Ciri-Ciri Septic Tank Sudah Penuh

Kenali, Ciri-Ciri Septic Tank Sudah Penuh : Pemahaman Dasar

Posted on

Empat Pilar – Kenali, Ciri-Ciri Septic Tank Sudah Penuh : Pemahaman Dasar. Septik tank merupakan bagian penting dari sistem pembuangan air limbah rumah kalian. Namun, kadang-kadang tank ini bisa penuh akibat penggunaan yang berlebihan atau kurangnya perawatan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas Ciri-Ciri Septic Tank Sudah Penuh, serta solusi yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini. Mari kita lihat ciri-ciri septik tank yang sudah penuh dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Pengertian dan Fungsi Septic Tank

Septic Tank merupakan sebuah sarana pengolahan limbah yang dirancang menggunakan material yang tahan air, sehingga cairan yang terdapat di dalamnya tidak akan merembes atau meresap ke dalam tanah. Fungsi utama Septic Tank adalah untuk mengolah tinja dan material kotoran lainnya.

Materi padat dan cairan yang masuk ke dalam Septic Tank akan secara alami mengalami pelapukan dan dekomposisi. Struktur Septic Tank terdiri dari beberapa komponen, seperti kompartemen sedimentasi dan penyaringan yang berisi pecahan batu atau kerikil. Komponen ini memiliki peran dalam proses penguraian limbah.

Setiap komponen yang digunakan dalam pembuatan Septic Tank memiliki fungsinya masing-masing. Berikut adalah beberapa komponen dan fungsinya dalam Septic Tank:

  • Kompartemen Sedimentasi
    Kompartemen sedimentasi dalam Septic Tank umumnya terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama berfungsi sebagai tempat di mana proses pelapukan dan pengendapan material lumpur terjadi. Bagian kedua berfungsi untuk menampung lumpur yang berlebihan dan tidak tertampung oleh bagian pertama.
  • Komponen Penyaringan
    Selanjutnya, terdapat komponen penyaringan yang memiliki peran sangat penting. Komponen ini berfungsi untuk mengolah limbah secara lebih lanjut. Ruang penyaringan diisi dengan pecahan batu atau kerikil, yang bertindak sebagai tempat bagi bakteri anaerobik untuk berkembang.

Bakteri anaerobik adalah jenis bakteri khusus yang memiliki peran utama sebagai agen pengurai dalam lingkungan. Kehadiran bakteri anaerobik memungkinkan proses penguraian limbah di dalam Septic Tank berjalan dengan optimal.

Dengan demikian, Septic Tank memiliki peran penting dalam mengolah limbah dan menjaga lingkungan agar tetap sehat. Pemeliharaan yang baik terhadap komponen-komponen Septic Tank sangatlah penting untuk memastikan kinerjanya yang optimal.

Ciri-Ciri Septic Tank Sudah Penuh

Dengan mengenali tanda-tanda septic tank penuh, kamu bisa tahu bagaimana cara yang tepat untuk menangani masalah tersebut. Sebab, tidak semua penyebab bisa diatasi dengan solusi yang sama.

1. Tercium Bau Tidak Sedap

tanda pertama bahwa kapasitas septic tank Kalian sudah tidak lagi mencukupi untuk menampung limbah dapat dikenali melalui bau yang tidak sedap. Bau tersebut biasanya berasal dari saluran ventilasi udara.

Saluran udara ini pada umumnya berfungsi untuk menyediakan oksigen kepada bakteri pengurai, yang bertugas untuk menguraikan sisa-sisa limbah yang terdapat dalam tanki. Namun, jika Kalian sudah mulai mencium aroma yang tidak sedap melalui lubang ventilasi tersebut, ini mengindikasikan bahwa volume limbah di dalam septic tank telah mencapai tingkat yang terlalu tinggi.

2. Genangan Air Turun Lebih Lambat

Jika masih ada keraguan mengenai apakah septic tank Kalian telah mencapai kapasitas maksimal atau belum, Kalian dapat mengamati apakah air mengalir lebih lambat dari biasanya atau tetap seperti biasa.

Untuk menguji ini, cobalah untuk memasukkan air secukupnya ke dalam toilet. Setelah itu, perhatikan seberapa cepat air mengalir. Apabila aliran air melambat, ini merupakan tanda bahwa septic tank sudah benar-benar penuh.

Baca Juga :  Penyebab Mola TV Tidak Bisa Mirroring dan Solusinya Lengkap

Namun, jika air di toilet sama sekali tidak berkurang, kemungkinan masalahnya terletak pada saluran pipa yang tersumbat.

3. Adanya Limbah dalam Kloset

Situasi di mana tiba-tiba Kalian menemukan adanya limbah dalam kloset, padahal Kalian belum pernah membuang limbah tersebut, menunjukkan bahwa kapasitas septic tank Kalian tidak lagi mencukupi untuk menampung semua materi limbah.

Dampaknya, limbah yang telah masuk ke septic tank akan dipaksa keluar oleh genangan air yang muncul di dalam kloset.

4. Saluran Air Lambat

Penurunan kecepatan aliran air dalam saluran juga merupakan indikasi bahwa septic tank Kalian sudah mencapai penuhnya. Meski begitu, langkah pemeriksaan tetap diperlukan.

Biasanya, ketika aliran air sudah melambat, langkah awal yang bisa diambil adalah memanggil jasa untuk membersihkan kemungkinan sumbatan akibat kotoran di dalam saluran pipa. Namun, jika masalah tersebut tidak kunjung terselesaikan, ini mengindikasikan bahwa akar permasalahannya ada pada septic tank yang sudah mencapai kapasitas maksimal.

5. Area Pembuangan Sudah Penuh Air

Jika jumlah air di dalam saluran pembuangan mencapai batas maksimal, akibatnya tekanan hidrostatik akan mencegah masuknya air tambahan ke dalam saluran tersebut.

Keadaan ini dapat diakibatkan oleh hujan yang sangat deras atau akibat air yang meresap dan akhirnya masuk ke dalam tangki septik.

6. Tangki Septic Tank Tidak Ramah Bakteri

Agar limbah padat dapat diuraikan, tangki septik bergantung pada keberadaan bakteri pengurai. Saat bahan pembersih dan zat pemutih ditambahkan ke dalam saluran yang menghubungkan ke tangki septik, sebenarnya hal ini dapat mengganggu keseimbangan ekosistem bakteri di dalam tangki septik.

Tanpa bakteri pengurai yang cukup, proses penguraian limbah menjadi sulit dan tangki septik dapat cepat mengalami penumpukan. Namun, Kalian dapat melakukan penyedotan tangki septik untuk menghilangkan bahan-bahan berbahaya tersebut.

Hal yang Dapat dilakukan untuk Memperlambat Septic Tank Penuh

Sebenarnya terdapat empat cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi atau mencegah septic tank agar tidak penuh dengan cepat. Keempat cara yang dimaksud adalah:

1. Menggunakan Obat Penumbuh Bakteri

Pemberian obat pendorong pertumbuhan bakteri ke dalam tangki septik memiliki manfaat untuk mempercepat penguraian limbah di dalamnya. Dengan menggunakan obat ini, tangki septik yang Anda miliki dapat mengalami proses penguraian yang lebih efisien, sehingga kapasitasnya tetap optimal dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Sebelum menggunakan obat pendorong pertumbuhan bakteri ini, disarankan untuk membaca panduan penggunaannya dengan teliti. Langkah ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan masalah yang tidak diinginkan.

2. Menggunakan Soda Api

Soda kaustik, juga dikenal sebagai natrium hidroksida, memiliki reputasi dalam mengatasi masalah tangki septik yang cenderung cepat penuh. Soda kaustik ini berperan dalam menghasilkan gelembung-gelembung yang membantu proses pemecahan limbah dalam tangki.

Hasil pemecahan limbah yang lebih efektif ini akan mempercepat proses penguraian. Kelebihannya, selain ketersediaannya yang mudah, penggunaan soda kaustik untuk merawat tangki septik juga dianggap sebagai cara yang aman dan tidak merusak perangkat kloset.

3. Memanfaatkan Cairan Pembersih Saluran

Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk mencegah septic tank cepat penuh adalah dengan memanfaatkan cairan pembersih saluran. Cara menggunakannya pun sederhana, yakni tuangkan cairan tersebut ke dalam lubang kloset. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 15 menit sebelum dibilas dengan air.

4. Memilih Layanan Sedot WC Profesional

Apabila kamu merasa ragu atau khawatir memakai cairan pembersih untuk septic tank, ada pilihan lain yaitu menghubungi layanan sedot WC profesional. Melalui layanan ini, kamu tak perlu repot mengatasi permasalahan septic tank di rumahmu sendiri.

Meski memanggil layanan profesional ini memerlukan biaya tambahan, namun hasil yang didapatkan tentunya akan memuaskan dan memaksimalkan fungsi septic tank di rumahmu.

Penutup

Sebagai penutup, penting bagi setiap pemilik rumah untuk mengetahui dan memahami ciri-ciri septic tank yang sudah penuh. Hal ini bukan hanya untuk memastikan kenyamanan dan kesehatan keluarga, tetapi juga untuk mencegah kerusakan lingkungan dan biaya perbaikan yang mahal di masa depan.

Baca Juga :  Biaya Service TV LED LG Layar Gelap Lengkap

Oleh karena itu, jangan abaikan tanda-tanda dan selalu pastikan untuk melakukan pemeliharaan rutin serta pemeriksaan pada septic tank Anda. Kesadaran dan tindakan pencegahan dapat menghindari banyak masalah di kemudian hari.

Itu saja uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Ciri-Ciri Septic Tank Sudah Penuh. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *