Perbedaan Internet dan World Wide Web

Apa Perbedaan Internet dan World Wide Web (www) : Berikut Ulasannya

Posted on

Empat Pilar – Apa Perbedaan Internet dan World Wide Web (www) : Berikut Ulasannya. Artikel ini menjelaskan Perbedaan Internet dan World Wide Web (www) dalam bahasa yang mudah dipahami, disertai dengan keuntungan dan kerugian dari keduanya, serta menjawab pertanyaan yang sering diajukan seputar topik ini.

Ketika kita berbicara tentang “Perbedaan Internet dan World Wide Web (www),” kita sering bingung dengan kedua istilah ini.

Mereka tampaknya digunakan secara bergantian, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Artikel ini akan membantu Kalian memahami Perbedaan Internet dan World Wide Web, serta kelebihan dan kekurangan dari masing-masing.

Perbedaan antara internet dan world wide web terletak pada fungsinya. Internet adalah jaringan yang sangat besar yang terdiri dari jutaan jaringan yang lebih kecil yang terhubung satu sama lain, yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dan mengakses data dan informasi dari berbagai sumber daya.

Sedangkan world wide web adalah layanan yang hadir di internet dan berfungsi sebagai penyimpan data dan informasi dalam bentuk dokumen yang terhubung satu sama lain melalui hypertext, sehingga memungkinkan pengguna untuk mencari informasi lebih cepat.

Contohnya adalah ketika seseorang mencari kata dan semua dokumen yang berisi kata tersebut akan muncul.

Pengertian Internet

Sebelum ke Perbedaan Internet dan World Wide Web, kalian harus mengetahui apa itu internet?. Internet didirikan pada akhir tahun 1960-an. Ini adalah sistem jaringan yang sangat besar yang tersebar di seluruh dunia.

Sistem jaringan ini terdiri dari jaringan kecil lainnya yang saling terhubung. Melalui sistem ini, komputer yang terhubung ke jaringan dapat saling berkomunikasi dan berbagi data.

Seluruh jaringan tersebut berisi banyak informasi dari publik, swasta, bisnis, akademik, bahkan sumber daya pribadi.

Informasi tersebut dapat diakses oleh siapa saja yang terhubung ke Internet. Penggunaan Internet sangat beragam di berbagai industri seperti hiburan, pendidikan, penelitian, navigasi, periklanan, bahkan perbankan. Dengan menggunakan Internet, segala jenis pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Keuntungan utama dari infrastruktur ini adalah aksesnya yang dapat diperoleh dari mana saja di dunia, kapan saja.

Berbagai perangkat seperti ponsel, konsol game, router seluler, bahkan kartu data dapat mendukung internet. Yang lebih menakjubkan, semuanya dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel.

Tidak bisa dipungkiri, internet telah mempengaruhi dunia secara besar-besaran. Penggunaannya menyebar ke hampir semua industri, mulai dari hiburan hingga pendidikan.

a. Fungsi Internet

Jaringan internet memiliki beberapa fungsi penting yang sangat dibutuhkan oleh manusia, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai media komunikasi

Internet telah menjadi sarana komunikasi yang paling populer dan praktis saat ini. Munculnya berbagai situs media sosial, aplikasi chatting, dan sejenisnya semakin memudahkan setiap orang untuk berkomunikasi.

2. Sebagai media untuk akses informasi

Internet telah menjadi era keterbukaan yang memudahkan orang untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan. Informasi apapun yang dicari bisa dengan mudah ditemukan melalui jaringan internet.

3. Sebagai media bertukar sumber daya

Internet memungkinkan orang untuk berbagi sumber daya atau data dengan orang lain di seluruh dunia. Beberapa data atau sumber daya yang sering dibagikan di internet di antaranya adalah jurnal, karya tulis, makalah, video, foto, desain, dan lain sebagainya.

4. Sebagai media untuk akses berita

Dengan semakin banyaknya situs berita online ataupun media online, berbagai peristiwa terbaru bisa dengan mudah diketahui melalui internet.

Pengertian World Wide Web (WWW)

Sebelum mengetahui Perbedaan Internet dan World Wide Web juga kalian harus memahami apa itu www?. World wide web adalah layanan yang tersedia di internet yang memungkinkan orang untuk mencari informasi kapan saja dari mana saja.

Baca Juga :  Contoh Nama Domain untuk Organisasi Militer : TNI (AD,AL,AU)

Informasi ini disimpan dalam sistem dan hanya dapat diakses melalui internet. Layanan ini didirikan pada tahun 1989 dan telah menjadi sangat populer sejak itu.

World wide web pada dasarnya adalah sistem informasi yang terdiri dari dokumen yang saling terhubung dalam bentuk jaringan. Ketika seseorang mencari sesuatu di world wide web, dokumen yang relevan muncul dengan mencocokkan kata-kata yang digunakan.

Sebagai contoh, jika seseorang memasukkan kata tertentu di bilah pencarian, semua dokumen yang berisi kata itu akan ditampilkan.

Yang menarik, world wide web menyediakan aksesibilitas bagi orang-orang dengan cacat tanpa kesulitan. Namun, tidak semua layanan di internet memiliki fasilitas ini. Fitur aksesibilitas dapat digunakan untuk berbagai aspek.

Selain itu, internet didasarkan pada perangkat keras, sedangkan world wide web lebih berorientasi pada perangkat lunak. Oleh karena itu, world wide web dapat dianggap sebagai bagian dari internet.

a. Fungsi World Wide Web (WWW)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, adanya WWW sangat bermanfaat bagi seseorang yang ingin mencari data dan informasi dengan akses yang mudah dan cepat. Namun fungsi WWW tidak hanya itu saja, ada berbagai macam fungsi lainnya yang perlu untuk diketahui. Ini adalah informasinya.

1. Mesin Pencari

Mesin pencari adalah fitur gratis yang bertujuan untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan menggunakan mesin pencari, kamu bisa mencari informasi dengan mudah di internet.

Beberapa mesin pencari yang populer dan mudah digunakan adalah Google, Bing, Yahoo!, dan lain sebagainya.

2. Web Hosting

Fungsi lain dari internet adalah sebagai web hosting. Web hosting adalah layanan yang memungkinkan seseorang atau kelompok untuk dapat mengirim situs web ke internet.

Untuk mengakses web hosting, domain website harus terhubung dengan tempat penyimpanan database web hosting. Jika kamu belum memiliki domain, Dewaweb menyediakan layanan hosting dengan tingkat keamanan yang sudah bersertifikat.

3. Layanan Surel Web

Layanan surel web adalah layanan yang menawarkan akses mudah dan penyimpanan pesan email untuk pengguna yang tidak terhubung ke internet dari lokasi biasanya. Beberapa layanan surel web yang populer adalah Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, dan lain sebagainya.

4. Portal

Portal adalah lokasi pribadi yang ada di internet dan bertugas untuk memberikan akses ke informasi yang tersedia di internet. Beberapa portal yang populer di internet adalah Facebook, Twitter, dan Gmail.

Apa Perbedaan Internet dan World Wide Web (www)

Jelaslah bahwa www dan internet memiliki perbedaan yang sangat besar. Keduanya memiliki protokol dan penggunaan yang berbeda.

Hanya ada satu kesamaan di antara keduanya, yaitu sebagai titik komunikasi. Baik www maupun internet digunakan untuk berbagai bentuk komunikasi, seperti pesan teks atau mencari informasi di web.

Setelah kita memperkenalkan internet dan www secara singkat, mari kita periksa Perbedaan Internet dan World Wide Web yang tercantum dalam tabel di bawah ini :

InternetWWW
Internet memungkinkan Anda menghubungkan komputer Anda ke komputer lain mana pun di planet ini.World Wide Web adalah kumpulan informasi yang dapat diakses melalui Internet.
Internet adalah jaringan seluruh dunia dari jaringan komputer yang saling terhubung yang menghubungkan perangkat menggunakan protokol TCP/IP.World Wide Web mengacu pada materi online berformat HTML yang dapat diakses menggunakan protokol HTTP.
Internet dapat dibandingkan dengan toko buku besar.Web dapat dianggap sebagai toko dengan koleksi buku.
Internet adalah superset dari WWW.World Wide Web adalah bagian dari Internet.
Ini pertama kali muncul pada akhir 1960-an.Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris, menciptakan World Wide Web pada tahun 1989.
Internet sebagian besar didasarkan pada perangkat keras.Dibandingkan dengan Internet, WWW lebih berorientasi perangkat lunak.

Penutup

Demikianlah ulasan dari empatpilar.com mengenai Perbedaan Internet dan World Wide Web (www) yang perlu Kalian ketahui. Sekarang Kalian telah memahami bahwa Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan berbagai perangkat, sementara World Wide Web adalah salah satu cara untuk mengakses informasi yang tersedia di Internet melalui browser.

Baca Juga :  Cara Membuat Navbar Responsive Terlengkap : HTML, CSS dan Javascript

Keduanya saling terkait, namun memiliki fungsi yang berbeda dalam dunia digital. Dengan mengetahui perbedaan ini, diharapkan Kalian dapat lebih bijak dalam menggunakan teknologi ini serta memahami bagaimana berbagai layanan dan aplikasi bekerja di dunia maya.

Selamat berselancar di dunia Internet yang luas dan semoga pengetahuan ini bermanfaat bagi Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *