Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate : Ketahui Sebelum Membeli

Posted on

Empat Pilar  – Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate : Ketahui Sebelum Membeli. Apakah kalian sedang mempertimbangkan penggunaan Atap Polycarbonate untuk proyek atap kalian tetapi ingin tahu lebih banyak sebelum membuat keputusan? kalian berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate. Kami akan memberikan pandangan berharga dan pendapat dari para ahli untuk membantu kalian membuat keputusan yang cerdas untuk kebutuhan atap kalian.

Apa Itu Atap Polycarbonate?

Atap Polycarbonate adalah salah satu jenis material termoplastik polymer. Material Polycarbonate memiliki sifat yang sederhana untuk diolah, mudah dicetak, dan dapat dibentuk dengan mudah saat dipanaskan, oleh karena itu sering digunakan dalam industri kimia. Dengan sifat transparan, bobot ringan, daya tahan yang baik, serta ketahanan terhadap suhu ekstrem, atap Polycarbonate telah menjadi pilihan material yang populer sebagai pengganti kaca.

Atap Polycarbonate ini dipatenkan oleh Bayer pada tahun 1953 dan mulai populer di Indonesia pada tahun 1990-an. Saat itu, permintaan akan material atap transparan untuk memaksimalkan pencahayaan alami sangat tinggi, sehingga produksi atap Polycarbonate terus tumbuh pesat. Bahkan beberapa produsen melakukan inovasi dengan menambahkan komponen anti-UV untuk meningkatkan daya tahan atap Polycarbonate.

Di pasaran, Anda dapat menemukan dua jenis atap Polycarbonate, yaitu yang datar dan bergelombang, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan konsep hunian yang ingin Anda tonjolkan.

Sifat Atap Polycarbonate

Atap Polycarbonate memiliki sejumlah sifat unik yang membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam berbagai aplikasi konstruksi dan desain. Berikut adalah beberapa sifat utama dari material ini:

  1. Ringan
    Polycarbonate memiliki bobot yang sangat ringan. Material ini bisa menjadi pilihan yang baik karena lebih enteng daripada kaca, bahkan 10 hingga 20 kali lebih ringan jika dibandingkan dengan kaca berukuran sama.
  2. Kekuatan dan Ketahanan Benturan
    Polycarbonate memiliki kekuatan bahan yang tinggi dan mampu menahan benturan dengan baik. Dalam hal ini, ia unggul dibandingkan dengan kaca dan akrilik. Namun, perlu diperhatikan bahwa Polycarbonate tidak tahan terhadap goresan, sehingga seringkali memerlukan lapisan pelindung khusus yang dapat membuat biaya penggunaannya lebih mahal.
  3. Transmisi Cahaya
    Material ini memiliki tingkat transmisi cahaya yang tinggi, bahkan melebihi kualitas kaca biasa. Hal ini membuatnya ideal untuk penggunaan di area yang memerlukan pencahayaan alami.
  4. Kemudahan Pengolahan
    Polycarbonate dapat dibentuk dengan mudah menggunakan peralatan biasa. Ia juga mudah dipotong, dapat dilengkung tanpa mudah patah, dan ini memberikan fleksibilitas dalam berbagai desain konstruksi.
  5. Peredaman Suara
    Polycarbonate memiliki kemampuan yang baik dalam meredam suara. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk aplikasi yang memerlukan isolasi suara.
  6. Insulator Listrik
    Material ini juga berfungsi sebagai insulator listrik yang baik, sehingga sering digunakan dalam aplikasi di mana konduktivitas listrik tidak diinginkan.
  7. Tahan Panas
    Polycarbonate memiliki glass transition temperature (Tg) sekitar 147 °C (297 °F; 420 K), sehingga ia tahan terhadap suhu tinggi. Ini membuatnya cocok untuk penggunaan di lingkungan yang menghadapi suhu tinggi. Bahkan, Polycarbonate bisa digunakan untuk membuat gelas minuman yang tahan panas.
  8. Harga Terjangkau
    Salah satu keunggulan Polycarbonate adalah harganya yang terjangkau dibandingkan dengan beberapa alternatif lainnya, seperti kaca. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk berbagai proyek konstruksi dan desain.

Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate

Atap Polycarbonate sering digunakan dalam berbagai aplikasi. Polycarbonate adalah bahan termoplastik yang sangat kuat, tahan terhadap sinar ultraviolet, dan memberikan penampilan yang menarik.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Lantai Granit : Ketahui Selengkapnya

Bahan ini tersedia dalam bentuk transparan dan buram, sehingga menjadi pilihan ideal untuk kebutuhan konstruksi dan keamanan. Apa saja keunggulan dan kelemahan dari atap Polycarbonate? Mari kita Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate di bawah ini:

A. Kelebihan dari Atap Polycarbonate

Berikut ini kita akan membahas mengenai keunggulan dari atap Polycarbonate yang perlu kalian ketahui:

1. Tahan Terhadap Benturan

Atap Polycarbonate semakin populer dalam berbagai proyek, karena keunggulannya dalam ketahanan terhadap benturan yang hampir tidak dapat dipecahkan dan mampu menahan tekanan besar. Hal ini sangat berbeda dari atap genteng tanah liat.

Karena alasan ini, atap Polycarbonate digunakan dalam pembuatan jendela anti-peluru dan perisai polisi. Selain itu, atap Polycarbonate juga digunakan dalam konstruksi bangunan seperti bank, kantor, kanopi, dan balkon.

2. Melindungi Dari Sinar Ultraviolet

Keunggulan lain dari atap Polycarbonate adalah kemampuannya untuk melindungi dari sinar ultraviolet. Keunggulan ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih ringan dibandingkan dengan kaca, akrilik, atau plastik lainnya.

Hal ini mempermudah dalam proses transportasi, pemasangan, dan mengurangi biaya tenaga kerja. Ini adalah tiga keuntungan besar ketika mempertimbangkan biaya konstruksi untuk bisnis kalian.

3. Beragam Pilihan Warna

Atap Polycarbonate tersedia dalam berbagai pilihan warna, mulai dari kaca bening hingga warna yang lebih buram untuk penutup yang lebih baik. Ini memberikan fleksibilitas kepada organisasi atau individu dalam memilih apakah ingin tampil berwarna atau membiarkan cahaya tembus.

4. Tahan Terhadap Berbagai Cuaca

Kelebihan lain dari Polycarbonate adalah ketahanannya yang tinggi terhadap panas dan dingin. Ini menjadikannya ideal untuk digunakan dalam berbagai kondisi lingkungan yang keras, karena mampu bertahan lebih lama daripada bahan konstruksi standar lainnya. Ditambah lagi, sifat optik yang sangat baik dari Atap Polycarbonate membantu melindungi dari sinar ultraviolet.

Dengan kemampuannya untuk membiarkan sinar matahari dan panas masuk, Atap Polycarbonate sangat cocok sebagai material untuk membangun rumah kaca dan pembibitan tanaman. Selain itu, Polycarbonate juga tahan terhadap sinar matahari, hujan, dan salju.

Dengan semua keunggulan ini, Atap Polycarbonate dapat bertahan di luar ruangan selama bertahun-tahun tanpa menunjukkan tanda-tanda perubahan warna, kuning, atau memudar.

B. Kekurangan dari Atap Polycarbonate

Atap Polycarbonate memiliki beberapa kelemahan jika dibandingkan dengan bahan lain seperti kaca atau plastik.

1. Harga yang Tinggi

Salah satu kelemahan utama dari atap Polycarbonate adalah harganya yang relatif tinggi. Harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan kaca dan plastik lainnya. Sebagai akibatnya, banyak konsumen lebih memilih ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) yang memiliki harga lebih terjangkau.

Meskipun ABS juga sangat kuat, namun memiliki ketahanan terhadap benturan dan panas yang lebih rendah dibandingkan dengan Polycarbonate. Harga yang lebih rendah ini bisa menjadi solusi yang baik bagi pembeli yang tidak memerlukan tingkat ketahanan ekstrim dan ketahanan panas yang ditawarkan oleh Polycarbonate.

2. Tidak Tahan Terhadap Goresan

Berbeda dengan bahan atap seperti galvalum, fiber, atau beton yang tahan terhadap goresan, atap Polycarbonate tidak memiliki tingkat ketahanan yang sama terhadap goresan. Permukaannya rentan terhadap goresan, sehingga mungkin terjadi penyok pada permukaan jika tidak ada perawatan yang tepat.

3. Sensitif Terhadap Bahan Kimia

Atap Polycarbonate juga sangat rentan terhadap bahan kimia seperti pembersih abrasif, produk pembersih alkali, dan pelarut. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhati-hati dan menghindari penggunaan zat-zat yang mengandung aseton, benzena, atau bahan kimia organik lainnya.

4. Dampak Lingkungan yang Kurang Ramah

Kekurangan lain dari atap berbahan Polycarbonate adalah dampaknya yang kurang ramah lingkungan. Proses pembuatannya memerlukan suhu tinggi yang dapat berdampak negatif pada lingkungan. Selain itu, pembuatan atap Polycarbonate melibatkan penggunaan fosgen, yang memiliki efek buruk terhadap kesehatan manusia, serta klorin, yang juga memiliki dampak negatif pada lingkungan. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah pencegahan yang ketat untuk melindungi pekerja selama proses pembuatan ini.

Harga Atap Polycarbonate Terbaru

Setelah mempelajari Kelebihan dan Kekurangan Atap Polycarbonate, berikut harga atap polycarbonate terbaru tergantung dari jenisnya, yang bisa kalian ketahui dengan baik :

Baca Juga :  Apa itu Atap Polycarbonate? Pengertian dan Jenisnya Lengkap

TipeUkuranHarga
Atap Polycarbonate Solarlite11,80mx2,10m; 5mmRp2,969,000
Atap Polycarbonate Twinlite5,90mx2,10m; 5mmRp1,959,000
Atap Polycarbonate Solite5,90mx2,10m; 4mmRp906,000
Atap Polycarbonate Solite11,80mx2,10m; 4mmRp1,771,000
Atap Polycarbonate Twinlite11,80mx2,10m; 6mmRp4,516,000

Penutup

Dalam penutup artikel dari empatpilar.com ini, kita telah menjelajahi berbagai aspek mengenai kelebihan dan kekurangan atap polycarbonate. Atap polycarbonate memang memiliki banyak keunggulan seperti daya tahan terhadap cuaca ekstrem, pencahayaan alami yang baik, dan kemudahan pemasangan.

Namun, tidak dapat dihindari bahwa atap ini juga memiliki kekurangan, seperti harga yang lebih tinggi daripada beberapa alternatif lainnya dan potensi perubahan warna seiring waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *