Biaya Ganti Komstir Motor

Berapa Biaya Ganti Komstir Motor ? Simak Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Berapa Biaya Ganti Komstir Motor ? Simak Secara Lengkap. Dapatkan informasi lengkap mengenai Berapa Biaya Ganti Komstir Motor? Simak Secara Lengkap dalam artikel ini. Temukan jawaban untuk pertanyaan umum dan panduan praktis untuk pemeliharaan motor Kalian.

Siapa bilang memiliki motor tidak memerlukan perawatan khusus? Tentu saja, untuk menjaga kinerja motor Kalian tetap optimal, Kalian perlu tahu bagaimana merawatnya dengan baik. Salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan adalah komstir motor.

Nah, di artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang Berapa Biaya Ganti Komstir Motor? Simak Secara Lengkap!. Selain itu, kita juga akan membahas cara cek kondisi komstir, mengapa harus menggantinya, dan beberapa tips berguna lainnya.

Mengenal Komstir

Komstir memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan kenyamanan saat berkendara dengan sepeda motor.

Bagi sebagian orang, komstir sering disebut juga sebagai bearing pada stang sepeda motor. Istilah “komstir” sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu “Cone Steer”.

Di Indonesia, komstir pada sepeda motor adalah jalur yang didalamnya terdapat bola-bola kecil atau gotri yang saling bergerak. Menurut kamus suku cadang motor, komstir adalah komponen garpu depan yang terletak di batang stang.

Kegunaan komstir ini sangat penting dalam kendaraan roda dua. Fungsinya adalah untuk menyeimbangkan dan menstabilkan stang motor serta mengurangi getaran saat berkendara dengan sepeda motor.

Oleh karena itu, kondisi komstir yang terawat dengan baik sangat diperlukan agar berkendara terasa aman dan nyaman.

Namun sayangnya, karena komstir berada di tempat yang tersembunyi, banyak pemilik sepeda motor yang sering lupa untuk merawat komponen ini.

Fungsi Komstir Motor

Sebelum kita membahas Biaya Ganti Komstir Motor, penting bagi kita untuk memahami fungsi komstir dengan lebih baik.

Komstir pada sepeda motor berperan penting dalam memberikan kenyamanan saat berkendara, terutama dalam mengendalikan motor.

Komstir motor dipasang pada rangka yang langsung terhubung dengan stang motor dan berada di atas segitiga motor.

Oleh karena itu, jika segitiga motor mengalami kerusakan atau bengkok, kemungkinan besar komstir motor juga akan mengalami kerusakan sebagai akibatnya.

Fungsi utama komstir adalah untuk menjaga kestabilan dan keseimbangan motor saat dikemudikan.

Saat kita memutar stang motor, komstir akan mentransmisikan gerakan tersebut ke roda depan, sehingga kita dapat mengendalikan arah dan pergerakan motor dengan lebih akurat.

Selain itu, komstir juga berperan dalam menyerap getaran yang terjadi selama berkendara. Dengan adanya komstir yang baik dan terawat, getaran yang ditimbulkan oleh jalan yang tidak rata atau kecepatan tinggi dapat diredam sehingga pengendara merasa lebih nyaman.

Kerusakan pada komstir motor dapat menyebabkan masalah serius dalam pengendalian motor. Jika komstir rusak atau aus, pengendara akan mengalami kesulitan dalam mengendalikan motor dan dapat mengurangi keamanan berkendara.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan rutin pada komstir dan memeriksanya secara berkala guna memastikan kondisinya tetap optimal.

Ciri-Ciri Komstir Motor Rusak

Masih dalam pembahasan Biaya Ganti Komstir Motor, selanjutnya penyetelan komstir pada sepeda motor dapat disesuaikan dengan cara mengatur mur pengunci atas dan mur stabilizer pada rumah komstir yang terletak di sekitar laher.

Jika komstir pada sepeda motor mengalami masalah, pengendara biasanya akan merasa tidak nyaman saat mengendalikan setir motor, terutama saat melakukan manuver. Hal ini dapat menyebabkan motor terasa ingin berbelok sendiri.

Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa komstir motor mengalami masalah:

1. Bunyi glutuk pada bagian setir/setang

Komstir yang mulai bermasalah atau rusak biasanya akan menghasilkan bunyi glutuk-glutuk pada bagian bawah setang.

Terutama ketika motor digunakan untuk mengerem, setang akan terdorong ke depan seolah-olah akan terlepas.

2. Muncul getaran pada area setang

Komstir yang bermasalah juga dapat menyebabkan getaran pada area kemudi atau setang motor. Getaran akibat masalah komstir ini bisa terasa di seluruh tubuh kita.

Baca Juga :  Tips, Cara Mengendarai Mobil Matic : Panduan Lengkap Pemula

Terutama saat motor dikendarai dengan kecepatan tinggi, kondisi ini sangat berbahaya bagi pengendara jika dibiarkan terus-menerus.

3. Kesulitan mengendalikan setang

Kerusakan pada komstir juga akan membuat setang motor sulit dikendalikan. Misalnya, saat ingin membelokkan setang ke kiri, namun setang justru memaksa untuk berbelok ke kanan. Hal ini juga menandakan adanya kerusakan pada komstir motor.

Biaya Ganti Komstir Motor

Jika Kalian merasa kesulitan mengganti komstir motor sendiri, sangat disarankan untuk melakukan penggantian komstir di bengkel.

Di bengkel, para mekanik yang berpengalaman akan membantu Kalian dalam proses penggantian tersebut. Namun, perlu diingat bahwa untuk layanan ini, Kalian harus membayar biaya tertentu.

Biaya Ganti Komstir Motor di bengkel dapat bervariasi tergantung pada bengkel yang Kalian pilih. Kisarannya mulai dari Rp 130 ribu hingga Rp 190 ribu.

Biaya tersebut sudah mencakup harga komstir baru dan ongkos pemasangan oleh mekanik. Oleh karena itu, sebaiknya Kalian menyiapkan sekitar Rp 200 ribu sebagai estimasi biaya penggantian komstir motor di bengkel.

Melakukan penggantian komstir di bengkel memiliki beberapa keuntungan. Pertama, Kalian dapat memastikan bahwa pekerjaan tersebut dilakukan oleh ahli yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tepat.

Mereka memiliki pengalaman dalam mengganti komstir motor dan dapat menyelesaikannya dengan efisien.

Kedua, jika terjadi masalah selama proses penggantian, bengkel biasanya memberikan jaminan atau garansi untuk pekerjaan yang dilakukan, sehingga Kalian dapat tenang mengetahui bahwa motor Kalian diperbaiki dengan baik.

Jadi, jika Kalian tidak yakin atau merasa kesulitan dalam mengganti komstir motor sendiri, mengunjungi bengkel adalah pilihan yang bijaksana.

Meskipun diperlukan biaya, Kalian dapat memastikan bahwa pekerjaan tersebut dilakukan dengan baik oleh para profesional.

Cara Ganti Komstir Motor

Setelah mengetahui Biaya Ganti Komstir Motor, nah jika Kalian berencana untuk mengganti komstir motor sendiri, tidak ada salahnya untuk mempelajari cara melakukan penggantian tersebut.

Sebenarnya, cara mengganti komstir motor tergolong cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya secara lebih rinci:

  1. Buka semua sparkboard dan body bagian depan motor.
  2. Lepaskan roda depan beserta kaliper atau rem depan.
  3. Setelah itu, buka baut berukuran 14 yang terletak di bawah untuk melepaskan stang motor.
  4. Selanjutnya, buka pengunci atas dengan menggunakan obeng minus sambil dipukul ke arah kiri untuk membuka bautnya.
  5. Setelah semua pengunci terbuka, lepaskan shock depan.
  6. Langkah berikutnya adalah melepaskan bearing atau komstir dengan hati-hati menggunakan obeng minus. Pastikan Kalian melakukannya dengan hati-hati agar tidak merusak poros kemudi atau segitiga motor.
  7. Setelah bearing atau komstir terlepas, pasang yang baru dan jangan lupa untuk memberikan pelumas agar kemudi atau stang tidak berat dan bearing tidak cepat aus.
  8. Kemudian, pasang kembali komponen lain yang sebelumnya dilepaskan, seperti shockbreaker dan lainnya, hingga pemasangan roda depan selesai.
  9. Setelah itu, proses penggantian komstir motor telah selesai.

Harap diingat bahwa meskipun langkah-langkah tersebut terlihat sederhana, tetap perhatikan kehati-hatian dan pastikan Kalian memiliki pengetahuan dasar tentang mekanik motor.

Jika Kalian tidak yakin atau merasa kurang nyaman untuk melakukannya sendiri, sebaiknya berkonsultasi dengan mekanik profesional atau membawa motor Kalian ke bengkel untuk melakukan penggantian komstir.

Harga Komstir Motor

Harga komstir motor bervariasi tergantung pada merk dan tipe motor yang digunakan. Untuk komstir motor matic, harganya berkisar antara Rp 110 ribu hingga Rp 255 ribu. Namun, ada juga komstir yang dijual dengan harga murah mulai dari Rp 34 ribu.

Ketika ingin membeli komstir, sangat penting untuk lebih teliti dalam memilihnya. Meskipun ada beberapa merk komstir yang ditawarkan dengan harga murah, kualitas yang ditawarkan mungkin kurang maksimal.

Oleh karena itu, disarankan untuk membeli komstir dari merk yang diproduksi oleh pabrikan motor yang digunakan.

Membeli komstir dari merk pabrikan motor memiliki beberapa keuntungan. Pertama, merk tersebut umumnya memiliki reputasi yang baik dan telah terbukti dalam memproduksi suku cadang motor yang berkualitas.

Kedua, komstir yang dibuat oleh pabrikan motor akan lebih sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan motor yang digunakan. Dengan memilih komstir yang sesuai, kinerja motor dapat terjaga dengan baik.

Selain itu, membeli komstir dari merk pabrikan juga memudahkan dalam hal garansi dan layanan purna jual.

Baca Juga :  Oli SGO vs Enduro Kelebihan dan Kekurangan

Jika terjadi masalah pada komstir, Kalian dapat mengKalianlkan pabrikan motor untuk memberikan dukungan teknis dan perbaikan yang diperlukan. Dalam jangka panjang, ini dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya.

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai “Berapa Biaya Ganti Komstir Motor? Simak Secara Lengkap” yang telah kami sajikan.

Melalui artikel ini, diharapkan para pembaca dapat mengetahui perkiraan biaya yang harus dikeluarkan saat ingin mengganti komstir motor.

Namun, perlu diingat bahwa biaya yang disebutkan di atas merupakan estimasi dan dapat berbeda tergantung pada jenis motor, kualitas spare part, dan biaya jasa bengkel yang Kalian pilih.

Oleh karena itu, selalu bijaksana dalam memilih bengkel dan komponen yang tepat untuk menjaga kualitas dan keamanan kendaraan Kalian.

Selamat mencoba dan semoga informasi dari empatpilar.com mengenai Biaya Ganti Komstir Motor ini, bisa bermanfaat bagi Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *