Jenis-Jenis Tang

12 Jenis-Jenis Tang : Fungsi dan Gambarnya Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – 12 Jenis-Jenis Tang : Fungsi dan Gambarnya Secara Lengkap. Selamat datang di panduan lengkap tentang jenis-jenis tang! Artikel ini akan memberikan wawasan mendalam tentang beragam alat yang digunakan dalam berbagai bidang pekerjaan, serta menjelaskan fungsi dan gambarnya secara detail. Jika Kalian ingin menjadi ahli dalam menggunakan tang, Kalian berada di tempat yang tepat.

Tang adalah alat yang berfungsi untuk memegang, memotong, atau membengkokkan benda-benda dengan tepat. Mereka merupakan alat yang sangat penting dan serbaguna dalam dunia kerja, mulai dari pekerjaan teknik, tukang kayu, tukang besi, hingga kegiatan rumah tangga. Setiap jenis tang memiliki karakteristik unik yang memungkinkan mereka digunakan untuk tugas-tugas spesifik.

Pengertian Tang

Tang secara umum adalah alat penjepit yang digunakan untuk menjepit, memotong, dan memegang benda dengan erat. Dengan kata lain, tang adalah alat yang memiliki banyak kegunaan dalam berbagai aktivitas.

Alat ini umumnya terbuat dari logam berat, seperti besi dan baja, karena sifatnya yang tahan lama dan kuat. Bagian pegangan tang biasanya terbuat dari material karet yang keras untuk memberikan pegangan yang nyaman dan aman saat digunakan.

Fungsi Tang

Meski tampak sederhana sebagai alat penjepit, Tang memiliki ragam fungsi yang lebih dari sekedar menjepit.

Sebelum ke pembahasan Jenis-Jenis Tang, nah berikut rincian fungsi dari Tang:

  • Pemotongan Kawat:
    Tang mampu memotong kabel, fiber, dan berbagai material lain yang mirip kawat. Walaupun fungsi ini mirip dengan gunting, Tang lebih sesuai untuk memotong material keras yang tak bisa dikerjakan dengan tangan atau gunting biasa.
  • Pembentukan Logam:
    Bisa membengkokkan benda-benda logam seperti paku dan bahkan membuatnya menjadi bentuk bulat.
  • Alat Penjepit:
    Sangat berguna untuk memegang berbagai benda, khususnya dalam pekerjaan konstruksi dan instalasi listrik. Tang memastikan benda dijepit dengan kuat dan tak mudah terlepas.
  • Memutar Benda:
    Digunakan untuk memutar objek seperti mur dan baut.
  • Pembuka Tutup Logam:
    Contohnya adalah saat membuka tutup kaleng cat.
  • Pemasangan Paku Keling:
    Paku keling atau rivet, adalah jenis paku yang berfungsi khusus untuk menggabungkan lempengan logam.
  • Penggulungan Kawat:
    Sangat praktis untuk menggulung kawat.
  • Mengambil Benda:
    Terutama yang berada di tempat sempit yang sulit dijangkau hanya dengan tangan.
  • Penjepitan Snap Ring:
    Fungsi ini sangat berguna untuk mesin yang menggunakan circlip.
  • Pencabutan Paku:
    Dapat digunakan untuk mencabut paku dengan mudah.
  • Pencengkeraman Pipa:
    Selain memegang, Tang juga bisa digunakan untuk memutar pipa.
  • Pemasangan Klem:
    Misalnya pada selang radiator.
  • Penggabungan Kabel:
    Dapat menyatukan kabel dengan menggunakan sepatu kabel.
  • Penghubung Kabel:
    Menggabungkan satu kabel dengan kabel lain dengan beragam ukuran.

Dengan begitu banyaknya fungsi, Tang menjadi alat esensial yang sering digunakan dalam berbagai pekerjaan.

Jenis-Jenis Tang

Selain macam tang di atas, masih terdapat macam-macam tang yang lain yang mungkin kita masih belum familiar, maka dari itu pada kesempatan kali ini akan saya share tentang jenis-jenis tang yang merupakan alat-alat bengkel otomotif.

1. Tang Kombinasi (Combination Pliers)

Tang Kombinasi, seperti namanya, memiliki berbagai kombinasi fungsi yang serbaguna. Alat ini dapat digunakan untuk menjepit berbagai benda seperti pelat atau batang yang relatif kecil. Selain itu, tang ini juga berfungsi untuk memotong kabel atau kawat berdiameter kecil dengan mudah. Dengan demikian, tang kombinasi merupakan alat yang sangat praktis dan efisien karena mampu menjalankan beberapa tugas sekaligus.

2. Tang Potong

Tang Potong memiliki fungsi utama untuk memotong kawat atau membuka selubung kabel dengan presisi. Selain itu, alat ini juga berguna untuk mengeluarkan pen koter (spopen) dengan mudah. Kegunaan tang potong dalam memotong dan membuka selubung kabel menjadikannya pilihan yang tepat bagi para profesional di bidang listrik dan elektronik. Tang potong juga sangat berguna dalam pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan kecepatan saat menghadapi kawat atau kabel.

3. Tang Lancip (Tang Long Nose)

Tang Lancip, atau dikenal juga sebagai Tang Long Nose, memiliki ujung yang ramping dan meruncing. Fungsi utamanya adalah untuk memegang atau menjepit komponen yang posisinya sulit dijangkau, terutama di area dengan lubang kecil atau dalam. Dengan ujung yang panjang dan ramping, tang lancip memungkinkan akses yang lebih baik ke area yang sulit dijangkau, sehingga sangat berguna dalam pekerjaan precisi seperti perakitan komponen elektronik, perbaikan jam tangan, dan bidang lainnya yang memerlukan ketelitian tinggi.

Baca Juga :  Cara Memasang MCB 3 Fasa, Pengertian dan Harga MCB Terbaru

4. Tang Betet (Vice Grip)

Tang Betet, juga dikenal sebagai Vice Grip, merupakan alat yang sangat berguna dalam memegang atau menjepit benda kerja dengan kuat. Kelebihan utama dari tang betet adalah kemampuannya untuk memegang erat pada mur atau kepala baut yang sudah tidak dapat diputar lagi dengan menggunakan kunci pas, ring, atau kunci shock biasa. Dengan mekanisme kunci yang dapat diatur, tang betet dapat dengan mudah menyesuaikan ukuran dan tekanan pegangan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan.

Tang betet sering digunakan dalam berbagai situasi, terutama ketika menghadapi baut yang sudah aus, rusak, atau sulit dijangkau oleh alat lainnya. Dengan kemampuannya yang kuat dan andal, tang betet memungkinkan para pengguna untuk menangani benda kerja dengan lebih efisien dan akurat. Alat ini menjadi pilihan favorit di bengkel, konstruksi, dan berbagai pekerjaan mekanik karena daya cengkeramnya yang kuat dan fleksibilitasnya yang tinggi.

5. Tang Pembuka Snapring

Tang Pembuka Snapring berfungsi khusus untuk memasang dan melepas circlip atau snapring eksternal. Alat ini sangat berguna dalam perakitan dan perbaikan berbagai peralatan atau komponen yang menggunakan circlip untuk mengamankan bagian-bagian tertentu. Terdapat dua jenis tang circlip, yaitu tang snapring inside (dalam) dan tang snapring outside (luar), sesuai dengan jenis circlip yang akan dipasang atau dilepas.

Tang snapring inside digunakan untuk memasang dan melepas circlip yang terletak di dalam poros atau lubang, sedangkan tang snapring outside digunakan untuk mengakses circlip yang berada di luar dari suatu poros atau lubang. Dengan desain dan bentuk yang tepat, tang pembuka snapring memudahkan pekerjaan teknisi, mekanik, dan pengrajin dalam menangani circlip dengan aman dan efisien.

6. Tongue and Groove Pliers

Tongue and Groove Pliers, atau dikenal juga sebagai Tang Genggam, merupakan alat yang digunakan untuk menjepit benda dengan diameter yang relatif besar. Alat ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan lebar rahangnya melalui mekanisme groove yang dapat diatur, sehingga dapat menyesuaikan ukuran benda kerja yang berbeda.

Selain itu, tongue and groove pliers juga sering digunakan untuk melepas klem pada selang, terutama selang air atau selang yang digunakan dalam sistem pipa. Dengan daya cengkeram yang kuat dan kemampuan penyesuaian, alat ini memungkinkan pengguna untuk menangani benda dengan ukuran yang beragam dengan mudah dan efisien. Tang genggam menjadi alat yang tak tergantikan dalam berbagai pekerjaan yang melibatkan penjepitan atau pengaturan benda dengan diameter besar.

7. Tang Pengupas Kabel

Tang Pengupas Kabel adalah alat yang dirancang khusus untuk mengupas lapisan pelindung pada kabel listrik atau kawat, sehingga mengungkapkan bagian dalam dari kabel tersebut. Fungsi utamanya adalah untuk memudahkan pemasangan atau penyambungan kabel dengan menghilangkan lapisan isolasi yang tidak diperlukan. Dengan menggunakan tang pengupas kabel, pekerjaan mengupas kabel menjadi lebih cepat, presisi, dan aman.

Selain itu, alat ini juga sangat berguna dalam memasang kabel pada skun kabel. Skun kabel adalah aksesoris berbentuk tubular yang digunakan untuk menyambung atau menghubungkan kabel dengan terminal atau sambungan lainnya. Dengan menggunakan tang pengupas kabel, proses pemasangan kabel pada skun menjadi lebih mudah dan efisien, sehingga memastikan koneksi yang kuat dan aman.

8. Tang Paku Keling (Tang Rivet)

Tang Paku Keling, juga dikenal sebagai Tang Rivet, adalah jenis tang yang sering digunakan untuk memasang paku keling atau rivet. Alat ini memiliki gagang panjang dengan ujung tang berbentuk silinder yang cocok untuk menangani paku keling dengan mudah. Selain itu, pada tang ini terdapat lubang khusus yang berfungsi sebagai tempat untuk menempatkan paku keling atau rivet sebelum dipasang pada permukaan yang diinginkan.

Tang pakukeling sangat berguna dalam pekerjaan pemasangan dan penyambungan material seperti logam, plastik, dan kayu. Penggunaan tang pakukeling memastikan paku keling atau rivet terpasang dengan kuat dan rapi, menjadikannya pilihan alat yang andal untuk proyek konstruksi, perbaikan, dan pengrajin.

9. Tang Slip Joint

Tang Slip Joint adalah jenis tang yang memiliki kelebihan karena bentuk dan ukuran rahangnya dapat diperbesar atau diatur sesuai kebutuhan. Tang ini umumnya digunakan untuk memutar baut dan mur dengan berbagai ukuran. Dengan kemampuan untuk disesuaikan, pengguna dapat dengan mudah mengatur lebar rahang tang slip joint sesuai dengan ukuran baut atau mur yang akan digunakan.

Tang slip joint menjadi pilihan yang praktis dalam berbagai situasi karena fleksibilitasnya yang tinggi. Penggunaannya yang mudah dan efisien menjadikannya alat yang sering ditemui di bengkel, pekerjaan perbaikan rumah, dan berbagai proyek yang membutuhkan penyesuaian cepat terhadap berbagai ukuran baut atau mur. Dengan tang slip joint, pekerjaan memutar baut dan mur menjadi lebih nyaman dan dapat diselesaikan dengan presisi yang tinggi.

10. Tang Air

Tang Air, yang sering juga dikenal sebagai tang burung, adalah jenis tang yang banyak digunakan untuk memutar dan menjepit benda-benda berukuran besar. Alat ini sangat berguna dalam menangani pipa dengan diameter besar atau untuk mengunci clamp pada selang radiator. Dengan desain dan kekuatannya, tang air mampu memberikan daya cengkram yang kuat pada benda berukuran besar, sehingga memudahkan para pengguna dalam pekerjaan konstruksi, perbaikan, atau proyek mekanik yang melibatkan komponen dengan ukuran besar.

Baca Juga :  Beberapa Cara Melihat PIN Shopeepay Dan Keuntungannya

11. Tang Catut

Tang Catut, yang juga dikenal sebagai tang kakatua atau tang geget, mendapat sebutan tersebut karena rahangnya yang mirip dengan gagang burung kakatua. Alat ini sangat berguna untuk memotong benda seperti kawat, tembaga, dan bahan lainnya dengan presisi tinggi. Selain itu, tang catut juga sering digunakan untuk mencabut paku yang tertanam kuat pada permukaan benda.

Dengan bentuk rahang yang khas, tang ini memberikan cengkraman yang kuat dan tepat, memudahkan para pengguna untuk menghadapi berbagai pekerjaan yang memerlukan pemotongan atau pencabutan dengan akurasi tinggi.

12. Tang Sambung Slip

Tang Sambung Slip adalah jenis tang penjepit yang sangat membantu dalam menjepit benda-benda dengan diameter kecil. Desainnya memungkinkan rahang tang dapat diperbesar sesuai kebutuhan, sehingga tang ini cocok digunakan dalam berbagai perbaikan dan pekerjaan yang memerlukan penyesuaian dengan berbagai ukuran benda.

Kemampuan penyesuaian ini menjadikan tang sambung slip sangat praktis dan efisien, baik untuk pekerjaan di bengkel, perbaikan rumah, atau proyek-proyek kreatif lainnya. Dengan menggunakan tang sambung slip, pengguna dapat dengan mudah menjepit dan memegang benda dengan diameter kecil tanpa khawatir tergelincir atau merusak benda tersebut.

Penutup

Dalam setiap pekerjaan, khususnya yang berkaitan dengan perbaikan atau kerajinan, memiliki peralatan yang tepat sangatlah penting. Tang, sebagai salah satu alat yang kerap digunakan, hadir dalam berbagai jenis dengan fungsi-fungsi khusus yang berbeda.

Melalui artikel dari empatpilar.com mengenai “Jenis-Jenis Tang: Fungsi dan Gambarnya”, diharapkan pembaca dapat memahami lebih dalam mengenai alat ini, membedakan jenis-jenisnya, serta menggunakan tang yang sesuai dengan kebutuhan. Ingatlah, pemilihan tang yang tepat bukan hanya mempermudah pekerjaan, tetapi juga menjamin keamanan dan efisiensi dalam setiap tugas yang Kalian lakukan. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/jenis-jenis-tang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *