Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian Teks Deskripsi dan Contohnya Secara Lengkap

Posted on

Pengertian Teks Deskripsi – Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan secara rinci objek, tempat, atau peristiwa tertentu sehingga pembaca dapat merasakan secara fisik atau emosi apa yang dijelaskan di dalam teks. Istilah “deskripsi” berasal dari bahasa Latin, “describere,” yang berarti menggambarkan atau memberikan penjelasan tentang sesuatu.

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Beberapa Ahli

1. Menurut Henry Guntur Tarigan

Deskripsi adalah tulisan yang dapat menggambarkan cerita dengan tujuan untuk membantu pembaca memahami, merasakan, dan menikmati sesuatu yang dibahas dalam teks, seperti aktivitas, emosi, dan lainnya.

2. Menurut Gorys Keraf

Deskripsi adalah tulisan yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek yang dibicarakan sehingga pembaca seolah-olah bisa melihat langsung objek yang digambarkan. Penulis harus dapat menyampaikan perasaan, rincian bentuk yang ditemukan pada suatu hal atau objek.

3. Menurut Felicia Nuradi

Deskripsi adalah tulisan yang bertujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifat, rasa, dan corak dengan mengandalkan panca indra manusia dalam proses penjelasannya. Sementara itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi adalah pemaparan, uraian, atau penggambaran dengan kata-kata yang tertulis jelas dan rinci.

 

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri-ciri yang bisa memudahkan pembaca untuk mengenali jenis teksnya. Berikut adalah ciri-ciri teks deskriptif:

  1. Teks deskripsi berisi penjabaran atau penggambaran tentang suatu objek, seperti benda, tempat, suasana, dan lainnya.
  2. Teks deskripsi berisi penjelasan yang melibatkan seluruh panca indera, seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, dan perabaan.
  3. Teks deskripsi berisi pemaparan secara rinci dan jelas tentang ciri-ciri fisik dan sifat suatu objek.
  4. Teks deskripsi membuat pembaca seolah-olah bisa merasakan atau bahkan mengalami langsung kejadian yang digambarkan di dalam teks.
  5. Teks deskripsi umumnya menggunakan kata-kata khusus untuk menggambarkan objek secara serinci mungkin, seperti warna, merah keabuan, biru keungu-unguan, dan lainnya.
  6. Teks deskripsi juga dapat menggunakan frasa yang mengandung kata benda, seperti “Pak Dadang adalah kepala sekolah yang tegas.”
  7. Teks deskripsi mengandung kata sifat yang berguna untuk menggambarkan, seperti “dua kaos merah,” “seorang siswa rajin,” dan lainnya.
  8. Teks deskripsi dapat menggunakan kata kerja transitif untuk memberikan informasi tentang suatu subjek, seperti “murid itu mengenakan seragam putih abu-abu.”
  9. Teks deskripsi mengandung kata kerja perasaan dan pendapat untuk mengungkapkan pandangan pribadi si penulis terhadap subjek yang dituliskan, seperti “saya pikir blackie adalah anjing yang cerdas,” “saya yakin buku ini bisa menjawab masalah yang kamu miliki,” dan lainnya.
  10. Teks deskripsi mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan, seperti “dengan kencang,” “di lapangan,” “di sore hari,” dan lainnya.
  11. Teks deskripsi mengandung bahasa kiasan atau metafora, seperti “kulitnya putih seputih salju,” “mobil ini cepat seperti cheetah,” dan lainnya.

 

Struktur Teks Deskriptif

Teks deskripsi juga memiliki struktur dalam penulisannya, yaitu:

1. Judul

Judul dalam paragraf deskriptif setidaknya harus memiliki tiga aspek yaitu relevan, provokatif atau menarik, dan juga singkat. Judul dari tulisan tersebut merupakan ringkasan tersirat dari seluruh tulisan. Judul ini memiliki fungsi sebagai daya tarik minat dan sebagai nama yang bersifat promosi.

2. Identifikasi

Penentuan identitas dari orang, objek, dan benda lainnya.

3. Klasifikasi

Unsur penyusun dengan sistem dari suatu kelompok yang sesuai dengan kaidah dan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga :  Penyebab Siaran ANTV Hilang : Cara Mengatasinya Lengkap

4. Deskripsi

Berisi gambaran atau penjelasan tentang objek atau hal yang dibahas dalam teks.

5. Kesimpulan

Kesimpulan adalah penegasan terhadap hal yang dianggap penting. Kesimpulan bisa dicantumkan atau tidak.

Jenis-jenis Teks Deskriptif

Berdasarkan isi teksnya, teks deskripsi dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis teks deskripsi.

1. Deskripsi subjektif

Teks deskripsi subjektif merupakan teks deskripsi yang menggambarkan suatu objek berdasarkan kesan yang dimiliki oleh penulis.

2. Deskripsi Spatial

Teks deskripsi spatial adalah teks deskriptif yang hanya menggambarkan tempat, ruangan, atau suatu benda.

3. Deskripsi objektif

Teks deskripsi objektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan objek sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan tersebut tanpa ada embel-embel dari opini penulis.

4. Deskripsi imajinatif

Teks deskripsi imajinatif adalah teks yang berisi tentang gambaran atau lukisan suatu tempat di mana kejadian terjadi. Penggambarannya harus dilihat dari berbagai sudut sehingga tempat tersebut bisa tergambar dengan jelas baik dalam pikiran maupun perasaan pembaca.

5. Deskripsi faktual

Teks deskripsi faktual adalah teks deskripsi yang menggambarkan suatu objek, baik itu hal atau orang, dengan mengungkapkan identitasnya apa adanya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan yang sebenarnya.

 

Contoh Teks Deskripsi dan Penjelasan Strukturnya

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian, ciri, dan struktur teks deskripsi, yuk perhatikan beberapa contoh teks deskripsi yang bisa kamu jadikan referensi berikut ini!

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Parangtritis yang Indah

Salah satu wisata andalan di Kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya Pantai Parangtritis terletak di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan di Pantai Parangtritis sangat indah. Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih yang bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sangat indah.

Keindahan pantai terasa sempurna di sore hari. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat yang sangat istimewa. Pemandangan alam yang sangat indah. Warnanya merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa sinar matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Rasa hangat bercampur dengan lembutnya hembusan angin sore, melingkupi seluruh tubuh.

Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai ini, kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir. Orang tua dan muda menikmati hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda atau angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sangat indah.

Penjelasan Struktur

Judul

Dari judulnya saja, kita sudah bisa mengetahui bahwa teks akan membicarakan tentang keindahan dari Pantai Parangtritis.
Identifikasi/Gambaran Umum: Paragraf pertama dari teks menjelaskan mengenai gambaran umum dari Pantai Parangtritis, mulai dari apa itu Pantai Parangtritis hingga detail lokasi dari pantai ini.

Deskripsi Bagian

Penjelasan rinci mengenai Pantai Parangtritis dijelaskan oleh penulis pada paragraf 2 dan 3. Penulis menuliskan deskripsi sesuai dengan penglihatannya yang terlihat pada kalimat “pantai bersih dengan buih-buih putih”, “ tebing yang sangat tinggi”, “semburat warna merah keemasan di langit”, dan sebagainya.

Simpulan/Kesan

Simpulan serta kesan dari teks di atas adalah penulis sangat mengagumi keindahan dari Pantai Parangtritis dan ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh para wisatawan di pantai ini untuk menikmati keindahannya.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Teks Deskripsi dan Contohnya Secara Lengkap, semoga mudah kalian pahami dan bisa dijadikan sebagai bahan penambah wawasan ya. Terima kasih

Baca Juga :  Jenis-Jenis Saklar dan Fungsinya Secara Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *