Cara Jumper Aki Mobil yang Soak

Tips, Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Baik dan Benar

Posted on

Empat Pilar – Tips, Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Baik dan Benar. Selamat datang di panduan lengkap tentang “Cara Jumper Aki Mobil yang Soak.” Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang masalah aki mobil yang basah dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dengan aman dan efektif.

Aki mobil yang soak bisa menjadi kendala yang sangat menyusahkan, terutama saat Kalian sedang dalam perjalanan penting. Kami akan memberikan tips berharga, panduan langkah demi langkah, dan solusi praktis untuk membantu Kalian menghadapi situasi darurat ini dengan percaya diri.

Cara Jumper Aki Mobil yang Soak adalah topik utama dalam artikel ini. Mari kita jelaskan secara detail cara melakukannya. Sebelum melakukan jumper aki, pastikan Kalian memiliki kabel jumper yang berkualitas dan aki mobil yang lain dalam kondisi baik.

Jumper Adalah

Istilah “jumper” tidaklah asing dan telah lama digunakan dalam berbagai konteks. Bagi anda yang belum tahu apa arti sebenarnya dari kata jumper, berikut penjelasannya.

Secara bahasa, “jumper” berasal dari Bahasa Inggris yang berarti “melompat”. Namun, kata ini memiliki berbagai makna tergantung konteks penggunaannya. Dalam Bahasa Inggris, jumper juga diartikan sebagai “sweater” atau baju tebal yang biasa digunakan pada musim dingin. Kata ini juga bisa merujuk pada jaket tebal tanpa lengan atau yang lebih kita kenal dengan sebutan jaket rompi.

Di Indonesia, kata jumper sering digunakan dalam bahasa gaul untuk merujuk pada sweater atau baju tebal. Sementara bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia kelistrikan dan permesinan, jumper diartikan sebagai sebuah kabel yang biasa digunakan untuk menghubungkan aliran listrik yang terputus, baik untuk keperluan perawatan maupun pemeriksaan.

Kabel jumper ini biasanya dilengkapi dengan pelindung berisolasi di bagian luar, serta penjepit di kedua ujungnya yang berfungsi untuk dihubungkan pada terminal masing-masing. Anda bisa menemukan kabel jumper di berbagai toko elektronik dan mesin.

Demikian penjelasan mengenai berbagai makna dari kata “jumper”. Mengerti konteks penggunaan kata ini penting untuk memahami arti yang sesungguhnya.

Cara Jumper Aki Mobil Yang Soak Dengan Aman

Cara Jumper Aki Mobil Yang Soak Dengan Aman

Jumper aki mobil menjadi jalan pintas ketika mobil yang hendak dipakai tiba-tiba tidak bisa di-starter. Ada beberapa sebab, tapi ketika aki yang soak atau sudah habis umur pemakaiannya jumper mobil jadi salah satu solusinya. Berikut adalah langkah Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan baik :

1. Persiapkan Mobil yang Sejenis

Sebelum melakukan cara ini, pastikan Anda telah menyiapkan mobil yang sejenis dengan mobil Anda yang mogok. Pastikan juga Anda memiliki seperangkat kabel jumper yang tersimpan di dalam mobil.

Mengapa memilih mobil yang sejenis?

Hal ini sangat penting karena mobil yang sejenis biasanya dilengkapi dengan aki berjenis voltase yang sama, yaitu sekitar 12V. Dengan demikian, kompatibilitas aki antara kedua mobil ini akan memudahkan proses jumper.

Selanjutnya, mintalah bantuan dengan sopan kepada pemilik mobil yang sejenis tersebut. Setelah mendapatkan izin dari pemiliknya, pindahkan mobil tersebut dan parkirkan secara berhadapan dengan mobil Anda yang mogok. Pastikan jarak antara kedua mobil tersebut sekitar 1 meter agar kabel jumper dapat mencapai keduanya dengan nyaman.

2. Persiapkan Mobil di Posisi Parkir

Sebelum melakukan proses jumper, pastikan mobil dengan transmisi otomatis berada pada posisi tuas transmisi ‘P’. Jika mobil Anda memiliki transmisi manual, pastikan transmisi berada pada posisi netral. Aktifkan juga rem tangan atau rem parkir pada kedua mobil agar keduanya tetap diam dan stabil selama proses jumper berlangsung.

Selanjutnya, matikan seluruh perangkat kelistrikan di kedua mobil, termasuk sistem audio, lampu, dan lainnya. Pastikan pula kedua mesin mobil berada dalam posisi mati dengan kunci yang dicabut. Hal ini penting untuk mencegah potensi masalah atau risiko kejadian yang tidak diinginkan selama proses jumper.

Sebelum melanjutkan, pastikan untuk mencabut semua perangkat yang terpasang pada cigarette lighter atau pemantik rokok pada kedua mobil. Alat-alat seperti charger ponsel perlu dicabut karena daya tegangan yang tidak stabil selama proses jumper dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat tersebut.

Baca Juga :  UPDATE, Pajak Mobil Honda Freed Untuk Semua Type

3. Perhatikan Kutub Terminal

Sebelum melanjutkan proses jumper aki mobil, langkah selanjutnya adalah memperhatikan kutub terminal pada kedua aki. Untuk melakukannya, buka kedua kap mesin mobil dan perhatikan dengan teliti di mana posisi aki berada.

Cari kutub terminal positif (+) dan negatif (-) dari kedua aki tersebut. Biasanya, kedua kutub terminal aki ditandai dengan lambang + untuk positif dan – untuk negatif. Pastikan untuk mengidentifikasi dengan benar agar proses jumper dapat berjalan dengan lancar.

Jika kutub terminal baterai terlihat kotor atau berkarat, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu menggunakan kain bersih. Kutub terminal yang bersih akan memastikan kontak yang baik dan mengurangi kemungkinan hambatan arus selama proses jumper.

4. Proses Jumper Aki Mobil

Setelah mengetahui posisi aki dan kutub terminal yang benar, Anda dapat memulai proses jumper aki mobil dengan mengikuti urutan pemasangan sebagai berikut:

  • Jepit ujung klem kabel merah atau positif pada kutub positif (+) dari aki mobil yang mengalami masalah (mogok).
  • Selanjutnya, jepit ujung klem lainnya dari kabel merah atau positif pada kutub positif (+) dari aki mobil yang berfungsi dengan baik. Pastikan kedua klem terpasang dengan kokoh dan aman sehingga tidak mudah terlepas selama proses jumper.
  • Ambil ujung klem kabel hitam atau negatif dan jepitkan pada kutub negatif (-) dari aki mobil yang berfungsi dengan baik.
  • Ujung klem hitam atau (-) yang lain harus dijepitkan ke bagian bodi, sasis, atau bagian logam lainnya dari mobil yang mengalami masalah (mogok).
  • Penting untuk diingat, jangan pernah menghubungkan ujung klem kabel hitam atau negatif ke baterai yang mati karena tindakan ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan atau kerusakan serius.

Beberapa orang mungkin menganggap cara ini efektif untuk meningkatkan aliran arus dan “memancing” mesin mobil yang mogok untuk menyala. Namun, perlu diingat bahwa melakukan jumper pada aki yang bermasalah dapat menyebabkan aki mengeluarkan gas yang mudah terbakar saat terkena percikan api. Oleh karena itu, selalu berhati-hati dan perhatikan langkah-langkah dengan cermat saat melakukan proses jumper aki mobil.

5. Tunggu Pengisian Tenaga

Setelah melakukan proses jumper aki mobil, langkah selanjutnya adalah menunggu pengisian tenaga pada aki yang mengalami masalah. Waktu yang dibutuhkan untuk pengisian tenaga ini akan bervariasi tergantung seberapa lama aki telah terendam (soak).

Biasanya, Kalian perlu menunggu selama satu menit atau lebih. Jika aki telah lama terendam atau mengalami masalah yang lebih serius, Kalian mungkin perlu membiarkan mesin mobil menyala selama beberapa menit untuk memberikan waktu yang cukup bagi aki untuk mengisi tenaga.

Selama menunggu, pastikan kabel jumper masih terpasang pada kedua mobil, meskipun mesin sudah menyala. Hal ini memastikan bahwa proses pengisian tenaga berlangsung secara optimal. Jika mesin mobil yang mogok masih sulit untuk menyala atau bahkan tidak menunjukkan reaksi sama sekali, cobalah untuk diamkan beberapa saat lagi agar proses pengisian tenaga dapat berjalan lebih baik.

Setelah mesin mobil yang mogok berhasil dihidupkan, Kalian dapat melepas kabel jumper dengan hati-hati. Pastikan untuk mengikuti urutan yang benar dalam melepas kabel agar menghindari masalah atau risiko korsleting.

Pertama, lepaskan ujung klem kabel hitam (-) yang terhubung pada mobil yang aki nya mengalami masalah. Kemudian, lepaskan ujung kabel hitam (-) yang lain dari mobil yang berfungsi. Setelah itu, baru lepaskan kabel yang berujung (+) dengan cara yang sama.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dengan cermat, Kalian dapat berhasil melakukan jumper aki mobil dan memberikan kesempatan bagi aki yang soak untuk mengisi tenaga kembali. Selalu perhatikan keselamatan dan ikuti petunjuk dengan benar dalam melakukan proses jumper untuk menghindari potensi bahaya atau kerusakan pada kendaraan Kalian.

Penutup

Dalam perjalanan kehidupan sehari-hari, seringkali kita dihadapkan pada situasi yang membutuhkan pengetahuan praktis untuk mengatasi masalah. Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan keresahan ketika aki mobil tiba-tiba soak. Namun, dengan pengetahuan yang tepat, kita bisa mengatasi permasalahan ini dengan mudah melalui cara jumper aki mobil.

Baca Juga :  Berapa Biaya Isi Nitrogen di SPBU ? UPDATE Lengkapnya

Berbekal informasi yang telah disampaikan dalam artikel ini, kini kita dapat dengan yakin dan aman melakukan jumper pada aki mobil yang soak. Meski demikian, penting untuk selalu memprioritaskan keamanan dan mengikuti Cara Jumper Aki Mobil yang Soak yang telah dijelaskan dengan hati-hati. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan perawatan rutin pada kendaraan Kalian untuk mencegah masalah serupa di masa mendatang.

Sekian artikel dari empatpilar.com ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu Kalian dalam mengatasi permasalahan yang seringkali muncul di keseharian. Teruslah belajar dan bertumbuh, karena pengetahuan adalah kunci untuk mengatasi segala tantangan.

Terima kasih sudah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *