Apa itu Pompa Air Satelit

Apa itu Pompa Air Satelit? : Fungsi dan Cara Kerja Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Apa itu Pompa Air Satelit? : Fungsi dan Cara Kerja Secara Lengkap. Pompa air satelit merupakan salah satu teknologi inovatif dalam dunia penyediaan air bersih. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan dengan detail apa itu pompa air satelit, fungsi-fungsi utamanya, serta cara kerjanya.

Kami juga akan mengulas berbagai aspek penting terkait pompa air satelit, sehingga Kalian akan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang teknologi ini.

Pompa air satelit adalah sistem pompa air yang menggunakan energi matahari untuk menggerakkan pompa tersebut.

Apa itu Pompa Air Satelit?

 

Pompa air satelit, juga dikenal sebagai pompa submersible, pompa celup, pompa rendam, atau pompa sibel, merupakan alat yang dioperasikan di dalam air, alias harus dicelupkan.

Jika volume air di dalam sumur kurang atau di bawah batas minimal, maka pompa ini dapat rusak. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa pompa benar-benar dikelilingi oleh air saat pemasangan agar dapat bertahan lama.

Pompa ini bekerja dengan prinsip pompa sentrifugal, yang mengubah energi kinetik yang berasal dari kecepatan aliran air menjadi energi potensial melalui penggunaan impeller yang berputar di dalam sebuah tabung atau casing.

Bila dibandingkan dengan pompa jet, cara kerja kedua pompa ini berbeda. Pompa jet bekerja dengan cara menyedot air, sedangkan pompa submersible bekerja dengan cara mendorong air hingga naik ke permukaan.

Jika Kalian ingin membeli pompa jenis ini, Kalian bisa mencarinya di kota Kalian sendiri. Tetapi jika tidak tersedia, Kalian juga bisa mencari dan membelinya di berbagai platform jual beli online.

Fungsi Pompa Air Satelit

Pompa air satelit memiliki berbagai fungsi yang sangat penting, baik dalam skala industri maupun rumah tangga.

Setelah mengetahui Apa itu Pompa Air Satelit, nah berikut adalah beberapa fungsi utama dari pompa air satelit:

  1. Sanitasi Air Bersih
    Pompa air satelit digunakan untuk memastikan pasokan air bersih dalam jumlah yang cukup. Ini adalah fungsi yang sangat penting dalam sektor sanitasi dan kesehatan, di mana air bersih diperlukan untuk berbagai kegiatan, mulai dari minum, memasak, sampai mencuci.
  2. Pengeluaran Cairan
    Di industri seperti pabrik makanan, kolam, pengolahan limbah (sewage), dan septic tank (sumppit), pompa air satelit digunakan untuk mengeluarkan cairan atau air dalam jumlah besar. Pompa ini memastikan aliran cairan yang lancar dan efisien.
  3. Meningkatkan Debit Air
    Untuk industri atau rumah tangga yang membutuhkan pasokan air dalam jumlah yang besar, pompa air satelit dapat meningkatkan debit air sesuai kebutuhan. Ini membuat pompa ini ideal untuk digunakan di tempat-tempat yang memerlukan pasokan air secara konstan dan dalam jumlah yang besar.
  4. Pengganti Pompa Permukaan
    Dalam rumah tangga, pompa air satelit juga digunakan sebagai alternatif untuk pompa permukaan yang tidak mampu lagi memompa air. Mesin pompa ini dapat dipasang dalam pipa berdiameter tiga atau empat inch, tergantung pada merk dan ketebalan pipa tersebut.

Secara umum, pompa air satelit memainkan peran penting dalam menjaga pasokan air bersih dan efisien. Ini menjadikan pompa ini menjadi alat yang sangat berguna dan esensial dalam berbagai sektor dan aplikasi.

Cara Kerja Pompa Air Submersible

Masih dalam pembahasan Apa itu Pompa Air Satelit, selanjutnya Pompa Submersible adalah jenis pompa sentrifugal yang bekerja dengan prinsip mengubah energi kinetis atau kecepatan putaran menjadi energi potensial.

Energi potensial ini digunakan untuk mendorong air atau cairan dari sumber air ke permukaan. Energi ini dihasilkan oleh impeller yang berputar di dalam casing atau rumah pompa. Dengan demikian, cara kerja pompa submersible ini berbeda dengan jenis pompa Jet Pump.

Pompa Jet Pump bekerja dengan cara menyedot air dan kemudian mendorongnya. Sementara itu, pada pompa submersible, air dipaksa secara langsung menuju permukaan.

Penting untuk dicatat bahwa pompa submersible membutuhkan ketinggian air minimal agar dapat berfungsi dengan baik. Syarat ini harus dipenuhi agar pompa submersible dapat beroperasi dengan optimal.

“Pompa Submersible ini kerjanya ialah dengan cara mendorong air menuju ke permukaan”

Pompa submersible harus sepenuhnya terendam di dalam air atau cairan yang akan dipompakannya. Motor pompa dilindungi dengan rapat dan kedap air. Biasanya, sekitar motor pompa ini diisi dengan minyak untuk melindunginya dari kerusakan dan mencegah cairan masuk yang dapat menyebabkan korsleting di dalam motor pompa.

Baca Juga :  √ Pengertian RCCB (Residual Current Circuit Breaker) : Fungsi dan Cara Kerja

Cara kerja pompa air submersible efisien karena pompa ini tidak perlu menggunakan energi untuk menarik cairan ke dalam pompa, seperti pada jenis pompa lainnya.

Selain itu, motor mesinnya dapat didinginkan oleh cairan di sekitarnya, mencegah terjadinya kelebihan panas (overheating) pada pompa submersible tersebut.

Sumber energi yang digunakan untuk mengoperasikan pompa air jenis submersible ini biasanya berasal dari tegangan tinggi, dengan besaran tegangan antara 3 kV hingga 5 kV.

Energi ini dimanfaatkan untuk menjalankan motor, khususnya yang dirancang kedap air dan bisa beroperasi bahkan pada suhu yang mencapai sekitar 300 °F atau 149 °C serta tekanan hingga sekitar 5000 psi atau 34 Mpa.

Motor ini dapat digunakan dalam sumur dalam yang kedalamannya hingga 12.000 kaki atau sekitar 3,7 km. Pompa submersible ini tidak dilengkapi dengan spesifikasi daya hisap seperti model pompa air permukaan.
Pompa submersible hanya memiliki ukuran total head dalam satuan meter dan daya yang diukur dalam satuan (pk), serta memiliki kapasitas debit air yang diukur dalam satuan liter per detik (l/sec).

Berapa Kedalaman Sumur Untuk Pompa Air Satelit?

Sebelum Kalian membeli, tentunya Kalian akan mencari informasi tentang jenis pompa yang cocok untuk sumur Kalian. Untuk mengetahuinya, Kalian perlu mengetahui kedalaman air terlebih dahulu.

Berikut ini adalah perhitungan untuk menentukan jenis pompa satelit yang dibutuhkan:

  • Jika permukaan air berada pada kisaran tinggi antara 20-40 meter, Kalian membutuhkan pompa submersible dengan daya ½ HP.
  • Jika permukaan air berada pada kisaran tinggi antara 40-50 meter, Kalian membutuhkan pompa dengan daya ¾ HP.
  • Jika permukaan air berada pada kisaran tinggi antara 50-70 meter, Kalian membutuhkan pompa dengan daya 1 HP.
  • Jika permukaan air berada pada kedalaman antara 60-80 meter, disarankan menggunakan pompa dengan daya 1,5 HP.

Selain itu, Kalian juga perlu mempertimbangkan kondisi suplai air sumur dan kebutuhan air Kalian. Patokan di atas didasarkan pada perhitungan bahwa rumah tangga membutuhkan aliran air sekitar 2 atau 3 m³ per jam.

Jika penggunaan air di dalam rumah ternyata melebihi patokan yang disebutkan sebelumnya, Kalian perlu menambahkan daya pompa.

Biasanya, kebutuhan air yang lebih besar terjadi ketika digunakan untuk keperluan seperti kolam renang, industri makanan, dan lain sebagainya.

Pompa air yang dijual di berbagai toko bangunan atau toko online umumnya hanya berisi mesin dan motor. Untuk melengkapinya, Kalian perlu menambahkan komponen berikut:

  1. Kabel power yang menghubungkan sumber listrik dari kotak kontrol atau panel ke mesin pompa.
  2. Panel pengaman pompa yang akan berfungsi ketika debit air berada di bawah batas minimal yang dapat dipompa oleh mesin.
  3. Elektroda dan kabelnya, yang berfungsi untuk memberi sinyal ke panel ketika debit air habis.
  4. Penyambung kabel atau resin.
  5. Stabilizer, karena pompa ini rentan terhadap fluktuasi voltase yang tidak sesuai.

Jika anggaran Kalian memungkinkan, disarankan memilih pompa satelit dari merek terkenal yang sudah terbukti kualitasnya.

Aplikasi Pompa Submersible

Pompa submersible umumnya sangat dapat diandalkan dan mampu beroperasi dengan baik dalam kondisi yang keras. Mereka dibuat dengan coran besi yang kuat dan dilindungi dari korosi dengan epoxy berlapis.

Ini adalah beberapa aplikasi utama untuk pompa ini:

  1. Air limbah
    Pompa submersible sangat umum digunakan dalam industri grit dan air limbah. Mereka sering digunakan di pompa dan stasiun pengangkutan karena ukurannya yang kompak dan biaya instalasinya yang lebih rendah dibandingkan dengan pompa lainnya.
  2. Pengolahan limbah
    Aplikasi ini memerlukan penggunaan pompa submersible, seperti pompa penghancur, yang mampu mengangkut bahan padat tanpa hambatan dari saluran masuk pompa ke aliran. Pompa ini sering digunakan untuk mengurangi limbah menjadi partikel-partikel yang lebih mudah ditangani dan diproses.
  3. Pemompaan air
    Pompa submersible sering digunakan untuk mengeluarkan air yang telah terakumulasi di daerah dataran rendah atau sumur-sumur di mana air bisa terkumpul. Contohnya adalah mengeringkan kolam tailing dari operasi pertambangan atau memompa air dari ruang bawah tanah bangunan akibat banjir.
  4. Pengerukan
    Pompa ini digunakan oleh otoritas pelabuhan untuk melakukan pengerukan di pelabuhan. Pompa tersebut harus dirancang khusus agar mampu menangani cairan dengan kandungan padat yang tinggi.
  5. Sumur
    Pompa ini digunakan dalam sumur air dan sumur bor untuk mengangkat air ke permukaan. Di industri minyak dan gas, pompa submersible ESP digunakan secara luas untuk mengangkat minyak dari sumur yang dalam ke permukaan.
  6. Pertambangan
    Di tambang, pompa submersible ESP yang dirancang khusus digunakan. Pompa ini harus dapat bertahan dalam kondisi yang ekstrem karena air di tambang bersifat asam dan mengandung padatan yang tersuspensi.
  7. Minyak dan Gas
    Banyak pompa submersible yang digunakan dalam industri minyak dan gas beroperasi dengan menggunakan prinsip Electric Submersible Pumping (ESP). Ini adalah metode yang efisien secara biaya untuk mengangkat volume besar cairan dari sumur yang dalam. Motor yang digunakan dalam sistem ESP dirancang untuk berfungsi dalam suhu dan tekanan tinggi. Pompa ini membutuhkan kabel listrik khusus dan pengoperasiannya dapat menjadi mahal.

Penutup

Demikianlah ulasan dari empatpilar.com mengenai Apa itu Pompa Air Satelit. Dari pembahasan yang telah kita lakukan, dapat kita pahami bahwa pompa air satelit adalah sebuah teknologi maju yang memanfaatkan sinyal satelit untuk mengendalikan sistem pompa air jarak jauh.

Baca Juga :  Panduan Lengkap, Cara Mengganti Tabung Pompa Air Shimizu

Meskipun teknologi ini tampaknya rumit, namun sebenarnya fungsi utamanya adalah untuk mempermudah dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola sistem pengairan.

Pompa air satelit hanyalah salah satu dari sekian banyak inovasi teknologi yang ada. Dan, seperti halnya pompa air satelit, kita harus selalu terbuka dan siap untuk belajar serta menerima teknologi baru yang bisa membuat hidup kita menjadi lebih baik.

Terima kasih telah meluangkan waktu Kalian untuk membaca artikel mengenai Apa itu Pompa Air Satelit ini.

Semoga pengetahuan yang Kalian dapatkan dari artikel ini bisa bermanfaat bagi Kalian. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *