Cara Pasang Alarm di Motor Matic

Cara Pasang Alarm di Motor Matic dengan Baik dan Benar

Posted on

Empat Pilar – Cara Pasang Alarm di Motor Matic dengan Baik dan Benar. Ingin tahu cara pasang alarm di motor matic? Baca panduan lengkap dan praktis kami untuk langkah demi langkah pemasangan alarm di motor matic Kalian.

Apakah Kalian merasa khawatir tentang keamanan motor matic Kalian? Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan adalah dengan memasang alarm di motor matic Kalian. Alarm ini akan membantu melindungi kendaraan Kalian dari pencurian dan tindakan kriminal lainnya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara pasang alarm di motor matic Kalian.

Pengertian dan Cara Kerja Alarm Motor

Alarm motor adalah sebuah perangkat tambahan yang memiliki fungsi utama sebagai sistem peringatan terhadap potensi pencurian atau tindakan yang mencurigakan terhadap sepeda motor. Alarm ini beroperasi dengan cara mendeteksi perubahan dalam aliran arus listrik pada sistem pengapian atau starter motor. Dalam hal ini, alarm berperan sebagai pelindung yang memberikan sinyal peringatan kepada pemilik ketika terjadi aktivitas yang mencurigakan.

Cara kerja alarm pada sepeda motor melibatkan komponen-komponen seperti sensor, kontrol, dan pemancar suara atau lampu. Sensor yang biasanya ditempatkan pada kabel pengapian atau starter akan mendeteksi aliran arus listrik. Ketika sepeda motor dihidupkan tanpa mematikan alarm terlebih dahulu, sensor akan mengenali aliran arus ini sebagai tindakan yang mencurigakan. Kontrol alarm kemudian akan merespons dengan mengaktifkan peringatan, yang biasanya berupa suara klakson yang berbunyi berulang-ulang atau lampu yang berkedip-kedip. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian orang di sekitar dan menghalangi pelaku pencurian.

Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait alarm motor:

  • Fungsi Pengamanan
    Alarm motor bertindak sebagai pengingat dan penghalang bagi potensi pencurian. Fungsinya adalah memberikan sinyal tanda bahaya ketika ada tindakan mencurigakan.
  • Bentuk Alarm
    Ada berbagai bentuk alarm motor, termasuk yang diaktifkan melalui remote, melalui saklar tersembunyi, atau dengan menggunakan kombinasi kode. Setiap jenis memiliki cara aktivasi yang berbeda.
  • Kelebihan Kendaraan dengan Pengaman Magnet atau Injeksi
    Kendaraan yang sudah dilengkapi dengan pengaman kunci bermagnet atau sistem injeksi biasanya memiliki tingkat keamanan lebih tinggi dan mungkin tidak memerlukan pemasangan alarm tambahan.
  • Pemasangan yang Tepat
    Pemasangan alarm harus dilakukan secara hati-hati dan tepat, untuk menghindari masalah pada sistem kelistrikan atau performa sepeda motor. Jika tidak terpasang dengan benar, alarm bisa merusak kabel-kabel dan memengaruhi kinerja sepeda motor.
  • Model dan Jenis Motor
    Sebelum memutuskan untuk memasang alarm, pertimbangkan jenis sepeda motor yang Kalian miliki. Jika sudah memiliki fitur-fitur keamanan canggih, pemasangan alarm mungkin tidak terlalu perlu.

Penting untuk selalu memahami cara kerja alarm motor dan fitur-fiturnya sebelum memutuskan untuk memasangnya. Memilih sistem keamanan yang tepat dapat membantu melindungi sepeda motor Kalian dari risiko pencurian dan kerusakan yang mungkin disebabkan oleh pemasangan yang kurang tepat.

Cara Pasang Alarm di Motor Matic

Pemasangan alarm di sepeda motor, baik yang bertipe injeksi maupun karburator, pada dasarnya memiliki kesamaan. kalian hanya perlu menghubungkan kabel alarm ke sistem kelistrikan dari aki motor. kalian bisa melakukannya sendiri dengan sederhana. Berikut langkah-langkah Cara Pasang Alarm di Motor Matic Honda Beat FI:

1. Persiapan Alat

Sebelum memulai, pastikan kalian memiliki semua alat yang diperlukan. Ini termasuk obeng, gunting, dan tentu saja, kit alarm motor.

2. Mempersiapkan Kabel Soket

Setelah kalian membuka paket alarm motor, kalian akan melihat beberapa kabel. Salah satunya adalah kabel soket penghubung. Gunakan gunting untuk mengupas ujung kabel ini sehingga bagian tembaganya terlihat. Ini adalah langkah penting karena ujung tembaga ini akan dihubungkan ke sistem kelistrikan motor kalian.

Baca Juga :  Perbedaan Shock Oli dan Gas yang Ada Pada Mobil Semua Merk

3. Menempatkan Modul Alarm

kalian harus menempatkan modul alarm di bagian depan motor. Untuk melakukan ini, lepaskan cover depan motor dengan obeng. Setelah kalian memiliki akses ke bagian dalam, lepaskan lapisan pelindung dari double tip yang ada pada modul alarm dan tempelkan modul tersebut pada bagian dalam cover motor.

4. Menghubungkan Kabel

Dengan modul alarm sudah ditempatkan, sekarang saatnya untuk menghubungkan kabel soket yang sudah kalian kupas tadi ke kabel dari modul alarm itu sendiri.

5. Mengintegrasikan dengan Sistem Kelistrikan Motor

Sekarang, kalian harus menghubungkan kabel alarm ke sistem kelistrikan motor kalian. Mengikuti petunjuk:

  • Kabel merah dihubungkan ke kontak motor.
  • Kabel oranye ke output kontak.
  • Kabel hitam ditanamkan ke rangka motor.
  • Kabel biru dihubungkan dengan kabel kuning berstrip hijau.
  • Dua kabel kuning dihubungkan ke positif dari lampu sein kanan dan kiri.
  • Kabel merah muda dihubungkan ke kabel pulsar yang terletak di belakang motor.

6. Memasang Kembali Cover Motor

Setelah semuanya terhubung dengan baik, rapikan semua kabel dan pastikan semuanya aman. Kemudian pasang kembali cover motor dan kencangkan semua bautnya dengan obeng.

7. Pengujian Alarm

Sebagai langkah terakhir, kalian harus memastikan bahwa alarm berfungsi dengan benar. Untuk melakukan ini, kunci stang motor kalian dan aktifkan alarm dengan remote. Kemudian, coba ganggu motor kalian dengan menyentuh atau menggoyangkannya. Jika alarm berbunyi, itu berarti kalian telah berhasil memasangnya dengan benar!

Semoga panduan ini membantu kalian dalam memasang alarm motor kalian. Selamat mencoba!

Rekomendasi Merk Alarm Motor Terbaik

Saat ini, keamanan kendaraan khususnya motor menjadi prioritas utama bagi setiap pemiliknya. Menggunakan alarm pada motor dapat menambah rasa aman ketika parkir di tempat umum. Banyak merk alarm motor yang bisa kalian temukan di pasaran, namun tidak semua memiliki kualitas yang sama.

Setelah mengetahui Cara Pasang Alarm di Motor Matic, nah selanjutnya ini ada beberapa merk alarm motor yang banyak direkomendasikan karena kualitas dan kehandalannya :

  1. DSS Smart Key – Alarm motor ini memiliki fitur yang canggih dan modern. Harganya sekitar Rp. 475.000.
  2. MP Two Way – Selain fitur dasar, alarm ini juga mempunyai notifikasi dua arah yang akan memberitahu kalian apabila ada yang mencoba mengutak-atik motor. Dibanderol dengan harga Rp. 400.000.
  3. I-Max Digital Smart Key – Dengan harga sekitar Rp. 330.000, alarm ini menawarkan keamanan digital dengan kunci pintar.
  4. BePro – Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 300.000 dengan fitur-fitur keamanan stkalianr yang handal.
  5. My Bluetooth Key – Seperti namanya, alarm ini dapat dikendalikan melalui bluetooth. Harganya sekitar Rp. 350.000.
  6. Vinyx – Menawarkan alarm dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp. 240.000 namun tetap dengan kualitas yang baik.
  7. Rupse Anti Theft Horn – Selain berfungsi sebagai alarm, perangkat ini juga memiliki klakson anti pencurian. Dibanderol dengan harga Rp. 200.000.
  8. Moto X-Case – Dengan harga Rp. 183.000, alarm ini menawarkan keamanan dasar dengan kualitas yang bisa dikalianlkan.
  9. Panastar – Meskipun harganya cukup murah, yaitu Rp. 125.000, namun kualitas dari alarm ini tidak perlu diragukan.
  10. Alien Lox dan BHT – Kedua alarm ini memiliki harga yang sama, yaitu Rp. 119.000, dengan fitur keamanan stkalianr.
  11. CR7 Bohante – Dibanderol dengan harga Rp. 115.000, alarm ini menawarkan fitur dasar dengan kualitas yang baik.
  12. Secustar – Dengan harga Rp. 109.000, alarm ini merupakan pilihan yang ekonomis dengan kualitas yang cukup handal.

Sebelum membeli, pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan kalian serta budget yang kalian miliki. Selalu baca ulasan dari pengguna lain untuk mendapatkan gambaran kualitas produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Penutup

Sebagai penutup, memasang alarm pada motor matic bukan hanya menjadi langkah penting dalam meningkatkan keamanan kendaraan kalian dari ancaman pencurian, tetapi juga memberikan rasa tenang bagi pemiliknya. Melalui langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan, kita dapat melindungi investasi kita dan menghindari kerugian yang mungkin timbul. Jadi, bagi kalian pemilik motor matic, jangan tunda lagi untuk memasang alarm demi kenyamanan dan keamanan berkendara kalian. Sebuah tindakan pencegahan selalu lebih baik daripada menyesal di kemudian hari.

Baca Juga :  Ketahui Penyebab Honda Vario Mati Total dan Solusi Perbaikannya

Nah mungkin itu saja uraian secara lengkap dari empatpilar.com mengenai Cara Pasang Alarm di Motor Matic. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *