Harga Borongan Pasang Paving Per Meter

Harga Borongan Pasang Paving Per Meter : Terbaru Saat Ini

Posted on

Empat Pilar – Harga Borongan Pasang Paving Per Meter : Terbaru Saat Ini. Apakah kalian sedang mempertimbangkan untuk memasang paving di luar ruangan kalian di Indonesia? Jika iya, kalian mungkin sudah menemui istilah Harga Borongan Pasang Paving Per Meter. Dalam artikel ini, kita akan mengulas topik ini secara mendalam, memberikan pemahaman rinci tentang apa yang terlibat, apa yang diharapkan, dan bagaimana membuat keputusan yang berdasar. Baik kalian pemilik rumah atau pemilik bisnis yang ingin meningkatkan properti kalian, panduan ini adalah sumber yang tepat.

Paving Block Adalah?

Paving block adalah campuran bahan bangunan yang terbuat dari semen Portland atau bahan perekat hidraulis lainnya, air, dan agregat, dengan atau tanpa bahan tambahan tambahan yang tidak mengurangi kualitas beton (sesuai dengan SNI 03-0691-1996). Bahan ini terdiri dari campuran semen, pasir, dan air, sehingga memiliki karakteristik mirip dengan mortar. Mortar sendiri adalah bahan bangunan yang terbuat dari pencampuran pasir, agregat halus lainnya, bahan pengikat, dan air, yang dalam keadaan keras memiliki sifat mirip batuan (seperti yang dijelaskan oleh Smith pada tahun 1979 dalam Malawi, 1996 dalam Artiyani 2010).

Paving block memiliki nilai estetika yang tinggi karena dapat memiliki berbagai bentuk, mulai dari segiempat hingga segibanyak, dan dapat diwarnai sesuai keinginan atau dengan penambahan zat pewarna dalam proses pembuatannya. Paving block digunakan sebagai bahan untuk lantai di luar bangunan dan harus tahan terhadap retak-retak dan cacat.

Paving block juga merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah resapan air saat hujan dan banjir. Pemasangannya mudah dilakukan dan perawatannya tidak rumit. Dengan pemilihan motif yang tepat, paving block dapat meningkatkan keindahan lingkungan sekitar bangunan. Paving block diproduksi dalam berbagai warna, termasuk warna alami, standar (seperti merah dan hitam), serta warna khusus (seperti hijau, kuning, dan biru). Terdapat beragam model, warna, dan ukuran paving block. Dengan pemilihan pola dan pemasangan yang cermat, paving block berkualitas akan tampil lebih menarik dan rapi. Terdapat banyak desain pemasangan paving block yang menarik.

A. Cara Menghitung Kebutuhan Paving

Tata cara menghitung kebutuhan total paving bisa dilakukan dengan cukup mudah asalkan kita memahami rumus perhitungannya. Sebelum membahas lebih lanjut tentang harga borongan pasang paving per meter, penting untuk memahami bagaimana cara menghitung kebutuhannya.

1. Rumus Menghitung Kebutuhan Paving

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk mengetahui total kebutuhan paving, kita perlu menggunakan rumus perhitungan berikut:

Total kebutuhan paving : Luas area pemasangan x Kebutuhan paving blok per m2

Luas area pemasangan : Panjang x Lebar

2. Contoh Perhitungan

Misalnya, kita akan memasang paving block pada halaman rumah yang memiliki ukuran 5 m x 6 m. Maka, cara perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • Luas halaman : 5 m x 6 m = 30 m2

Kemudian, kita dapat menghitung jumlah kebutuhan paving untuk halaman seluas 30 m2 berdasarkan jenis-jenisnya:

  • Paving bata persegi panjang : 30 m2 x 44 bh/m2 = 1320 bh.
  • Paving segi enam (hexagon) : 30 m2 x 25 bh/m2 = 750 bh.
  • Paving cacing : 30 m2 x 39 bh/m2 = 1170 bh.
  • Paving trihex : 30 m2 x 39 bh/m2 = 1170 bh.
  • Paving ubin kecil : 30 m2 x 88 bh/m2 = 2640 bh.
  • Paving ubin besar : 30 m2 x 22 bh/m2 = 660 bh.

Dengan demikian, kita dapat menentukan jumlah kebutuhan paving blok berdasarkan jenis dan ukuran yang akan digunakan untuk proyek paving tersebut. Semoga penjelasan ini bermanfaat dalam menghitung kebutuhan paving untuk proyek kalian.

B. Harga Borongan Pasang Paving Per Meter

Setelah kalian memahami cara menghitung kebutuhan paving block, penting untuk juga memahami berapa biaya jasa pemasangan yang disebut harga borongan per meter. Salah satu alasan utama untuk memilih pekerja dengan sistem borongan adalah karena biayanya lebih ekonomis dibandingkan dengan pekerjaan harian.

Baca Juga :  1 Kubik Kayu 5×10 Berapa Batang? Ini Cara Menghitung dan Rumusnya

Harga borongan pasang paving per meter dapat bervariasi di berbagai wilayah, berkisar antara Rp 135.000 hingga Rp 165.000 per meter, tergantung pada tingkat kesulitan pemasangannya. Harga tersebut mencakup semua biaya mulai dari pemasangan awal hingga penyelesaian proyek, termasuk ongkos tenaga pemasangan dan proses finishing.

Sementara itu, jika kalian memilih harga borongan pasang paving per meter tanpa material, biayanya sekitar Rp 22.000 per meter persegi. Meskipun tergolong ekonomis, kalian harus menyiapkan semua material yang dibutuhkan sendiri, salah satunya adalah pasir yang digunakan sebagai alas dasar pemasangan paving block.

Kami ingin memberikan saran bahwa sebaiknya kalian memilih material yang berkualitas meskipun harga paving block mungkin sedikit lebih tinggi dari yang biasanya. Alasan di balik ini adalah agar pemasangan paving block di halaman rumah kalian dapat memiliki daya tahan yang lama, bahkan dalam menghadapi cuaca ekstrim sekaligus. Investasi dalam material berkualitas akan membayar dirinya sendiri dalam jangka panjang dengan mengurangi biaya perawatan dan perbaikan yang mungkin diperlukan di masa depan.

Tips Memilih Paving Block yang Tepat

Setelah kalian memahami Harga Borongan Pasang Paving Per Meter, nah berikutnya adalah beberapa tips untuk memilih paving block yang tepat:

1. Analisis Kebutuhan dengan Teliti

Sebelum kamu mulai berbelanja paving block, pertimbangkan dengan seksama tujuan penggunaannya. Apakah paving block akan ditempatkan di halaman rumah untuk area parkir, di taman untuk area berjalan, atau mungkin sebagai jalan setapak? Memahami kebutuhan ini akan membantu kamu menentukan jenis paving block yang paling sesuai.

2. Pilih Jenis dan Ukuran yang Sesuai

Pilihan jenis dan ukuran paving block sangat penting. Paving block dapat hadir dalam berbagai bentuk, seperti interlocking, zigzag, atau hexagonal. Selain itu, ukuran paving block juga bervariasi. Pastikan untuk memilih jenis dan ukuran yang sesuai dengan fungsi dan tampilan yang kamu inginkan. Misalnya, paving block berukuran kecil dapat memberikan tampilan yang lebih detail, sementara yang besar cocok untuk area dengan lalu lintas berat.

3. Perhatikan Warna dan Pola

Estetika memainkan peran besar dalam pemilihan paving block. Mereka tersedia dalam beragam warna dan pola yang dapat disesuaikan dengan desain eksterior rumah atau taman. Sebaiknya pertimbangkan harmoni dengan warna dan gaya bangunan yang sudah ada, atau berkreasi dengan kombinasi warna dan pola yang menarik.

4. Fokus pada Kualitas

Kualitas paving block adalah faktor kunci dalam pemilihan. Pastikan untuk memilih paving block yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti beton atau batu alam. Kualitas yang baik akan memastikan daya tahan dan ketahanan terhadap cuaca ekstrem, beban berat, dan penggunaan sehari-hari. Pilihlah produsen atau pemasok yang memiliki reputasi baik dan produk yang telah diuji untuk kualitasnya.

5. Perhatikan Kemudahan Perawatan

Sebelum kamu memutuskan, pikirkan juga tentang kemudahan perawatan. Paving block yang mudah dibersihkan dan dirawat akan menghemat waktu dan usaha dalam jangka panjang. Pastikan paving block yang kamu pilih memiliki lapisan perlindungan yang baik agar tahan terhadap noda dan kerusakan.

6. Konsultasikan dengan Ahli

Jika kamu merasa bingung atau ragu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan seorang ahli atau profesional yang berpengalaman dalam pemasangan paving block. Mereka dapat memberikan saran yang berharga tentang jenis, desain, dan pemasangan yang tepat sesuai dengan kebutuhanmu.

Penutup

Sebelum kalian memulai proyek pasang paving, penting untuk melakukan riset dan konsultasi dengan para profesional dalam bidang ini. Dengan begitu, kalian dapat mendapatkan perkiraan harga yang lebih akurat, serta saran mengenai material terbaik dan desain yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kalian.

Penting untuk diingat bahwa memilih kontraktor atau penyedia jasa yang berpengalaman dan terpercaya adalah kunci sukses proyek pasang paving kalian. Dengan begitu, kalian dapat memastikan bahwa pekerjaan dilakukan dengan baik dan sesuai dengan stkalianr terbaik. Dengan informasi yang cukup dan kerja sama yang baik, kalian dapat menciptakan area paving yang indah dan tahan lama sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  Apa Itu Plamir? Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Itu saja uraian secara lengkap yang bisa empatpilar.com bahas mengenai Harga Borongan Pasang Paving Per Meter. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *