Cara Pasang Booster TV

√ Tips Cara Pasang Booster TV : Panduan Mudah dan Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Tips Cara Pasang Booster TV : Panduan Mudah dan Lengkap. Apakah Anda sering mengalami masalah sinyal televisi yang buruk? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak orang mengalami hal yang sama. Namun, sekarang ada solusinya yaitu dengan memasang booster TV.

Di artikel ini, kita akan membahas cara pasang booster TV dan beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya.

Sinyal televisi yang buruk bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu pengalaman menonton TV Anda. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal TV, seperti jarak antara antena dan pemancar, hambatan fisik seperti gedung atau pohon, atau bahkan cuaca yang buruk.

Salah satu cara untuk meningkatkan sinyal TV Anda adalah dengan menggunakan booster TV. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu booster TV, bagaimana cara memasangnya, dan beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

Apa itu Booster TV?

Apa itu Booster TV?

Booster Antena TV adalah perangkat yang berfungsi untuk memperkuat penerimaan sinyal oleh televisi UHF.

Umumnya, masyarakat menggunakan booster ini untuk mendapatkan saluran yang beragam dan gambar yang lebih jelas.

Para pengguna perangkat ini umumnya orang-orang yang tinggal jauh dari stasiun pemancar, terutama masyarakat yang tinggal di pelosok desa di mana sinyal saluran televisi terhalang oleh pegunungan.

Mungkin bagi mereka yang belum tahu tentang manfaat booster ini akan memasang antena dengan ketinggian yang tinggi.

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah pemukiman padat penduduk, tentunya sangat berbahaya jika musim hujan tiba karena antena bisa tersambar petir atau bahkan roboh ditiup angin dan membahayakan tetangga sekitar.

Mengapa kita membutuhkan Booster TV?

Kualitas gambar dan suara TV dalam menerima siaran dari stasiun TV dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti lokasi, kualitas TV, dan kualitas antena yang digunakan.

Di daerah terpencil yang jauh dari stasiun pemancar atau relay stasiun pemancar, orang-orang biasanya menggunakan antena outdoor atau parabola untuk menangkap siaran TV favorit mereka.

Namun, karena parabola masih mahal, kebanyakan orang menggunakan antena outdoor yang dilengkapi dengan penguat antena yang disebut booster.

Bagaimana jika Antena TV tidak menggunakan Booster?

Jika menggunakan antena tanpa booster, penerimaan siaran TV dari beberapa stasiun yang jaraknya cukup jauh dari tempat Anda akan kurang maksimal. Untuk memperkuat penerimaan sinyal TV, biasanya kita perlu menggunakan penguat yang disebut booster TV.

Booster TV berfungsi untuk memperkuat sinyal yang hilang akibat kerugian yang terjadi pada sinyal yang diterima oleh antena melalui kabel coaxial yang terlalu panjang.

Sinyal yang masuk ke antena melalui kabel tersebut adalah sinyal RF yang sangat lemah. Booster bekerja sebagai penguat sinyal RF dan juga bertindak sebagai selektor frekuensi mana yang digunakan oleh penerima TV (VHF atau UHF). Selain itu, Anda juga bisa membaca artikel Cara Menyambung Kabel (Coaxial) Antena TV Outdoor.

KArena itu Booster TV biasanya mempunyai 2 keluaran yaitu VHF dan UHF namun sangat tergantung jenis antena yang kita gunakan apakah antena tersebut khusus UHF ataupun untuk VHF.

Pentingnya Memasang Booster TV

Cara Pasang Booster TV, pemasangan kabel antena TV ke booster sebenarnya tidak terlalu sulit dilakukan. Booster merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperkuat sinyal televisi. Jika gambar pada televisi tidak jernih atau sering bermasalah, cobalah untuk menggunakan booster.

Sementara itu, kabel antena berfungsi sebagai perantara sinyal dari booster ke televisi. Semakin baik kualitas kabel antena, maka semakin bagus pula kualitas gambar yang dihasilkan. Oleh karena itu, kabel antena merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pemasangan perangkat televisi.

Selain kabel antena, terdapat pula kabel coaxial yang mempunyai fungsi tertentu. Lebih lanjut mengenai fungsi kabel coaxial akan dijelaskan pada pembahasan di artikel tentang cara memasang kabel antena TV paralel.

Persiapan Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Cara Pasang Booster TV, apa saja yang perlu disiapkan sebelum memasang kabel TV ke booster? Setidaknya ada dua komponen perlu Anda persiapkan yaitu kabel antena dan booster. Pastikan Anda memilih kabel antena dan booster terbaik sebelum menuju cara pasang antena TV digital outdoor maupun indoor.

Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa tahapan persiapan yang perlu Anda lakukan.

1. Cara Memiliki Kabel Antena TV Terbaik

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, pemilihan kabel antena yang berkualitas sangat penting untuk mendapatkan gambar yang lebih baik pada siaran TV. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat menonton TV.

Baca Juga :  √ Berapa Suhu Standar Untuk Freezer Ice Cream?

Pertama-tama, pilihlah kabel antena TV yang memiliki panjang yang memadai. Hal ini dikarenakan kabel yang lebih panjang dapat memperkuat penangkapan sinyal dan memperkuat kualitas sinyal tersebut.

Selain itu, pilihlah kabel coaxial dengan impedansi 75 ohm. Kabel tersebut memiliki daya kecil dalam mereduksi sinyal (attenuation), sehingga sinyal yang diterima oleh TV menjadi lebih kuat dan berkualitas. Disarankan untuk memilih kabel coaxial dari merek terkenal seperti Belden, Kitani, atau Tanaka.

Anda bisa memilih salah satu merk kabel yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Jenis-Jenis Booster Terbaik

Meskipun memungkinkan untuk memasang kabel antena TV tanpa menggunakan booster, namun disarankan untuk tetap menggunakan booster. Hal ini dikarenakan fungsi booster dapat memperkuat sinyal televisi sehingga kualitas gambar dan suara yang diterima oleh TV menjadi lebih baik.

Penting untuk memilih booster dengan kualitas terbaik agar dapat memaksimalkan kinerjanya. Ada banyak merek booster terbaik yang tersedia di toko elektronik offline maupun online. Namun, kami merekomendasikan beberapa merek booster terbaik yang dapat Anda gunakan.

Berikut ini beberapa rekomendasi merk booster yang bisa Anda pilih salah satunya untuk dipasang di televisi:

  • SKYBOX Set Top Box DVB T2
  • FALCOM FDA G300A
  • Televes Booster Matrix
  • Falcom FSA S300
  • PF DX W5000
  • Matrix HA-8640
  • Tanaka Power Supply Booster
  • VHF/ UHF TV Antenna Booster
  • CATV Signal Amplifier
  • Toyosaki TYS-468AW

3. Skema Pemasangan Antena TV ke Booster

Penting untuk memahami skema pemasangan agar Anda dapat mengetahui dengan pasti tempat kabel antena harus dihubungkan. Dengan memperhatikan skema, proses pemasangan kabel dapat dilakukan dengan rapi dan aman.

Berikut ini adalah contoh gambar skema pemasangan antena TV ke booster yang perlu diperhatikan. Melalui skema ini, dapat dilihat bahwa ketiga komponen, yaitu TV, antena, dan booster, saling terhubung dengan kabel yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan Anda memasang ujung kabel antena TV dengan benar untuk mendapatkan kualitas sinyal yang optimal.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Cara Pasang Booster TV, semua komponen yang dibutuhkan telah disiapkan, sehingga saatnya bagi Anda untuk memulai proses pemasangan. Berikut adalah cara memasang kabel antena TV ke booster. Pastikan untuk mengikuti urutan prosedur pemasangan yang tepat.

1. Perhatikan Jalur Port pada Booster

Booster umumnya dilengkapi dengan dua port yang dihubungkan dengan kabel. Port pertama berfungsi sebagai jalur menuju ke TV itu sendiri, sedangkan port kedua berada pada jalur ke antena. Terdapat pula tiga port tambahan, yaitu jalur ke antena VHF, antena UHF, dan dari booster bawah.

Untuk memasang antena TV UHF dan VHF, Anda memerlukan beberapa komponen tambahan seperti diplexer, kabel coaxial, filter penolak gelombang FM, penguat sinyal, dan power supply. Semua komponen ini diperlukan untuk memastikan kualitas sinyal yang optimal dan mencegah gangguan pada saluran TV.

Berikut ini penjelasan mengenai fungsi utama masing-masing komponen tersebut.

  • Diplexer, berfungsi menyatukan dua sinyal dari antena UHF dan VHF dalam satu kabel output.
  • Kabel coaxial, merupakan jalur lead in antara TV dan antena.
  • FM rejection filters, sebagai penyaring sinyal FM sehingga dapat membebaskan interfensi dari sinyal TV.
  • Amplifier, membuat antena lebih mudah menangkap gelombang sinyal.
  • Power supply, sebagai sumber energi bagi amplifier yang dihubungkan dengan kabel coaxial.

2. Menyambungkan Komponen dengan Kabel

Apabila seluruh tahapan sebelumnya telah dilaksanakan, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menghubungkan antena, booster, dan TV dengan menggunakan kabel yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan untuk mengikuti skema cara pemasangan kabel antena booster yang telah disediakan. Meskipun tidak diperlukan skema yang rumit, namun pastikan bahwa jalur kabel tidak mengganggu atau membahayakan, agar dapat dianggap cukup.

Rekomendasi Booster Antena TV Terbaik

Setelah mengetahui Cara Pasang Booster TV, penting juga untuk mengetahui beberapa merek booster antena TV dengan kualitas yang baik. Dengan menggunakan booster antena TV terbaik, kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin baik.

Kini telah banyak tersedia antena TV terbaik yang dilengkapi dengan internal booster sehingga lebih ringkas dan mudah dalam pemasangan. Beberapa merek antena tersebut dapat dilihat melalui tautan berikut.

Berikut adalah beberapa rekomendasi antena tv indoor booster maupun jenis outdoor :

1. Skybox Set Top Box DVB T2

Dengan menggunakan booster keluaran Skybox, maka sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog agar menghasilkan gambar yang lebih jernih, serta suara yang jelas. Anda juga bisa merekam serial favorit Anda menggunakan flashdisk, salah satu fitur yang tidak bisa Anda temukan di booster lainnya.

Tentunya pada booster DVB T2 ini juga support dengan input antenna UHF

Harga booster antena TV Skybox ini bisa didapatkan dengan harga sekitar 300 – 400 ribuan

2. Falcom FDA S400

Brand Falcom menawarkan booster antena TV yang terbuat dari material logam, sehingga lebih aman dari gangguan interferensi sinyal yang dapat mengganggu kualitas siaran televisi Anda.

Baca Juga :  Cara Tepat Mencuci Baju Batik : Tips Agar Tidak Cepat Pudar

Dengan bodi yang terbuat dari material logam, booster ini juga lebih tahan terhadap kerusakan meskipun diletakkan di luar ruangan dengan cuaca yang ekstrem.

Booster antena TV Falcom S400 dijual dengan harga sekitar 1 jutaan dan tersedia dalam tipe indoor maupun outdoor.

3. Booster PF DX W9900

Jika Anda mencari booster antena TV dengan harga yang lebih ekonomis, salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah booster yang dijual dengan harga sekitar 100 ribuan saja. Booster ini dapat memperkuat sinyal dari antena TV secara memadai.

Booster tersebut terdiri dari 2 bagian, yaitu booster yang dipasang pada bagian outdoor dan pada bagian indoor. Namun, perlu diingat bahwa kualitas gambar yang dihasilkan dapat berbeda tergantung dari pemasangan booster yang dilakukan. Jika booster hanya dipasang pada bagian indoor saja, maka kualitas gambar yang dihasilkan tidak sebaik ketika booster dipasang pada bagian outdoor.

Beberapa fitur booster VHF-UHF ini sebagai berikut :

  • Gain Control
  • Super High Gain
  • Super High Power
  • Super Low Noise
  • Hybrid Filter
  • Selector Switch
  • Max Gain : 48dB

4. Booster Rapid 8620SA2

Satu lagi pilihan booster antena TV dengan harga yang cukup ekonomis namun tetap memiliki kualitas penguatan sinyal yang baik adalah penguat sinyal yang dapat dipakai untuk 2 unit TV. Jika Anda memiliki 2 TV di rumah, penguat sinyal ini dapat menjadi pilihan yang tepat karena harganya yang terjangkau dan sudah dilengkapi dengan output untuk 2 unit TV.

Dengan menggunakan penguat sinyal ini, Anda tidak perlu lagi repot mencari cara untuk memasang booster antena TV secara paralel untuk 2 unit TV.

Berikut ini adalah spesifikasi dari booster Rapid 8620SA2 :

  • CATV Signal Amplifier 2 Way : IN (Antena), OUT (2 unit TV)
  • Gain Control Lampu Power
  • LED Penggunaan
  • Penggunaan indoor
  • Material : Aluminium
  • Daya : 1 Watt
  • Tegangan : 220 Volt
  • Frekuensi : 50Hz
  • Amplify Gain : 20dB (Max)
  • Berat : 50 gram
  • Dimensi : 7.9 x 5.8 x 2.8 cm

Harga booster antena TV ini bisa anda dapatkan dengan harga kisaran paling mahal 100 ribuan saja, namun jika dicari dipasaran terdapat beberapa merk yang tersedia yaitu Rapid, Rayden, JMA dan NEWSAT.

Penutup

Demikianlah tips cara pasang booster TV yang mudah dan lengkap yang bisa Anda coba terapkan di rumah. Dengan memasang booster TV, kualitas sinyal televisi Anda akan semakin baik dan jernih, sehingga pengalaman menonton TV akan semakin menyenangkan.

Pastikan Anda mengikuti panduan ini dengan teliti dan hati-hati agar proses pemasangan berjalan lancar dan aman. Semoga bermanfaat! Kata Pencarian Terpopulercara setting booster pf dx w5000,https://www empatpilar com/cara-pasang-booster-tv/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *