Penemu Mesin Diesel

Penemu Mesin Diesel Beserta Sejarah Lengkapnya

Empatpilar.comPenemu Mesin Diesel. Dalam berbagai alat dan kendaraan, mesin diesel memang kerap kali dijadikan sebagai alat yang sangat penting. Adanya diesel ini telah merubah peta dunia otomotif. Tentu saja, dengan alat yang kerap kali terpakai oleh manusia ini ada seorang yang hebat yang telah menciptakan alat ini. Siapakah orang tersebut? Yuk, simak artikel ini sampai selesai ya !

Penemu Mesin Diesel

Rudolf Christian Karl Diesel merupakan seorang insinyur yang berasal dari Jerman. Ia berhasil menemukan mesin diesel yang kita kenal seperti sekarang. Diesel larid di Paris pada tahun 1858. Tahun 1870, Diesel dan keluarga melakukan migrasi ke London karena adanya perang di Prancis.

Tak berselang lama, ia pun kembali ke Jerman dan hidup bersama pamannya yang bertempat pada daerah Augsburg. Bersama sang paman, Diesel berlatih menjadi seorang insiyur mesin yang bertempat pada Munich Polytechnikum dan ia berhasil lulus dengan nilai terbaik.

Sejarah Penemu Mesin Diesel

Dengan menggunakan pembelajaran thermodynamics, Diesel terinspirasi untuk membuat desain dari mesin yang ia sebut sebagai mesin holy grail. Dengan siklus Carnot, mesin yang ia buat menarik perhatian hingga akhirnya ia bisa lulus pada tahun 1880. Setelah lulus, Diesel melanjutkan hidupnya ke Paris dan bermukim serta bekerja sebagai insiyur pada bidang pendidikan untuk Linde.

Semangat serta motivasi yang tinggi membuatnya berusaha untuk menciptakan inovasi baru yang mampu untuk ia kembangkan melalui mesin yang telah ia uji pada tahun 1893. Mesin dengan stroker berukuran 16 inci ini menjadi sebagai bukti pertama bahwa ia layak untuk menciptakan sebuah mesin.

Ia terus melakukan pengembangan dan juga perubahan pada mesin yang ia buat. Hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan hak paten untuk internal combustion engine pada tahun 1892. Dengan keberhasilan yang cukup fantastis tersebut, ia mulai menuliskan pencapaian yang telah ia lakukan dalam sebuah tulisan. Tulisan tersebut kemudian ia jadikan buku yang berjudul “Theorie und Konstruktion Eines rationellen Wäremotors” (Theory and Construction of a Rational Heat Motor).

Berhasil lolos dalam segala ujian mesin, ia berhasil mendapatkan efisiensi teoritis yang cukup signifikan. Hal tersebut dapat kita lihat pada kekuatan dari mesin yang ia buat. Memiliki tenaga 25 daya kuda, mesin silinder tunggal yang ia buat tahun 1897 serta empat stroke.

Berhasil menunjukkan tingkat efsiensi 26,2% ia berhasil mengalahkan tingkat ke-efisiensian dari mesin uap yang hanya 10% saja. Keahlian yang ia miliki terus saja membuat Diesel tak berhenti untuk membuat berbagai produk yang berguna untuk khalayak umum.

Hingga pada akhirnya, keahlian hebat yang ia ciptakan berhasil terjual oleh Adolphus Busch selaku co-pendisi Anheuser Busch dan terbeli dengan harga 1 juta Dollar pada masanya. Ia membawa lisensi teknologi yang ia miliki Diesel ke Amerika.

Karya-karya yang Diesel buat, membuat ia berhasil menciptakan teknologi yang hingga saat ini terus berkembang. Bahkan pada dunia otomotif temuan miliknya menjadi faktor terpenting. Karena hal itulah, nama Diesel terpakai sebagai tajuk untuk mesin yang kita kenal seperti sekarang ini.

Namun nahas, pada September 1913 Diesel mengalami kecelakaan jatuh dari dek. Tubuhnya ketemu dengan kondisi yang sudah terbujur kaku. Sebagian berspekulasi bahwa penyebab kematian Diesel yaitu karena ia menghabisi nyawanya.

kesimpulan dan penutup

Itulah tadi informasi mengenai Penemu Mesin Diesel. Tentu apa yang telah tercapai oleh tuan Diesel mampu memotifasi kita agar terus berusaha dan selalu menciptakan karya-karya sesuai dengan kemampuan kita.

Demikian dulu artikel ini kami buat, semoga artikel ini mampu menambah wawasan kalian dalam dunia otomotif dan baca juga artikel lainnya yang ada pada blog ini yang tentunya bermanfaat juga. Terima kasih