Jenis Tanaman Aglaonema

23 Jenis Tanaman Aglaonema Di Sertai Gambar dan Ciri-Cirinya

Posted on

Empat Pilar – 23 Jenis Tanaman Aglaonema Di Sertai Gambar dan Ciri-Cirinya. Ingin tahu tentang beragam jenis tanaman Aglaonema beserta gambarnya dan cara merawatnya? Baca panduan ini untuk informasi lengkap dan bergambar.

Jenis Tanaman Aglaonema, juga dikenal sebagai tanaman Aglonema, adalah pilihan populer di kalangan pecinta tanaman dalam ruangan. Kombinasi daun hijau yang indah dengan berbagai pola dan warna membuatnya menjadi pemandangan yang menawan di berbagai lingkungan.

Dalam panduan ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis tanaman Aglaonema yang menakjubkan, disertai dengan gambar-gambar yang mengagumkan. Selain itu, kami akan memberikan tips lengkap tentang cara merawat tanaman ini agar tetap tumbuh subur dan sehat.

Klasifikasi Tanaman Aglonema

Aglonema merupakan tumbuhan hias yang termasuk ke dalam kelompok talas-talasan dan dapat ditemukan tumbuh di kawasan hutan hujan tropis. Menurut informasi yang diambil dari sidolitkaji.litbang.pertanian.go.id, istilah “aglonema” berasal dari bahasa Yunani. Kata “Aglo” merujuk pada cahaya atau terang, sedangkan “Nema” mengacu pada benang. Di Indonesia, tumbuhan ini juga sering disebut sebagai “tanaman sri rezeki”. Aglonema memiliki akar serabut dan batang yang tidak memiliki kambium. Daun dari tanaman sri rezeki memiliki bentuk yang menyirip dan tersusun dengan pola pembuluh pengangkut yang acak. Saat ini, bunga aglonema banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias karena memiliki motif daun yang berwarna-warni dan menarik perhatian untuk dipelihara.

Menurut Leman (2006) dalam bukunya yang berjudul “Aglonema Tanaman Pembawa Keberuntungan”, klasifikasi ilmiah tanaman aglonema adalah sebagai berikut:

  • Filum: Plantae
  • Divisi: Spermatophyta
  • Sub-divisi: Angiospermae
  • Kelas: Monokotiledon
  • Ordo: Arales
    Famili: Araceae
  • Genus: Aglaonema
  • Spesies: A. modestum, A. brevispathum, A. cochinchinense, A. pumilum, A. hospitum, A. simplex, A. commutatum, A. costatum, A. densinervisum, dan A. crispum.

Ciri-Ciri Aglonema

Meskipun spesiesnya sangat banyak, namun tanaman sri rezeki sebenarnya mudah dikenali. Nah berikut adalah Ciri-Ciri Aglonema yang sevara umum mudah di pahami :

  • Akar
    Tanaman ini termasuk ke dalam kategori tanaman monokotil dengan jenis akar serabut. Akar yang sehat memiliki warna putih dan berisi, sedangkan akar yang tidak sehat cenderung berwarna coklat.
  • Batang
    Sri rezeki memiliki batang basal yang lembut dan mengandung air. Ukuran batangnya pendek dan tertutupi oleh daun-daun. Warna batang umumnya adalah putih, hijau muda, atau merah muda, tergantung pada spesiesnya.
  • Daun
    Keindahan tanaman ini terletak pada daun-daunnya. Bentuk daun sri rezeki sangat beragam, ada yang berbentuk bulat telur, lonjong, hingga berbentuk delta. Permukaan daun halus, tidak berbulu, dan tepinya rata. Daun-daun tanaman ini tersusun bergantian dan saling bertumpuk menutupi batang. Daun-daun tanaman sri rezeki memiliki pola warna yang indah dan sering membentuk perpaduan gradasi yang menarik mata.
  • Bunga
    Bunga aglonema memiliki bentuk butir dan tumbuh di daerah ketiak daun. Jenis bunganya termasuk dalam kategori bunga majemuk. Bunga ini dilindungi oleh selubung bunga atau spata yang berfungsi untuk menarik perhatian dan sebagai perangkap bagi serangga. Secara tidak langsung, bunga ini juga berperan dalam pertahanan diri.
  • Buah dan Biji
    Buah dari tanaman sri rezeki memiliki bentuk bulan lonjong. Buah awalnya berwarna hijau kuning, namun seiring bertambahnya usia, warnanya berubah menjadi merah. Buah ini bisa dipetik, dan di dalam buah yang telah matang terdapat biji yang dapat digunakan untuk perbanyakan tanaman.

23 Jenis Tanaman Aglaonema Di Sertai Gambar

Aglaonema saat ini menjadi salah satu tanaman populer karena penampilannya yang fantastis dan eksotis serta perawatan yang mudah. Dikenal sebagai “si ratu daun” yang artinya memiliki keindahan daun sempurna. Tanaman ini tidak hanya disuka pecinta tanaman hias saja, namun juga para pemula.

Aglaonema sendiri beraneka ragam jenisnya, sebelum kalian mengkoleksinya, cobalah ketahui dulu apa saja jenis aglaonema yang eksotis ini dengan beragam corak cantiknya.

