Penduduk Benua Asia Terdiri Dari Ras Apa Saja? Yuk Simak

Empat Pilar – Penduduk Benua Asia, Ras (dari bahasa Prancis race, yang berasal dari bahasa Latin radix, “akar”) adalah sistem klasifikasi yang digunakan untuk mengkategorikan manusia dalam populasi atau kelompok besar dan berbeda melalui ciri fenotipe, asal-usul geografis, tampang jasmani, dan kesukuan yang diwariskan.

Pengertian Ras

Ras adalah golongan manusia tertentu yang dibedakan berdasarkan ciri-ciri biologis. Seorang antropolog Amerika yang berpengaruh pada pertengahan abad ke-20, A.L Kroeber, mengelompokkan ras menjadi empat rumpun yang tersebar di berbagai belahan dunia, termasuk suku bangsa Asia Timur dan Asia Tenggara. Para ahli sosial mendefinisikan ras sebagai kelompok manusia yang dapat dibedakan berdasarkan karakteristik fisik, seperti warna kulit, bentuk muka, warna dan bentuk rambut. Ras ini dapat ditemukan berdasarkan persebaran penduduk di suatu tempat.

Penduduk Benua Asia Terdiri Dari Ras Apa Saja?

1. Ras Mongoloid

Ras Mongoloid adalah salah satu jenis ras yang memiliki ciri rambut berwarna hitam lurus, bentuk kelopak mata yang unik, ukuran tubuh yang lebih pendek dibandingkan dengan ras Kaukasoid dan memiliki bercak mongol pada saat lahir. Membedakan kelompok ras Mongoloid dengan yang lainnya cukup mudah, karena secara fisik juga sudah bisa terlihat jelas.

Ras Mongoloid umumnya terdapat di wilayah Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Utara, Madagaskar, India Timur Laut, Oseania, Amerika Selatan, Amerika Utara dan Eropa Utara. Beberapa orang menganggap bahwa kelompok ras Asia memiliki warna kulit yang kuning, meskipun pendapat ini tidak sepenuhnya benar.

Secara etimologi, nama ras Mongoloid berasal dari negara Mongolia dan penamaan ini diberikan oleh orang Eropa yang telah menjalin hubungan dengan kebanyakan orang Mongolia. Ras Mongoloid juga dibagi menjadi 3 bagian yaitu ras Asia Utara, ras Indian Amerika, dan ras Asia Tenggara.

2. Ras Kaukasoid

Ras Kaukasoid umumnya terdapat di wilayah Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan, Eropa, India Utara, Amerika Utara, Australia, Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru. Ras Kaukasoid memiliki ciri kulit berwarna putih. Secara umum, ras Kaukasoid sangat mudah dibedakan dengan jenis ras lainnya.

Secara dasarnya beberapa pakar ternama menyatakan bahwa orang asli Somalia dan Ethiopia memiliki tengkorak yang sangat mirip dengan tengkorak Kaukasoid, sehingga dianggap termasuk dalam ras Kaukasoid. Namun, orang Somalia memiliki warna kulit yang hitam dan rambut keriting, sehingga banyak juga yang menganggap mereka termasuk dalam ras Negroid.

Luigi Luca Cavalli adalah seorang pakar genetika asal Italia yang membuktikan bahwa pembagian manusia berdasarkan ras sangat sia-sia. Berdasarkan kajian ilmu biologi, istilah ras Kaukasoid dianggap tidak relevan lagi dan ras ini dianggap ditentukan oleh jumlah gen yang kecil. Menurut ilmu biologi, hanya ada satu ras yang ada di dunia yaitu Homo Sapiens.

3. Ras Negroid

Ras Negroid umumnya terdapat di benua Afrika, tepatnya di selatan gurun Sahara. Keturunan dari Ras Negroid mayoritas menduduki wilayah Amerika Selatan, Amerika Utara, Timur Tengah dan Eropa. Membedakan ras Negroid dengan ras lainnya cukup mudah, karena ciri fisiknya sangat jauh berbeda. Ciri khas utama dari ras Negroid adalah memiliki rambut yang keriting, bentuk bibir yang tebal, kelopak mata yang lurus, dan kulit yang berwarna hitam. Ras Khoisan dan Ras Australoid memang memiliki ciri yang hampir sama, namun tetap tidak dianggap termasuk ras Negroid.

Jika di Ringkas Secara Sederhana Maka Penduduk Benua Asia Sebagai Berikut

a. Ras yang mendominasi di wilayah Asia Utara dan Asia Tengah adalah ras Kaukasoid atau ras Europoid.

b. Penduduk di kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara sebagian besar termasuk ras Mongoloid

c. Asia Selatan bagian tengah didominasi ras Kaukasoid, di bagian utara dominan ras Kaukasoid.

d. Asia Selatan bagian selatan didominasi ras Negroid, misalnya suku bangsa
Dravida di India Selatan dan Srilanka.

e. Asia Barat (Seperti Timur Tengah) bagian selatan, khususnya negara-negara di
Semenanjung Arab (misal Yaman, Oman), didominasi ras Negroid.

f. Asia Kecil, Asia Barat (Timur Tengah) bagian utara didominasi ras
Kaukasoid/Europo id dan ras Negroid.

 

Demikian ulasan mengenai Penduduk Benua Asia terdiri dari ras apa saja? Yuk simak, Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan buat kalian. Terima kasih

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Penduduk Benua Asia Terdiri Dari Ras Apa Saja? Yuk Simak yang dipublish pada January 16, 2023 di website Empat Pilar

Artikel Terkait

Leave a Comment