Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis

Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis dan Cara Mengisi Freon dengan Benar

Posted on

Empat Pilar – Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis dan Cara Mengisi Freon dengan Benar. Pelajari ciri-ciri freon kulkas habis dan cara mengisi freon dengan benar agar kulkas Kalian kembali berfungsi dengan baik. Dapatkan informasi lengkap dan tips berguna di sini!

Apakah kulkas Kalian tidak lagi bekerja seefisien sebelumnya? Mungkin saatnya untuk memeriksa ciri-ciri freon kulkas habis dan mempelajari cara mengisi freon yang tepat. Artikel ini akan membahas berbagai ciri-ciri penting dan langkah-langkah yang perlu diikuti saat mengisi freon kulkas.

Apa itu Freon Kulkas ?

Perluasan istilah freon sebenarnya berasal dari merek refrigeran yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Refrigeran berfungsi sebagai cairan yang menyerap panas pada suhu rendah.

Refrigeran terdiri dari tiga jenis, yaitu:

1. HFC – Refrigeran Fluorocarbon Terhidrogenasi

Jenis ini terdiri dari zat karbon, hidrogen, dan fluorin. HFC tidak mengandung atom klorin sehingga aman digunakan dan tidak berdampak negatif pada lapisan ozon bumi.

2. HCFC – Terhidrogenasi Klorofluorokarbon Refrigeran

Terdiri dari zat klorin, hidrogen, karbon, dan fluorin. Jenis refrigeran HCFC memiliki kandungan klorin dalam jumlah sangat sedikit.

3. CFC – Refrigeran Chlorofluorocarbon

Jenis refrigeran CFC mengandung fluorin, klorin, dan karbon. Jumlah kaporit dalam CFC sangat tinggi, sehingga membuatnya menjadi refrigeran yang paling tidak ramah lingkungan.

Freon pada lemari es dapat berkurang akibat kebocoran pada awal pengelasan atau perlu dilakukan penyaringan. Pada dasarnya, freon digunakan untuk mendinginkan.

Fungsi Freon Kulkas

Apa itu freon kulkas sebenarnya? Bisa dikatakan bahwa freon merupakan elemen inti dari sebuah kulkas karena berfungsi sebagai pendingin di dalamnya.

Freon digunakan sebagai pendingin utama dalam kulkas, sehingga menjadi bagian penting dari fungsi kulkas. Freon sendiri merupakan jenis senyawa alifatik yang mengandung hidrogen di dalamnya.

Selain itu, freon juga mengandung bromin atau klorin, tergantung pada jenis dan bentuknya. Karena berbentuk cairan gas, freon tidak dapat disentuh dan tidak memiliki bau atau warna yang khas.

Freon akan disimpan dalam wadah penampung khusus untuk mencegah kebocoran.

Salah satu cara untuk memahaminya adalah dengan membandingkan freon dengan gas elpiji yang disimpan dalam wadah khusus.

Seperti halnya gas dalam elpiji digunakan sebagai bahan bakar untuk kompor gas, freon digunakan sebagai bahan untuk mendinginkan kulkas.

Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis

Sebelum kulkas Kalian rusak parah, maka sebaiknya Kalian perlu cek rutin freon dari kulkas Kalian. Jangan sampai freon kulkas rusak parah.

Berikut adalah Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis:

1. Kulkas tidak dingin

Ciri yang paling mudah dirasakan jika kulkas kurang freon adalah tidak dingin ketika dibuka. Jika kulkas terasa tidak dingin, kemungkinan besar kulkas membutuhkan pengisian kembali freon.

2. Kipas terus berputar tanpa henti

Biasanya kipas kulkas akan berhenti berputar ketika suhu dalam kulkas stabil dingin sesuai dengan pengaturan.

Namun, jika kipas terus berputar, maka perlu dicurigai adanya masalah pada freon. Kipas yang terus berputar menunjukkan bahwa kinerja freon tidak maksimal atau freon berkurang atau bahkan habis.

3. Freezer kulkas tidak beku

Jika kulkas tidak dingin, maka freezer kulkas juga tidak akan beku. Freezer yang tidak beku menKaliankan kurangnya freon atau kerusakan pada freon.

4. Kompresor tidak menyala

Jika kompresor kulkas tidak menyala, kemungkinan besar freon mengalami kerusakan. Untuk mengetahui apakah kompresor menyala atau tidak, Kalian dapat mendengarkan suara yang dihasilkan oleh kulkas.

Baca Juga :  Apa Akibat Mencampur Jenis Freon AC yang Berbeda?

5. Timbul bau tidak enak

Kulkas berfungsi untuk membuat makanan lebih tahan lama dan terhindar dari kebusukan. Namun, jika freon tidak berfungsi dengan baik, kulkas dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.

Hal ini mungkin disebabkan oleh makanan yang mulai membusuk di dalam kulkas. Ciri ini sangat mudah dirasakan, terutama jika Kalian sering membuka kulkas dan merasakan perbedaan suhu atau bau yang tidak enak.

Alat Alat yang Harus Dipersiapkan untuk Mengisi Freon Kulkas

Sudah paham Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis? Lalu untuk mengisi refrigerant, maka harus mempersiapkan beberapa peralatan, seperti di bawah ini:

  • Freon (Refrigerant). Sesuaikan dengan label yang ada pada kompresor. Misalnya: R12, 124a, dsb.
  • Mesin vakum atau menggunakan stainer tube.
  • Tang.
  • Manifold gauge.
  • Pentil.
  • Las tabung.
  • Methyl.
  • Filter.

Cara Mengisi Freon Kulkas Sendiri di Rumah

Setelah mengetahui Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis, berikutnya adalah cara mengisi freon kulkas sendiri di rumah yang perlu diketahui dengan baik:

  1. Langkah pertama adalah dengan melakukan pengelasan pada pentil yang terdapat pada pipa di kompresor kulkas. Pipa ini umumnya ditandai dengan ciri-ciri pipa pendek dan tidak tersambung ke sistem kulkas. Sebelum dilakukan pengelasan, perlu melepaskan karet yang ada di bagian dalam pentil terlebih dahulu sebagai upaya mencegah terjadinya kerusakan.
  2. Siapkan methyl dan tuangkan ke dalam penutup botol air mineral atau wadah lainnya. Pastikan wadah yang digunakan tidak terlalu besar agar lebih mudah memperkirakan takarannya.
  3. Hidupkan kompresor untuk memastikan bahwa aliran refrigerant tidak mengalami penyumbatan. Jika ada penyumbatan, hal ini dapat menimbulkan masalah lain.
  4. Selanjutnya, lakukan pengelasan filter pada pipa kondensor dan las kedua pipa kapiler ke filter.
  5. Pasang selang manifold gauge yang berwarna biru pada bagian pentil pengisian refrigerant dan selang berwarna kuning pada tabung refrigerant.
  6. Saat melakukan pengisian refrigerant, pastikan bahwa kompresor dalam kondisi menyala.
  7. Cek tekanan udara. Jika tekanan udara sudah berada di bawah angka 0 – 30 psi, buka kran pada tabung refrigerant selama kurang lebih 3 – 5 detik.
  8. Tutup kran pada tabung dan biarkan refrigerant keluar dari lubang pipa kapiler. Selanjutnya, jepit dan las bagian pipa kapiler tersebut.
  9. Buka kembali selang manifold pada tabung refrigerant secara perlahan dan jangan sampai melebihi angka 10. Penting untuk diingat, jika arah jarum manifold telah melebihi angka 1 ke atas, pipa kondensor akan mulai terasa hangat.
  10. Jika jarum manifold telah mendekati angka 10, suhu hangat pada pipa kondensor akan menyebar ke bawah. Ini menandakan bahwa pengisian refrigerant hampir selesai.

Harga Freon Kulkas 2 Pintu Di Pasaran

Jika freon kulkas mengalami kerusakan yang parah, Kalian tidak dapat menggunakan freon tersebut lagi. Satu-satunya solusi adalah membeli freon baru untuk menggantikan freon yang rusak.

Harga freon kulkas 2 pintu yang tersedia di pasaran, baik online maupun offline, bervariasi, antara lain:

  • Harga berkisar antara 200 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari jenis freon yang akan digunakan.
  • Isi freon yang dijual online maupun offline memiliki harga mulai dari 60 ribu hingga 200 ribu rupiah tergantung pada merk yang tersedia di pasaran.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, empatpilar.com telah membahas mengenai ciri-ciri freon kulkas habis dan cara mengisi freon dengan benar.

Beberapa ciri-ciri yang perlu diwaspadai meliputi suhu yang tidak stabil, kulkas tidak dingin, dan suara mesin kulkas yang tidak normal.

Untuk mengisi freon, pastikan menggunakan freon yang sesuai dengan tipe kulkas, mematikan kulkas terlebih dahulu, serta melibatkan teknisi profesional untuk menghindari risiko kecelakaan atau kerusakan lebih lanjut.

Selalu perhatikan kondisi kulkas Kalian dan jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan teknisi jika mengalami masalah.

Merawat kulkas dengan baik dan melakukan perawatan secara rutin akan meningkatkan efisiensi dan umur pakai perangkat tersebut.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Kualitas Print, Yang Baik dan Benar : Pahami dengan Baik

Semoga informasi mengenai Ciri-Ciri Freon Kulkas Habis ini, bermanfaat dan membantu Kalian dalam menjaga kulkas tetap dalam kondisi optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *