Fungsi Defrost Pada Kulkas

Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu : Cara Kerja dan Ciri Kerusakannya

Posted on

Empat Pilar – Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu : Cara Kerja dan Ciri Kerusakannya. Kulkas 2 pintu adalah alat rumah tangga yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menyimpan makanan dan minuman.

Salah satu fitur penting pada kulkas 2 pintu adalah Fungsi Defrost, yang membantu menjaga kesegaran makanan dan menjaga kinerja kulkas agar tetap optimal.

Namun, banyak orang tidak tahu persis apa itu Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu dan mengapa hal itu penting.

Artikel ini akan membahas secara rinci Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu, cara kerjanya, manfaatnya, serta tips untuk menjaga kulkas 2 pintu Kalian agar tetap dalam kondisi yang baik.

Mengenal Defrost Pada Kulkas 2 Pintu

Defrost heater adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk membantu mempercepat pencairan bunga es pada evaporator kulkas dua pintu dengan menggunakan elemen pemanas.

Defrost heater bekerja secara bergantian dengan kompresor yang diatur oleh timer. Setelah kontak pada timer memutuskan aliran listrik yang masuk ke kompresor dan mengalihkannya ke defrost heater, maka elemen pemanas akan bekerja.

Selanjutnya, temperatur disekitar evaporator akan naik sampai seluruh bunga es mencair. Defrost heater akan mati setelah defrost thermostat menerima suhu yang dihasilkan oleh defrost heater.

Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu

Defrosting kulkas merupakan proses penghilangan lapisan es yang terbentuk di dalam freezer atau evaporator kulkas.

Ketika kulkas bekerja dalam jangka waktu yang lama, uap air dari makanan yang disimpan dalam kulkas akan mengembun pada permukaan pendingin dan membentuk lapisan es.

Jika lapisan es ini tidak dihilangkan secara teratur, maka bisa mengurangi efisiensi pendingin dan bahkan mematikan kulkas.

Untuk menghindari hal tersebut, kulkas dilengkapi dengan sistem defrost untuk menghilangkan lapisan es secara teratur.

Ada beberapa jenis sistem defrost yang umum digunakan pada kulkas, diantaranya adalah:

1. Defrosting manual

Pada sistem defrost manual, pengguna perlu mematikan kulkas dan mengeluarkan semua makanan dari dalamnya, lalu membiarkan lapisan es mencair secara alami.

Setelah itu, pengguna membersihkan sisa air yang tersisa dan menyalakan kembali kulkas.

2. Defrosting otomatis

Pada sistem defrost otomatis, kulkas dilengkapi dengan sensor defrost yang dapat mendeteksi penumpukan es pada evaporator dan secara otomatis mengaktifkan siklus defrosting.

Sistem ini bekerja dengan cara mematikan pendingin dan menghidupkan pemanas pada evaporator untuk mencairkan lapisan es.

Setelah itu, sistem defrost akan menghidupkan kembali pendingin dan mengembalikan kulkas ke suhu normal.

3. Defrosting otomatis dengan sistem No Frost

Pada sistem No Frost, kulkas memiliki kipas yang membantu mengalirkan udara di sekitar freezer dan mencegah pembentukan lapisan es.

Sehingga, tidak perlu ada siklus defrosting secara teratur. Meski demikian, kulkas No Frost membutuhkan energi listrik yang lebih tinggi daripada kulkas biasa karena harus menjaga aliran udara yang lebih baik.

Bagian-Bagian Defrost

Bagian utama dari defrost atau defrost thermostat adalah sebuah logam bimetal yang bereaksi terhadap perubahan suhu.

Logam bimetal ini terhubung ke timer kulkas dan ke elemen heater. Defrost dapat bekerja seperti sebuah relai atau saklar yang dapat menyambung atau memutuskan aliran listrik, namun posisi menyambung atau memutus aliran listrik dikendalikan oleh suhu.

Ketika suhu dingin mencapai titik tertentu, defrost akan menghubungkan aliran listrik ke heater. Namun, jika suhu meningkat ke titik tertentu, defrost akan memutus aliran listrik yang menuju ke heater.

Biasanya defrost dipasang di titik terdingin pada evaporator agar dapat bekerja lebih efektif. Defrost akan mendeteksi perubahan suhu yang terjadi pada evaporator atau freezer box.

Baca Juga :  Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin : Penyebab dan Solusi

Cara Kerja Defrost

Setelah mengetahui Fungsi Defrost Pada Kulkas selanjutnya Cara Kerja Defrost. Logam bimetal pada komponen defrost memiliki sifat mudah melengkung pada suhu dingin. Bimetal sering digunakan pada beragam perangkat elektronika untuk mengendalikan saklar atau relai tegangan, seperti pada dispenser, rice cooker, magic com, dan kulkas.

Ketika suhu evaporator belum mencapai titik rendah tertentu, penampang bimetal akan lurus. Kondisi ini menyebabkan bilah konduktor memutuskan hubungan kedua terminal defrost. Akibatnya, aliran listrik tidak akan mengalir ke heater defrost.

Meskipun timer kulkas atau defrost timer telah memindahkan aliran listrik dari kompresor ke heater, namun karena defrost belum aktif, maka arus listrik tidak akan dapat mengalir ke heater.

Namun, ketika suhu evaporator semakin dingin, maka bimetal pada defrost akan perlahan-lahan melengkung.

Pada saat suhu evaporator mencapai titik dingin tertentu, lengkungan bimetal akan mendorong batang konduktor sehingga menghubungkan kedua terminal defrost.

Selanjutnya, arus listrik dapat mengalir ke heater untuk memanaskan freezer box atau evaporator agar tidak terjadi pembentukan lapisan es.

Setelah itu, penampang bimetal akan kembali ke kondisi normalnya saat suhu evaporator sudah tidak dingin lagi, dan batang konduktor pun akan memutuskan arus listrik dari timer kulkas atau defrost timer.

Ciri-Ciri Kerusakan Defrost

Jika terjadi kerusakan pada defrost, kulkas tidak akan bekerja dengan normal. Berikut adalah ciri-ciri gejala kerusakan pada defrost atau thermo defrost:

  • Terbentuknya lapisan es pada freezer box – Bunga es ini akan muncul dan semakin bertambah banyak jika terjadi kerusakan pada defrost. Hal ini terjadi karena defrost tidak menghubungkan arus listrik ke heater.
  • Terdapat air atau titik es di dalam plastik pembungkus defrost – Kondisi ini dapat menyebabkan korosi pada batang konduktor.
  • Bimetal patah – Meskipun jarang terjadi, logam bimetal dapat mengalami kerusakan patah yang menyebabkan mekanisme relai tidak berfungsi.
  • Terminal defrost berkarat – Umumnya, ini akan menyebabkan aliran listrik tidak mengalir dengan lancar.

Jika terlihat bahwa defrost sudah tidak layak digunakan, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar tidak terbentuk lapisan es secara terus-menerus pada kulkas.

Harga thermo defrost di pasaran umumnya tergolong murah, mulai dari 40 ribu hingga 100 ribu tergantung jenis dan merk yang digunakan.

Cara Cek Sistem Defrost Kulkas

Untuk memeriksa apakah sistem defrost pada kulkas Kalian berfungsi dengan baik, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Matikan kulkas dan buka pintu freezer. Jangan buka pintu kulkas agar suhu di dalam kulkas tidak naik terlalu tinggi.
  • Periksa apakah evaporator di dalam freezer tertutup oleh lapisan es yang tebal. Jika ya, hal ini menunjukkan bahwa sistem defrost mungkin tidak berfungsi dengan baik.
  • Periksa elemen pemanas defrost. Kalian dapat menemukan elemen pemanas defrost di sekitar evaporator. Periksa apakah elemen pemanas dalam kondisi baik dan tidak terlihat rusak.
  • Periksa thermostat defrost. Thermostat defrost adalah sensor yang terletak di dekat evaporator dan digunakan untuk mengukur suhu di dalam freezer. Pastikan thermostat defrost berfungsi dengan baik dengan menggunakan multimeter.
  • Periksa kabel dan konektor. Pastikan bahwa kabel dan konektor yang terhubung ke elemen pemanas defrost dan thermostat defrost tidak rusak atau terputus.

Jika Kalian tidak yakin bagaimana cara memeriksa sistem defrost pada kulkas Kalian, sebaiknya meminta bantuan dari ahli servis atau teknisi yang berpengalaman.

Hal ini penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada kulkas atau risiko keamanan.

Penutup

Dalam kesimpulannya, fungsi defrost pada kulkas 2 pintu adalah sangat penting untuk menjaga kualitas makanan dan minuman yang disimpan dalam kulkas.

Proses defrosting membantu menghilangkan lapisan es yang terbentuk di dalam freezer, sehingga menjaga suhu kulkas tetap stabil dan mencegah kerusakan pada makanan.

Selain itu, defrosting juga membantu meningkatkan efisiensi kulkas, sehingga dapat menghemat energi dan mengurangi biaya listrik.

Baca Juga :  Tabel Kerusakan TV Akari Terlengkap : Penyebab dan Solusinya

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengaktifkan fungsi defrost pada kulkas 2 pintu secara rutin, agar kulkas dapat berfungsi dengan optimal dan makanan serta minuman tetap terjaga kualitasnya.

Itulah pembahasa dari empatpilar.com mengenai Fungsi Defrost Pada Kulkas. Terima kasih Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/fungsi-defrost-pada-kulkas/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *