Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum

Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum Secara Lengkap. Temukan cara mengatasi body samping kulkas nyetrum dengan langkah-langkah sederhana dan praktis untuk menjaga keselamatan keluarga Kalian di rumah.

Kulkas merupakan alat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar.

Namun, masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kulkas adalah adanya nyetrum pada body samping kulkas.

Artikel ini akan membahas Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum secara mendalam dan menyajikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Penyebab Kulkas Nyetrum di Body Samping

Sebelum memahami Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum, liaht dulu di bawah ini masalah umum yang biasa mengakibatkan kulkas nyetrum, umumnya di bagian body samping kanan dan kiri.

1. Grounding tidak terpasang

Grounding, atau yang juga dikenal sebagai Arde, adalah suatu jalur kabel terpisah yang dipasang pada instalasi listrik dan terhubung dengan tanah. Kabel ini tidak terhubung dengan kabel-kabel lainnya.

Sebagian besar perangkat elektronik rumah tangga sudah dilengkapi dengan grounding.

Namun, terkadang grounding tidak berfungsi dengan baik dan dapat menyebabkan perangkat tersebut mengalami kejutan listrik.

Kabel power supply biasanya memiliki tiga jenis kabel dengan warna merah, biru atau hitam, serta hijau atau kuning. Warna merah digunakan untuk tegangan positif, warna biru atau hitam untuk negatif, dan hijau atau kuning untuk grounding.

Salah satu cara mudah untuk mengatasi masalah grounding adalah dengan membalik posisi stop kontak. Hal ini dapat memperbaiki masalah grounding pada sebagian besar kasus.

Namun, jika masalah masih terjadi, mungkin perlu membuat kabel grounding sendiri. Jika tidak tahu cara membuatnya, artikel tips mengatasi masalah grounding pada perangkat elektronik dari kami mungkin dapat membantu.

Meskipun kejutan listrik yang dihasilkan dari masalah grounding tidak terlalu besar, namun bagi orang yang tidak berpengalaman, hal ini dapat cukup mengejutkan dan menakutkan.

2. Masalah di bagian sistem kelistrikan

Masalah pada kabel kelistrikan bisa menyebabkan kulkas mengalami kejutan listrik, terutama pada bagian samping, belakang, dan dalam kulkas.

Salah satu penyebabnya adalah terkelupasnya kabel yang kemudian menempel pada body kulkas.

Masalah lainnya bisa terjadi akibat korsleting pada komponen fuse defrost dan fuse heater, terutama pada kulkas model dua pintu yang sering terkena air.

Untuk mengatasi masalah ini, kita perlu memeriksa kabel kelistrikan secara menyeluruh dan membongkar bagian dalam kulkas untuk memeriksa setiap komponen.

Jika perlu, bisa membaca wiring diagram yang tertempel pada body kulkas untuk memastikan jalur kelistrikan sudah sesuai.

Namun, jika tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup, sebaiknya meminta bantuan teknisi kulkas untuk menghindari kerusakan yang lebih serius dan memastikan masalah terselesaikan dengan tepat.

3. Mesin kompresor sudah short body

Penyebab utama kompresor short body pada kulkas adalah adanya komponen yang korslet di dalam kulkas.

Hal ini umumnya menyebabkan naiknya nilai ampere dan membuat kulkas nyetrum serta tidak dingin. Bahkan, MCB listrik bisa turun secara tiba-tiba saat kulkas dinyalakan.

Masalah ini tidak bisa diperbaiki dan satu-satunya solusi adalah dengan mengganti mesin kompresor.

Kita bisa memilih untuk membeli kompresor baru atau mencari kompresor kulkas bekas yang lebih terjangkau harganya.

Baca Juga :  Yuk, Kenali Apa Saja Manfaat Memiliki Kulkas Besar ?

Meskipun bekas, kompresor seken bisa menjadi pilihan yang baik jika kita bisa memilihnya dengan bijak dan teliti. Kompresor bekas biasanya lebih tahan lama jika dipilih dengan tepat.

Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum

Jangan panik jika kulkas Anda nyetrum, tetapi segera putuskan arus listriknya dan cari tahu penyebabnya. Berikut adalah beberapa cara mengatasi kulkas yang nyetrum:

1. Perbaiki Kompresor

Jika kompresor kulkas sudah short body, solusinya adalah dengan menggantinya. Short body terjadi ketika isolasi gulungan dalam kompresor mengelupas sehingga kawat menempel pada body kompresor.

2. Pasang Grounding

Pasang kabel grounding yang langsung dialirkan ke tanah. Meski pins dapat mengalirkannya ke tembok, hasilnya lebih baik jika langsung ke tanah.

Tempelkan kabel ke body kulkas di bagian manapun asalkan teraliri listrik. Ujung kabel yang lain ditanam ke dalam tanah atau dinding, dan pins bisa memasang paku pada ujung kabel tersebut.

3. Ganti Kabel

Jika kabel terkelupas di bagian menuju steker atau heater, solusinya adalah menggantinya.

Apabila kerusakan pada kabel sangat parah, maka harus diganti. Namun jika hanya terkelupas sedikit, bisa diisolasi pada area yang mengelupas.

Letakkan kulkas di area yang aman agar kemungkinan kabel rusak semakin kecil, dan hindari menaruh kulkas di tempat yang lembab.

Cara Mengatasi Kulkas Boros Listrik

Setelah memahami Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum, selanjutnya kulkas yang sering nyetrum juga dapat mengakibatkan boros listrik. Jika setelah diperbaiki tagihan listrik tetap tinggi, maka lakukan tips berikut:

1. Jangan Sering Buka-Tutup Pintu Kulkas

Kebiasaan ini dapat meningkatkan penggunaan listrik. Pintu kulkas yang tertutup rapat dapat membantu menjaga suhu dingin dengan cepat.

Jika terlalu sering membuka dan menutup kulkas, maka akan memakan energi yang banyak dari kulkas.

Suhu udara hangat dari luar juga dapat mempengaruhi suhu dalam kulkas. Proses pendinginan udara panas ini membutuhkan energi yang besar.

Hal yang sama terjadi ketika memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas.

2. Beri Jarak yang Tepat

Penempatan kulkas juga sangat penting untuk mengurangi penggunaan listrik yang boros.

Sebaiknya kulkas diletakkan minimal 15 cm dari dinding. Pins juga dapat memberikan jarak minimal 30 cm dari sekitar kulkas.

Hal ini bertujuan agar kulkas tidak cepat panas. Dengan memberikan jarak yang tepat, beban kerja kulkas akan lebih ringan dan dapat mengurangi penggunaan listrik yang boros.

3. Isi Kulkas dengan Penuh

Kulkas yang kosong atau setengah penuh membutuhkan energi yang lebih besar. Kulkas memerlukan sirkulasi udara agar dapat bekerja dengan normal.

Oleh karena itu, pastikan untuk mengisi kulkas dengan bahan makanan atau minuman sesuai tempatnya.

4. Atur Suhu dengan Benar

Pengaturan suhu kulkas yang terlalu tinggi atau rendah dapat menyebabkan penggunaan listrik yang boros. Jika suhu diatur terlalu rendah, maka kinerja kulkas akan semakin berat.

Sekarang kamu sudah tahu apa yang menyebabkan kulkas nyetrum. Jika kamu tidak yakin untuk memperbaikinya, panggil teknisi untuk menanganinya dengan aman.

Penutup

Dalam kesimpulan, mengatasi body samping kulkas yang nyetrum bukanlah hal yang sulit jika kita tahu cara-cara yang tepat.

Mulai dari memastikan kulkas diletakkan pada permukaan yang rata, mengecek kualitas kabel listrik dan colokan, memastikan grounding yang baik, hingga mempertimbangkan untuk menggunakan isolator listrik.

Dengan mempraktikkan langkah-langkah yang telah dijabarkan di atas, Kalian tidak hanya akan melindungi diri Kalian dan keluarga dari bahaya listrik, tetapi juga menjaga kinerja kulkas tetap optimal.

Selalu utamakan keselamatan dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi profesional jika diperlukan.

Nah itulah ulasan yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Cara Mengatasi Body Samping Kulkas Nyetrum. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :  Cara Pasang Kapasitor Mesin Cuci : 1 & 2 Tabung dengan 4 Kabel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *