Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal

Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal: Mudah Banget !!

Posted on

Empat Pilar – Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal: Mudah Banget. K-Vision Ku Band merupakan salah satu provider televisi berlangganan yang cukup diminati masyarakat Indonesia. Menawarkan berbagai tayangan menarik dan berkualitas, K-Vision Ku Band menjadi pilihan bagi mereka yang ingin menikmati tayangan premium dengan kualitas terbaik.

Namun, seringkali pengguna K-Vision Ku Band mengalami gangguan sinyal yang sering hilang, baik itu saat cuaca buruk atau pun dalam kondisi normal. Tentu saja hal ini sangat mengganggu dan membuat pengalaman menonton menjadi tidak nyaman.

Jika kamu juga mengalami masalah serupa, jangan khawatir. Dalam artikel ini, kami akan berbagi tips dan trik untuk mengatasi K-Vision Ku Band sering hilang sinyal dengan mudah dan ampuh. Yuk simak!

Mengenai K-Vision

Mengenai K-Vision

K-Vision (PT Digital Vision Nusantara) adalah sebuah perusahaan TV satelit berbayar yang beroperasi di wilayah Indonesia dan bernaung di bawah MNC Vision Networks Group.

K-Vision memiliki pelanggan yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, khususnya di daerah rural atau second cities.

Per Februari 2021, jumlah pelanggan K-Vision mencapai 5,4 juta orang dengan penambahan sekitar 300 ribu pelanggan per bulan.

K-Vision menyediakan layanan di satelit C-Band (Telkom) dan juga KU-Band (Measat) dengan jenis pelanggan yang dimiliki terdiri dari pelanggan Reguler Satelit/Parabola, pelanggan Corporate, dan pelanggan TV Kabel.

Melalui K-Vision, seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke bahkan pelosok negeri dapat menikmati channel-channel nasional terlengkap, termasuk tayangan MNC Group, tayangan premium olahraga, anak-anak, film box office, dan tayangan seru lainnya.

Dengan demikian, K-Vision hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan hiburan berkualitas dan menjadi solusi terbaik bagi mereka yang ingin menikmati tayangan TV berkualitas tanpa batasan wilayah.

K-Vision hadir dengan lima produk, yaitu Bromo, Cartenz, Gardiner, Optus dan LG Sat. Produk-produk ini memiliki teknologi yang berbeda-beda dengan market tersendiri.

Penyebab Decoder Tidak Dapat Menerima Sinyal K Vision

Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal, ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab decoder tidak dapat menerima sinyal K-Vision.

  1. Kabel antena decoder yang kendor atau lepas.
    Ini paling sering terjadi dan bisa bikin decoder nggak bisa nerima sinyal.
  2. Konektor kabel yang berkarat.
    Konektor kabel biasanya karatan kalo sering kena hujan dan udara lembab.
  3. Kabel putus.
    Kabel koaksial sih kuat, tapi kadang-kadang bisa rusak juga.
  4. LNB kurang peka.
    Waktu kepekaannya makin lama makin menurun, kadang-kadang juga karena ada serangga atau air yang masuk.
  5. Parabola bergeser.
    Kalo posisinya salah, sinyalnya dari satelit nggak bisa dikumpulin dengan baik, jadinya kualitas dan kuantitasnya 0%.
  6. Pengaturan antena yang salah.
    Bisa jadi kita pilih pengaturan antena yang salah, salah pilih posisi LNB di switch/diseqc, atau pilih satelit yang salah.
  7. Decoder rusak.
    Ini sih yang paling parah, mungkin ada komponen dalam decoder yang rusak jadi nggak bisa tangkep sinyal dari antena parabola.

Kendala K Vision Tidak Ada Sinyal

Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal, kalo lagi nonton K Vision tiba-tiba nggak ada sinyal, itu artinya siaran satelit lagi kacau. Unit receiver-nya nggak bisa tangkep transmisi data dari satelit yang seharusnya dipake.

Kalo udah gitu, bisa dipastikan semua siarannya langsung ilang, baik gambar maupun suaranya. Akibatnya, nonton channel favorit sama keluarga jadi terganggu.

Masalah sinyal emang sering banget terjadi di siaran satelit. Pasti pernah ngerasain juga, tapi untungnya solusinya nggak terlalu ribet.

Inilah beberapa tindakan untuk penanganan K Vision yang tidak ada sinyal:

  • Analisa beragam kemungkinan yang menjadi penyebab gangguan sinyal.
  • Jalankan perbaikan sendiri berbekal wawasan dasar dunia satelit.
  • Hubungi pihak operator K Vision untuk melakukan proses konsultasi.
  • Panggil teknisi kompeten apabila kondisi sinyal masih hilang.
  • Orang awam sering panik menghadapi saran gelap, teracak bahkan tidak ada sinyal. -Padahal, mereka bisa mengatasi masalah tersebut secara mandiri tanpa bantuan dari teknisi.

Cara Mencari Sinyal K Vision

Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal, biar pake parabola gede atau kecil, sebenernya caranya sama aja buat nyari sinyalnya. Yang penting tahu parameter yang direkomendasiin sama decoder dan arah pointing satelitnya.

Baca Juga :  Penyebab Kompresor Kulkas Panas dan Solusi Perbaikannya

Supaya lebih gampang ngapalin caranya, ini dia langkah-langkah yang bisa dicoba kalo k vision nggak ada sinyal.

1. Persiapkan Peralatan Yang Dibutuhkan

Pastikan parabola terpasang dengan benar dan kabel terhubung ke decoder yang direkomendasikan. Siapkan beberapa alat teknis untuk membantu mempercepat proses pencarian sinyal.

Adapun peralatan umum yang harus Kamu siapkan, seperti kunci pas, tangga, dan dua buah smartphone android.

2. Memilih Satelit

Buatan K Vision emang jangkauannya bisa sampe seluruh Indonesia, tapi harus pake dua jenis frekuensi satelit yang beda. Ada Telkom 4 sama Measat 3a.

Pilihannya tergantung dari ukuran antena parabolanya, ada yang besar ada juga yang kecil. Kalo mau pake Telkom 4, lebih baik pake frekuensi C Band sama antena berdiameter gede.

Kalo pake Measat 3a, mendingan pake frekuensi Ku Band dan bisa pake parabola mini atau besar. Jadi bisa pilih sesuai sama peralatan yang kamu punya.

3. Setting Decoder K Vision

K Vision STB asli adalah hybrid dan mendukung semua frekuensi termasuk C-band dan Ku-band. Selain itu penerapan pengaturan parameter ini akan bervariasi tergantung pada pilihan satelit yang Anda inginkan.

Berikut adalah cara mudah untuk mensetting decoder K Vision:

  • Nyalakan TV dan Decoder K Vision
  • Tentukan nama satelit dan input parameter

4. Putar Antena Parabola

Panggil keluarga buat bantuin cari sinyal K Vision. Biar lebih gampang dan cepet, bisa dua orang nge-pointing satelitnya bareng.

Download aja aplikasi SatFinder buat liat posisi satelit dan arah parabolanya yang pas. Kalo udah tahu, bisa bagi tugas buat yang puter antena sama yang liatin kondisi sinyal.

Puter parabolanya pelan-pelan sampe dapet sinyal paling kuat dan minimal 65%. Abis itu, kencengin bautnya biar parabolanya tetep stabil.

Banyak orang K Vision yang kena masalah nggak ada gambarnya sama muncul tulisan “No Signal”. Ini pasti bikin ngeselin banget, apalagi kalo lagi mau nonton acara favorit bareng keluarga.

Berikut adalah panduan mengenai cari mengatasi k-vision tidak ada gambar:

Scan Ulang

Kalo tiba-tiba saluran K Vision nggak keluar gambarnya atau gelap, jangan panik dulu ya. Coba tekan tombol info di remotenya. Pastikan kualitas sinyal masih oke, biar tahu kalo data dari satelitnya masuk dengan normal.

Mungkin aja provider-nya lagi perbarui daftar salurannya atau paket berlangganannya udah abis masa berlakunya. Kalo gitu, coba scan ulang deh satelitnya dan kalau mau nonton channel premium lagi, harus bayar berlangganan lagi ya.

Update Frekuensi

Jarang banget sih, tapi kadang-kadang provider K Vision update transponder buat nambahin kualitas layanannya. Kalo kejadian gitu, decoder-nya harus direset pake parameter frekuensi terbaru.

Kalo udah masukin frekuensi K Vision terbaru dengan bener, sinyalnya bakal langsung keliatan. Terus lakukan lagi proses scan ulang biar daftar salurannya ke-update dan langsung tersimpan secara otomatis.

Pengecekan Kabel

Kalo ada masalah sama sistem kabel atau konektor-nya, bisa bikin sinyal K Vision hilang sama sekali. Yang pertama dicek itu service provider-nya udah normal atau belom, dan frekuensinya juga nggak berubah.

Baru deh setelah itu bisa cek kabel jaringannya. Kalo konektor decoder-nya kendur, pastiin dulu kabelnya masih nempel dengan baik. Kalo udah yakin kabelnya bener, tanda K Vision bakal muncul lagi dan salurannya bisa dibuka lagi.

Mengganti LNB

Biasanya sih layanan K Vision berfungsi normal tanpa ada perubahan frekuensi, tapi kadang-kadang tiba-tiba sinyalnya ilang. Kabelnya masih oke dan parabolanya juga masih aman kayak biasanya.

Kalo nge-tekan tombol info di remote control dan liat kekuatan sinyalnya, kalo nilainya nol berarti LNB-nya rusak. Solusinya simpel kok, tinggal ganti bagian yang rusak aja. Setelah itu, K Vision kamu bakal kembali normal lagi.

 

Baca juga artikel terkait:

Penutup

Yuk, akhirnya kita sampai di bagian penutup artikel tentang cara mengatasi K-Vision Ku Band yang sering hilang sinyal. Seperti yang kita ketahui, masalah sinyal yang hilang pada televisi satelit memang cukup menjengkelkan ya.

Baca Juga :  Ketahui, Kesalahan Umum Dalam Menggunakan AC Secara Lengkap

Namun, tenang saja, dengan sedikit usaha dan tips yang telah kita bahas sebelumnya, kamu pasti bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi receiver dan dish antena secara berkala, serta memastikan posisi dish yang tepat agar sinyal K-Vision Ku Band bisa terjaga dengan baik.

Selain itu, pastikan juga kabel-kabel yang terhubung pada receiver dan dish antena dalam kondisi baik dan tidak ada yang rusak.

Terakhir, jika kamu merasa kesulitan dalam mengatasi masalah hilangnya sinyal K-Vision Ku Band, jangan ragu untuk menghubungi teknisi profesional agar masalah tersebut bisa diatasi dengan cepat dan tepat.

Semoga tips dan trik yang telah kita bahas bisa membantu kamu dalam menikmati tayangan K-Vision Ku Band tanpa kendala. Nah itu saja ulasan mengenai Mengatasi K-Vision Ku Band Sering Hilang Sinyal,  sampai jumpa di artikel selanjutnya! Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/mengatasi-k-vision-ku-band-sering-hilang-sinyal/,cara mengatasi kvision,Kvision dish 45 cm siang hari tidak ada sinyal,mngatasi signal k vision ku ban hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *