Rangkaian Parametrik Equalizer

Rangkaian Parametrik Equalizer Menggunakan Potensio Terbaru

Posted on

Empat Pilar – Rangkaian Parametrik Equalizer Menggunakan Potensio Terbaru. Bagi pecinta musik, kualitas suara yang jernih dan tajam sangatlah penting untuk pengalaman mendengarkan yang lebih baik. Rangkain parametrik equalizer adalah alat yang membantu meningkatkan kualitas suara musik dengan menyesuaikan berbagai parameter frekuensi.

Alat ini dapat membantu memperbaiki suara yang kurang jernih, mengurangi kebisingan, dan menghilangkan frekuensi yang tidak diinginkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang rangkain parametrik equalizer dan bagaimana cara kerjanya.

Kita juga akan membahas manfaat penggunaan rangkaian parametrik equalizer dan beberapa tips untuk menggunakan alat ini dengan lebih efektif.

Sekilas Mengenai Equalizer

Equalizer merupakan perangkat yang wajib ada pada sistem audio atau sound-system modern saat ini dan termasuk dalam jenis asesoris untuk audio.

Untuk memahami lebih dalam tentang dunia audio, sebaiknya kita mengetahui tentang equalizer ini.

Saat ini, equalizer tidak lagi harus menjadi asesoris terpisah karena pada perangkat audio modern digital, equalizer sudah termasuk sebagai audio processor yang dilengkapi dengan bandpass filter, limiter, audio effect, dan sebagainya.

DLMS adalah unit praktis yang banyak digunakan oleh rental soundsystem professional dan sudah dilengkapi dengan equalizer.

Di dalam audio mobil, kita mengenal DSP (Digital Signal Processing). Selain itu, equalizer juga tersedia dalam bentuk software equalizer untuk komputer dan aplikasi equalizer untuk smartphone Android.

Rangkain Parametrik Equalizer Menggunakan Potensio

Para Q atau Rangkaian Parametrik Equalizer adalah sebuah alat buatan luar negeri yang kami sajikan agar Kalian dapat mencobanya sendiri. Sebelum mencoba merakitnya, perhatikanlah skemanya dengan teliti.

Cara kerja dari Rangkaian equalizer parametrik ini adalah sebagai berikut. Alat ini akan bekerja normal jika dipasang dengan benar.

Alat ini memiliki respon frekuensi pada dua atau tiga puncaknya dalam range frekuensi 50 Hz hingga mencapai angka 15 Hz, bila menggunakan sistematik parametrik model grafik yang banyak dijual di pasaran saat ini.

Namun, rangkaian yang ditampilkan di sini memiliki model yang berbeda dan mampu beroperasi pada frekuensi antara 50 Hz hingga 11 Hz dengan faktor Q1 sampai 25, karena respon terbaiknya di atas nilai 1 Hz. Dengan cara ini, dihasilkan suara yang menyerupai aslinya.

Sebelum mulai merakit, ada beberapa data yang perlu diperhatikan.

Sebelum alat ini disambungkan ke sumber catu daya setelah dirakit, potensiometer kontrol harus diletakkan pada posisi tengah dan saklar by-pass dalam keadaan tertutup.

Dalam posisi ini, sinyal input dan output akan sama. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat gambar Rangkaian Parametrik Equalizer:

Rangkaian Microfon Tanpa Kabel Wireless

Untuk merakit Rangkaian Parametrik Equalizer, pasanglah komponen IC menggunakan soket agar kerusakan akibat penyolderan yang terlalu lama dapat dihindari dan komponen IC tetap utuh serta tidak mudah rusak.

Pasanglah terlebih dahulu semua komponen kecuali IC, dan setelah itu baru pasangkan komponen IC sebagai pekerjaan terakhir.

Kerjakanlah dengan teliti dan sabar, pasti berhasil dengan baik.

Meskipun masih banyak pilihan equalizer parametrik yang tersedia di pasaran, Anda juga dapat memilih sendiri untuk menghasilkan kualitas suara sesuai keinginan, sehingga dapat mendukung amplifier serta memenuhi kebutuhan yang lebih luas.

Baca Juga :  Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split : Lengkap

Namun, membeli perangkat jadi yang sudah siap pakai juga merupakan pilihan yang tidak salah karena dapat menghemat waktu, terutama bagi mereka yang tidak memiliki waktu untuk merangkai sendiri setiap bagian dalam perangkat audio.

Apakah Fungsi Atau Kegunaan Equalizer?

Equalizer adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyesuaikan keseimbangan antara frekuensi dalam sinyal elektronik atau memeratakan frekuensi, yang prosesnya disebut dengan equalisasi.

Equalizer dioperasikan dengan cara memperkuat atau melemahkan pita frekuensi tertentu yang disebut “frekuensi range”, sehingga ditemukan pemerataan suara yang sesuai dengan keinginan.

Penggunaan equalizer umumnya digunakan pada proses recording atau reproduksi suara, seperti pada sistem audio.

Jenis-Jenis Equalizer

Terdapat 2 jenis equalizer yang dikenal, yaitu:

1. Parametric equalizer

Jenis equalizer yang memiliki fungsi mirip seperti tone control, dan pengaturannya menggunakan potensiometer putar.

2. Graphic equalizer

Memiliki fungsi yang lebih spesifik daripada parametrik, sehingga sering digunakan untuk rekaman, live music, radio siaran, dan lain-lain.

Graphic equalizer tersedia mulai dari yang paling praktis dengan 5 band hingga yang sangat spesifik dengan 31 band.

Pengaturannya menggunakan potensiometer geser agar secara visual lebih mudah untuk mengetahui seberapa besar level tuning pada tiap band yang ada.

Jika sudah terbiasa, seseorang bisa langsung mengetahui “warna audio” yang dihasilkan hanya dengan melihat urutan masing-masing level pada deretan potensiometer equalizer.

Semakin banyak band yang tersedia, semakin detail dan semakin mudah untuk mendapatkan kualitas suara yang diinginkan menjadi seakurat mungkin.

Kesimpulan

Dalam dunia audio, penggunaan equalizer sangatlah penting untuk menghasilkan suara yang berkualitas. Salah satu jenis equalizer yang sering digunakan adalah parametrik equalizer.

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang bagaimana cara membuat rangkaian parametrik equalizer menggunakan potensio.

Dengan menggunakan potensio sebagai kontrol, kita dapat mengatur parameter equalizer seperti frekuensi pusat, lebar pita, dan gain.

Selain itu, rangkaian ini juga dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan kita.

Dengan memahami cara kerja dan membuat rangkaian parametrik equalizer menggunakan potensio, kita dapat meningkatkan kualitas suara pada sistem audio yang kita gunakan.

Semoga artikel dari empatpilar.com mengenai Rangkaian Parametrik Equalizer ini bermanfaat bagi para penggemar audio dan pecinta musik. Kata Pencarian Terpopulerparametrik rangkaian elektronik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *