Cara cek imei iphone

Cara Cek Imei iPhone legal atau Ilegal 2021

Empatpilar.com – Cara Cek Imei iphone Legal atau Ilegal 2021. Hallo sahabat online! Pada artikel ini, saya ingin memberi sedikit informasi mengenai cara cek imei iphone. Sebelum masuk pada cara mengecek imei iphone, saya ingin bertanya terlebih dahulu. Apa itu imei? dan apa fungsi dari adanya imei?

Internasional Mobile Equipment Identity adalah akronim dari imei merupakan kode khusus yang lembaga GSMA buat pada perangkat ponsel. Kode ini memiliki 15 digit angka yang menunjukkan identitas perangkat ponsel. 15 angka ini memuat informasi penting seperti siapa pembuat ponsel, nomor seri, dan verifikasi data. Imei sangat penting karena memuat informasi penting mengenai identitas ponsel. Yang mana identitas ini berguna agar kamu tetap terkoneksi pada jaringan sebuah negara. Di Indonesia sendiri, imei sangat diperlukan agar tetap terhubungan dengan layanan GSM. Selain itu, kamu bisa menggunakan imei untuk melacak lokasi ponsel apabila terjadi hal-hal yang menyebabkan ponsel hilang dari jangkauanmu.

Begitulah sekilas mengenai imei, perlu kamu ketahui juga bahwa setiap ponsel memiliki nomor imei. Perbedaaannya terletak pada legal atau tidaknya sebuah ponsel dengan imei tersebut. Dengan kemajuan pasar smartphone, banyak beredar ponsel dengan imei ilegal melalui pasar gelap. Bahkan ponsel dengan harga mahal sekalipun rentan dengan masalah ini. Contohnya pada handphone brand Apple yaitu iPhone. Berikut cek imei iphone remi atau tidaknya, yuk kita simak bersama.

1. Temukan Nomor Imei

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan melihat-lihat bagian body iphone. Nah, kamu pasti akan menemukan sekumpulan kalimat pada bagian belakang body ponsel. Coba kamu baca, adakah 15 angka berderet disana? tentu saja ada. Jika kamu tidak menemukannya, kamu bisa membuka slot kartu ponsel untuk menemukannya. Pada slot tersebut akan tertera angka imei yang kamu cari. Jika kamu malas membongkar slot ponselmu, ada cara lain untuk menemukannya. Cukup dengan membuka bagian setting pada iphone lalu pilih general. Maka layar iphone kamu akan menampilkan beberapa pilihan, tap About dan carilah apa yang kamu tuju yaitu angka imei. Jangan takut angka imei kamu gak ada ya, karena pada bagian ini pasti imei 15 angka milikmu pasti ada. Kalau kamu masih merasa cara ini cukup ribet dan kamu ingin yang lebih simpel serta cepat, tenang dulu. Kamu bisa mencoba cara cek imei iphone dengan mengetik kode pada keypad telepon. Ketik * # 0 6 # jangan pakai spasi ya. Setelah kamu ketik maka akan muncullah nomor imei ponselmu.

2. Cek Imei pada Laman Kemenperin

Berikutnya setelah kamu menemukan 15 angka imei pada iphone, maka cek kode tersebut pada laman Kemenperin (Kementrian Perindustrian). Masuk pada halaman browser kamu boleh chrome dan lain sebagainya, cari ‘Cek Imei’ pada mesin pencarian lalu search. Maka akan muncul pilihan, pilihlah link dengan alamat imei.kemenperin.go.id. Kemudian kamu akan terarah pada halaman cek imei. Ketik 15 angka yang kamu dapatkan dengan cara tadi pada kolom yang tersedia. Jika nomor tersebut terdaftar pada web, selamat ponselmu resmi alias legal

Nah, itulah bagaimana cara mengecek nomor imei. Untuk para pembaca setia, silahkan cek ponselmu ya. Apakah nomor imei kamu legal dan resmi atau tidak. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kamu dan memperluas wawasan. Terima kasih. Sampai jumpa