Cara Menata Bunga di Teras Rumah

Cara Menata Bunga di Teras Rumah : Tips Mudah dan Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Cara Menata Bunga di Teras Rumah : Tips Mudah dan Lengkap. Teras rumah bukan hanya sekadar area penghubung antara dalam dan luar rumah, melainkan juga merupakan ruang yang dapat diubah menjadi taman pribadi yang memesona. Salah satu cara yang efektif untuk menghadirkan keindahan alam di teras adalah dengan menata bunga-bunga cantik. Bunga tidak hanya memberikan sentuhan warna yang menyegarkan, tetapi juga menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan damai.

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai cara menata bunga di teras rumah agar menciptakan tampilan yang estetis dan nyaman. Mulai dari pemilihan jenis bunga yang tepat, penataan yang harmonis, hingga perawatan yang baik, mari kita temukan cara terbaik untuk menghadirkan keindahan bunga di teras rumah kalian.

Cara Menata Bunga di Teras Rumah

Cara menata bunga di teras rumah bisa dilakukan dengan berbagai metode agar terlihat rapi dan menarik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Pot Gantung Estetik

Gunakan pot gantung estetik untuk menata bunga di teras rumah. Pot gantung tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga menghemat ruang karena berada di atas. Pilih pot gantung yang cantik dan berkualitas untuk menambah daya tarik visual teras.

Menurut buku “Pot Scaping, Membuat Taman Pot” dari Niaga Swadaya, penataan bunga secara massal dapat menarik perhatian mata dan memberikan kesan yang indah. Penataan yang baik akan membuat teras terlihat menarik dan terorganisir.

2. Rak Tanaman

Gunakan rak tanaman sebagai alternatif untuk menata bunga di teras. Rak dapat menjadi solusi praktis untuk menata berbagai jenis bunga dan hiasan tanaman. Pilih rak yang sesuai dengan gaya teras Anda untuk menciptakan tampilan yang rapi.

3. Vertical Garden di Dinding Depan Rumah

Manfaatkan dinding depan rumah untuk membuat vertical garden. Konsep desain taman minimalis dengan menempelkan bunga pada dinding dapat memberikan kesan unik dan memaksimalkan penggunaan ruang. Gunakan kawat dinding sebagai penyangga untuk menempelkan bunga-bunga dengan estetika yang menarik.

4. Pot Seragam

Pastikan untuk menggunakan pot yang seragam dalam menata bunga di teras rumah. Jika lahan teras terbatas, penggunaan pot seragam akan menciptakan tampilan yang lebih rapi dan teratur. Pot yang seragam juga memberikan kesan estetis yang konsisten.

5. Tata Bunga Sesuai Jenis

Agar teras terlihat lebih rapi, kelompokkan bunga sesuai dengan jenisnya. Misalnya, susun bunga kaktus bersama dengan jenis bunga kaktus lainnya. Ini tidak hanya memberikan kesan teratur tetapi juga meningkatkan estetika teras Anda.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menciptakan teras rumah yang indah, rapi, dan memikat dengan penataan bunga yang baik.

Manfaat Memelihara Tanaman di Rumah

Setelah mengetahui Cara Menata Bunga di Teras Rumah, nah selanjutnya adalah Manfaat Memelihara Tanaman di Rumah yang perlu kalian ketahui :

1. Meningkatkan Kesehatan Mental

Memelihara tanaman di rumah dapat memberikan manfaat positif untuk kesehatan mental. Aktivitas merawat dan menyiram tanaman dapat menjadi bentuk relaksasi yang efektif, membantu mengurangi stres dan kecemasan. Keberadaan tanaman juga dapat menciptakan lingkungan yang menenangkan, memberikan ruang untuk introspeksi dan meditasi.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Beberapa jenis tanaman memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas udara dan menghasilkan oksigen pada malam hari, seperti tanaman kaktus. Dengan demikian, keberadaan tanaman di dalam rumah dapat memberikan kontribusi positif terhadap tidur. Udara yang bersih dan segar dapat membantu menciptakan lingkungan tidur yang lebih sehat dan nyaman.

3. Mendorong Kreativitas dan Produktivitas

Menata tanaman di sekitar ruang kerja atau ruang belajar dapat memberikan dampak positif pada tingkat kreativitas dan produktivitas. Lingkungan yang hijau dan hidup dapat merangsang pikiran, mengurangi kejenuhan, dan meningkatkan fokus. Hal ini dapat menjadi suatu cara yang efektif untuk menciptakan atmosfer yang mendukung tugas-tugas kreatif dan pekerjaan intelektual.

Baca Juga :  Belalang Berkembang Biak Dengan Cara? Ini dia Ulasannya

4. Menyediakan Produk Tanaman Sendiri

Memelihara tanaman di rumah juga dapat memberikan manfaat praktis dengan menyediakan produk tanaman sendiri. Beberapa tanaman dapat memberikan hasil seperti buah, sayuran, atau rempah-rempah yang dapat digunakan dalam masakan sehari-hari. Selain memberikan kepuasan secara visual, tanaman di rumah juga dapat memberikan kepuasan melalui hasil panen yang dapat dinikmati.

5. Mendukung Keberlanjutan

Memelihara tanaman di rumah dapat menjadi langkah kecil untuk mendukung gaya hidup yang lebih berkelanjutan. Dengan menanam tanaman di dalam pot atau wadah, kita dapat mengurangi kebutuhan akan produk-produk yang dikemas secara berlebihan dan mendukung konsep daur ulang. Ini adalah cara sederhana untuk berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan.

Tanaman Hias Pot Terbaik untukTeras Rumah

Berikut beberapa pilihan tanaman hias terbaik yang cocok untuk teras rumah kalian :

1. Pakis

Pakis sangat cocok untuk teras yang teduh atau yang menerima sinar matahari tidak langsung. kalian bisa menanam pakis langsung di tanah atau menggunakan pot gantung untuk tampilan tanaman yang lebih rimbun. Pakis menyukai tanah yang lembap, jadi pastikan untuk rajin menyiramnya, terutama jika pakis ditanam dalam pot gantung, kata Erinn Witz, seorang pakar taman dan salah satu pendiri Seeds and Spades.

Menurut Witz, jika kalian menanam pakis untuk dedaunannya, kalian tidak perlu khawatir tentang pemangkasan atau menghapus daun tua dan kepala benih. Beberapa jenis pakis bahkan bisa mengalami perubahan warna, mulai dari merah dan oranye sebelum akhirnya berubah menjadi hijau sepenuhnya, tambah Alex Kantor, pemilik di Perfect Plants Nursery.

2. Petunia

Petunia adalah salah satu bunga yang populer. Bunga petunia hadir dalam berbagai warna, memberi kalian kebebasan untuk memilih yang paling sesuai untuk teras rumah kalian. Bunga ini bersifat serbaguna, mekar dengan subur, dan membutuhkan sinar matahari sedang (setidaknya enam jam), kata Emily Jones, seorang tukang kebun profesional di TomatoMentor.

Tanaman petunia membutuhkan penyiraman secara teratur, dapat tumbuh dengan baik di berbagai jenis tanah pot, dan tidak memerlukan banyak pupuk untuk mekar. Witz merekomendasikan varietas petunia standar untuk pot biasa karena posturnya yang ramping, sementara varietas gelombang cocok untuk pot gantung karena membentuk batang yang panjang.

3. Coleus

Witz yakin bahwa tidak ada tanaman pot yang lebih cocok untuk teras rumah daripada coleus. Bentuknya cenderung tetap dan tidak menyebar terlalu banyak, memungkinkan kalian untuk tetap menyimpan barang-barang lain di ruangan tersebut.

Dengan lebih dari 1.000 jenis yang dapat dipilih dan perawatannya yang mudah, coleus tampaknya menjadi keharusan.

Beberapa memiliki warna yang lebih lembut, sementara yang lain memiliki warna magenta tebal atau ungu tua. Sebagian besar varietas tumbuh baik di tempat teduh sebagian, kata Witz.

Menurutnya, coleus sangat bagus untuk menambahkan warna pada teras rumah yang dikelilingi oleh pohon besar atau lebar. kalian hanya perlu menyiram tanaman ini cukup untuk menjaga tanah tetap lembap, tetapi seperti pakis, coleus adalah tanaman dedaunan, sehingga tidak akan pernah mekar bunga.

4. Geranium

Geranium tumbuh dengan baik dalam pot dan mudah dipelihara dengan penyiraman sedang dan paparan sinar matahari. Tanaman ini juga menjadi pilihan klasik untuk dekorasi teras rumah.

Bunga geranium cerah, penuh warna, dan rajin berbunga. Jones menyebutkan bahwa geranium hadir dalam berbagai warna tergantung musim.

5. Hydrangea

Ada banyak jenis bunga hydrangea, namun hydrangea Penny Mac adalah pilihan klasik untuk mempercantik teras rumah. Kantor menjelaskan bahwa kumpulan bunga hydrangea bisa berwarna biru atau merah muda tergantung pada pH tanah.

Bunganya bahkan dapat berubah menjadi lavender jika tanah kalian merupakan campuran yang baik antara tanah basa dan asam, kata Kantor.

Hydrangea tidak hanya indah secara visual, tetapi juga mudah ditanam dalam pot.

Hydrangea adalah tanaman yang mudah dirawat dan tumbuh subur di pengaturan sinar matahari sebagian atau naungan sebagian. Selain itu, hydrangea dapat mekar beberapa kali dalam setahun.

Baca Juga :  Cara Beli Paket Transvision Nusantara HD Secara lengkap

Penutup

Dengan demikian, menata bunga di teras rumah bukan hanya sekadar kegiatan dekoratif, tetapi juga merupakan seni yang dapat menciptakan suasana yang indah dan menyegarkan. Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, kalian dapat menciptakan taman kecil yang memikat di teras rumah kalian.

Jadikan teras rumah kalian sebagai tempat yang penuh warna dan kehidupan dengan penataan bunga yang tepat. Dengan begitu, setiap kali kalian melangkah keluar, kalian akan disambut oleh keindahan alam yang tumbuh subur di sekitar kalian. Selamat mencoba menata bunga di teras rumah kalian dan rasakan keajaiban keindahan yang muncul dari sentuhan tangan kalian sendiri.

Nah itu saja ya uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Cara Menata Bunga di Teras Rumah. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *