Cara Membuat Akun Google

Cara Membuat Akun Google Baru Di Android Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Membuat Akun Google, Memiliki akun Google menjadi kebutuhan penting bagi setiap pengguna perangkat. Hal ini tidak tanpa alasan, karena akun Google akan memudahkan Anda dalam berbagai hal, terutama ketika Anda menggunakan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Google seperti Google Drive, Gmail, dan Youtube.

Apa Itu Akun Gmail (Akun Google)

Gmail adalah layanan email milik Google yang dapat dimiliki oleh siapa saja. Saat ini, setiap pengguna ponsel android diharuskan memiliki akun Gmail untuk dapat mengintegrasikan fitur-fitur pada ponsel tersebut. Akun Gmail juga dapat terhubung dengan fitur Google lain seperti Google Drive, Google Chrome, Play Store, Youtube dan masih banyak lagi. Saat Gmail pertama kali diperkenalkan, perkembangannya hanya terbatas pada fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengundang teman-teman mereka untuk membuat akun Gmail.

Hal ini dilakukan untuk mempertahankan reputasi Gmail yang elit dan membatasi pertumbuhannya. Sistem undangan terbatas secara resmi dihentikan pada 14 Februari 2007, setelah itu Gmail menjadi salah satu layanan email terpopuler. Berbeda dengan kompetitor-kompetitor lain, Gmail tidak menempatkan iklan pada pesan atau menambahkan sesuatu pada surat Anda. Iklan yang ada dihasilkan oleh komputer, bukan secara sengaja ditempatkan oleh Gmail. Bahkan tidak ada iklan apapun jika Anda membuka Gmail pada HP Anda.

Cara membuat akun Google baru di Android atau HP dengan OS lainnya

Cara membuat akun Google baru di HP pada dasarnya sama seperti cara membuat akun google baru di komputer

  1. Temukan menu pengaturan di HP Anda.
  2. Cari menu akun.
  3. Pilih opsi untuk menambahkan akun baru.
  4. Cari ikon Google.
  5. Pilih antara masuk atau membuat akun baru.
  6. Pilih membuat akun baru.
  7. Isi nama depan dan nama belakang.
  8. Klik Selanjutnya.
  9. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin.
  10. Klik Selanjutnya.
  11. Pilih nama sebagai username Anda.
  12. Klik Selanjutnya.
  13. Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another” itu berarti orang lain telah menggunakan username yang Anda pilih.
  14. Anda dapat mengatasinya dengan menambahkan angka atau tanda baca pada username.
  15. Klik Selanjutnya.
  16. Selanjutnya adalah pemilihan password, minimal 8 karakter, dapat menggunakan huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter unik. Ingatlah untuk mengingat password Anda dan pastikan isian pada kolom atas sama dengan isian pada kolom bawah.
  17. Klik Selanjutnya.
  18. Langkah selanjutnya tidak wajib diisi, jika Anda ingin mengisinya, klik Selanjutnya, jika tidak, klik Lewati.
  19. Akan muncul kotak Privacy and Terms.
  20. Klik Saya Setuju.
  21. Kemudian akan ada konfirmasi username dan password.
  22. Klik Selanjutnya.
  23. Selanjutnya akan muncul pilihan pembayaran, Anda dapat melewatinya dengan memilih No Thanks, lalu klik Selanjutnya. Aplikasi akan memproses pembuatan akun baru Anda dan akan memberikan pemberitahuan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru.
  24. Dengan memiliki akun email di Gmail, Anda akan lebih mudah mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store. Oleh karena itu, buatlah akun email di Gmail dengan cara yang telah dijelaskan di atas.

 

Manfaat Pentinya Akun Google di Android

Tujuan dari informasi ini yaitu agar agan dan sista benar-benar menjaga akun googlenya dan jangan sampai lupa password atau kata sandinya, karena itu bisa menghilangkan semua data.

Baca Juga :  Penyebab TV LED Berubah Warna : Cara Mengatasinya Lengkap

1. Media Penyimpanan Kontak

Ini sering dilupakan oleh kita bahwa akun Google kita bisa digunakan untuk menyimpan banyak kontak. Jika pada ponsel, kontak hanya bisa disimpan dalam jumlah terbatas, namun pada akun Google, kita dapat menyimpan kontak dalam jumlah yang lebih besar, bahkan mungkin tidak terbatas. Dan kontak itu tidak akan hilang ketika kita pindah perangkat, seperti dari satu Android ke Android lainnya.

2. Akun Media Sosial dan Media Perpesanan

Tentu kita pasti tahu tentang media sosial, salah satunya adalah Facebook. Kita dapat login ke Facebook menggunakan akun Google. Begitu juga dengan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp. Meskipun WhatsApp hanya menggunakan nomor telepon untuk login, tetapi untuk backup data tetap menggunakan akun Google.

3. Media Penyimpanan Data

Jika kita ingin menghindari kehilangan data penting seperti foto, lagu, atau file lainnya pada ponsel kita, maka kita harus menyimpannya di Google Drive. Pada ponsel Android, aplikasi Google Drive biasanya sudah tersedia dan untuk masuk kita harus memiliki akun Google. Kita dapat menyimpan berbagai jenis file di Google Drive menggunakan akun Google tersebut. Jika data hilang pada ponsel seperti terhapus, error atau berganti perangkat baru, data tersebut tetap akan aman jika sudah disimpan di Google Drive.

4. Media Surat-menyurat

Siapa yang tidak kenal dengan surat-menyurat? Dulu, kita melakukan surat-menyurat dengan menggunakan kertas, tapi dengan adanya akun Google, kita dapat mengirim dan menerima surat melalui email pada aplikasi Gmail. Kita dapat mengirim pesan dan menerima pesan melalui email, termasuk surat-menyurat untuk melamar kerja, menawarkan produk, dan lain-lain. Aplikasi Gmail tidak hanya digunakan untuk mengirim surat, tetapi juga dapat digunakan untuk mengirim file seperti foto atau dokumen penting lainnya.

5. Mengatasi Lupa Pola atau Sandi

Ketika kita lupa pola atau sandi pada Android kita, maka kita bisa menggunakan nama akun Google beserta kata sandinya untuk membukanya.

6. Mengunci dan Mencari Ponsel yang Hilang

Jika Anda mengalami kehilangan ponsel, Anda hanya perlu masuk ke Google Chrome atau browser lainnya, lalu masuk ke situs “my find device” dengan menggunakan akun Google. Jika Anda ingin melacak keberadaan ponsel yang hilang, mengunci ponsel, atau menghapus semua data di dalamnya, Anda dapat masuk ke “device manager” dan sistem akan secara otomatis melacak keberadaan ponsel yang hilang dan memberikan opsi untuk mengunci atau menghapus data penting dari jarak jauh.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Akun Google Baru Di Android Secara Lengkap, semoga mudah kalian pahami dan bisa segera praktekan. Semoga sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *