dipukul menggunakan tongkat kayu. Tongkat saron biasanya terbuat dari kayu dengan kepala yang terbuat dari kayu.

Saron adalah alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah. Saron sering digunakan dalam berbagai pertunjukan gamelan.

6. Kenong

Kenong adalah alat musik idiophone yang terbuat dari logam. Kenong memiliki bentuk seperti tabung dengan tonjolan di bagian tengah. Kenong biasanya dimainkan dengan dipukul menggunakan stik kayu.

Kenong adalah alat musik yang penting dalam gamelan. Kenong berfungsi untuk menghasilkan nada dasar dan mengisi irama. Kenong biasanya dimainkan bersama dengan alat musik lain seperti saron, demung, dan bonang.

7. Gender

Gender adalah alat musik idiophone yang terbuat dari logam. Gender memiliki bentuk seperti bilah logam yang disusun berjajar. Gender biasanya dimainkan dengan dipukul menggunakan stik kayu.

Gender adalah alat musik yang penting dalam gamelan. Gender berfungsi untuk menghasilkan nada melodis. Gender biasanya dimainkan bersama dengan alat musik lain seperti saron, demung, dan bonang.

8. Bonang

Bonang adalah alat musik idiophone yang terbuat dari logam. Bonang memiliki bentuk seperti tabung dengan tonjolan di bagian tengah. Bonang biasanya dimainkan dengan dipukul menggunakan bindhi.

Bonang adalah alat musik yang penting dalam gamelan. Bonang berfungsi untuk menghasilkan nada melodis. Bonang biasanya dimainkan bersama dengan alat musik lain seperti saron, demung, dan gender.

9. Kempul

Kempul adalah alat musik idiophone yang terbuat dari logam. Kempul memiliki bentuk seperti tabung dengan tonjolan di bagian tengah. Kempul biasanya dimainkan dengan dipukul menggunakan stik kayu.

Kempul adalah alat musik yang penting dalam gamelan. Kempul berfungsi untuk menghasilkan nada dasar dan mengisi irama. Kempul biasanya dimainkan bersama dengan alat musik lain seperti gong, kenong, dan bonang.

10. Gong

Gong adalah alat musik idiophone yang terbuat dari logam. Gong memiliki bentuk seperti tabung dengan tonjolan di bagian tengah. Gong biasanya dimainkan dengan dipukul menggunakan stik kayu.

Gong adalah alat musik yang penting dalam gamelan. Gong berfungsi untuk menghasilkan nada dasar dan mengisi irama. Gong biasanya dimainkan pada saat akhir lagu atau untuk menegaskan bagian tertentu dari lagu.

Penutup

Demikianlah pembahasan dari empatpilar.com ini mengenai alat musik idiophone. Alat musik ini memiliki keunikan tersendiri karena suaranya dihasilkan dari getaran alat musik itu sendiri. Alat musik idiophone dapat ditemukan di berbagai negara dan budaya, termasuk Indonesia.

Berikut adalah beberapa poin penting yang dapat dipelajari dari artikel ini:

  • Idiophone adalah alat musik yang menghasilkan suara dari getaran alat musik itu sendiri.
  • Alat musik idiophone dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu membranophone dan non-membranophone.
  • Contoh alat musik idiophone antara lain gong, xylophone, marakas, dan angklung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *