Apa Itu Dehumidifier

Apa Itu Dehumidifier? Fungsi, Cara Kerja dan Tips Memilihnya

Posted on

Empat Pilar – Apa Itu Dehumidifier? Fungsi, Cara Kerja dan Tips Memilihnya. Temukan apa yang dimaksud dengan Apa Itu Dehumidifier dan bagaimana itu dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan Anda. Dapatkan wawasan dari para ahli, FAQ, dan banyak lagi dalam panduan komprehensif ini.

Dalam usaha menciptakan lingkungan hidup yang nyaman dan sehat, memahami Apa Itu Dehumidifier sangat penting. Tingkat kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari pertumbuhan jamur hingga masalah pernapasan. Dalam panduan ini, kita akan menjelajahi dunia dehumidifier, mengeksplorasi manfaat, penggunaannya, dan banyak lagi.

Apa itu Dehumidifier?

Dehumidifier adalah perangkat elektronik yang bertujuan untuk mengurangi dan menjaga tingkat kelembapan di dalam sebuah ruangan. Dengan menjaga tingkat kelembapan udara tetap optimal, dehumidifier juga membantu meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

Berbeda dengan humidifier yang berfungsi untuk meningkatkan kelembapan udara dengan melembapkan udara melalui penyemprotan uap air, dehumidifier bekerja dengan mengurangi kelembapan udara yang berlebihan. Ini membantu menghindari masalah seperti kelembapan berlebih yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan di dalam rumah.

Dehumidifier biasanya menggunakan komponen seperti keramik atau logam yang disebut diafragma yang bergetar dengan kecepatan tinggi untuk mengumpulkan kelembapan udara dan mengeluarkannya melalui lubang ke udara.

Cara Kerja Dehumidifier

Dalam menjaga tingkat kelembapan udara di dalam ruangan, mesin dehumidifier beroperasi dengan cara menarik uap air dari udara di dalam ruangan. Uap air ini kemudian dialirkan melalui pipa-pipa pendinginan, menyebabkan terjadinya proses pengembunan yang disebut dehidrasi. Uap air yang terkumpul ini kemudian akan mengalami kondensasi, berubah dari bentuk uap air menjadi cairan, dan mengisi tangki penampungan yang tersedia. Kipas dehumidifier akan mengalirkan udara baru yang lebih kering dan hangat karena kandungan uap air telah berkurang.

Jenis dehumidifier yang menggunakan kompresor adalah yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Berdasarkan cara kerjanya, dehumidifier dibagi menjadi dua tipe, yaitu desiccant dan refrigerant dehumidifier, juga dikenal sebagai dehumidifier pengering dan pendingin.

1. Desiccant Dehumidifier

Dehumidifier tipe ini dilengkapi dengan sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kadar uap air di dalam ruangan. Ketika kadar uap air tidak normal, dehumidifier jenis ini akan mulai beroperasi, biasanya ditandai dengan suara kecil. Suara kecil ini menunjukkan bahwa proses penyedotan udara sedang berlangsung. Setelah proses penyedotan, udara akan mengalir melalui roda yang berputar. Roda ini berperan dalam mengumpulkan sebanyak mungkin uap air dari udara yang telah disedot, kemudian mengalirkannya ke pemanas. Pemanas berfungsi untuk mengeringkan udara sebelum kembali dihembuskan ke lingkungan sekitar.

2. Refrigerant Dehumidifier

Mirip dengan desiccant dehumidifier, tipe dehumidifier ini juga dilengkapi dengan sensor yang mendeteksi kadar uap air di udara, biasanya sesuai dengan pengaturan yang telah ditentukan oleh pengguna. Jika kadar uap air melewati batas yang ditentukan, proses dehumidifikasi akan dimulai dengan menarik udara melalui kipas. Udara yang masuk kemudian akan dialirkan melalui pipa-pipa pendinginan, menyebabkan uap air mengalami proses kondensasi dan berubah menjadi embun. Sebelum dihembuskan kembali, udara baru akan melalui pemanas terlebih dahulu.

Fungsi Dehumidifier

Setelah memahami Apa Itu Dehumidifier, selanjutnya fungsi utama dehumidifier adalah mengurangi tingkat kelembaban yang berlebihan di udara dalam ruangan. Kelembaban yang tinggi bisa mengakibatkan berbagai masalah, seperti pertumbuhan jamur, aroma yang kurang sedap, dan kerusakan pada peralatan elektronik. Dengan mengurangi kelembaban udara, dehumidifier membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman.

Berikut adalah penjelasan komprehensif tentang fungsi dehumidifier:

1. Pencegahan Pertumbuhan Jamur

Kelembaban yang tinggi merupakan kondisi yang ideal bagi pertumbuhan bakteri dan jamur. Dehumidifier membantu mengurangi tingkat kelembaban, sehingga mencegah pembentukan jamur pada dinding, langit-langit, atau perabotan di dalam ruangan. Ini sangat penting untuk mencegah alergi dan masalah pernapasan yang terkait dengan jamur.

Baca Juga :  Cara Mengurus Pemasangan Baru PDAM : Lengkap

2. Pengurangan Bau yang Tidak Sedap

Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan bau yang tidak sedap di dalam ruangan, terutama di area yang lembap seperti ruang bawah tanah atau kamar mandi. Dehumidifier membantu menghilangkan kelembaban yang menjadi sumber bau, sehingga menjaga ruangan tetap segar dan harum.

3. Pengurangan Risiko Alergi dan Masalah Pernapasan

Ternyata tungau, debu, dan partikel alergen dapat berkembang biak di ruangan yang memiliki kelembaban berlebihan. Hal ini dapat memicu alergi dan masalah pernapasan seperti asma. Dengan menggunakan dehumidifier, Anda dapat mengurangi risiko terkena alergi akibat udara yang terlalu lembap.

4. Mengurangi Keberadaan Serangga

Kondisi ruangan yang lembap dapat menjadi tempat berkembang biaknya serangga seperti laba-laba, kecoak, ngengat, bahkan kelabang. Tentu saja, kita tidak ingin rumah kita dijadikan sarang oleh serangga-serangga ini, terutama jika kita memiliki ketakutan terhadap serangga. Dengan menggunakan dehumidifier, kelembaban ruangan berkurang, sehingga ruangan tidak lagi menjadi tempat yang cocok bagi hewan-hewan tersebut untuk berkembang biak.

5. Makanan Lebih Awet

Jika kelembaban di dalam ruangan terlalu tinggi, makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan roti dapat dengan cepat mengalami masalah seperti berjamur, membusuk, atau menjadi basi. Hal ini terjadi karena kelembaban yang tinggi menciptakan kondisi yang ideal bagi pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan ragi. Mikroorganisme ini dapat berkembang dengan cepat pada makanan yang lembap, mengakibatkan kerusakan atau pertumbuhan jamur pada makanan tersebut.

Ukuran Kelembapan Dehumidifier

Dehumidifier adalah alat yang sangat berguna untuk mengendalikan kelembapan udara di dalam ruangan. Ukuran kelembapan adalah salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih dehumidifier yang sesuai untuk kebutuhan kalian. Dehumidifier ditawarkan dalam tiga kategori ukuran berbeda: kecil, sedang, dan besar.

Ketika kita berbicara tentang ukuran kelembapan, pengukurannya berbeda tergantung pada negara dan wilayah. Di luar negeri, seperti di Amerika Serikat, dehumidifier sering diukur dalam satuan pint. Namun, di Indonesia, kita lebih sering menggunakan satuan liter untuk mengukur kapasitas dehumidifier.

1. Dehumidifier Kecil

Dehumidifier kecil biasanya dirancang untuk mengatasi masalah kelembapan di ruangan yang relatif kecil atau dalam situasi di mana kelembapan yang tinggi tidak terlalu ekstrem. Dehumidifier kecil ini biasanya mampu memerangkap kelembapan air hingga di bawah 30 pint per hari, atau sekitar 14 liter. Mereka cocok untuk ruangan tidur, kamar mandi, atau lemari pakaian yang sering memiliki masalah kelembapan.

2. Dehumidifier Sedang

Dehumidifier dengan ukuran sedang cocok untuk ruangan yang lebih besar atau ketika tingkat kelembapan yang tinggi menjadi masalah yang lebih serius. Dehumidifier ini memiliki kapasitas sekitar 30-40 pint, atau sekitar 14-19 liter per hari. Mereka ideal untuk digunakan di ruang keluarga, ruang tamu, atau ruangan yang lebih luas yang membutuhkan pengendalian kelembapan yang lebih kuat.

3. Dehumidifier Kapasitas Besar

Dehumidifier dengan kapasitas besar adalah pilihan terbaik jika kalian memiliki ruangan yang sangat besar atau jika kelembapan sangat tinggi. Dehumidifier ini dapat memerangkap lebih dari 40 pint air per hari. Mereka sering digunakan di ruang bawah tanah, gudang, atau area yang memiliki masalah kelembapan yang sangat serius.

Tips Memilih Dehumidifier

Sudah memahami Apa Itu Dehumidifier kan? nah setelah mengetahui pengertian, fungsi, cara kerja, dan keunggulan dehumidifier, kalian juga wajib mengetahui tips dalam memilih dehumidifier. Dehumidifier dapat dipasang di rumah kalian secara portabel dan juga secara permanen. Agar tidak salah pilih, simak tips dalam membeli dehumidifier berikut ini :

Dalam memilih dehumidifier, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan :

  • Pertama, pastikan kalian memilih ukuran dehumidifier yang sesuai dengan ukuran ruangan dan tingkat kelembapan udara di dalamnya. Kalian bisa menggunakan higrometer atau ciuman aroma jamur sebagai petunjuk. Jika dinding ruangan mengalami perubahan warna dan tekstur, mungkin kalian memerlukan dehumidifier berukuran besar.
  • Selanjutnya, pertimbangkan jenis dehumidifier yang sesuai dengan ruangan. Misalnya, dehumidifier khusus untuk kamar mandi. Kalian juga bisa memilih dehumidifier portabel jika tingkat kelembapan di rumah seragam dan tidak terlalu tinggi. Dehumidifier portabel biasanya lebih ringan dan terjangkau secara harga.
  • Terakhir, pertimbangkan jumlah penghuni rumah. Semakin banyak orang tinggal di rumah, semakin tinggi tingkat kelembapannya. Jika rumah memiliki lebih dari empat penghuni, pertimbangkan untuk memasang dehumidifier berukuran besar di ruangan yang sering digunakan oleh banyak orang.
Baca Juga :  Cicak Berkembang Biak Dengan Cara ? Simak Penjelasannya

Penutup

Dalam penutup artikel ini, empatpilar.com telah menjelaskan apa itu dehumidifier. Dehumidifier adalah perangkat yang dirancang khusus untuk menghilangkan kelembaban dari udara di dalam ruangan. Fungsi utama dehumidifier adalah untuk menjaga tingkat kelembaban yang optimal dalam sebuah ruangan, yang dapat membantu mencegah masalah seperti pertumbuhan jamur, bau tidak sedap, dan kerusakan pada barang-barang yang rentan terhadap kelembaban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *