Apa itu VRR dan Manfaatnya

Apa itu VRR dan Manfaatnya? Pembahasan Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Apa itu VRR dan Manfaatnya? Pembahasan Lengkap. Dalam ranah gaming dan teknologi visual, Variable Refresh Rate (VRR) telah menjadi istilah yang semakin sering terdengar. Namun, bagi sebagian orang, konsep ini mungkin masih terasa asing. Jadi, apa sebenarnya VRR itu, dan mengapa begitu penting?

Di dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam tentang Apa itu VRR dan Manfaatnya serta bagaimana teknologi ini memberikan manfaat signifikan dalam pengalaman gaming dan visual pada perangkat modern.

Apa itu VRR dan Manfaatnya?

Variable Refresh Rate (VRR) adalah teknologi yang memungkinkan tampilan layar untuk menyesuaikan tingkat pembaruan gambar secara dinamis dengan tingkat output grafis yang dihasilkan oleh kartu grafis atau konsol permainan. Dalam dunia gaming, VRR berfungsi untuk mengatasi masalah umum yang dikenal sebagai “image tearing” atau gambar yang terlihat terpecah-pecah.

Image tearing terjadi ketika output grafis dari kartu grafis atau konsol tidak selaras dengan pembaruan layar yang konstan. Hal ini terutama terlihat saat bermain game dengan gerakan cepat, di mana gambar yang ditampilkan pada layar tidak selalu sejajar dengan pembaruan layar yang terjadi secara periodik. Hasilnya, gambar tampak “terkoyak” atau “robek”, yang mengganggu pengalaman visual dan dapat mengganggu konsentrasi pemain.

VRR mengatasi masalah ini dengan memungkinkan layar untuk menyesuaikan tingkat pembaruan gambar secara dinamis dengan output grafis yang dihasilkan. Dengan demikian, layar dapat menyinkronkan pembaruan gambar dengan output grafis yang terjadi secara real-time, menghasilkan gambar yang lebih halus dan bebas dari image tearing.

Teknologi VRR tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk G-SYNC dari NVIDIA dan FreeSync dari AMD untuk monitor PC, serta fitur VRR yang tertanam dalam standar HDMI™ 2.1 yang digunakan dalam konsol permainan seperti PS5. Meskipun implementasinya mungkin sedikit berbeda, tujuan VRR tetap sama: memberikan pengalaman visual yang lebih halus dan bebas dari gangguan seperti image tearing. Dengan VRR, para gamer dapat menikmati pengalaman bermain game yang lebih imersif dan responsif.

Cara Menggunakan VRR

Setelah mengetahui Apa itu VRR dan Manfaatnya, nah selanjutnya dalam Mengaktifkan dan menggunakan fitur Variable Refresh Rate (VRR) untuk meningkatkan pengalaman gaming Anda bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan VRR:

  1. Pastikan Perangkat Mendukung VRR:
    Pastikan bahwa perangkat Anda, baik itu PC atau konsol game, sudah mendukung VRR. Periksa spesifikasi perangkat Anda atau panduan pengguna untuk memastikan kemampuannya.
  2. Hubungkan Perangkat ke Televisi atau Monitor:
    Sambungkan perangkat Anda ke port HDMI pada televisi atau monitor yang mendukung VRR. Pastikan kabel HDMI yang Anda gunakan juga mendukung VRR.
  3. Aktifkan VRR di Perangkat:
    Pada perangkat Anda, pergilah ke pengaturan atau menu display. Cari opsi yang berkaitan dengan VRR atau sinkronisasi refresh rate dan aktifkan fitur tersebut. Di konsol game seperti PS5, fitur VRR mungkin dapat diaktifkan langsung dari pengaturan perangkat.
  4. Atur Pengaturan VRR di TV atau Monitor:
    Jika menggunakan televisi atau monitor yang mendukung VRR, pastikan bahwa fitur ini diaktifkan di pengaturan layar. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi untuk mengaktifkan VRR di menu pengaturan layar atau opsi gambar pada televisi atau monitor.
  5. Uji Coba dan Penyesuaian:
    Setelah mengaktifkan VRR, uji coba pengaturan tersebut dengan bermain game atau menampilkan konten grafis yang memerlukan respons cepat. Perhatikan apakah ada perbedaan yang signifikan dalam hal kehalusan gerakan dan pengurangan image tearing.
  6. Periksa Kompatibilitas Port HDMI:
    Sebagai catatan tambahan, pastikan untuk memeriksa apakah semua port HDMI di televisi Anda mendukung fitur VRR. Terkadang, hanya beberapa port tertentu yang mendukung fitur ini. Periksa panduan pengguna atau situs web produsen untuk informasi lebih lanjut tentang kompatibilitas port HDMI.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan dan menggunakan fitur VRR untuk meningkatkan pengalaman gaming Anda. Pastikan untuk memeriksa kompatibilitas perangkat dan pengaturan yang sesuai untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga :  Daftar Satelit TV Gratis (Frekuensi C Band dan Ku Band) Terbaru

Jenis-Jenis VRR

Saat ini terdapat 3 jenis teknologi VRR yang digunakan oleh televisi. Kebanyakan televisi hanya mendukung satu atau dua jenis VRR saja, namun ada juga beberapa televisi yang mendukung ketiganya secara sekaligus. Berikut adalah ketiga jenis VRR tersebut:

1. HDMI VRR

Fitur Variable Refresh Rate (VRR) merupakan salah satu inovasi terbaru yang dihadirkan oleh HDMI versi 2.1. Produsen televisi pun dengan cepat mengadopsi teknologi ini dengan memasang port HDMI 2.1 pada perangkat televisi terbaru mereka untuk mendukung fitur VRR.

VRR yang terintegrasi dalam HDMI 2.1 berfungsi secara standar, yang memungkinkan tingkat pembaruan layar berubah secara dinamis sesuai dengan frame rate yang dihasilkan oleh permainan yang sedang dimainkan.

Umumnya, setiap televisi yang mendukung VRR juga akan mendukung fitur HDMI VRR. Namun, tidak semua televisi yang dilengkapi dengan port HDMI 2.1 secara otomatis mendukung VRR, karena keputusan implementasi fitur pada setiap perangkat dapat berbeda-beda tergantung pada pilihan produsen televisi.

Saati ini, sejumlah konsol game terbaru, seperti Xbox Series X, Xbox Series S, Xbox One X, Xbox One S, dan PlayStation 5, telah mendukung fitur HDMI VRR. Sementara itu, kartu grafis NVIDIA RTX 2000 ke atas dan AMD Radeon RX 5000 ke atas juga telah menyediakan dukungan untuk teknologi ini.

2. AMD FreeSync: Solusi VRR dari AMD

FreeSync merupakan teknologi Variable Refresh Rate (VRR) yang dikembangkan oleh AMD untuk monitor dan televisi. Tujuannya adalah untuk mengatasi masalah screen tearing dan menyajikan tampilan yang halus dengan menyesuaikan refresh rate layar dengan frame rate yang dihasilkan oleh kartu grafis.

Berbeda dengan teknologi VRR lainnya, FreeSync menggunakan standar terbuka yang dikenal sebagai Adaptive Sync. Awalnya, standar ini hanya berfungsi melalui DisplayPort, namun kini telah mendukung juga melalui koneksi HDMI. FreeSync dari AMD menjadi pesaing utama bagi teknologi sejenis, yaitu G-SYNC dari NVIDIA.

Selain varian standarnya, FreeSync juga hadir dalam dua versi lain dengan fitur tambahan, yaitu FreeSync Premium dan FreeSync Premium Pro. Kedua versi ini menawarkan fitur tambahan seperti Low Framerate Compensation (LFC) dan dukungan untuk HDR.

Saat ini, banyak televisi yang sudah mendukung teknologi FreeSync bersamaan dengan HDMI VRR. Beberapa konsol game, seperti Xbox Series X, Xbox Series S, Xbox One X, dan Xbox One S, juga telah mendukung fitur ini.

3. NVIDIA G-SYNC

G-SYNC adalah teknologi Variable Refresh Rate (VRR) yang dikembangkan oleh NVIDIA dengan tujuan yang sama seperti FreeSync dan HDMI VRR, yaitu untuk menghilangkan screen tearing dan menyajikan tampilan gameplay yang lebih halus.

Pada awalnya, implementasi G-SYNC membutuhkan chip khusus yang harus dipasang di dalam monitor. Chip ini bertugas mengontrol refresh rate monitor dan memastikan sinkronisasi yang ketat dengan kartu grafis NVIDIA yang digunakan oleh PC.

Sebagai akibatnya, monitor harus memiliki sertifikasi G-SYNC agar dapat mendukung teknologi ini. Karena kebutuhan akan chip khusus tersebut, monitor yang mendukung G-SYNC cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan monitor yang mendukung FreeSync saat awal peluncurannya.

Namun, seiring berjalannya waktu, NVIDIA mulai mendukung standar terbuka dan memperkenalkan sertifikasi “G-SYNC Compatible”. Dengan sertifikasi ini, monitor yang awalnya dirancang untuk mendukung FreeSync juga dapat berfungsi dengan kartu grafis NVIDIA.

Perlu diketahui bahwa televisi yang mendukung VRR dari G-SYNC biasanya hanya memiliki sertifikasi “G-SYNC Compatible” dan tidak dilengkapi dengan chip khusus di perangkat kerasnya. Oleh karena itu, televisi yang mendukung G-SYNC juga biasanya mendukung FreeSync dan HDMI VRR secara bersamaan. Selain itu, NVIDIA juga menawarkan G-SYNC Ultimate, yang menghadirkan fitur-fitur lanjutan seperti refresh rate tinggi dan dukungan untuk konten HDR.

Penutup

Dengan semakin majunya teknologi, kita sering kali disuguhi dengan berbagai akronim dan inovasi baru. Salah satu yang sedang naik daun adalah VRR atau Variable Refresh Rate. Apa sebenarnya VRR itu dan apa manfaatnya bagi pengguna? Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi konsep dasar dari VRR serta menganalisis bagaimana teknologi ini memberikan pengalaman yang lebih baik dalam bermain game, menonton film, dan bahkan melakukan tugas sehari-hari di layar.

Baca Juga :  Kloset Duduk VS Kloset Jongkok Mana Yang Terbaik? Simak Ulasannya

Dengan VRR, pengguna dapat menghindari stuttering, tearing, dan lag yang sering mengganggu saat menggunakan layar komputer atau perangkat gaming. Dengan demikian, VRR tidak hanya merupakan inovasi teknologi, tetapi juga merupakan langkah ke arah pengalaman pengguna yang lebih mulus dan memuaskan.

Itu saja pembahasan secara lengkap mengenai Apa itu VRR dan Manfaatnya, yang bisa empatpilar.com sampaikan secara lengkap. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *