Menu Servis TV Sharp

Apa Saja Menu Servis TV Sharp? Pembahasan Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Apa Saja Menu Servis TV Sharp? Pembahasan Secara Lengkap. Pernahkah Kalian mengalami masalah dengan TV Sharp Kalian? Apakah layarnya tidak menampilkan gambar atau suara? Atau apakah tombol-tombol di remotenya tidak berfungsi? Jika demikian, Kalian mungkin memerlukan bantuan untuk memperbaiki TV Sharp Kalian. Salah satu cara untuk memperbaiki TV Sharp Kalian adalah dengan menggunakan menu servis.

Menu servis adalah fitur pada TV Sharp yang memungkinkan Kalian untuk mengakses berbagai pengaturan dan konfigurasi yang dapat membantu Kalian memperbaiki masalah pada TV Kalian. Dalam panduan ini, Kalian akan menemukan informasi yang berguna tentang menu servis TV Sharp dan cara menggunakannya untuk memperbaiki TV Kalian.

Apa Itu Servis Mode TV Sharp

Servis mode di televisi itu sebenernya nih keadaan di mana tv-nya kembali ke pengaturan awal seperti pas keluar dari pabrik. Jadi, semua settingan rahasia yang biasanya tersembunyi di menu televisi sharp jadi keliatan dan bisa diubah. Biasanya, servis mode ini dilakukan sama pihak pabrik pas lagi ngassembl TV atau pas lagi diperbaiki untuk nyocokin antara firmware data parameter dan komponen kerasnya.

Tujuan dari penyesuaian settingan ini adalah biar hasilnya jadi pas dan seimbang, karena setiap komponen di tv itu enggak selalu sama persis walaupun serinya sama. Misalnya, emisi dari tabungnya bisa beda-beda dan itu bisa ngaruh ke tampilan warna RGB di layar. Makanya, perlu setting ulang data parameter stKalianr yang ada di ic eeprom biar hasilnya optimal.

Nah, penting banget untuk diketahui nih kalau setting ulang data factory mode servis televisi itu enggak boleh sembarangan dilakukan. Hanya orang-orang yang ahli dan paham betul fungsi setiap data parameter yang boleh ngerjain ini. Kalo kita coba-coba setting atau ngasal, bisa-bisa malah bikin tv jadi rusak dan enggak bisa nyala, gambar jadi melebar atau menyempit enggak linier, program tv hilang dan enggak bisa nangkep siaran, suara langsung besar dan enggak bisa dikurangin, warna gambar juga bisa jadi dominan merah, biru, atau hijau, dan lain sebagainya.

Terus, kalo kita pengen masuk servis mode televisi sharp dengan benar, gimana ya caranya?

Cara Masuk Menu Servis TV Sharp

Tadi kan udah dikasih tau ya kalo salah setting parameter bisa bikin TV jadi rusak karena nilainya jadi enggak sesuai. Makanya, saran kita lebih baik rubah nilai parameter yang memang diperlukan aja, dan yang lainnya jangan dirubah biar enggak berisiko.

Nah, TV Sharp tuh banyak seri-serinya ya. Berikut ini ada cara masuk ke menu service TV Sharp yang bisa dipake di setiap seri TV Sharp. Jadi, kalo kita mau masuk ke menu service TV Sharp, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama matikan TV Sharp serta cabut kabel listrik dari sumber listrik/stop kontak
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol Volume (-) dan Channel (+) yang ada di TV Sharp
  3. Bersamaan dengan menekan kombinasi dua tombol tersebut, colokan kabel listrik TV ke stop kontak
  4. Maka TV Sharp akan menyala dengan tampilan menu servis atau service mode
  5. Di menu servis ini akan ditampilkan 5 kategori menu, yaitu Defleksi, Musik, Fitur, Perbaikan Nilai dan EEPROM
  6. Sebagai navigasi gunakan tombol Channel (+) dan (-) untuk memilih kategori (bisa gunakan remote TV untuk mempermudah)
  7. Kemudian untuk memasukan kategori gunakan tombol Volume (+)
  8. Untuk memilih item yang disesuaikan bisa gunakan tpmbol Channel (+) dan Channel (-)
  9. Dan untuk menyesuaikan nilai parameter bisa memanfaatkan tombol Volume (+) dan (-)
  10. Silahkan atur beberapa settingan yang dirasa kurang sesuai, penting untuk mengatur nilai yang dirasa kurang sesuai saja serta berhati-hati melakukanya agar tidak terjadi hal-hal yang ditak dinginkan terjadi, seperti TV mati total
  11. Jika sudah selesai, keluar dari menu service dengan cara menekan tombol Power yang ada di TV Sharp.

Nah itu dia langkah-langkah yang bisa Kalian coba ketika bermaksud masuk ke meni servis TV Sharp, sekali lagi disarankan untuk berhati-hati dalam melakukan proses tersebut.

Cara Buka Servis Mode TV sharp

Cara membuka mode menu servis televisi sharp atau sermod tv sharp bisa memakai remot ori bawaan maupun sermod dengan remot serbaguna yang sudah disetting, langkah-langkah membuka factory mode servis tv sharp terdapat banyak varian, sesuai dengan model atau seri televisi dan seri IC yang digunakan

1. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Slim Alexander

Cara masuk service mode televisi sharp slim flat seperti sharp alexander, alexander pro maupun alexander bonita, tv sharp piccolo atau televisi sharp yang memakai ic smd yang terletak dibawah chasis, langkah-langkah membuka servis mode factory setting:

  • Matiin dulu TV Sharp-nya, bisa dengan ngasih off saklar power atau cabut steker kabel listrik TV-nya.
  • Sambil nge-press dan tahan tombol Volume Down sama Channel Up di panel TV-nya, hidupin lagi TV Sharp-nya. Caranya bisa dengan ngasih on saklar power atau masukin lagi steker kabel listrik yang sebelumnya udah dilepas.
  • Tunggu beberapa saat sampai TV Sharp-nya nyala, terus lepas kedua tombol yang tadi ditahan.
  • Kalo berhasil masuk ke mode servis TV Sharp, akan keliatan tampilan data parameter menu servis. Kalo mau pindah ke parameter yang lain, kita bisa pake tombol Channel, kalo mau ganti nilainya bisa pake tombol Volume. Kalo pengen beralih ke menu servis yang lain, pake tombol Menu.
  • Kalo udah ngatur settingan parameter sesuai yang diinginkan, tekan tombol power remot atau saklar power di TV Sharp-nya buat simpen settingannya dan keluar dari mode factory menu servis.
Baca Juga :  Kulkas Bocor Air dari Bagian Bawah : Penyebab dan Solusi Perbaikan

Oke, gitu aja langkah-langkahnya.

2. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Slim Alternatif

Kalo sebelumnya kita udah bahas cara masuk ke mode servis TV Sharp dengan beberapa metode, sekarang kita bahas lagi nih cara masuk ke service mode TV Sharp slim yang pake ic smd. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Hidupkan televisi sharp atau kondisi televisi menyala
  • Hubungkan sesaat dengan kabel atau obeng min kedua jumper JA483 dan JA484 atau jumper 229 dan 417, shortkan kedua jumper sesaat sekitar 1 detik
  • Langkah masuk servis mode tv sharp berhasil apabila keluar tampilan data parameter menu servis, gunakan tombol Channel untuk memilih parameter, Volume merubah nilai dan tombol Menu untuk beralih dan pindah ke menu servis berikutnya
  • Tekan tombol power remot atau saklar power untuk menyimpan dan keluar dari mode factory menu servis tv sharp

3. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Wonder Universe

Cara membuka menu servis televisi sharp wonder dan sharp univere yang terdapat lubang khusus pada chassis atau pcb mesin televisi, cara masuk service mode tv sharp harus membuka casing penutup belakang televisi dan cari lubang pada chassis atau jumper kawat JA122 dan JA124, dan untuk tv sharp expression J800, selanjutnya langkah-langkah membuka factory mode televisi sharp:

  • Nyalain dulu TV Sharp-nya atau kalo udah nyala tinggal biarin aja.
  • Hubungin sebentar aja kabel atau obeng min ke kedua jumper JA122 dan JA124, terus shortkan kedua jumper itu selama sekitar 1 detik aja.
    Kalo berhasil masuk ke mode servis TV Sharp, bakal keliatan tampilan data parameter menu servis. Kalo pengen pindah ke parameter yang lain, kita bisa pake tombol Channel. Kalo mau ngubah nilai parameter, kita bisa pake tombol Volume. Kalo mau pindah ke menu servis yang lain, pake tombol Menu.
  • Kalo udah selesai ngatur parameter, tekan tombol power remot atau saklar power di TV Sharp-nya buat simpen settingannya dan keluar dari mode factory menu servis.

Oke, gitu aja langkah-langkahnya. Jangan lupa, kita harus hati-hati dan teliti dalam kerjainnya ya, biar enggak salah-salah sampe bikin rusak TV Sharp-nya.

4. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Qbeat

Kalo sebelumnya kita udah bahas beberapa cara masuk ke menu servis TV Sharp, sekarang kita bahas lagi nih cara masuk ke menu servis TV Sharp Qbeat. Tapi, cara ini agak beda dari sebelumnya. Kita harus membuka casing penutup belakang TV Sharp-nya dan cari lubang khusus pada chassis-nya atau jumper kawat JA137 dan JA138.

  • Kondisi televisi menyala atau hidupkan televisi sharp
  • Hubungkan sesaat dengan kabel atau obeng min kedua jumper JA137 dan JA138, shortkan kedua jumper sesaat sekitar 1 detik
  • Langkah masuk servis mode tv sharp berhasil apabila keluar tampilan data parameter menu servis, gunakan tombol Channel untuk memilih parameter, Volume merubah nilai dan tombol Menu untuk beralih dan pindah ke menu servis berikutnya
  • Tekan tombol power remot atau saklar power untuk menyimpan dan keluar dari mode factory menu servis tv sharp

5. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Lama

Cara membuka menu servis televisi sharp model lama atau sharp jadul, cari sebuah switch atau saklar (NORMAL SERVICE) di dekat tuner, langkah-langkah masuk factory mode televisi sharp:

  • Kondisi televisi hidup atau nyalakan televisi sharp
  • Pindah posisi saklar dari Normal ke Service untuk masuk service mode televisi sharp
  • TKalian masuk menu servis tv sharp berhasil apabila keluar tampilan data parameter menu servis, gunakan tombol Channel untuk memilih parameter, Volume merubah nilai dan tombol -Menu untuk beralih dan pindah ke menu servis berikutnya
  • Pindah posisi saklar dari Service ke Normal untuk menyimpan dan keluar service mode factory televisi sharp

6. Cara Masuk Service Mode TV Sharp Alternatif

Cara membuka menu servis televisi sharp lainya yang tidak ada lubang khusus pada board televisi, langkah-langkah masuk factory mode televisi sharp:

  • Nyalain dulu TV Sharp-nya.
  • Tekan tombol Menu di remot TV Sharp-nya sekali, terus tekan tombol angka 4 7 2 5 secara berurutan.
  • Kalo berhasil masuk ke mode servis TV Sharp, bakal keluar tampilan data parameter menu servis. Kalo pengen pindah ke parameter yang lain, kita bisa pake tombol Channel. Kalo mau ngubah nilai parameter, kita bisa pake tombol Volume. Kalo mau pindah ke menu servis yang lain, pake tombol Menu.
  • Kalo udah selesai ngatur parameter, tekan tombol power remot atau saklar power di TV Sharp-nya buat simpen settingannya dan keluar dari mode factory menu servis.

Nah, sebelum kita mulai ngatur settingan parameter, sebaiknya backup firmware ic eeprom-nya dulu sebagai antisipasi kalo-kalo ada kesalahan setting data. Dengan backup ini, nanti lebih gampang restore file eeprom-nya. Atau, kalo enggak backup, kita bisa catat atau dokumentasikan data parameter TV Sharp-nya pake video atau foto kamera ponsel. Oh ya, inget juga buat kerjain proses service mode-nya dengan teliti dan hati-hati ya, terutama kalo ada kontak langsung dengan mesin TV-nya.

Apa saja menu option factory televisi sharp yang ada didalam ic eeprom televisi, berikut contoh dari salah satu seri televisi sharp, macam-macam menu factory setting tv sharp sebagai sampel dan referensi?

Settingan Default Menu Servis TV Sharp

Nah, sebagai tambahan informasi buat kalian yang lagi ngatur settingan parameter TV Sharp, Teknisitv punya daftar atau data default settingan nilai parameter TV Sharp yang bisa kalian pake sebagai acuan. Jadi, kalo ada kesalahan setting data atau factory setting TV Sharp yang berantakan, bisa pake daftar ini sebagai patokan. Berikut ini datanya:

Baca Juga :  Cara Reset Remote AC Panasonic Termudah : Panduan Pemula

Tekan Menu

  1. 001. HTL : 0
  2. 002. HTL – POS : —
  3. 003. HTL -VR : —
  4. 004. HTL – MENU KEY : 1
  5. 005. COL-SYS : 2
  6. 006. FORCE – COL : 0
  7. 007. S-SYS : 15
  8. 008. AV : 2
  9. 009. YUV : 2
  10. 010. S – CTPL : 2
  11. 011. BIL : 0
  12. 012. LANG : 1
  13. 013. SEARCH – SP : 5
  14. 014. RC : MENU : 0
  15. 015. LED – CONT : 0
  16. 016. S-BOOSTER : 0
  17. 017. VOL CURVE : 1
  18. 018. CHILD LOCK : 1
  19. 019. WHITE BACK : 0
  20. 020. BOOSTER :1
  21. 021. 250 CHANNEL : 0
  22. 022. AVL : 2
  23. 023. LNA TUNER : 1
  24. 024. NORMAL KEY : 0
  25. 025. AV MODE : 1
  26. 026. MP-IN : 0
  27. 027. VIRGIN MODE : 0
  28. 028. WHITE – TEMP : 0
  29. 029. LK MENU : 0
  30. 030. ARROW – KEY : 1
  31. 031. VOL – TABLE : 0
  32. 032. GLAREE / SAVE : 2
  33. 033. LANG PACKAGE : 0
  34. 034. CONT – TABLE : 1
  35. 035. BRI – TABLE : 1
  36. 036. HIGHLIGHT BAR : 1

Cut OFF / BKGD

  1. 166 : R-C
  2. 135 : G-C
  3. 176 : B-C
  4. 69 : R-D
  5. 90 : R-D
  6. V01 . RF AGC : 46
  7. V02 . VF – VCD : 33
  8. V03 . H – VCD : 3
  9. V04 . SUB – CON : 82
  10. V05 . SUB – COL : 5
  11. V06 . SUB – BRI : 12
  12. V07 . SUB – TINT : 66
  13. V08 . SUB – SHP PRE : 39
  14. V09 . SUB – COL – YUV : 61
  15. V10 . SUB – TINT – YUV : 60
  16. V11 . V-SIZE : 24
  17. V12 . V-SHIF : 2
  18. V13 . H-SHIF : 15
  19. V14 . SCM – BR : 51
  20. V15 . SCM – BB : 15
  21. V16 . V-SIZE 60 : +3
  22. V17 . V-SHIF 60 : -2
  23. V18 . H-SHIF 60 : -2
  24. V19 . S-TRSP – BG : 65
  25. V20 . S-TRSP – I : 65
  26. V21 . S-TRAP – DK : 65
  27. V22 . S-TRAP – M : 63
  28. V23 . S-TRAP – 574 : 65
  29. V24 . TEST PATTERN : 0
  30. V25 . S-TRAP – START : 25
  31. V26 . S-TRAP – STOP : 95
  32. V27 . VS – CORRECT : 35
  33. V28 . VS – CORRECT 60 : -9
  34. V29 . V-LINIER : 35
  35. V30 . V-LINIER 60 : +1
  36. V31 . SUB – SHP OV : 28
  37. V32 . PARABOLA : 42
  38. V33 . PARABOLA 60 : +2
  39. V34 . TRAPEZIUM : 34
  40. V35 . TRAPEZIUM 60 : +2
  41. V36 . H-SIZE : 17
  42. V37 . H-SIZE 60 : -1
  43. V38 . UPP-COR : 35
  44. V39 . UPP-COR 60 : +1
  45. V40 . LOW-COR : 34
  46. V41 . LOW-COR 60 : +1
  47. V42 . ANGLE ADJ : 31
  48. V43 . ANGLE ADJ 60 : +1
  49. V44 . BOW ADJ : 33
  50. V45 . BOW ADJ 60 : 0

Itu dia daftar default nilai parameter TV Sharp yang bisa digunakan sebagai acuan dalam melakukan proses penyesuaian data parameter melalui menu service TV Sharp.

 

Artikel terkait :

 

Penutup dan Kesimpulan

Nah, untuk menutup artikel tentang menu servis TV Sharp, ada beberapa menu yang wajib kamu tahu nih. Sebagai pengguna TV Sharp, kamu pasti ingin tahu kan menu apa saja yang tersedia di dalam TV Sharpmu? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pertama-tama, ada menu “Picture” atau gambar. Di dalam menu ini, kamu bisa mengatur kecerahan, kontras, warna, serta saturasi gambar yang ada di TV Sharpmu. Kamu juga bisa mengatur kecerahan layar dan mode warna yang sesuai dengan keinginanmu.

Kedua, ada menu “Sound” atau suara. Di dalam menu ini, kamu bisa mengatur volume, balance, treble, dan bass dari TV Sharpmu. Kamu juga bisa mengatur suara dengan memilih mode suara yang tersedia, seperti “Music”, “Movie”, “News”, dan “Sports”.

Selain itu, ada juga menu “Channel” atau saluran. Di dalam menu ini, kamu bisa mengatur saluran TV yang ingin ditonton, melakukan scanning saluran otomatis, dan menambah atau menghapus saluran TV yang tersimpan di TV Sharpmu.

Selanjutnya, ada menu “Settings” atau pengaturan. Di dalam menu ini, kamu bisa mengatur bahasa yang digunakan, zona waktu, dan opsi-opsi lainnya seperti pengaturan waktu tidur atau sleep timer.

Terakhir, ada menu “Input” atau masukan. Di dalam menu ini, kamu bisa memilih sumber masukan yang ingin digunakan, seperti HDMI, USB, AV, atau VGA. Kamu juga bisa mengatur resolusi atau mode layar yang sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Nah, itulah beberapa menu servis TV Sharp yang perlu kamu ketahui. Dengan memahami menu-menu tersebut, kamu bisa lebih mudah mengatur dan memaksimalkan pengalaman menontonmu di TV Sharp. Selamat mencoba! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/menu-servis-tv-sharp/,masuk menu servis sharp universe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *