Apa Itu Kalsiboard

Apa Itu Kalsiboard? Pengertian dan Kelebihannya Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Apa Itu Kalsiboard? Pengertian dan Kelebihannya Secara Lengkap. Dalam dunia konstruksi dan arsitektur, menemukan bahan yang tepat untuk mewujudkan visi Anda adalah hal yang sangat penting. Salah satu bahan yang semakin populer adalah Apa Itu Kalsiboard. Bahan bangunan yang multiguna ini telah merevolusi industri dengan berbagai aplikasi, daya tahan, dan efisiensi biaya yang tinggi. Dalam panduan komprehensif ini, kita akan menjelajahi dunia Apa Itu Kalsiboard, memberikan cahaya pada sifat-sifatnya, aplikasinya, dan banyak lagi.

Apa Itu Kalsiboard adalah istilah dalam Bahasa Indonesia yang berarti “What is Kalsiboard” dalam Bahasa Inggris. Kalsiboard adalah jenis bahan bangunan yang telah menjadi bagian penting dalam industri konstruksi. Bagian ini akan menjelaskan dengan detail apa sebenarnya Kalsiboard dan mengapa ia begitu luas digunakan.

Apa Itu Kalsiboard?

Pada dasarnya, Kalsiboard adalah produk berbentuk lembaran papan yang menyerupai triplek. Bahan dasar Kalsiboard terbuat dari campuran pasir silika, semen, dan selulosa, yang kemudian diproses dalam suhu bertekanan tinggi untuk menghasilkan lembaran papan yang padat.

Dari segi penampilan, Kalsiboard serupa dengan gypsum dan memiliki fungsi yang serupa pula. Kalsiboard sering digunakan sebagai dinding penyekat (partisi), papan alas lantai, dan plafon di dalam rumah.

Harga Kalsiboard di pasaran bervariasi tergantung pada ukuran lebar dan ketebalannya. Semakin tebal dan lebar Kalsiboard, semakin tinggi harga yang ditawarkan. Selain itu, harga Kalsiboard juga dapat bervariasi berdasarkan jenisnya.

Jenis Kalsiboard Paling Umum

Berikut adalah Jenis Kalsiboard Paling Umum yang biasa ditemukan di pasaran :

1. Kalsirata

Mari kita bahas jenis pertama kalsiboard, yang dikenal sebagai kalsirata. Secara umum, kalsirata memiliki ketebalan sekitar 3 mm dan ukuran panjang serta lebar sekitar 1 meter.

Biasanya, kalsirata yang paling sering digunakan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar. Hal ini karena ukuran yang lebih kecil memudahkan transportasi dan proses pemasangan.

Meskipun proses pemasangannya relatif sederhana, lebih baik jika dilakukan oleh seorang yang memiliki keahlian dalam bidang ini. Kalsirata jenis ini umumnya digunakan untuk plafon rumah.

2. Kalsiling

Dari segi tampilan, pada pandangan pertama, tidak ada perbedaan yang mencolok antara kalsiling dan kalsirata. Perbedaan utamanya terletak pada dimensi, ketebalan, dan lebar kalsiboard.

Selain itu, kalsiling menawarkan berbagai pilihan ketebalan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan interior dinding rumah. Bahkan, jenis kalsiling ini juga sangat cocok digunakan untuk plafon rumah.

Ketika mengaplikasikan kalsiling sebagai plafon rumah, kita memiliki fleksibilitas dalam memilih bahan rangka, baik itu rangka besi atau rangka kayu.

Jika ukuran kalsiling yang digunakan cukup besar dan berat, maka disarankan untuk menggunakan rangka besi. Namun, jika ukurannya ringan, maka rangka kayu sudah cukup untuk digunakan.

3. Kalsifloor

Ketika kita berbicara tentang jenis papan kalsiboard yang memudahkan proses pemasangan, maka Kalsifloor adalah pilihan yang sangat tepat. Ini tidak tanpa alasan, karena Kalsifloor memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dua jenis kalsiboard sebelumnya.

Selain bobot yang lebih ringan, yang menarik adalah bahwa pemasangan Kalsifloor tidak memerlukan proses pengecoran. Itu sebabnya Kalsifloor sering menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin menyelesaikan pemasangan dengan cepat.

Kalsifloor juga menjadi solusi yang sangat cocok untuk proyek konstruksi yang membutuhkan waktu singkat. Selain digunakan sebagai lantai, dinding, dan plafon rumah, Kalsifloor juga sangat ideal untuk bangunan tinggi. Ketebalan papan Kalsifloor tersedia mulai dari 3 mm hingga 20 mm.

4. Kalsipart

Selanjutnya, kita akan membahas jenis papan kalsiboard bernama Kalsipart. Seperti Kalsifloor, Kalsipart juga memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan jenis kalsiboard lainnya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Kalsipart digunakan secara fleksibel dalam proses pemasangan dan pembongkaran.

Biasanya, Kalsipart sering digunakan sebagai dinding pemisah di pusat perbelanjaan, kamar darurat di rumah sakit, hingga di rumah-rumah pribadi. Selain itu, Kalsipart juga sering digunakan sebagai partisi di ruang perkantoran.

5. Kalsiclad

Mirip dengan jenis kalsiboard sebelumnya, Kalsiclad juga sering digunakan sebagai pelapis dinding untuk meningkatkan estetika interior rumah. Yang menarik adalah, Kalsiclad juga dapat digunakan untuk aplikasi eksterior.

Baca Juga :  Ukuran ACP Per Lembar (Aluminium Composite Panel) : dan Harganya

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Kalsiclad dianggap sebagai alternatif yang bagus untuk menggantikan gypsum. Kalsiclad tersedia dalam berbagai ukuran yang berbeda, termasuk ketebalan, panjang, lebar, dan tingkat ketahanan.

Untuk mengaplikasikan Kalsiclad, disarankan untuk menambahkan rangka baja khusus. Ini diperlukan agar Kalsiclad dapat dipasang dengan kokoh dan tidak mudah bergoyang.

Selain itu, saat memasang papan Kalsiclad, perlu mempertimbangkan faktor-faktor alam seperti angin kencang, gempa bumi, dan lainnya.

6. Kalsiplank

Meskipun dalam hal kekuatan mungkin Kalsiplank tidak begitu istimewa, namun dari segi estetika, Kalsiplank unggul. Hal ini karena Kalsiplank hadir dalam berbagai motif menarik, mulai dari motif asli hingga motif kayu yang menyerupai kayu jati.

Kelebihan dan Kekurangan Kalsiboard

Sebagai salah satu jenis plafon, tentu material ini memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu.

Sebelum menggunakannya, maka sudah sepatutnya Anda perlu memahami dulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari plafon jenis ini. Berikut di bawah ini beberapa poin penjelasannya:

A. Kelebihan Kalsiboard

Kalsiboard memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik untuk berbagai aplikasi, terutama dalam konteks plafon. Berikut adalah beberapa keunggulan utama Kalsiboard:

1. Daya Tahannya Bagus

Salah satu keunggulan utama Kalsiboard adalah daya tahannya yang luar biasa. Material ini tetap kokoh bahkan dalam kondisi lingkungan yang lembab. Kalsiboard juga tahan terhadap air dan api, sehingga plafon ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami kerusakan yang signifikan.

2. Elastis Tapi Kuat

Kalsiboard memiliki sifat elastis yang luar biasa. Ini memungkinkan untuk menciptakan desain plafon yang melengkung atau berbentuk unik lainnya dengan mudah. Meskipun memiliki elastisitas yang tinggi, Kalsiboard tetap sangat kuat, sehingga tidak perlu khawatir akan kekuatannya saat proses pengelembungan atau pembentukan desain yang rumit.

3. Perawatannya Mudah

Plafon Kalsiboard juga sangat mudah dirawat. Jika ada noda atau kerusakan kecil, Anda hanya perlu melakukan pengecatan ulang pada area yang terkena atau mengampelasnya secukupnya. Kemampuan untuk merawat plafon dengan mudah ini menghasilkan penghematan biaya perawatan jangka panjang.

4. Pemasangan yang Mudah

Kalsiboard dirancang agar pemasangannya menjadi lebih sederhana dibandingkan dengan jenis plafon lainnya. Ini menghemat waktu dan tenaga selama proses instalasi, serta mengurangi biaya tenaga kerja yang terlibat.

5. Ramah Lingkungan

Kalsiboard merupakan pilihan ramah lingkungan karena tidak mengandung asbes dan getas. Hal ini membuatnya aman bagi kesehatan penghuni ruangan dan berkontribusi pada pelestarian lingkungan. Selain itu, serbuknya tidak mudah rontok, sehingga tidak mengganggu kenyamanan pengguna ruangan.

B. Kekurangan Kalsiboard

Walaupun Kalsiboard memiliki banyak kelebihan, ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memilihnya sebagai bahan plafon. Berikut adalah beberapa kekurangan utama dari Kalsiboard:

1. Peka Terhadap Perubahan Cuaca

Salah satu kekurangan utama Kalsiboard adalah sifatnya yang peka terhadap perubahan cuaca. Ketika cuaca berubah-ubah, seperti saat musim panas dan musim dingin, Kalsiboard dapat mengalami perubahan ukuran. Pada musim panas, material ini dapat melebar, sedangkan pada musim dingin, ia akan menyusut. Perubahan ini, jika terjadi berulang kali, dapat menyebabkan Kalsiboard menjadi rentan terhadap retak dan deformasi seiring waktu.

2. Memerlukan Kerangka Pendukung

Kalsiboard tidak dapat berdiri sendiri dan memerlukan kerangka pendukung untuk pemasangannya. Hal ini berarti Anda harus menyediakan struktur pendukung yang tepat sebelum memasang plafon Kalsiboard. Hal ini dapat menambah kompleksitas dan biaya proses instalasi.

3. Agak Sulit Dimodifikasi

Meskipun Kalsiboard memiliki sifat elastis yang memungkinkan lenturan, bentuknya cukup sulit dimodifikasi. Ini bisa menjadi kelemahan jika Anda ingin menciptakan desain plafon yang sangat khusus atau rumit. Keterbatasan dalam hal modifikasi desain dapat membatasi kreativitas dalam merancang interior.

Harga Kalsiboard

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga Kalsiboard dapat bervariasi tergantung pada jenis dan ukurannya. Berikut ini informasi lebih detail mengenai kisaran harga Kalsiboard:

  1. Ukuran 3 mm atau Kurang
    Untuk Kalsiboard dengan ketebalan kurang dari atau sama dengan 3 mm, Kalian bisa mendapatkannya dengan harga di bawah 50 ribu rupiah. Ini adalah pilihan yang ekonomis untuk aplikasi plafon dengan ketebalan yang cukup stKalianr.
  2. Ukuran Lebih dari 3 mm dan Kurang dari 6 mm
    Jika Kalian membutuhkan Kalsiboard dengan ketebalan lebih dari 3 mm dan kurang dari 6 mm, Kalian dapat mempersiapkan biaya sekitar kurang dari 100 ribu rupiah. Harga ini mungkin sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan yang tipis, tetapi masih terjangkau untuk sebagian besar proyek.
  3. Ukuran Lebih dari 6 mm
    Untuk Kalsiboard dengan ketebalan lebih dari 6 mm, Kalian harus siap dengan anggaran lebih dari 100 ribu rupiah. Harga ini lebih mahal karena ketebalannya yang lebih besar, dan harga akan bervariasi tergantung pada jenis Kalsiboard yang Kalian pilih.
Baca Juga :  Biaya Atap Baja Ringan Ukuran 6x12 Per Meter : UPDATE Terbaru

Penutup

Sebagai penutup dari empatpilar.com, Apa Itu Kalsiboard telah kita bahas dengan lengkap di artikel ini. Kalsiboard adalah sebuah alternatif bahan bangunan yang kuat, tahan lama, dan ramah lingkungan. Dengan berbagai keunggulannya, kalsiboard semakin banyak mendapatkan tempat di industri konstruksi dan desain interior.

Mulai dari resistensi terhadap air, hingga kemudahannya dalam pengerjaan, kalsiboard menawarkan solusi inovatif untuk berbagai kebutuhan.

Namun, seperti halnya bahan lainnya, penting untuk memahami karakteristik dan kebutuhan spesifik proyek Kalian sebelum memutuskan untuk menggunakan kalsiboard. Semoga informasi ini membantu Kalian dalam memilih bahan yang tepat untuk kebutuhan bangunan atau renovasi Kalian. Selamat merencanakan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *