Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson

Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson Terbaru : Perlu Diketahui

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson Terbaru : Perlu Diketahui. Ketika datang ke mencetak dokumen atau foto berkualitas tinggi, printer Epson telah menjadi pilihan favorit bagi banyak orang.

Epson dikenal sebagai merek printer terkenal yang menawarkan teknologi canggih dan fitur lengkap pada produknya. Tetapi seperti halnya semua barang elektronik, setiap printer Epson memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci kelebihan dan kekurangan printer Epson untuk membantu Kalian memutuskan apakah itu pilihan terbaik untuk kebutuhan cetak Kalian.

Mengenal Printer EPSON

Mengenal EPSON

Epson atau Seiko Epson Corporation adalah perusahaan multinasional yang berasal dari Jepang dan dikenal sebagai salah satu produsen terbesar di dunia untuk pencetak dan peralatan terkait pencitraan dan informasi.

Kantor pusat Epson terletak di Suwa, Nagano, Jepang, dan perusahaan ini memiliki beberapa anak perusahaan di seluruh dunia.

Produk-produk Epson antara lain mencakup pencetak jet tinta, matriks titik, termal, dan laser yang digunakan untuk keperluan ritel, bisnis, dan industrial, pemindai, laptop dan komputer meja, proyektor video, jam tangan, sistem point of sale, robot dan peralatan otomasi industri, perangkat semikonduktor, osilator kristal, sistem penginderaan, dan komponen elektronik terkait lainnya.

Sebelumnya dikenal sebagai Seikosha, Epson telah berkembang sebagai salah satu perusahaan riset dan pengembangan serta manufaktur dari Seiko Group.

Meskipun secara tradisional Seiko Group dikenal sebagai produsen jam tangan Seiko, Epson telah menjadi salah satu perusahaan besar di dalam grup ini. Namun, perlu diingat bahwa Epson tidak dimiliki oleh Seiko Holdings Group.

Pengertian Printer

Definisi printer adalah perangkat eksternal komputer yang berfungsi untuk mencetak data dari komputer ke dalam bentuk fisik seperti cetakan pada kertas, kain, dan sejenisnya.

Printer dapat mengolah berbagai jenis data seperti teks atau gambar menjadi bentuk fisik yang dapat dirasakan.

Pada awalnya, printer ditemukan pada abad ke-19 dengan sistem kerja yang masih menggunakan sistem mekanik.

Seiring berkembangnya teknologi, sekitar tahun 1968 sebuah perusahaan mulai memproduksi printer elektromekanik yang mampu mengubah data digital menjadi bentuk fisik.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson

Setiap jenis printer Epson memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Namun, jika kelebihan yang dimilikinya bisa menutupi kekurangan yang ada, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan membelinya.

Sebagai pembeli yang cerdas, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Begitu juga dengan printer Epson, yang memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson:

A. Kelebihan Printer Epson

Ada beberapa kelebihan printer merek ternama ini. Yang pasti kelebihan ini menjadi bahan pertimbangan paling utama sebelum membelinya.

Adapun kelebihan printer Epson sebagai berikut.

1. Hasil Cetak Berkualitas Tinggi

Pertama, printer Epson memiliki hasil cetak berkualitas tinggi yang sangat mencolok. Banyak tempat cetak foto yang memilih menggunakan printer ini untuk mencetak foto pesanan konsumennya dengan sebaik-baiknya.

2. Awet Tidak Mudah Rusak

Kedua, printer Epson awet dan tidak mudah rusak. Meskipun rentan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dan digunakan dengan baik, printer Epson memiliki ketahanan dan keawetan yang lebih lama dibandingkan dengan merek lainnya.

3. Jenis Head Printer Kuat

Ketiga, jenis head printer Epson kuat dan menjadi komponen paling penting dalam sebuah printer. Hal ini membuat aktivitas mencetak tidak akan terganggu jika head printer dalam kondisi baik.

4. Modifikasi Penggunaan Infus

Keempat, printer Epson mudah dimodifikasi penggunaan infus. Manfaat menggunakan infus dibandingkan dengan suntik adalah cartridge akan bertahan lebih lama, dan Kalian tidak perlu memegang cartridge untuk mengisi tinta.

5. All In One Untuk Semua Kebutuhan

Kelima, printer Epson All In One bisa digunakan untuk semua kebutuhan seperti scan, fax, fotokopi, dan mencetak hanya dengan satu perangkat.

Baca Juga :  Daftar Kode Remote AC LG Semua Model : Terlengkap

Hal ini sangat cocok untuk pengusaha fotokopi yang tidak perlu menggunakan banyak printer untuk menyelesaikan beragam pekerjaan.

6. Harga dan Biaya Service Lebih Hemat

Keenam, harga dan biaya service printer Epson terjangkau. Printer Epson kerap kali dijual dengan harga terjangkau sekitar 1 jutaan dan biaya service yang dibutuhkan untuk memperbaiki printer Epson juga lebih murah dibandingkan dengan merek lain di kelasnya.

Namun, meskipun memiliki banyak kelebihan, Kalian tetap harus mempertimbangkan kekurangan printer Epson sebelum membelinya.

Sebagai konsumen yang cerdas, pastikan untuk memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan Kalian dan memiliki kelebihan yang dapat menutupi kekurangannya.

B. Kekurangan Printer Epson

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, meskipun printer Epson memiliki kelebihan, pasti ada juga kekurangan yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah kekurangan yang dimiliki printer Epson.

1. Perawatannya Agak Susah

Pertama, perawatannya tergolong cukup sulit. Meskipun beberapa cara perawatan sudah disediakan dalam buku panduan printer, sebagian orang masih kesulitan mengatasi masalah pada printer Epson dan memilih untuk membawa printer ke service center terdekat.

Namun, biaya service yang terbilang cukup terjangkau sudah dapat memperbaiki kekurangan ini.

2. Sparepart Printer Epson Kurang Awet

Kedua, sparepart pada printer Epson kurang tahan lama. Kualitas keawetan sparepart ini tergantung pada bagaimana penggunaan printer serta seberapa sering digunakan untuk mencetak.

Daftar Rekomendasi Printer Epson Terbaik

Setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson, sudah tahu cara memilih printer Epson terbaik mulai dari memilih versinya, fitur-fiturnya hingga jenisnya, kini saatnya Kalian mengetahui 5 Daftar Produk Rekomendasi Printer Epson Terbaik. Penasaran?

Berikut review singkat dari empatpilar.com :

1. Printer Epson L1110

Printer Epson L1110 adalah printer eco tank dengan harga terjangkau yang memiliki spesifikasi mumpuni.

Printer ini memiliki Minimum Ink Droplet Volume 3 pl dan resolusi maksimal 5760 x 1440 dpi (with Variable-Sized Droplet Technology) dengan metode printernya adalah On-demand inkjet (Piezoelectric).

Printer ini dapat mencetak dokumen atau gambar berwarna maupun hitam putih. Bobotnya ringan yaitu 2.7 kg dan konektivitas printer Hi-Speed USB 2.0.

Meskipun belum dapat mencetak 2 sisi, printer Epson L1110 pernah meraih reddot award pada tahun 2019 dan sering disebut sebagai pengganti seri L310.

Printer ini juga dilengkapi dengan masa garansi 2 tahun / 30.000 lembar.

2. Epson WF-100 Wi-Fi

Jika Kalian mencari printer yang dapat dibawa kemana-mana dan digunakan tanpa sumber listrik, printer Epson WF-100 Wi-Fi dapat menjadi pilihan.

Printer ini memiliki bobot ringan 1.6 kg dan menggunakan baterai sehingga dapat digunakan ketika tidak ada arus listrik. Namun, Kalian perlu mengisi ulang baterai terlebih dahulu.

Printer Epson WF-100 Wi-Fi berjenis inkjet, memiliki ukuran 30,9 cm x 15,4 cm x 6,1 cm, konektivitas Hi-Speed USB 2.0, WiFi, dan WiFi Direct.

Printer ini dilengkapi dengan fitur LCD panel dan dapat disambungkan ke 4 perangkat sekaligus.

3. Epson L360

Epson L360 adalah printer multifungsi yang dapat digunakan untuk mencetak, scan, dan copy. Printer ini memiliki kecepatan cetak yang mumpuni yaitu Print Speed Mono sebesar 9.2 ipm dan Print Speed Color sebesar 4.5 ipm.

Jenis printer ini adalah inkjet dengan ukuran 482 x 300 x 145 mm dan bobot 4.4 kg. Printer ini menggunakan kabel manual dan mendukung konektivitas USB 2.0.

Epson L360 dapat mencetak dokumen dengan berbagai ukuran media, termasuk A4, A5, A6, B5, 10x15cm (4×6″), 13x18cm (5×7″), 9x13cm (3.5×5″), Letter, Legal, Half Letter (5.5×8.5″), 13x20cm (5×8″), 20x25cm (8×10″), 16:9 wide size, 100x148mm, Envelopes: #10 (4.125×9.5″), DL (110x220mm), C6 (114x162mm).

Printer ini juga memiliki kualitas cetak yang tinggi yaitu 5760 x 1440 dpi dan diakui hemat tinta.

4. Epson L120 Ink Tank Printer

Epson L120 Ink Tank Printer dapat digunakan dengan berbagai sistem operasi seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, dan Mac OS X.

Jenis printer ini adalah inkjet dan diakui dapat menghemat biaya cetak. Saat membeli printer ini, Kalian tidak perlu membeli tinta suntik atau tinta isi ulang karena Epson menyediakan refill tinta orisinal yang terjangkau dan dapat mencetak banyak dokumen dalam sekali isi.

Oleh karena itu, bagi Kalian yang mencari printer dengan biaya maintenance yang murah, Epson L120 Ink Tank Printer dapat dipertimbangkan.

5. Printer Epson L5190

Printer Epson L5190 adalah printer multifungsi all-in-one yang dapat digunakan untuk mencetak, scan, dan fotokopi.

Jenis printer ini adalah Ecotank dengan tangki dan botol tinta yang memungkinkan Kalian mencetak lebih banyak dokumen dengan lebih hemat.

Baca Juga :  Cara Memeriksa Heater Kulkas 2 Pintu Secara Lengkap

Setiap botolnya mampu mencetak dokumen sebanyak 7500 lembar untuk warna dan 4500 lembar untuk hitam putih.

Printer ini sangat ideal untuk digunakan di kantor atau tempat usaha, meskipun dibandrol dengan harga yang cukup tinggi karena spesifikasi dan fitur yang sangat mumpuni.

Printer Epson L5190 memiliki kecepatan cetak dokumen hitam putih sebanyak 33 ppm dan warna sebanyak 15 ppm.

Kecepatan fotokopi hitam putih adalah 7.7 ipm dan warna sebanyak 3.8 ipm. Untuk kecepatan scan, printer ini dapat mencapai 200 dpi.

Ketajaman hasil cetaknya adalah 5760 x 1440 dpi, sedangkan resolusi copy adalah 600 x 600 dpi dan resolusi scan adalah 1200 x 2400 dpi.

Demikianlah ulasan singkat mengenai printer Epson terbaik. Semoga dapat membantu Kalian dalam memilih printer yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Kalian.

Penutup

Dalam memilih printer, Epson selalu menjadi pilihan yang populer di kalangan pengguna. Namun, seperti halnya produk lainnya, printer Epson memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli.

Secara keseluruhan, printer Epson terbaru memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli.

Namun, dengan memilih printer yang tepat dan merawatnya dengan baik, printer Epson terbaru dapat menjadi pilihan yang baik untuk kebutuhan cetak Kalian.

Demikian pembahasan yang bisa empatpilar.com sampaikan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *