Apa Itu AC Split Duct

Apa Itu AC Split Duct? : Pengertian dan Kelebihannya Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Apa Itu AC Split Duct? : Pengertian dan Kelebihannya Secara Lengkap. Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi tentang AC Split Duct, atau Sistem Pendingin Udara Split Duct, yang merupakan solusi pendinginan yang efisien dan populer. Dengan keunggulan efisiensi energi, distribusi udara merata, dan desain minimalis, AC Split Duct menjadi pilihan yang cerdas untuk menciptakan lingkungan yang nyaman di berbagai ruangan.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu AC Split Duct dan kelebihannya, kalian dapat membuat keputusan yang tepat saat memilih sistem pendingin udara untuk kebutuhan kalian.

Apa itu AC Split Duct?

AC Split Duct adalah model AC yang menggunakan prinsip pemisahan antara unit indoor dan unit outdoor. Komponen indoor terdiri dari kipas blower serta evaporator yang bekerja untuk menarik udara dari dalam ruangan dan mengkondisikannya menjadi udara yang lebih dingin. Udara yang sudah diolah ini kemudian dialirkan melalui saluran udara yang dikenal sebagai ducting ke berbagai area di dalam bangunan.

Ciri khas yang membedakan AC ini dari jenis AC lainnya adalah lokasi unit outdoor-nya yang diletakkan di luar bangunan. Hal ini berkontribusi untuk menjaga penampilan interior ruangan tetap terjaga.

AC jenis ini umumnya dipakai di pusat perbelanjaan atau bangunan dengan area luas. AC Split Duct tak pernah terpisahkan dari Sistem Ducting yang menjadi komponen mendasar dalam sistem AC sebagai pengantar udara yang telah diproses dari sumber dingin atau panas ke ruangan yang akan diatur kondisinya.

Manfaat menggunakan AC Split Duct meliputi efisiensi energi yang lebih unggul dibandingkan dengan jenis AC lain. Selain itu, karena unit outdoor-nya terletak di luar, tingkat kebisingan yang dihasilkan juga lebih rendah, menciptakan lingkungan dalam ruangan yang lebih tenang dan nyaman.

Komponen AC Split Duct

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa komponen ini ada 3, namun secara detailnya sebagai berikut :

1. Fan Coil Unit(FCU)

Unit Kumparan Kipas (UKK) adalah perangkat yang berfungsi sebagai pertukaran panas. Udara panas dari ruangan diarahkan melalui kumparan pendingin di dalam UKK, mengakibatkan udara tersebut menjadi dingin. Udara yang telah didinginkan kemudian disebarluaskan ke seluruh ruangan.

2. Ducting (Saluran udara)

Terdapat beragam jenis saluran udara yang digunakan. Fungsi-fungsi lainnya meliputi:

  • Mensuplai udara dingin ke ruang yang sedang dikondisikan (udara pasokan). Saluran udara pasokan ini memiliki lapisan insulasi fisik untuk menjaga agar udara dingin tetap terjaga dan tidak terbuang dengan sia-sia.
  • Mensuplai udara segar dari luar ruangan (udara segar).
  • Mengeluarkan udara dari dalam ruangan ke luar (udara exhaust).

Saluran udara untuk udara segar dan udara exhaust tidak memerlukan lapisan insulasi. Beberapa bahan insulasi yang digunakan antara lain: Glasswool, Aluminium Foil, Spindle pin/pengikat.

3. Kompresor

Saat AC dinyalakan, kompresor berfungsi untuk mengkonversi refrigeran dari gas bertekanan rendah ke gas bertekanan tinggi. Setelah itu, gas ini dialirkan ke kondensor.

4. Kondensor

Kondensor adalah perangkat yang bertugas mengubah gas bertekanan tinggi menjadi cairan bertekanan tinggi. Cairan tersebut selanjutnya akan diteruskan ke orifice tube.

5. Orifice Tube dan Katup Ekspansi

Orifice tube adalah bagian di mana tekanan dan suhu cairan bertekanan tinggi direduksi menjadi cairan dingin bertekanan rendah. Sementara itu, katup ekspansi adalah elemen kunci pada sistem AC yang didesain untuk mengatur laju aliran refrigeran melalui katup orifice. Pada titik ini, refrigeran berubah dari cair ke bentuk uap saat meninggalkan katup ekspansi dan bergerak menuju evaporator.

Cara Kerja AC Split Duct

AC Split Duct bekerja dengan mengikuti prinsip dasar pemindahan panas dan distribusi udara. Berikut ini adalah gambaran lebih rinci tentang bagaimana AC ini bekerja:

Baca Juga :  50+ Daftar Lengkap Kode Error AC LG, Pembahasan Lengkap

1. Proses Pendinginan Udara

Proses dimulai ketika AC Split Duct menghisap udara dari dalam ruangan melalui kipas blower yang terdapat pada unit indoor. Udara yang diambil akan melewati evaporator yang berisi gas refrigerant. Pada tahap ini, gas refrigerant akan menyerap panas dari udara yang mengalir melalui pipa tembaga yang membentang di dalam evaporator. Proses ini menyebabkan udara di sekitarnya menjadi lebih dingin.

2. Distribusi Udara

Setelah melalui evaporator dan menjadi lebih dingin, udara tersebut akan didistribusikan ke berbagai ruangan melalui saluran udara atau ducting. Ducting bertindak sebagai jalur penghantar udara dingin ke seluruh ruangan yang terhubung dengan sistem AC Split Duct. Kecepatan dan arah aliran udara dapat diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing ruangan.

3. Pengeluaran Udara Panas

Sementara itu, unit outdoor akan mengambil gas refrigerant yang telah menyerap panas dari udara di dalam ruangan melalui pipa tembaga, lalu membawanya ke kompresor. Di dalam kompresor, gas refrigerant ditekan dan dipadatkan, menyebabkan suhu gas meningkat secara signifikan. Setelah keluar dari kompresor, gas refrigerant ini menuju kondensor yang terletak pada unit outdoor.

Di kondensor, gas refrigerant melepaskan panas yang telah diabsorbsi dari dalam ruangan ke lingkungan luar. Akibat pelepasan panas ini, gas refrigerant berubah menjadi cairan. Proses pemadatan gas di kompresor dan pelepasan panas di kondensor membantu menjaga siklus pemindahan panas yang berkelanjutan.

Dengan demikian, keseluruhan proses pemindahan panas dan distribusi udara terus berulang, menjaga suhu ruangan tetap optimal dan menjadikan udara di dalamnya tetap nyaman serta segar.

Kelebihan AC Split Duct

Setiap teknologi mutakhir tentunya memiliki keunggulan yang membuat penggunanya merasa puas untuk mengadopsinya. Keunggulan-keunggulan ini telah terbukti melalui banyaknya AC Split yang terpasang di rumah-rumah masyarakat Indonesia. Agar Anda juga tertarik untuk menginstal AC Split, berikut adalah beberapa keunggulannya:

  1. Distribusi Udara Dingin Tersentral
    AC Split Duct mampu mendistribusikan udara dingin secara merata hanya dengan satu unit AC pusat.
  2. Lebih Ekonomis dengan Sirkulasi Udara Menyeluruh
    Suhu dingin tersebar secara merata, menjadikannya pilihan lebih ekonomis dalam penggunaan energi.
  3. Pengeluaran Bulanan Lebih Terkendali
    Kemampuannya mengoptimalkan sirkulasi udara dingin dapat membantu mengurangi biaya bulanan terkait pendinginan.
  4. Penambahan Estetika
    Selain fungsinya, AC Split Duct juga dapat menambah nilai estetika ruangan dengan desainnya yang elegan.
  5. Operasi Hening
    Operasinya yang tenang memberikan kenyamanan ekstra, karena tidak menghasilkan suara bising yang mengganggu.
  6. Instalasi Tersembunyi
    Unit AC ditempatkan tersembunyi, tidak mencolok, dan tidak mengganggu tampilan desain interior ruangan.
  7. Perawatan Mudah
    Kemudahan dalam membersihkan komponen AC membuatnya lebih praktis untuk dirawat.
  8. Keamanan dari Kebocoran
    Desain yang cermat membantu mencegah risiko kebocoran yang bisa mengganggu kinerja AC.
  9. Umur Pemakaian Lebih Panjang
    Dibandingkan dengan jenis AC lain, AC Split Duct umumnya memiliki umur pemakaian yang lebih lama.

Dengan beragam keunggulan ini, tidak heran jika AC Split Duct menjadi pilihan favorit dalam menciptakan lingkungan hunian yang nyaman dan hemat energi.

Panduan Perawatan AC Ducting

Pemasangan AC Ducting memang penting, namun pemeliharaannya tak kalah esensial untuk memastikan kinerja optimal dan masa pakai yang panjang. Berikut adalah panduan lengkap mengenai perawatan AC Ducting:

1. Pembersihan Rutin

Komponen Utama Fokus pada komponen di mana udara keluar, karena sering menjadi tempat berkumpulnya debu. Pentingnya Kebersihan Ruangan Rajinlah membersihkan ruangan agar debu tak mudah masuk ke dalam komponen AC. Dengan menjaga kebersihan, frekuensi pembersihan komponen AC bisa diminimalkan.

2. Pemeriksaan Berkala

Tujuan Dengan rutin memeriksa, Anda dapat mendeteksi adanya kerusakan atau kebocoran pada saluran. Hal ini mencegah kerusakan lebih lanjut yang bisa mengakibatkan biaya reparasi besar. Pemeriksaan Mendalam Untuk pemeriksaan yang lebih detail, pertimbangkan menggunakan jasa profesional. Sebagai panduan, jadwalkan pemeriksaan mendalam setiap 6 bulan sekali untuk memastikan semua komponen bekerja dengan baik.

3. Pengaturan Suhu yang Stabil

Hindari mengubah-ubah suhu dengan sering. Tentukan suhu ideal sesuai kebutuhan ruangan dan biarkan AC bekerja secara konsisten pada suhu tersebut. Hal ini membantu mesin AC bekerja dengan efisien tanpa harus berlebihan.

Baca Juga :  Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung 2 Pintu Side by Side

Penutup

Sekian pembahasan dari empatpilar.com tentang “Apa Itu AC Split Duct?”. Sebagai sistem pendinginan yang fleksibel dan efisien, AC Split Duct menawarkan berbagai kelebihan yang menjadikannya pilihan menarik bagi banyak pengguna.

Dengan pengetahuan ini, diharapkan kalian dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih sistem AC yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Ingatlah selalu untuk mempertimbangkan kelebihan dari AC Split Duct saat mempertimbangkan solusi pendinginan untuk ruangan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *