Merubah Receiver Parabola Menjadi Set Top Box

Cara Merubah Receiver Parabola Menjadi Set Top Box dengan Mudah

Posted on

Empat Pilar – Cara Merubah Receiver Parabola Menjadi Set Top Box dengan Mudah. Apakah Kalian memiliki receiver parabola yang tidak lagi digunakan? Apakah Kalian ingin mengubahnya menjadi set top box yang berguna untuk menikmati acara televisi favorit Kalian? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara merubah receiver parabola menjadi set top box dengan mudah dan efektif.

Sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti:

  • Receiver parabola yang akan diubah
  • Kabel AV (Audio-Visual)
  • TV dengan port AV
  • Set top box (opsional)

Setelah Kalian mempersiapkan peralatan yang diperlukan, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk merubah receiver parabola menjadi set top box.

Pengertian Set Top Box dan Fungsinya

Set top box (STB) adalah perangkat yang berguna untuk mengkonversi sinyal menjadi gambar dan suara sehingga dapat ditampilkan pada televisi analog.

Ada jenis STB yang dikenal sebagai STB android, yang dapat mengubah televisi menjadi smart TV.

Penggunaan STB untuk televisi digital adalah gratis, tanpa biaya bulanan yang harus dikeluarkan. STB juga tidak memerlukan koneksi internet karena sudah terhubung dengan stasiun televisi free-to-air.

Terdapat pula fitur Early Warning System yang dapat memberikan peringatan dini terkait bencana alam dan keadaan darurat lainnya.

Sebagai informasi, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengimbau masyarakat untuk menggunakan STB televisi digital.

Dengan mengganti televisi analog dengan STB televisi digital, masyarakat dapat menikmati tayangan dengan kualitas gambar dan suara yang lebih baik serta mendukung program penataan frekuensi televisi analog ke digital yang dilakukan oleh pemerintah.

Merubah Receiver Parabola Menjadi Set Top Box

Salah satu alternatif untuk menikmati tayangan televisi di Indonesia adalah melalui televisi satelit. Nex Parabola adalah salah satu provider televisi satelit yang populer di Indonesia, yang menawarkan berbagai paket dengan harga terjangkau.

Keuntungan utama dari menggunakan televisi satelit adalah Kalian dapat menonton acara favorit kapan saja dan merekam acara tersebut untuk ditonton nanti.

Namun, perlu diketahui bahwa perangkat receiver parabola yang digunakan oleh Nex Parabola memiliki batasan dalam penggunaannya.

Salah satu batasan tersebut adalah tidak dapat terhubung dengan internet, serta keterbatasan lainnya tergantung pada tipe dan model receiver yang digunakan.

Oleh karena itu, sebelum memilih untuk menggunakan televisi satelit, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Kalian terkait tayangan televisi yang ingin ditonton serta fitur yang dibutuhkan.

Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, pengguna dapat mempertimbangkan untuk merubah receiver parabola menjadi STB. Kami akan membahas cara merubah receiver parabola menjadi STB:

1. Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box

Sebelum membahas mengenai cara mengubah receiver parabola menjadi STB, penting untuk memahami perbedaan antara kedua perangkat ini.

Receiver parabola adalah perangkat yang berfungsi untuk menerima siaran televisi satelit dan mengonversi sinyalnya menjadi sinyal televisi agar dapat ditampilkan pada layar televisi.
Sementara itu, set top box (STB) adalah perangkat yang berfungsi untuk mengonversi sinyal digital menjadi sinyal televisi analog sehingga dapat ditampilkan pada televisi.

STB juga memiliki fitur yang lebih canggih, seperti koneksi internet, Bluetooth, dan Wi-Fi, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai konten online melalui aplikasi di televisi.

Perbedaan mendasar antara kedua perangkat ini adalah pada jenis sinyal yang diolah. Receiver parabola mengolah sinyal televisi satelit, sementara STB mengolah sinyal digital menjadi sinyal televisi analog.

Selain itu, STB juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang tidak tersedia pada receiver parabola.

Oleh karena itu, jika ingin mengakses konten online atau menggunakan fitur-fitur canggih lainnya pada televisi, pengguna perlu menggunakan STB.

2. Mencari Set Top Box Yang Kompatibel Dengan Receiver Parabola

Langkah pertama dalam merubah receiver parabola menjadi set top box adalah mencari set top box yang kompatibel dengan receiver parabola.

Baca Juga :  √ Receiver Parabola Terbaik : Lengkap dengan Cara Memilihnya

Kalian dapat mencari informasi tentang set top box yang kompatibel dengan receiver parabola Kalian dengan mencari di internet atau menghubungi layanan pelanggan Nex Parabola.

3. Menghubungkan Set Top Box Dengan Receiver Parabola

Setelah menemukan set top box yang kompatibel dengan receiver parabola, langkah selanjutnya adalah menghubungkannya dengan receiver parabola.

Pertama, pastikan untuk mematikan receiver parabola dan televisi terlebih dahulu. Kemudian, hubungkan set top box ke televisi menggunakan kabel HDMI.

Jika televisi tidak memiliki port HDMI, Kalian dapat menggunakan kabel AV sebagai alternatif.

Selanjutnya, hubungkan receiver parabola ke set top box menggunakan kabel koaksial. Pastikan Kalian menghubungkan kabel koaksial dari port “LNB IN” pada set top box ke port “LNB OUT” pada receiver parabola untuk memastikan koneksi yang tepat.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Kalian dapat menghubungkan set top box dengan receiver parabola dan menikmati konten televisi dengan kualitas yang lebih baik dan fitur-fitur tambahan yang tersedia pada set top box.

4. Menyetel Set Top Box

Setelah menghubungkan set top box dengan receiver parabola, langkah selanjutnya adalah menyetel set top box agar dapat digunakan.

Untuk melakukannya, hidupkan televisi dan pastikan set top box terhubung dengan televisi. Selanjutnya, hubungkan set top box ke internet melalui koneksi Wi-Fi atau kabel Ethernet, dan ikuti instruksi yang muncul pada layar untuk menyelesaikan proses setelan.

 

Dengan menggunakan set top box, Kalian dapat menikmati acara televisi seperti biasa, dan juga dapat mengakses konten online seperti aplikasi, game, dan film melalui koneksi internet.

Set top box juga dapat meningkatkan kualitas gambar dan suara, dengan menghasilkan gambar yang lebih tajam serta suara yang lebih jernih.

Kalian juga dapat menghubungkan set top box dengan soundbar atau speaker eksternal untuk pengalaman suara yang lebih baik.

Namun, sebelum memutuskan untuk merubah receiver parabola menjadi set top box, perlu diperhatikan beberapa hal.

Pastikan untuk membeli set top box berkualitas dan kompatibel dengan receiver parabola Kalian agar tidak merusak televisi dan receiver parabola.

Selain itu, pastikan untuk mengikuti instruksi dengan benar saat menghubungkan set top box dengan receiver parabola.

Perlu diingat juga bahwa merubah receiver parabola menjadi set top box mungkin tidak legal, tergantung pada aturan dan regulasi yang berlaku di wilayah Kalian.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa peraturan yang berlaku sebelum memutuskan untuk merubah receiver parabola menjadi STB.

Cara Menggunakan Set Top Box untuk Mendapatkan Siaran Digital

Jika Kalian masih menggunakan TV tabung atau TV analog lainnya, Kalian dapat menggunakan STB untuk mendapatkan siaran digital. Berikut adalah cara untuk mencari siaran TV digital yang dapat diikuti dari laman resmi Kominfo:

  1. Pastikan Kalian menggunakan antena UHF dan mengarahkannya dengan benar agar dapat menangkap frekuensi TV digital dengan baik. Kalian dapat menggunakan aplikasi sinyal TV digital yang tersedia di Google Play Store atau App Store.
  2. Sambungkan STB ke TV dan antena menggunakan salah satu dari kabel yang sesuai dengan jenis TV Kalian.
  3. Pastikan kabel antara STB, antena, dan TV tersambung dengan baik.
  4. Pastikan TV Kalian sudah menampilkan sumber AV.
  5. Nyalakan STB dan masukkan kode pos sesuai dengan domisili rumah Kalian agar dapat menerima sinyal peringatan dini kebencanaan.
  6. Setelah masuk ke ‘Menu’, pilih ‘pencarian saluran secara otomatis’.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Kalian dapat menikmati siaran TV digital dengan kualitas yang lebih baik.

Perbedaan Receiver Parabola Dengan Set Top Box

Berikut adalah beberapa perbedaan antara receiver parabola dan set top box:

1. Sumber Sinyal

Receiver parabola menerima sinyal dari satelit dan mengirimkannya ke televisi, sedangkan set top box menerima sinyal dari kabel atau internet.

2. Jenis Sinyal

Receiver parabola menerima sinyal digital dari satelit dan mengirimkannya ke televisi dalam bentuk digital, sedangkan set top box merubah sinyal digital menjadi sinyal analog agar dapat diterima oleh televisi analog.

3. Channel Lineup

Receiver parabola biasanya memiliki channel lineup terbatas serta tergantung pada paket yang Kalian pilih, sedangkan set top box dapat memberikan akses ke berbagai jenis konten televisi, termasuk saluran streaming dan on-demand.

Baca Juga :  Apa Itu LCN Pada Set Top Box ? : Penjelasan Secara Lengkap

4. Fungsionalitas

Set top box biasanya lebih canggih dalam hal fungsionalitas, seperti kemampuan untuk merekam program televisi serta mengakses konten online seperti YouTube dan Netflix.

Dengan mengetahui perbedaan antara receiver parabola dan set top box, Kalian dapat memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Kalian.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, merubah receiver parabola menjadi set top box dapat dilakukan dengan mengganti software atau firmware pada receiver parabola Kalian.

Namun, Kalian harus memastikan bahwa perangkat Kalian kompatibel dengan perubahan tersebut dan mampu menerima sinyal dari kabel atau internet.

Sebaiknya, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli teknologi atau pemasok perangkat sebelum melakukan perubahan ini.

Dengan memilih perangkat yang tepat dan memastikan kompatibilitas, Kalian dapat menikmati berbagai jenis konten televisi dan fungsionalitas canggih dengan set top box yang telah diubah dari receiver parabola Kalian.

Demikian ulasan dari empatpilar.com mengenai Merubah Receiver Parabola Menjadi Set Top Box. Semoga bermanfaat Kata Pencarian Terpopulercara merubah receiver parabola jadi set tobok,Modifikasi receiver parabola,oprek reciver jadi setobok,receiver indovision rubah menjadi stb,receiver menjadi set top box,STB PARABOLA DUKUNG PORT UHF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *