Kerusakan TV LED Polytron Cinemax

√ Kerusakan TV LED Polytron Cinemax: (Solusi & Perbaikan)

Posted on

Empat Pilar –Kerusakan TV LED Polytron Cinemax: (Solusi & Perbaikan). Kerusakan TV LED Polytron Cinemax adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh pemilik televisi ini. TV LED Polytron Cinemax adalah televisi yang populer di Indonesia karena memiliki berbagai fitur dan keunggulan. Namun, meskipun televisi ini memiliki kualitas yang baik, tetap saja terdapat kerusakan yang bisa terjadi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang beberapa kerusakan yang sering terjadi pada TV LED Polytron Cinemax, dan juga bagaimana cara mengatasinya dengan mudah.

Apa keunggulan TV Polytron?

TV Polytron

Sebagai produk lokal yang telah eksis sejak lama, Polytron telah menjadi merek yang dipercayai oleh masyarakat Indonesia. Selain memiliki beragam produk yang mencakup segala kebutuhan rumah tangga, kualitasnya juga tidak kalah dengan merek-merek internasional. Pada kesempatan ini, kami akan membahas khusus tentang TV Polytron. Mengapa merek TV Polytron sangat diminati di Indonesia? Berikut adalah keunggulan-keunggulannya yang kami rangkum!

  1. Harga TV Polytron mampu dijangkau oleh semua kalangan. Dengan harga yang terbilang affordable tersebut, kualitasnya sama sekali tidak main-main.
  2. Tipe TV Polytron sangat beragam. Ukuran hingga fiturnya bisa Anda pilih sesuai dengan budget dan jenis kebutuhan.
  3. TV Polytron mudah ditemui di berbagai toko elektronik karena jangkauan penjualannya di seluruh Indonesia.
  4. Layanan purnajual yang ditawarkan tak bisa dilewatkan. Polytron memiliki service center yang tersebar di seluruh Indonesia. Garansi yang diberikan pun cukup menggiurkan.

Kumpulan Kerusakan TV LED Polytron Cinemax

Berikut ini merupakan kumpulan beberapa kerusakan yang terjadi pada televisi Polytron baik LCD maupun LED:

1. Gambar Tidak Ada Suara Normal

TV Polytron dengan kerusakan seperti ini yaitu gambar tidak ada suara normal, namun jika dilihat di tempat yang gelap layar menampilkan gambar putih polos dan kadang kadang normal. Ada kemungkinan permasalahan seperti ini terjadi karena ada masalah pada T con.

Setelah dilakukan pengukuran didapat bahwa sekring / fuse masih bagus, namun pas diukur antara sekring menuju jalur PCB memakai AVO meter tidak ada nilai yang ditampilkan. Setelah di periksa dan dilihat disekitar komponen T Con, ternyata banyak R solderan yang tipis dan kehitaman.

Jadi selanjutnya adalah melakukan penyolderan ulang dan ternyata setelah dilakukan penyolderan ulang serta dilakukan pengukuran kembali tegangan pada sekring normal begitupun pada Vgh. Dan setelah TV dinyalakan, pada layar muncul logo polytron dan gambar kembali normal.

2. Gambar Bergoyang di Polytron Cinemax

  • Keluhan : tampilan gambar pada layar bergoyang.
  • Perbaikan : setelah dilakukan pengecekan dan pengukuran tegangan serta pemeriksaan fisik komponen terlihat normal semua. Dan kecurigaan yang muncul adalah kemungkinan ada masalah pada panel LCD. Setelah dlakukan pemeriksaan ternyata ada kerusakan pada sirkit row driver pada panel LCD.

Terdapat dua jalur sirkit row driver pada panel LCD yaitu dibagian kiri dan kanan. Jadi untuk mengatasi masalah tersebut bisa dengan memotong salah satu jalur kiri ataupun kanan. Caranya adalah pertama cari dahulu jalur CKV2 dan CKVB2, setelah ketemu potong kedua jalur tersebut.

3. Protek

  • Permasalahan : Kalau dinyalakan TV Polytron lampu power kedip kedip lalu mati standby. penyebabnya TV mati secara tiba tiba pada saat ada petir. Hal ini berarti kemungkinan permasalahan ada pada bagian Main Unit / blok utama.
  • Perbaikan : Untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi pada main unit bisa dengan cara melakukan flash pada bios, tentunya disesuaikan dengan model tv.
Baca Juga :  Cara Tepat Mencuci Baju Batik : Tips Agar Tidak Cepat Pudar

4. Mati Total

  • Kerusakan : TV Polytron dengan gejala kerusakan lampu indikator menyala merah namun begitu power tv di on kan, lampu indikator mati televisi juga mati.
  • Perbaikan : Pertama yang dilakukan adalah bongkar televisi, dan ternyata setelah televisi dibongkar terlihat beberapa komponen yang terbakar, seperti resistor, dioda dan FET yang ada pada bagian blok inverter.

Solusinya bisa ganti satu set langsung blok inverter atau bisa juga diakali dengan cara jumper J529 dilepas dari PCB, dengan catatan yang terbakar bukan regulator utama. Dan komponen yang terbakar seperti FET dan IC511 dilepas, lalu nyalakan televisi dan ternyata mau menyala normal.

5. Kerusakan TV LED Polytron Cinemax Susah Start

  • Kerusakan : Ketika TV Polytron pertama dinyalakan, LCD bisa nyala sesaat kemudian standby lagi.
  • Perbaikan : Pertama lakukan pemeriksaan pada rangkain power supply, cek bagian output tegangan dari power supply sebesar 5 volt. Setelah diukur ternyata tegangan mengalami penyusutan (tidak stabil), nah inilah mengapa LCD tidak mau start up.

Tegangan jadi tidak stabil dikarenakan fungsi filter yakni kapasitor mengalami perubahan kapasitas. Solusinya tentu saja harus melakukan penggantian pada komponen ini dan tentunya dengan nilai yang sama, yaitu untuk tegangan 5 volt adalah 1000 uf / 35 volt.

6. Gambar Muncul Sebentar Suara Ada

  • Kerusakan : Pertama dinyalakan gambar ada sampai tampilan logo polytron, kemudian hilang namun Suara ada.
  • Perbaikan : Lakukan pemeriksaan pada bagian lampu backlight, lalu lakukan penggantian lampu backlight.

7. Suara Ada Gambar Tidak Ada

  • Kerusakan: Televisi mengalami masalah awal di mana tidak ada gambar yang muncul, meskipun suara masih normal.
  • Perbaikan: Langkah pertama untuk memperbaiki kerusakan adalah dengan melakukan pengecekan pada tegangan lampu LED. Jika tegangan tersebut normal, maka langkah selanjutnya adalah membuka panel LED untuk mengecek apakah ada masalah lain yang menyebabkan lampu tidak mau menyala. Setelah dilakukan pengecekan, ditemukan bahwa salah satu lampu LED putus atau mati. Oleh karena itu, solusinya adalah dengan melakukan penggantian pada lampu LED yang bermasalah tersebut, sehingga televisi akan kembali normal.

8. Tidak Ada Siaran

Pertama lakukan pemeriksaan pada bagian tuner, dan jika ternyata tidak ada masalah pada tuner lanjutkan pemeriksaan pada komponen disekitar tuner. Setelah melakukan pemeriksaan ternyata ada kerusakan pada IC IF, lakukan penggantian pada komponen ini untuk mengatasi permasalahan.

9. Tidak Mau Nyala

  • Kerusakan: Peristiwa awal kerusakan terjadi saat televisi dinyalakan, di mana asap keluar dari bagian belakang televisi dan menyebabkan televisi mati. Namun, lampu indikator tetap menyala.
  • Perbaikan: Langkah awal untuk memperbaiki kerusakan adalah dengan membongkar televisi dan melakukan pengecekan pada board power supply. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata terdapat kerusakan pada elco filter DC 300 volt yang terlihat dari ciri-ciri fisiknya yaitu plastik sobek dan terdapat cairan pada kaki-kakinya. Solusinya adalah dengan mengganti elco filter tersebut dengan yang baru. Jika setelah penggantian masih tidak dapat hidup (masih berada dalam keadaan standby), maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada logicboard.

Pada area logicboard VCC input 5 volt di convert jadi 3,3 volt untuk system kontrol. Dan jika setelah diukur VCC di area logicboard normal atau ada semua, yang terakhir harus dilakukan adalah dengan melakukan flashing IC bios. Sebab ada kemungkinan firmware TV rusak / korup.

Kalian juga bisa baca artikel yang terkait dengan TV Polytron lainnya :

Nah itulah pembahasan mengenai √ Kerusakan TV LED Polytron Cinemax: (Solusi & Perbaikan), semoga bisa menambah wawasan baru buat kalian dan bisa dipraktekan dengan mudah. Semoga bermanfaat

Baca Juga :  Cara Pasang Gacun di TV LED Secara Lengkap : 3, 4 & 5 Kabel
Kata Pencarian TerpopulerCara atasi kerusakan tv polytron led start layar tampil sesaat,https://www empatpilar com/kerusakan-tv-led-polytron-cinemax/,sulur bidarpolytron cinemax

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *