Cara Setting Remote TV Universal

Cara Setting Remote TV Universal : Pahami Langkah-Langkahnya

Posted on

Empat Pilar – Cara Setting Remote TV Universal : Pahami Langkah-Langkahnya. TV universal remote adalah perangkat yang memungkinkan Kalian mengendalikan berbagai perangkat elektronik di rumah Kalian hanya dengan satu remote.

Dengan satu klik, Kalian dapat mengganti saluran TV, menyesuaikan volume stereo, bahkan menyalakan dan mematikan lampu! Namun, banyak dari kita merasa bingung tentang Cara Setting Remote TV Universal. Jangan khawatir, artikel ini akan membantu Kalian dengan pengalaman, keahlian, dan panduan tepercaya.

Apa Itu Remote TV Universal

Remote TV universal merupakan perangkat atau alat pengontrol yang dapat diprogram dan digunakan untuk mengoperasikan televisi berbagai merek dan jenis.

Dengan kata lain, remote TV universal berperan sebagai pengganti remote asli televisi yang tidak dapat lagi digunakan karena berbagai alasan seperti kerusakan, masalah teknis, atau hilang.

Tersedia beragam merek remote TV universal mulai dari yang stKalianr hingga yang berkualitas tinggi.

Beberapa merek remote TV universal yang populer antara lain Joker, Chunghop, dan Chunshin.

Jika Kalian menggunakan remote TV universal di rumah, Kalian perlu melakukan pengaturan tertentu agar dapat mengoperasikannya dengan televisi yang dimiliki.

Manfaatkan Remote TV Universal

Sebelum memahami Cara Setting Remote TV Universal, nah berikut adalah beberapa manfaat dari menggunakan remote TV universal:

1. Fleksibilitas

Remote TV universal memiliki kemampuan untuk bekerja dengan berbagai jenis dan merek TV. Jadi, jika Kalian memiliki beberapa televisi di rumah dengan merek yang berbeda, Kalian hanya perlu satu remote TV universal untuk mengoperasikan semua TV tersebut.

2. Kemudahan Penggunaan

Sebagian besar remote TV universal dirancang untuk mudah digunakan. Mereka biasanya memiliki lebih sedikit tombol daripada remote TV asli, membuatnya lebih sederhana dan kurang rumit untuk dioperasikan.

3. Gantikan Remote yang Hilang atau Rusak

Jika remote asli TV Kalian rusak atau hilang, remote TV universal adalah solusi yang sempurna. Mereka biasanya lebih murah dibandingkan membeli remote pengganti dari produsen TV asli.

4. Fitur Tambahan

Beberapa remote TV universal juga memiliki fitur tambahan yang mungkin tidak ada di remote asli TV Kalian, seperti tombol cepat untuk layanan streaming tertentu atau pengendali suara.

5. Hemat Biaya

Remote TV universal biasanya lebih murah dibandingkan dengan remote asli yang dibuat oleh produsen TV. Ini dapat membantu Kalian menghemat uang jika remote asli TV Kalian rusak atau hilang.

6. Mudah Ditemukan

Kalian dapat dengan mudah menemukan remote TV universal di hampir semua toko elektronik.

7. Dapat Diprogram

Remote TV universal dapat diprogram ulang jika Kalian membeli TV baru atau jika Kalian ingin menggunakannya untuk perangkat lain seperti sistem audio rumah atau DVD player.

Ingatlah bahwa beberapa model remote TV universal mungkin memerlukan proses pengaturan atau ‘pemrograman’ sebelum dapat digunakan. Proses ini biasanya melibatkan memasukkan kode khusus untuk setiap perangkat yang ingin Kalian kontrol, yang biasanya dapat ditemukan di manual pengguna remote.

Cara Setting Remote TV Universal

Ketika Kalian hendak memakai remote non-original untuk televisi merek tertentu, pengaturan ulang perlu dilakukan. Pengaturan remote ini berfungsi untuk memastikan bahwa remote tersebut bisa beroperasi sebagaimana seharusnya.

Sebelum melakukannya, Kalian harus mengetahui dan memasukkan kode yang sesuai dengan merek televisi Kalian. Misalnya, jika televisi Kalian berasal dari China, maka kode remote untuk TV China adalah yang dibutuhkan.

Berikut adalah penjelasan rinci tentang Cara Setting Remote TV Universal yang dapat Kalian lakukan dengan mudah:

1. Cara Setting Remote TV Universal Polytron

Tidak masalah jenis televisi apa yang Kalian miliki, Kalian sebenarnya dapat menggunakan remote TV universal untuk mengoperasikannya. Hal ini juga berlaku untuk televisi merek Polytron.

Berikut adalah cara untuk mengatur remote TV Polytron menggunakan kode-kode berikut:

  • 017
  • 024
  • 043
  • 053
  • 120
  • 147
  • 150
  • 152
  • 214

Setelah Kalian mengetahui kode yang sesuai, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tekan tombol ‘set’ yang terdapat pada remote TV. Usahakan untuk menekannya tanpa melepaskan tombol tersebut saat menekan tombol lainnya.
  • Pastikan Kalian menekan tombol ‘set’ dan tombol power secara bersamaan, kemudian tunggu sejenak.
  • Setelah lampu indikator TV menyala, lepaskan tombol-tombol yang Kalian tekan.
  • Sekarang saatnya untuk memasukkan kode remote TV universal. Kalian dapat memilih salah satu kode dari daftar di atas.
  • Jika Kalian telah mengikuti ketiga langkah di atas dengan benar, lampu indikator TV akan kembali mati.
Baca Juga :  Penyebab dan Cara Mengatasi Suara AC Berisik : Tips Lengkap

Jangan khawatir! Ini menKaliankan bahwa Kalian telah berhasil mengatur remote universal dengan baik.

2. Cara Setting Remote TV Universal TV LG

LG telah menjadi merek yang sangat terkenal di industri elektronik, termasuk dalam bidang hiburan elektronik seperti TV. Perusahaan ini telah menghadirkan berbagai jenis TV, baik yang berbasis LCD maupun tabung.

Jika Kalian kehilangan atau tidak memiliki remote bawaan untuk TV LG Kalian, alternatif yang bisa dipertimbangkan adalah menggunakan remote universal. Namun, Kalian juga perlu mengetahui cara mengatur remote TV universal untuk TV LG.

Di bawah ini, terdapat kode remote TV universal LG sesuai dengan jenisnya.

a. Kode remote TV LG Tabung

Jika Kalian menggunakan remote klasik untuk TV tabung, Kalian dapat mencoba salah satu kode berikut ini:

  • 140
  • 024
  • 040
  • 043
  • 259
  • 260
  • 261
  • 043
  • 103

b. Kode remote TV LCD

Untuk TV LG terbaru dengan desain yang lebih ramping seperti LCD, Kalian dapat menggunakan salah satu dari kedua kode berikut ini:

  • 024
  • 140

Setelah itu, Kalian perlu memasukkan kode tersebut sebagai pengaturan remote. Dalam panduan ini, kita akan menggunakan kode 140.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Kalian lakukan saat mengatur remote:

  • Tekan tombol ‘set’ pada remote dan tahan bersamaan dengan tombol power.
  • Tunggu hingga lampu indikator pada televisi mulai menyala.
  • Lepaskan tekanan pada tombol ‘set’ dan power, lalu masukkan kode remote sesuai dengan jenis TV LG yang Kalian miliki.
  • Kalian dapat memasukkan kode ini dengan menekan tombol angka pada remote.

Perhatikan apakah lampu indikator secara otomatis mati. Jika ya, itu berarti proses pengaturan remote telah berhasil dilakukan.

3. Cara Setting Remote TV C-Vision

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Kalian coba untuk menyetel remote TV universal untuk TV C-Vision Kalian:

  1. Mencari Kode Remote:
    Cek terlebih dahulu buku manual atau panduan pengguna remote universal Kalian, dan cari kode untuk merek TV C-Vision. Biasanya, kode ini terdiri dari rangkaian angka. Jika Kalian tidak menemukannya, Kalian bisa mencoba mencari di internet atau situs web produsen remote.
  2. Memasukkan Kode Remote:
    Setelah menemukan kode yang sesuai, nyalakan TV Kalian dan arahkan remote ke arah TV. Tekan tombol ‘Set’ atau ‘Setup’ (tombol ini mungkin berbeda-beda tergantung merek dan model remote Kalian) dan tahan hingga lampu indikator pada remote menyala atau berkedip. Kemudian, masukkan kode remote yang telah Kalian temukan.
  3. Konfirmasi Kode:
    Setelah memasukkan kode, lampu indikator biasanya akan berhenti berkedip dan tetap menyala. Ini berarti kode telah diterima. Jika lampu indikator tidak berhenti berkedip atau mati sama sekali, mungkin Kalian perlu memasukkan kode yang berbeda atau memasukkannya lagi.
  4. Menguji Remote:
    Setelah kode diterima, cobalah untuk menguji remote Kalian. Tekan tombol ‘Power’ atau ‘On/Off’ untuk melihat apakah TV Kalian merespon. Jika tidak, Kalian mungkin perlu mengulangi proses ini dengan kode yang berbeda.
  5. Menyimpan Kode:
    Jika TV Kalian merespon dengan baik, selesai! Kalian telah berhasil menyetel remote universal Kalian untuk TV C-Vision Kalian. Pastikan untuk mencatat kode yang berhasil, sehingga Kalian tidak perlu mencarinya lagi di masa mendatang.

Penting untuk diingat bahwa proses ini bisa saja berbeda tergantuan merek dan model remote universal Kalian. Jadi, selalu periksa manual pengguna Kalian terlebih dahulu.

Jika Kalian tetap mengalami masalah, hubungi layanan pelanggan dari produsen remote atau C-Vision untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Daftar Kode Remot TV Universal untuk Beragam Merk Televisi

Nah setelah memahami Cara Setting Remote TV Universal, selanjutnya ada tahapan memang serupa tetapi kode remot TV universal berbeda-beda tergantung pada merk TV.

Berikut adalah kode untuk beberapa merk TV yang paling populer:

  1. Merk Samsung
    Kode-kode yang umum digunakan untuk TV Samsung meliputi 004, 005, 009, 104, 105, 106, 109, 133, dan 172. Kalian bisa mencoba satu per satu hingga menemukan kode yang tepat.
  2. Merk Sharp
    Jika TV Kalian adalah Sharp, cobalah kode 004, 009, 079, 095, 111, 114, 122, 123, 124, atau 173.
  3. Merk Sony
    Untuk TV Sony, kode yang biasanya digunakan adalah 002, 006, 071, dan 128.
  4. Merk Multivision
    Jika Kalian memiliki TV Multivision, kode yang bisa Kalian coba adalah 084.
  5. Merk Mitsubishi
    TV Mitsubishi umumnya menggunakan kode 004, 005, 009, 022, 081, 089, 132, 133, dan 180.
  6. Merk Motorola
    Untuk TV Motorola, cobalah kode 003 atau 173.
Baca Juga :  Pahami, Penyebab Swing AC Tidak Berfungsi

Setiap TV memiliki rangkaian kode remote yang berbeda, jadi penting untuk mencoba semua kode yang tersedia hingga Kalian menemukan yang tepat.

Selain itu, jika Kalian tidak menemukan kode untuk merk TV Kalian di daftar di atas, Kalian bisa mencari di internet atau di situs web produsen remote Kalian.

Sekali lagi, langkah-langkah untuk memasukkan kode remote bisa berbeda-beda tergantung pada model remote Kalian, jadi selalu cek manual pengguna Kalian sebelum memulai.

Dan jika Kalian mengalami kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan produsen remote atau TV Kalian.

Penutup

Demikianlah artikel dari empatpilar.com ini membahas cara setting remote TV universal. Mungkin tampak sedikit rumit pada awalnya, namun dengan mengikuti petunjuk yang tepat, Kalian akan mampu menyesuaikan remote universal dengan TV Kalian dengan mudah.

Memiliki remote TV universal sangat praktis karena dapat mengendalikan berbagai perangkat di rumah Kalian hanya dengan satu alat. Jangan lupa untuk selalu merujuk pada manual pengguna jika mengalami kendala.

Semoga informasi yang telah kami berikan bermanfaat dan dapat membantu Kalian dalam mengetahui Cara Setting Remote TV Universal. Terima kasih sudah menyempatkan waktu untuk membaca. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *