Ciri Kulkas Yang Bagus

7 Ciri Kulkas Yang Bagus, Kenali Sebelum Membelinya

Posted on

Empat Pilar – 7 Ciri Kulkas Yang Bagus, Kenali Sebelum Membelinya. Kulkas merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting dan digunakan sehari-hari.

Fungsinya untuk menyimpan makanan dan minuman agar tetap segar dan tahan lama. Namun, dengan banyaknya jenis dan merek kulkas yang beredar di pasaran, memilih kulkas yang tepat bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas ciri kulkas yang bagus dan memberikan panduan lengkap untuk memilih kulkas yang paling cocok untuk kebutuhan Kalian.

Mengenal Kulkas

Kulkas, juga dikenal sebagai lemari es atau lemari pendingin, adalah perangkat listrik rumah tangga yang menggunakan proses pendinginan atau refrigerasi untuk membantu mengawetkan makanan.
Kulkas bekerja dengan menggunakan sebuah pompa panas yang mengubah fase dan beroperasi dalam siklus refrigerasi.

Kulkas terdiri dari lemari pendingin atau lemari pembeku, atau keduanya. Sistem dua lemari ini diperkenalkan pertama kali oleh General Electric pada tahun 1939.

Beberapa kulkas saat ini memiliki empat ruang yang berbeda untuk menyimpan jenis makanan yang berbeda, yaitu:

  • Pembeku pada suhu -18 °C (-64,4 °F)
  • Daging pada suhu 0 °C (32 °F)
  • Pendingin pada suhu 4 °C (39,2 °F)
  • Sayuran pada suhu 10 °C (50 °F)

Kapasitas kulkas diukur dalam liter, dan biasanya isi lemari pembeku adalah 100 liter, sementara lemari pendingin adalah 140 liter (meskipun dapat bervariasi).

7 Ciri Kulkas Yang Bagus

Ada beberapa faktor yang bisa Kalian perhitungkan ketika hendak membeli kulkas. Faktor tersebut di dasarkan pada dimensi dan fitur yang dimiliki oleh kulkas. Sehingga diharapkan cocok dengan kebutuhan kulkas yang Kalian inginkan.

Apa saja faktor tersebut ? Berikut Ciri Kulkas Yang Bagus penjelasannya :

1. Hemat Listrik

Seperti yang kita ketahui, kulkas bekerja secara terus-menerus ketika digunakan. Hal ini tentu akan menghabiskan energi listrik di rumah kita.

Oleh karena itu, memilih kulkas yang hemat energi akan lebih efisien dalam penggunaan daya listrik di rumah.

Konsumsi energi listrik yang dibutuhkan oleh kulkas terkait dengan beberapa faktor, tetapi faktor yang paling berpengaruh adalah ukuran ruang pendingin di dalam kulkas.

Semakin besar dimensi kulkas, semakin lama kompresor pendingin bekerja dan semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan.

Namun, dengan adanya teknologi yang baik, kulkas dapat bekerja secara efisien sehingga tidak akan menghabiskan daya listrik yang berlebih di rumah kita.

2. Teknologi Pendinginan

Semua produsen kulkas berusaha untuk merancang teknologi yang berbeda-beda untuk meningkatkan efisiensi pendinginan. Saat ini, teknologi terbaru yang digunakan dalam sistem pendinginan kulkas adalah Multi Air Flow.

Dalam sistem pendinginan ini, udara dingin yang ditiupkan dapat beredar merata di seluruh ruang pendingin, sehingga suhu dingin dapat tercipta secara merata di seluruh bagian kulkas.

3. Kemampuan Mendinginkan

Biasanya setiap kulkas dilengkapi dengan teknologi pendinginan yang berbeda, sehingga kemampuan pendinginan setiap kulkas juga berbeda-beda.

Untuk membedakan kemampuan pendinginan setiap kulkas, label bintang dipasang pada salah satu sisi kulkas.

Label bintang tersebut memiliki jumlah bintang yang berbeda-beda, tergantung pada kemampuan kulkas untuk mencapai suhu yang paling dingin.

Kulkas produksi lokal biasanya memiliki label bintang dengan tiga bintang, yang menunjukkan bahwa kulkas tersebut dapat mencapai suhu dingin hingga -15°C.

Sementara itu, jenis kulkas yang lebih mahal biasanya memiliki label bintang lima dengan kemampuan pendinginan mencapai suhu hingga -21°C.

4. Desain dan Bahan

Secara umum, kulkas memiliki desain yang hampir sama dengan lemari pakaian. Satu-satunya perbedaan mungkin adalah dimensi ukurannya, ada yang kecil dan ada juga yang besar dan tinggi.

Desain kulkas yang baik adalah yang mampu mencegah udara luar masuk ke dalam ruang pendingin kulkas.

Oleh karena itu, kulkas yang baik harus dapat menutup dengan benar dan kuat agar udara dingin di dalam kulkas tetap terjaga.

Baca Juga :  Pahami, Perbedaan Timer Kulkas Polytron 2 Pintu 1-3 dan 1-4

Sementara itu, bahan yang digunakan untuk kulkas akan mempengaruhi kualitas bodi kulkas setelah beberapa lama digunakan. Bahan yang tidak tahan terhadap kelembaban akan lebih mudah berkarat dan lapuk.

Oleh karena itu, perlu memperhatikan kualitas dan jenis bahan yang digunakan pada kulkas yang akan dibeli. Pastikan bahan tersebut tahan terhadap karat dan tidak mudah penyok.

5. Ukuran Ruang Kulkas yang Lebih Besar

Dalam memilih kulkas yang baik, faktor ukuran ruang pendingin juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Dengan desain yang baik, volume ruang pendingin di dalam kulkas akan terlihat lebih luas sehingga dapat menampung lebih banyak bahan makanan dan minuman.

Selain itu, perlu diperhatikan juga ukuran dan dimensi keseluruhan kulkas, sehingga kulkas tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ruang yang tersedia di rumah.

Sebuah kulkas yang terlalu besar mungkin tidak sesuai untuk rumah yang kecil, sedangkan kulkas yang terlalu kecil mungkin tidak dapat menampung semua bahan makanan yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, selain memperhatikan volume ruang pendingin, pastikan juga untuk memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ruangan yang tersedia.

Dengan begitu, kulkas yang dipilih akan dapat memenuhi kebutuhan makanan dan minuman keluarga dengan optimal dan mempermudah penyimpanan bahan makanan di rumah.

6. Struktur Rak Pendingin

Dalam kulkas, ruang pendingin biasanya dirancang dengan beberapa rak yang berbeda untuk menyimpan bahan makanan tertentu. Kulkas yang baik umumnya memiliki struktur rak yang sesuai dengan tujuannya.

Contohnya, rak untuk meletakkan telur tentu saja berbeda dengan rak untuk daging. Rak untuk buah dan sayur biasanya dirancang dengan lubang sirkulasi yang berguna untuk menjaga kesegarannya.

7. Mempunyai Garansi dan Layanan Purna Jual

Ketika membeli kulkas, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah garansi dan layanan purna jual yang ditawarkan.

Kalian sebaiknya memilih kulkas yang memberikan garansi lama dan layanan purna jual yang memadai, sehingga jika kulkas mengalami masalah, Kalian tidak akan mengalami kesulitan.

Garansi yang baik dapat memberikan perlindungan jangka panjang terhadap kerusakan pada kulkas, sehingga jika terjadi kerusakan atau masalah dalam jangka waktu tertentu setelah pembelian, Kalian dapat mengklaim garansi dan mendapatkan perbaikan atau penggantian kulkas jika diperlukan.
Pastikan Kalian memahami dengan jelas syarat dan ketentuan garansi yang ditawarkan oleh produsen kulkas.

Selain itu, layanan purna jual yang memadai juga sangat penting, terutama jika kulkas memerlukan perbaikan atau pemeliharaan.

Pastikan produsen kulkas memiliki pusat layanan purna jual yang mudah diakses dan memiliki teknisi yang terlatih dan berpengalaman untuk memperbaiki kulkas Kalian dengan cepat dan efisien.

Daftar Harga Kulkas Terbaik

Berikut adalah Daftar Harga Kulkas Terbaik yang bisa kalian jadikan sebagai bahan rekomendasi sebelum membeli :

10 PRODUK TERBAIKHARGATOKO
Aqua Japan Kulkas AQR-D270Rp1,714,700Shopee
Aqua Japan Kulkas AQR-D181Rp1,528,000Blibli
LG Kulkas GN-B215SQMTRp3,478,000Lazada
LG Kulkas GN-B195SQMTRp3,050,000Blibli
Aqua Japan Kulkas AQR-D251Rp1,525,000Shopee
RSA Showcase Kulkas Agate-300Rp1,799,800Shopee
Aqua Japan Kulkas AQR-D275RRp1,900,000Shopee
Sharp Kulkas SJ-X167MGRp1,539,000Blibli
Aqua Japan Kulkas AQR-D191Rp1,534,800Lazada
Sharp Kulkas SJ-197NDRp1,350,000Blibli

Cara Merawat Kulkas agar Lebih Awet

Setelah mengetahui Ciri Kulkas Yang Bagus,  selanjutnya cara Merawat Kulkas agar Lebih Awet dan Tetap Dingin dalam Jangka Panjang :

1. Bersihkan Gulungan Kondensor Secara Berkala

Untuk merawat kulkas agar lebih awet dan tetap dingin, luangkan waktu setiap seminggu sekali untuk membersihkan gulungan kondensor.

Kondensor berada di bagian belakang kulkas dan merupakan bagian penting untuk mendinginkan makanan secara efektif.

2. Bersihkan Karet Pintu

Karet pintu kulkas bisa menjadi tempat bagi bakteri dan jamur untuk tumbuh. Jika dibiarkan, hal ini dapat mempengaruhi kesegaran makanan di dalam kulkas dan merusak karet pintu.

Oleh karena itu, untuk menjaga kulkas tetap efisien dan awet, sebaiknya membersihkan karet pintu secara berkala dengan menggunakan campuran sabun dan air panas.

3. Bersihkan Butiran Es

Butiran es di freezer kulkas yang menumpuk harus segera dibersihkan. Jika dibiarkan terlalu lama, es bisa mengeras sampai ke area kabel dan menyebabkan korsleting. Korsleting dapat merusak kulkas dengan cepat.

Baca Juga :  Pengertian Tekanan Freon R32 : dan R22, dan R410a Terlengkap

Untuk merawat kulkas agar lebih awet dan tetap dingin dalam waktu lama, sebaiknya membersihkan es dari freezer secara berkala.

Sebagian besar kulkas dilengkapi dengan sistem otomatis untuk mencairkan es yang mengeras di freezer.

Anda hanya perlu menekan tombol pada kulkas dan es akan mencair dengan sendirinya. Cairan es akan keluar melalui saluran pembuangan yang tersedia di kulkas.

Penutup

Dengan mengenali ciri-ciri kulkas yang bagus, Kalian dapat memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Kalian.

Selain itu, dengan memiliki kulkas yang berkualitas, Kalian juga dapat menghemat biaya dan memperpanjang umur simpanan makanan dan minuman yang Kalian simpan di dalamnya.

Jadi, pastikan untuk memperhatikan ciri-ciri kulkas yang bagus sebelum membelinya agar Kalian mendapatkan kulkas yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang baik.

Demikian pembahasan dari empatpilar.com mengenai Ciri Kulkas Yang Bagus. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *