Apa itu Plafon PVC

Apa itu Plafon PVC? Pengertian, Jenis dan Kelebihannya

Posted on

Empat Pilar – Apa itu Plafon PVC? Pengertian, Jenis dan Kelebihannya. Ketika berbicara tentang desain interior, pilihan terasa tak terbatas. Salah satu pilihan inovatif dan praktis yang telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir adalah Apa itu Plafon PVC. Bahan serbaguna ini digunakan untuk langit-langit, menawarkan daya tarik estetika dan fungsionalitas. Dalam panduan komprehensif ini, kita akan menjelajahi segala yang perlu Anda ketahui tentang Apa itu Plafon PVC, mulai dari definisinya hingga pemasangan, manfaat, dan pertanyaan yang sering diajukan.

Apa Itu Plafon PVC?

Plafon PVC (Polyvinyl chloride) adalah jenis plafon yang terbuat dari bahan dasar yang sama dengan pipa air. Bahan dasar ini memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap tekanan air yang kuat dan memiliki sifat tahan terhadap pecah.

Meskipun begitu, proses pembuatan plafon PVC berbeda dari pembuatan pipa air PVC. Plafon PVC terdiri dari dua jenis bahan, yaitu bahan yang keras dan bahan plastik yang fleksibel. Jenis plafon PVC yang fleksibel sering digunakan sebagai bagian struktur bangunan.

Sementara itu, jenis PVC yang fleksibel digunakan sebagai bahan dasar dari plafon PVC. Dengan penggunaan bahan ini, plafon PVC memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan.

Kelebihan dan Kekurangan Plafon PVC

Plafon PVC sangat diminati oleh banyak konsumen. Selain mampu meningkatkan estetika dalam ruangan, tentu saja terdapat sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu diperhatikan mengenai plafon ini, berikut adalah informasinya.

KelebihanKekurangan
Anti rayap dan airBahan utama berupa Klorin, seringkali dianggap bahaya bagi manusia (bila sudah jadi gas)
Bahan berkualitas, tapi ringanBila tanpa motif atau warna, pvc terlihat membosankan
Kuat dan tidak mudah pecahPVC sulit untuk didaur ulang
Awet, bertahan puluhan tahunKelenturannya membuat orang percaya bahwa PVC mengandung plastik berbahaya
Mudah dalam perawatannya
Mudah dipasang

Jenis – Jenis Plafon PVC

Plafon PVC adalah pilihan yang populer untuk menghias langit-langit rumah karena beragam jenis motif yang dapat diaplikasikan. Berikut ini adalah beberapa jenis plafon PVC beserta motif dan kategori pembuatannya:

1. Plafon Motif Kayu

Plafon motif kayu memberikan sentuhan alami dan hangat pada ruangan Kalian. Terdapat beberapa model yang dapat Kalian pilih, seperti flat doff rose wood, flat dove walnut rose, dan flat gloss brown wood grain. Motif ini menghadirkan nuansa kayu yang indah dan bisa menjadi pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan tampilan alami di dalam rumah.

2. Plafon Motif Garis

Plafon motif garis adalah pilihan yang lebih modern dan kontemporer. Beberapa model yang tersedia termasuk hologram wood, hologram line, silver hybrid, dan red peach hybrid. Kalian dapat menciptakan motif yang menarik dengan mengkombinasikan berbagai warna yang ada. Kelebihan plafon PVC adalah kemampuannya untuk dibentuk sesuai keinginan, jadi jangan khawatir jika Kalian perlu memotong plafon untuk mencapai desain yang diinginkan.

Selain berdasarkan motif, panel PVC untuk plafon juga dapat dibedakan berdasarkan kategori pembuatannya:

a. Sambungan Setelah Perakitan

Kategori ini melibatkan sambungan yang tetap terlihat di antara jalur individu plafon. Meskipun sambungan tersebut terlihat, mereka memberikan sentuhan estetika yang khas pada plafon PVC.

Baca Juga :  Perbandingan Semen Tiga Roda Vs Gresik : Pilih Mana?

b. Polos pada Permukaan

Plafon PVC dengan permukaan polos hampir tidak memiliki tempat yang terlihat dari sambungan strip. Hal ini menghasilkan tampilan yang lebih bersih dan rapi, cocok untuk ruangan dengan desain minimalis.

Selain itu, plafon PVC biasanya memiliki tekstur glossy yang memberikan kilauan mewah. Namun, jika Kalian lebih suka tampilan matte yang lebih halus, Kalian juga dapat memilih plafon PVC dengan tekstur matte. Dengan begitu, Kalian dapat menyesuaikan plafon PVC sesuai dengan gaya dan preferensi desain interior rumah Kalian.

Tips Memilih Plafon PVC

Shunda Plafon merupakan pelaku utama dalam industri plafon PVC di Indonesia, menjadikannya merek yang paling terkenal di antara merek-merek lain. Meski demikian, harganya lebih tinggi dibandingkan merek kompetitor. Saat ini, banyak merek lain yang menawarkan plafon PVC dengan kualitas yang mirip tetapi harga lebih terjangkau. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua merek menawarkan produk yang berkualitas tinggi dan tahan lama.

Berikut adalah beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk menentukan plafon PVC yang berkualitas:

1. Kepadatan dan Kelenturan Papan

Plafon PVC yang berkualitas baik memiliki kepadatan yang baik, namun masih cukup lentur sehingga aman saat dipasang. Jika terlalu padat dan keras, plafon PVC akan sulit dibentuk. Namun jika kurang padat, plafon PVC akan mudah rusak saat dipasang atau terkena beban. Biasanya ketebalan 8 mm sudah cukup baik untuk menjadi bahan plafon yang kokoh. Ini penting untuk memastikan bahwa plafon dapat dipasang dengan mudah tanpa risiko kerusakan.

2. Kualitas Printing Motif

Motif yang ada pada plafon PVC biasanya dibuat dengan menempelkan film atau laminasi pada lembaran PVC. Apapun teknik yang digunakan, perlu diperhatikan kualitas hasil cetakan supaya tampilan tampak indah dan elegan. Plafon dengan kualitas printing yang baik memiliki motif yang tampak jelas (tidak pudar) dan tidak akan mudah mengelupas. Ini akan membantu menjaga penampilan plafon tetap menarik selama bertahun-tahun.

3. Pastikan Kode Produksi Sama

Sebelum membeli plafon PVC, pastikan bahwa setiap lembaran PVC berasal dari kode produksi yang sama. Seperti keramik, kode produksi yang berbeda dapat menghasilkan selisih perbedaan warna. Biasanya, plafon putih paling rawan tampak belang bila berasal dari kode produksi yang berbeda. Memastikan bahwa semua lembaran berasal dari kode produksi yang sama akan membantu menjaga keseragaman warna dalam instalasi plafon Anda, sehingga hasil akhirnya terlihat konsisten dan estetis.

Penutup

Jadi, jika Kalian berencana melakukan renovasi atau pembangunan baru, pertimbangkanlah untuk menggunakan Plafon PVC sebagai salah satu opsi Kalian. Selain estetis dan beragam jenisnya, plafon ini juga merupakan investasi jangka panjang yang akan membantu Kalian menghemat biaya perawatan. Dengan demikian, Plafon PVC mampu menghadirkan solusi lengkap dalam satu paket: keindahan, durabilitas, dan efisiensi.

Itu saja uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com bahas mengenai penjelasan Apa itu Plafon PVC? Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *