Cara Cleaning Printer

Cek Yuk, Cara Cleaning Printer Dengan Mudah!

Empatpilar.com – Bagi sebagian orang pasti bingung cara cleaning printer, padahal sangat mudah sekali. Apabila telah mempelajarinya dengan benar dan tepat. Terutama bagi anda yang di rumah memiliki printer untuk kebutuhan cetak mencetak.

Sebab cleaning sendiri adalah cara jitu untuk merawat printer agar tahan lama dan awet. Berikut penjelasan tentang cara head clean printer bagi anda yang belum tahu.

Coba anda perhatikan, apakah printer anda tipe InkJet? jika benar. pasti akan terdapat cartridge sebagai wadah tinta printer pada umumnya. Bahkan ketika anda beli printer baru bukan bekas, tentu mendapatkan sebuah CD software yang berisikan driver untuk koneksi antara printer dengan PC.

Seperti yang telah diketahui software itu juga bisa, untuk membersihkan head printer atau di kenal dengan clean printer. Jadi ketika ada maintenance anda bisa pakai software tersebut untuk mengatasinya dengan mudah.

Lalu, bagaimana teknis secara tepat dalam mengatasi cleaning printer? pada kesempatan kali ini kami mencontohkan sebuah printer InkJet bernama Canon IP2770. Namun panduan di bawah ini juga berlaku untuk semua jenis printer merk Canon. Akan tetapi untuk printer lain mungkin hanya beda pengaturan menu saja. Berikut penjelasnnya.

Cara Cleaning Printer Merk Canon

Untuk anda yang ingin melakukan cara head clean pastikan kedua komponen atau unit yaitu komputer dan printer, sudah terkoneksi dengan baik, Jika belum, silahkan anda instal printer terlebih dahulu. Kemudian selanjutnya lakukan head clean printer anda sebagai berikut :

  1. Pertama, anda masuk dulu ke menu device & printer, lokasinya di control panel. Caranya yaitu klik start menu, lalu anda ketikan control panelsetelah itu klik dan pilih menu device and printer.
  2. Kemudian anda masuk ke menu printer dengan cara klik kanan printer properties. Caranya select printer lalu klik kanan terakhir pilih printer properties.
  3. Ketika sudah masuk jendela tentang printer properties, silahkan anda tab bagian maintenance. Adapun untuk versi bahasa Indonesia yaitu perawatan, letaknya di atas ujung paling kanan.
  4. Di sini anda akan di hadapkan pada dua menu yaitu cleaning alias membersihkan, yang kedua ialah deep cleaning. Tab aja yang cleaning, namun jika anda ingin pembersihan tingkat lanjut. Klik aja bagian menu deep cleaning.
  5. Nantinya muncul jendela mengenai pemilihan cartridge tinta yang ingin di bersihkan baik warna atau hitam saja atau semuanya. Pilih salah satu, kemudian klik
  6. Pada langkah selanjutnya anda tingga menunggu proses cleaning  Biasanya hanya beberapa detik saja sudah selesai, adapun tanda proses selesai yaitu muncul pilihan cetak pola atau periksa yang di hasilkan dari cartridge.
  7. Ketika proses cleaning alias pembersian sudah selesai di lakukan. Biasanya muncul pilihan apakah anda akan mengecek pola yang di hasilkan atau tidak.
  8. Pada tahap ini silahkan anda cetak saja, untuk melihat hasil pola sudah sesuai kondisi semula atau tidak. Apabila sudah bagus, selanjutnya klik cleaning untuk pembersihan sekali lagi agar lebih optimal.

Akhir Kata

Sebagai informasi tambahan, apabila kondisi printer anda sudah usang, dan belum pernah sekalipun ganti cartridge, silahkan saja pilih cara deep clean. Sedangkan langkah-langkahnya masih sama, hanya saja menu deep cleaning yang di pilih, bukan clean pada langkah nomor 4 di atas.

Kelebihan melakukan deep cleaning adalah mampu mengatasi kondisi cartridge yang usang termakan usia. Nah, bagi sebagian orang pasti tanya, mengapa penting lakukan cara head cleaning printer? dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Mari kita diskusikan di kolom komentar.

Itulah Beberapa tips bagaimana Cara Cleaning Printer Dengan Mudah, semoga artikel diatas bisa bermanfaat ya. terimakasih