Berikut adalah 23 Jenis Tanaman Aglaonema Di Sertai Gambar yang bisa kalian ketahui :

1. Widuri Aglaonema Red Peacock

Widuri jenis Aglaonema Red Peacock dikenal sebagai simbol keberuntungan dengan harga yang sangat tinggi, bahkan mencapai ratusan juta rupiah. Meskipun demikian, tanaman ini sangat diminati oleh banyak orang.

Ciri khasnya adalah warna merah cerah yang mencolok di bagian tengah daun, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

2. Aglaonema Cinta

Aglaonema Cinta, sebuah varietas tanaman Sri Rejeki, memiliki daun yang cantik dan menarik. Tidak mengherankan bahwa banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan tanaman Sri Rejeki Cinta ini.

Baca Juga :  Ketahui, Karakteristik Bahan Rayon : Kelebihan dan Kekurangannya

Bentuk daunnya menyerupai hati dengan lengkungan yang terbentuk di bagian pangkal daun. Inilah yang membuat varietas tanaman hias ini dikenal sebagai Aglaonema Cinta.

Aglaonema Cinta dapat ditempatkan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

3. Aglaonema Suksom

Aglaonema Suksom adalah jenis tanaman Sri Rejeki yang memiliki harga tinggi, mencapai Rp3 jutaan. Keunikan dari Aglaonema Suksom terletak pada warna merah yang sangat mencolok pada daunnya, dengan tingkat klorofil yang rendah, seperti terlihat pada gambar di bawah.

4. Aglaonema Claudia

Aglaonema Claudia ditandai dengan daun berwarna hijau pucat. Meskipun warna daunnya pucat, tulang daunnya justru memiliki warna pink yang indah.

Tanaman Sri Rejeki Claudia berasal dari Thailand. Tidak mengherankan bahwa bibit tanaman ini memiliki harga relatif lebih tinggi dibandingkan dengan varietas Aglaonema lainnya.

5. Aglaonema Anyamanee

Keelokan Aglaonema Anyamanee terpancar dari daunnya yang lebar dengan kombinasi tiga warna yang memukau: hijau, merah, dan putih.

Jenis tanaman ini termasuk salah satu tanaman hias termahal pada tahun 2020. Hal ini disebabkan oleh kelangkaannya dan keterbatasan jumlahnya. Harga jual Aglaonema Anyamanee bisa mencapai puluhan juta rupiah.

6. Aglaonema Pride of Sumatra

Tanaman Sri Rejeki asal Sumatera ini berhasil meraih gelar juara dalam kompetisi tanaman hias internasional di Belanda pada tahun 2002.

Diberi nama Kebanggan Sumatera, tanaman ini menjadi simbol kebanggaan bagi wilayah Sumatera. Harga tanaman Sri Rejeki Kebanggan Sumatera saat ini berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

7. Aglaonema Lipstik

Aglaonema yang juga dikenal sebagai Siam Aurora ini menampilkan warna merah yang tegas di pinggiran daunnya, menyerupai bibir yang diberi lipstik merah. Harga tanaman Sri Rejeki ini lebih terjangkau.

8. Aglaonema Legacy

Pada pandangan pertama, Aglaonema Legacy mirip dengan widuri. Namun, bentuk daunnya melebar di bagian pangkal sementara tetap meruncing di ujung.

Tulang daunnya memiliki warna merah yang mencolok dengan latar belakang berpola bercak hijau muda yang mendominasi.

9. Aglaonema Adelia

Tanaman Aglaonema Adelia memiliki bentuk daun yang serupa dengan jenis legacy. Namun, perbedaannya terletak pada bentuk daun yang lebih panjang dan ramping di bagian ujungnya.

Daun Adelia mampu tumbuh hingga mencapai panjang 30 cm dengan pola warna dominan hijau tua, aksen bercak kekuningan dan merah muda yang tersebar secara acak, seperti terlihat pada gambar berikut.

10. Modesutum

Tanaman cantik ini menampilkan daun hijau dengan garis-garis putih dan batang berwarna hijau pucat. Modesutum adalah salah satu tanaman hias yang diakui oleh NASA sebagai tanaman penjernih udara.

Dengan pola warna hijau dan putih ini, Modesutum mudah beradaptasi dengan berbagai suhu ruangan. Namun, sebaiknya hindari meletakkannya di suhu di bawah 16 derajat Celsius.

11. Aglaonema Nitidum

Bagi mereka yang memiliki rumah dengan pencahayaan terbatas, Aglaonema Nitidum adalah pilihan yang tepat. Tanaman varietas ini dapat tetap tumbuh subur meskipun tidak mendapatkan banyak sinar matahari.

12. Aglaonema Cutlass

Aglaonema Cutlass memiliki daun hijau dengan garis-garis putih krem yang berjalan seperti bilah di bagian tengah daun. Keindahan tanaman ini mampu memberikan sentuhan estetika yang memperindah ruangan.

13. Aglaonema Emerald Bay

Keindahan Aglaonema Emerald Bay tercermin dalam paduan menakjubkan antara tepian hijau tua dan bagian tengah yang berkilauan dengan warna abu-abu perak.

Tanaman ini sangat dicari karena memiliki keunikan yang membedakannya dari jenis lainnya. Namun, penting untuk menghindari penempatannya di lokasi yang terlalu terpapar sinar matahari secara berlebihan.

14. Aglaonema Harlequin

Salah satu fitur unik dari tanaman hias Sri Rejeki Harlequin adalah kemampuan daunnya untuk berubah warna sesuai dengan intensitas cahaya.

Jika cahaya terlalu terang, daunnya akan berubah menjadi kuning dengan guratan merah muda di bagian tengahnya.

Namun, dalam kondisi cahaya yang cukup teduh, daunnya akan tetap hijau dengan bercak kuning dan garis-garis merah muda di bagian tengahnya, seperti yang tampak pada gambar.

15. Aglaonema Silver Queen

Aglaonema Silver Queen, jenis tanaman hias Sri Rejeki yang terkenal di China, memiliki daun berwarna perak kehijauan dengan bentuk menyerupai tombak. Meskipun memiliki batang pendek, tanaman ini tetap menawan.

Merawatnya cukup mudah, hanya dengan meletakkannya di dekat jendela yang menerima sinar matahari dalam jumlah cukup, namun tidak terlalu terik.

16. Aglaonema Silver King

Tanaman ini disebut ‘Silver King’ karena memiliki daun hijau tua yang dihiasi dengan kilauan perak dari garis utama daun. Aglaonema Silver King lebih cocok ditempatkan di area teduh dan terlindungi dari paparan langsung sinar matahari, seperti di lorong rumah.

17. Aglaonema Maria Christina

Pertama-tama, tanaman Aglaonema Maria Christina terlihat seperti kembaran dengan ‘Silver Queen’. Meski demikian, tanaman hias Sri Rejeki Maria Christina memiliki daun yang sedikit lebih kecil dan padat.

Baca Juga :  Mengenal Teknologi Layar QLED Pada TV : Secara Lengkap

Untuk menjaga keindahan tanaman ini, pastikan ditempatkan di lingkungan yang sejuk. Kamu bisa memilihnya sebagai hiasan dalam ruangan ber-AC.

18. Aglaonema Maria

Tanaman Sri Rejeki Maria berasal dari Filipina dan lebih dikenal dengan nama Emerald Beauty.

Varietas ini memiliki daun berwarna hijau tua dengan pola guratan hijau muda di bagian tengahnya. Tidak perlu khawatir, merawat tanaman hias ini sangatlah mudah.

19. Aglaonema BJ Freeman

Jika Anda mencari tanaman Sri Rejeki dengan daun besar dan bentuk yang unik, pilihan yang tepat adalah jenis BJ Freeman.

Keunikan tanaman ini terletak pada daunnya yang besar dengan perpaduan warna abu-abu, hijau, dan putih di bagian tengahnya.

Perawatannya pun tidak sulit, cukup letakkan tanaman ini di tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

20. Aglaonema Brilliant

Aglaonema Brilliant memiliki daun yang dipenuhi bintik-bintik cemerlang, dengan tangkai berwarna putih krem dan bercak abu-abu krem. Bagian permukaan daunnya memiliki warna hijau tua.

Tanaman hias ini terkenal karena kemampuannya dalam membersihkan udara dan dianggap membawa keberuntungan.

21. Cory

Varian Cory dari Aglaonema menampilkan bentuk daun yang menarik dengan motif garis-garis hijau keperakan. Batangnya memiliki warna putih atau krem.

Untuk tanaman hias Sri Rejeki Cory, tempatkan di lingkungan yang memiliki suhu dingin, seperti dalam ruangan yang menggunakan AC.

22. Tanaman Emerald Star

 

Aglaonema Emerald Star cenderung memiliki pertumbuhan yang kuat. Daunnya memiliki beragam warna dan pertumbuhannya relatif lambat.

Biasanya, daun Aglaonema Emerald Star berwarna hijau tua dengan bintik-bintik hijau muda, dan bagian tengahnya memiliki warna pink, yang serupa dengan warna batangnya.

23. Sri Rejeki Super White

Untuk mereka yang mencari tanaman hias Sri Rejeki berwarna putih, Sri Rejeki Super White bisa menjadi pilihan.

Tanaman ini memiliki daun putih dengan bercak hijau muda. Biasanya, ditempatkan di ruangan yang cukup sejuk dan perlu dijauhkan dari sinar matahari langsung.

Tinggi tanaman ini biasanya bisa mencapai 60 cm.

Penutup

Dalam rangka mempercantik ruangan atau taman, aglaonema menjadi pilihan yang tepat karena keindahan daunnya yang beraneka ragam. Tidak hanya itu, perawatannya pun relatif mudah dan tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Dengan di sertai gambar pada artikel ini, diharapkan kalian bisa lebih jelas dalam memilih jenis tanaman aglaonema yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan kalian.

Semoga artikel dari empatpilar.com ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan menjadi referensi yang memadai dalam membantu kalian mengenal lebih dekat berbagai jenis tanaman aglaonema. Selamat berkebun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *