Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable

Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable, Banyak yang Belum Tahu

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable, Banyak yang Belum Tahu. Jika Kalian sedang mencari AC untuk apartemen kecil atau ruangan tambahan, maka AC portable mungkin menjadi opsi yang menarik.

Tidak seperti AC jendela atau split, AC portable tidak memerlukan instalasi permanen. Kalian dapat menggerakkannya dari satu ruangan ke ruangan lain dengan mudah.

Namun, sebelum Kalian memutuskan untuk membeli AC portable, Kalian perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini.

Mengenal AC portable

AC portable adalah alat pendingin udara yang memiliki sistem loop tertutup, sehingga tidak memerlukan exhaust untuk membuang udara secara terpisah.

Berbeda dengan AC tradisional, AC portable tidak memiliki mesin unit outdoor untuk membuang udara panas.

Meskipun keduanya berfungsi untuk mendinginkan ruangan, namun AC portable tidak memerlukan proses pemasangan atau instalasi khusus untuk beroperasi.

AC Portable didesain untuk memenuhi kebutuhan yang praktis. Karena penempatannya yang rendah dilantai, AC portable juga sering disebut dengan AC duduk.

Berbeda dengan AC split yang terpasang dan terkunci pada posisi awalnya, AC portable dapat dipindahkan dengan mudah.

Sesuai dengan namanya, AC portable dapat dibawa-bawa ke mana saja selama terdapat colokan listrik dan tempat untuk membuang udara panas melalui pipa fleksibel dan buangan air AC tersebut.

Kelebihan AC Portable

Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable, teknologi AC Portable adalah opsi terbaik untuk orang-orang yang enggan menggunakan AC konvensional karena beberapa alasan. Beberapa kelebihan dari produk ini adalah sebagai berikut:

1. Pendingin yang Lebih Hemat Energi

Kelebihan AC portabel pertama adalah hemat energi dibandingkan dengan AC konvensional. Ini disebabkan oleh kemampuan alat yang dapat dipindahkan ke berbagai tempat dengan mudah.

Dengan demikian, Kalian tidak perlu membeli banyak AC untuk berbagai ruangan di rumah. Hal ini tentu saja akan membuat tagihan listrik Kalian tidak membengkak dan rumah Kalian menjadi lebih hemat energi.

2. Kontrol Suhu Lebih Baik

Keunggulan lain dari AC portabel adalah kemampuan kontrol suhu yang lebih baik dan efisien. Dengan satu mesin saja, Kalian dapat membuat ruangan di rumah menjadi dingin seperti kulkas.

Caranya adalah dengan mengatur suhu ke pengaturan yang lebih tinggi, sehingga mesin dapat membuat ruangan lebih dingin dengan cepat.

Efisiensi mesin ini dalam membuat ruangan menjadi dingin bahkan lebih baik dibandingkan dengan beberapa merek AC biasa.

3. Lebih Cepat Membuat Ruangan Dingin

Kelebihan AC portabel berikutnya adalah kemampuannya untuk membuat ruangan menjadi lebih dingin dengan cepat.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan Kalian untuk menyimpan AC di tempat yang diinginkan sehingga rasa dingin bisa langsung terasa.

Hal ini berbeda dengan AC yang menempel di dinding dan tidak dapat dipindahkan. Karena bekerja lebih efisien, Kalian dapat menghindari pemborosan uang untuk servis AC.

4. Ukuran yang Lebih Hemat

Berbeda dengan AC konvensional, ada beberapa jenis dan ukuran AC portabel yang dapat Kalian temukan di pasaran.

Kalian dapat menemukan AC dengan ukuran dari yang sangat kecil hingga sangat besar. Dengan berbagai ukuran yang tersedia, pastikan Kalian memilih yang paling sesuai dengan ukuran rumah Kalian dan kebutuhan daya.

5. Bagus Digunakan di Rumah Tua

Keuntungan terakhir dari AC portabel adalah mesin ini sangat cocok digunakan di rumah-rumah tua.

Banyak rumah di Indonesia, baik yang tua maupun yang baru, tidak memiliki saluran khusus untuk AC. Hal ini memaksa Kalian untuk merenovasi rumah terlebih dahulu agar dapat memasang mesin dalam dan luar AC.

Namun, hal ini tidak perlu Kalian lakukan jika Kalian membeli AC portabel karena mesin dapat disimpan di mana saja dengan mudah.

Baca Juga :  Ketahui, Penyebab Mesin Cuci Bunyi Nging

Kekurangan AC Portable

Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable, meskipun AC Portable memiliki banyak kelebihan, tetap ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya, sebagai berikut:

1. Suara yang Lebih Berisik

Meskipun memiliki banyak kelebihan, AC portabel juga memiliki beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan AC portabel adalah suaranya yang lebih berisik dibandingkan dengan AC biasa.

Saat digunakan, mesin ini akan mengeluarkan suara yang cukup keras karena kompresornya yang tergabung dengan AC. Hal ini jarang terjadi pada AC konvensional karena mesinnya dibuat terpisah.

2. Membutuhkan Area Pembuang Udara Panas

Seperti halnya dengan AC biasa, AC portabel juga memerlukan area untuk pembuangan udara panas.

Lubang pembuangan udara panas ini terdapat di bagian belakang mesin. Karena mesin dan kompresornya tergabung, Kalian harus memperhatikan posisi AC agar udara dingin dan panas yang dikeluarkan mesin tidak bercampur.

3. Rawan Rusak

Kekurangan AC portabel lainnya adalah mesinnya lebih mudah dan rawan rusak dibandingkan dengan AC konvensional.

Hal ini disebabkan karena mesin AC sering dipindahkan-pindahkan, sehingga meningkatkan risiko mesin tergeser atau rusak.

4. Daya Listrik yang Lebih Besar

Meskipun dapat menghemat tagihan listrik, AC portabel membutuhkan daya listrik yang besar. Daya yang dibutuhkan bahkan lebih besar daripada AC konvensional, sehingga disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakannya.

Cara Kerja AC Portable

Setelah mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable selanjutnya cara kerja Ac portable. AC Portable pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama seperti jenis mesin pendingin udara lainnya, yaitu dengan menggunakan freon untuk melakukan proses pendinginan udara.

Namun, ada juga AC Portable yang menggunakan es batu sebagai pengganti zat refrigerant.

Perbedaan paling mencolok dari AC Portable terletak pada desain dan ukuran produk. AC Portable cenderung berbentuk persegi panjang tegak ke atas dengan ukuran yang relatif kecil.

Biasanya terdapat roda di bagian bawah untuk memudahkan pengguna dalam memindahkan perangkat ke ruangan lain.

Bobot AC Portable lebih ringan daripada tipe lain dan tidak memerlukan selang sehingga pengguna tidak perlu melubangi dinding rumah.

Selain itu, AC Portable memiliki tempat khusus untuk menampung air kondensasi yang perlu sering diperiksa.

Prinsip kerja AC Portable yang sama dengan mesin pendingin udara umum tetapi dengan desain yang lebih ringkas membuat minat konsumen semakin tinggi.

Oleh karena itu, calon pembeli sebaiknya memilih merk terbaik dengan daya tahan yang awet.

Karena cara kerjanya sama dengan mesin pendingin udara konvensional, kelebihan dan kekurangan AC Portable terletak pada aspek desain, ukuran, dan cara penggunaannya.

Walaupun terlihat sepele, pengetahuan ini penting untuk membantu pengguna lebih memahami produk tersebut.

Cara Menggunakan AC Portable

Mengoperasikan AC Portable tergolong sangat mudah, hampir semua orang bisa mengaktifkannya tanpa kesulitan.

Namun, tetap perlu mengikuti prosedur yang benar agar menghindari kegagalan fungsi atau kerusakan komponen lain.

Berikut cara penggunaan AC Portable yang benar:

  • Tempatkan AC Portable dekat ventilasi untuk membantu pembuangan hawa panas.
  • Sambungkan kabel power ke stop kontak listrik di rumah.
  • Tekan tombol power untuk menyalakan perangkat dan tunggu beberapa saat.
  • Lakukan pengaturan sesuai dengan fitur yang tersedia pada produk.

Pemasangan dan penggunaan yang mudah serta pengetahuan tentang kelebihan dan kekurangan AC Portable membuat permintaan pasar semakin tinggi.

Variasi harga dari berbagai merk memberikan kebebasan kepada konsumen untuk memilih sesuai kebutuhan mereka.

Namun, perlu diingat bahwa AC Portable berbeda dengan Air Cooler atau Air Purifier, karena AC Portable menggunakan freon sebagai media pendinginan udara.

Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama agar tidak salah memilih produk.

Daftar Harga AC Portable Terbaik

Berikut kami berikan rekomendasi Daftar Harga AC Portable Terbaik saat ini :

10 PRODUK TERBAIKHARGATOKO
Sharp Air Cooler PJ-A26MY-BRp740,000Lazada
Sharp Air Cooler PJ-A55TYRp650,000Blibli
Sharp PJA-36Rp850,000Blibli
Sharp Air Cooler PJ-A77TYRp1,399,000Lazada
Midea Air Cooler AC100-ARp700,000Shopee
Midea AC120-16ARRp1,054,000Blibli
Midea MPF-09CRN1Rp3,475,000Blibli
Gree P1 Portable GPC-09P1 ACRp3,500,000Blibli
Panasonic CS/CU-J45FFP8Rp24,500,000Lazada
Midea Air Cooler AC100-18BRp660,000Lazada
Baca Juga :  Service Center Mesin Cuci LG di Bekasi Terlengkap Saat Ini

Penutup

Dalam memilih AC, tak jarang kita dibingungkan dengan banyaknya pilihan jenis AC yang tersedia di pasaran, salah satunya AC portable.

AC portable memang memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan membelinya.

Dalam memilih AC, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi ruangan yang akan diisi AC.

Apabila ruangan memiliki ukuran kecil dan membutuhkan fleksibilitas penggunaan, maka AC portable bisa menjadi pilihan yang tepat.

Namun, apabila ruangan lebih besar dan memerlukan daya pendinginan yang lebih kuat, maka sebaiknya memilih AC split atau AC window.

Demikian ulasan dari empatpilar.com mengenai Kelebihan Dan Kekurangan AC Portable. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulerac portable,https://www empatpilar com/kelebihan-dan-kekurangan-ac-portable/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *