Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print : Panduan Lengkap Pemula

Posted on

Empat Pilar – Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print : Panduan Lengkap Pemula. Selamat datang di artikel ini yang akan membahas cara mengatasi masalah ketika printer dalam kondisi “Ready” tapi tidak bisa mencetak dokumen.

Printer merupakan salah satu perangkat penting dalam kegiatan sehari-hari baik di rumah maupun di kantor. Namun, terkadang kita menghadapi masalah teknis seperti ini yang dapat menghambat produktivitas kita.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa penyebab umum mengapa printer tidak bisa mencetak meskipun dalam kondisi siap. Selain itu, kita akan memberikan solusi langkah demi langkah untuk mengatasi masalah ini. Jadi, mari kita mulai!

Pengertian Printer

Printer adalah perangkat eksternal komputer yang dapat menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan, data tersebut bisa berupa text atau gambar yang dicetak kedalam media kertas, kain dan lain sebagainya. Bisa juga diartikan sebagai perangkat elektromekanik yang dapat mengubah data digital ( text atau gambar ) menjadi bentuk fisik.

Printer sendiri mulai ditemukan pada abat 19. Pada mulanya sistem kerja printer masih menggunakan sistem mekanik dan sekitar tahun 1968 sebuah perusahaan elektronik dari jepang ( Epson ) memperkenalkan printer yang berkerja secara elektronik.

Penyebab Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Masalah printer yang menunjukkan status siap (“ready”) namun tetap tidak bisa mencetak bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah perangkat keras hingga masalah perangkat lunak.

Sebelum ke pembahasan Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print, nah berikut adalah beberapa penyebab umum dan cara untuk memperbaikinya:

1. Posisi Cartridge Tidak Tepat

Cartridge printer harus dipasang dengan benar untuk printer bisa berfungsi. Jika posisi cartridge salah, printer tidak akan bisa mencetak meskipun statusnya menunjukkan “ready”. Untuk memperbaikinya, periksa buku panduan penggunaan printer dan pastikan Kalian telah memasang cartridge dengan benar.

2. Paper Jam atau Kertas Tersangkut

Paper jam atau kertas yang tersangkut di dalam printer bisa menghentikan proses pencetakan, meskipun printer menunjukkan status “ready”. Jika ada kertas yang tersangkut, lepaskan kertas tersebut dengan hati-hati dan pastikan tidak ada kertas yang tersisa di dalam printer.

3. Masalah Driver Printer

Kadang, masalah bisa disebabkan oleh driver printer yang tidak diinstal dengan benar atau rusak. Jika ini penyebabnya, cobalah untuk menginstal ulang driver printer. Kalian harus mengunduh versi driver terbaru dari situs web produsen printer dan menginstalnya sesuai instruksi.

4. Kode Error atau Lampu Indikator

Beberapa printer memiliki sistem indikator atau kode error khusus yang akan menyala atau berkedip jika ada masalah. Periksa lampu indikator atau kode error yang ditampilkan dan cari tahu apa artinya. Biasanya, buku panduan penggunaan printer akan mencantumkan arti dari kode-kode error tersebut.

5. Koneksi Printer

Jika printer Kalian terhubung ke komputer atau jaringan melalui kabel USB atau Wi-Fi, masalah koneksi juga bisa menjadi penyebabnya. Cobalah mencolokkan kembali kabel atau menyambungkan ulang printer ke jaringan Wi-Fi.

6. Masalah Software

Dalam beberapa kasus, masalah bisa disebabkan oleh software pencetakan itu sendiri. Misalnya, jika Kalian mencoba mencetak dari program tertentu dan tidak berhasil, coba gunakan program lain atau coba cetak halaman test untuk memastikan bahwa masalahnya bukan berasal dari software tersebut.

Ingatlah selalu bahwa jika Kalian tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan, sebaiknya konsultasikan masalah Kalian dengan profesional atau hubungi dukungan pelanggan produsen printer.

Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Apabila Kalian sudah mengecek faktor-faktor penyebab printer macet seperti di atas namun masih belum berhasil, jangan terburu-buru mengunjungi tempat servis terlebih dahulu. Kalian bisa mencoba tiga Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print, simak di bawah ini :

Baca Juga :  Ketahui, Penyebab Mesin Cuci Bunyi Nging

1. Menggunakan Control Panel

Salah satu metode untuk menyelesaikan masalah printer yang siap namun tidak bisa mencetak adalah dengan memanfaatkan Control Panel. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Kalian ikuti:

  • Pertama, klik tombol Start pada komputer Kalian.
  • Setelah itu, temukan dan pilih opsi Control Panel.
  • Dalam Control Panel, cari dan klik opsi View Devices and Printers.
  • Di sini, Kalian akan melihat berbagai ikon printer yang terdisplay pada layar komputer Kalian. Pilih printer yang Kalian inginkan dengan cara mengklik kanan pada ikon printer tersebut.
  • Setelah mengklik kanan, akan muncul beberapa pilihan, pilih opsi Set As Default Printer.
  • Proses selesai. Printer Kalian sekarang harus dapat mencetak dengan baik.

2. Menyesuaikan Nama Printer

Cara kedua untuk mengatasi printer yang siap namun tidak bisa mencetak adalah dengan menyesuaikan nama printer. Kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Mulai dengan membuka dokumen yang ingin Kalian cetak, kemudian tekan tombol Ctrl + P untuk membuka dialog pencetakan.
  • Selanjutnya, klik tKalian panah ke bawah untuk melihat pilihan printer yang tersedia.
  • Pilihlah printer yang sesuai dengan nama printer yang Kalian inginkan untuk digunakan.
  • Setelah itu, klik tombol Print.
  • Proses selesai. Printer Kalian sekarang harus dapat mencetak dokumen Kalian.

3. Mengosongkan Print Queue

Jika printer Kalian siap namun tidak bisa mencetak, bisa jadi karena ada terlalu banyak antrian pencetakan yang tertunda. Berikut adalah cara untuk mengosongkan print queue:

  • Pertama, arahkan kursor ke tKalian panah di pojok kiri bawah layar monitor Kalian dan klik pada tKalian tersebut.
  • Selanjutnya, klik dua kali pada ikon printer yang muncul.
  • Jika printer Kalian sedang mencetak dan mengalami penundaan, Kalian bisa melihat beberapa dokumen dalam antrian. Untuk mengosongkan antrian, klik kanan pada setiap dokumen yang tertera, lalu pilih Cancel.
  • Setelah antrian kosong, Kalian dapat mencoba kembali untuk mencetak dokumen Kalian.

4. Menggunakan Service.msc

Menggunakan Service.msc juga bisa menjadi solusi jika printer Kalian siap tapi tidak bisa mencetak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, klik ikon Start pada komputer Kalian, lalu tekan kombinasi tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka dialog Run.
  • Ketikkan ‘SERVICE.MSC’ dalam dialog Run, lalu tekan Enter.
  • Kalian akan melihat daftar dari berbagai service yang berjalan di komputer Kalian.
  • Cari dan pilih Print Spooler, lalu klik kanan dan pilih Stop untuk menonaktifkan Print Spooler.
  • Setelah itu, buka File Explorer dan navigasikan ke Local Disc C => Windows => System32 => Spool => Printers. Di dalam folder ini, hapus semua file (tekan CTRL + A untuk memilih semua file, klik kanan lalu pilih Delete).
  • Kembali ke jendela Service.msc dan temukan kembali Print Spooler.
  • Klik kanan pada Print Spooler dan pilih Start untuk mengaktifkannya kembali.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, printer Kalian seharusnya sudah dapat mencetak kembali. Jika masih mengalami masalah, Kalian mungkin perlu mencari bantuan lebih lanjut atau mencoba solusi lain.

Penutup

Demikianlah artikel dari empatpilar.com ini membahas mengenai Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print.

Dari berbagai solusi yang telah kami uraikan, semoga Kalian dapat menemukan cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Kuncinya adalah kesabaran dan ketelitian dalam mencari sumber masalahnya, kemudian mengambil langkah-langkah yang tepat untuk memperbaikinya.

Jika Kalian masih mengalami kesulitan, jangan ragu untuk menghubungi profesional atau pusat layanan printer. Ingatlah, perawatan rutin juga sangat penting untuk menjaga performa printer agar tetap optimal.

Selamat mencoba dan semoga printer Kalian kembali berfungsi dengan baik!

Baca Juga :  Cara Reset Remote AC Panasonic Termudah : Panduan Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *