Kelebihan dan Kekurangan Domain .io

Kelebihan dan Kekurangan Domain .io : Pengertian & Harganya

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Domain .io : Pengertian & Harganya. Pelajari kelebihan dan kekurangan domain .io untuk membantu Kalian menentukan apakah ekstensi ini cocok untuk proyek online Kalian.

Saat mencari domain untuk situs web Kalian, ekstensi domain memainkan peran penting dalam keberhasilan proyek online Kalian.

Dalam artikel ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan domain .io, serta menjawab pertanyaan umum mengenai ekstensi ini. Mari kita selami lebih dalam!

Menentukan nama dan Top-Level Domain (TLD) yang tepat sangat penting dalam pembuatan website. Namun, prosesnya bisa jadi sulit karena terdapat lebih dari 1.500 TLD yang tersedia.

Diantara semua TLD yang ada, terdapat beberapa TLD yang sering kita jumpai seperti .com dan .io. Setiap domain memiliki tujuannya sendiri.

Sebagai contoh, .com cocok untuk website komersial, sedangkan .io adalah TLD yang cukup populer di dunia korporasi teknologi.

Pengertian Domain .io

.io adalah singkatan dari Input/Output dan merupakan domain populer bagi pemula, insinyur, pembuat kode, dan ahli. Meskipun sebenarnya domain ini merupakan kode negara untuk wilayah Samudera Hindia Inggris, tetapi .io juga merupakan pilihan yang baik untuk siapa saja yang mencari domain yang sangat singkat.

Awal Mula Domain .io

TLD .io pertama kali didelegasikan oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA), sebuah organisasi yang bertanggung jawab atas root zone Domain Name System (DNS), kepada Internet Computer Bureau (ICB).

Kemudian, Levis Strauss mendaftarkan nama domain levi.io untuk kebutuhan lain yang tidak hanya terkait dengan identitas geografis.

Saat ini, domain .io dioperasikan oleh Afilias, sebuah registry di Amerika Serikat yang juga mengelola domain .mobi dan .info.

Kelebihan dan Kekurangan Domain .io

Berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Domain .io ekstensi ini pada alamat web kalian:

a.Kelebihan Domain .io

Kelebihan dan Kekurangan Domain .io, berikut adalah kelebihan domain .io untuk website kalian:

1. Terkait dengan teknologi

Domain .io sudah cukup terkenal di dunia teknologi dan komunitas startup. Penggunaan domain ini juga cukup efektif untuk komunikasi eksternal, membantu orang-orang mengetahui jenis bisnis kalian termasuk dalam industri apa.

2. Ketersediaan yang luas

Dibandingkan dengan domain lain seperti .com dan .net, domain .io hanya menyumbang sekitar 0,6% dari semua domain yang ada di dunia. Oleh karena itu, ketersediaan domain ini bisa lebih tinggi dibandingkan opsi lain ketika kalian membeli nama domain untuk merek kalian.

3. Dikenali dengan baik oleh mesin pencari

Google tidak mengaitkan domain .io dengan Wilayah Samudra Hindia Britania, sehingga mesin pencarinya tidak secara khusus menargetkan area geografis tersebut ketika menampilkan website-website .io di halaman hasil pencarian.

4. Kreativitas dalam pemilihan nama

Kalian dapat menggunakan domain .io untuk mempersingkat URL dan membuat domain yang mudah diingat.

b. Kekurangan Domain .io

Kelebihan dan Kekurangan Domain .io, ekstensi domain .io juga memiliki kekurangan:

1. Harga yang lebih mahal

Harga nama domain tergantung pada ekstensi, ketersediaan, dan popularitasnya. Domain .io lebih mahal dibandingkan .email atau .com. Hal ini disebabkan oleh popularitasnya yang tinggi di kalangan industri teknologi dan startup.

2. Masih kurang terpercaya dan sulit diingat

Dibandingkan dengan domain populer seperti .com dan .org, domain .io masih kurang terpercaya dan sulit diingat.

Hal ini mungkin disebabkan karena domain .io masih relatif baru dan belum memiliki kredibilitas serta reputasi sebaik .com.

3. Sejarah yang kontroversial

Terdapat masalah geopolitik terkait Kepulauan Chagos yang melibatkan Inggris, Mauritius, dan Amerika Serikat.

Masalah ini dapat mempengaruhi status BIOT (kode negara ISO-3166 untuk IO) dan domain .io, seperti bisnis di Inggris yang tidak dapat mendaftar atau memperpanjang domain .eu setelah terjadinya Brexit.

Baca Juga :  Cara Purge Clear Cache Cloudflare : Panduan Mudah

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Domain .io

Setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Domain .io selanjutnya Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Domain .io. Dibandingkan dengan top-level domain populer lainnya, penggunaan .io sebenarnya masih cukup jarang. Namun, saat ini ekstensi domain ini semakin populer di situs-situs teknologi dengan traffic yang tinggi.

Contoh website .io yang cukup terkenal antara lain:

  • Opensea.io – marketplace non-fungible token (NFT) terbesar saat ini.
  • Etherscan.io – website ini digunakan untuk mencari transaksi blockchain Ethereum.
  • Greenhouse.io – software Applicant Tracking System (sistem pelacak pelamar kerja) dan rekrutmen.

Meskipun yang dominan dalam penggunaan .io adalah industri teknologi, ekstensi ini sebenarnya tersedia untuk bisnis apapun.

Pengunjung website biasanya menganggap domain ini lebih umum dibandingkan domain khusus negara lainnya.

Oleh karena itu, Google menganggap .io sebagai salah satu generic country-code TLD, yaitu ccTLD yang diakui sebagai top-level domain generik.

Sementara itu, TLD .ly mungkin lebih sering ditemukan karena banyak bisnis yang menggunakan ekstensi ini, seperti Bit.ly dan Ow.ly.

Akhirnya, .io menjadi salah satu trik yang digunakan oleh sejumlah perusahaan global untuk memiliki nama merek yang mudah diingat tanpa harus berada di Kepulauan Chagos atau mengorbankan upaya SEO karena domain tidak sesuai dengan negara.

Contohnya adalah Marco Rubio yang berhasil menggunakan rub.io pada saat kampanye presiden AS. Bricklink, sebuah platform penjualan dan pembelian kepingan LEGO, menggunakan stud.io untuk mengarahkan pengunjung ke halaman perangkat lunak studionya.

Ada juga penutur bahasa Italia dan Esperanto yang menggunakan .io untuk membuat domain yang relevan secara geografis dan kata kunci.

Dalam bahasa Italia, ‘io’ berarti ‘saya’ dan dapat digunakan sebagai plesetan nama resmi daerah dan negara.

Contohnya, esperant.io mengarahkan pengunjung ke website Libera Folio, sebuah buletin online yang ditulis dalam bahasa Esperanto.

Hubungan .io dan Startup

Startup teknologi dan SaaS sering menggunakan nama domain .io karena keterkaitannya dengan terminologi input/output. Istilah ini dianggap cocok dengan audiens mereka dan komunitas startup.

Selain itu, domain .com mungkin tidak tersedia untuk domain second-level mereka, sehingga .io menjadi alternatif yang tepat.

Hubungan .io dan Perusahaan Teknologi

Perusahaan lain dalam dunia teknologi juga menggunakan domain .io terkait dengan topik input/output. Beberapa perusahaan ini termasuk organisasi open-source dan pelaku sektor layanan finansial seperti perusahaan mata uang kripto.

Selain itu, berbagai proyek video game juga menggunakan domain .io karena istilah ini sudah cukup dikenal dalam game berbasis browser dengan komponen multiplayer dan grafik minimalis.

Mengapa Kalian Harus Menggunakan Domain?

Tujuan memiliki domain adalah agar website atau aplikasi online dapat diakses dengan mudah oleh pengunjung, sehingga pemilik website harus menggunakan domain tersebut.

Saat ini, terdapat beberapa level domain yang umum dikenal, yaitu Top Level Domain atau TLD, Second Level Domain (SLD), dan Third Level Domain.

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (alamat IP) server komputer seperti web server atau email server di internet.

Pengguna internet dapat dengan mudah mengakses server dengan menggunakan domain, dan lebih mudah mengingat server mana yang pernah mereka kunjungi dibandingkan harus mengingat deretan nomor alamat IP.

Tanya Jawab (FAQ) Domain .io

Oke demikian pembasahan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Domain .io, sekarang saatnya pertanyaan yang sering di tanyakan konsumen mengenai domain .io dan jawaban seputar TLD .io :

Apa itu domain .io?

Pada awalnya, domain .io merupakan TLD negara (ccTLD) untuk wilayah British Indian Ocean Territory. Namun, saat ini ekstensi ini sangat populer di kalangan startup teknologi dan sudah termasuk TLD generik (gTLD), sama seperti .com.

Dalam industri teknologi, IO adalah istilah yang merujuk pada input/output. Oleh karena itu, TLD ini populer untuk website teknologi seperti Greenhouse.io, Opensea.io, dan Etherscan.io.

Apakah domain io bagus?

Benar. TLD ini banyak digunakan oleh startup teknologi dan SaaS (perangkat lunak) karena terkait dengan I/O (input/output).

Ekstensi .io juga bagus untuk website pribadi karena dalam bahasa Italia, “io” berarti “saya”. Jadi, jika Kalian sedang membangun personal branding atau menargetkan pengguna internet dari Italia, TLD ini akan membuat website Kalian lebih ramah SEO dan mudah diingat.

Kalian juga bebas berkreasi dengan domain ini. Misalnya, menggunakan kata yang sudah ada untuk menjadi nama domain seperti aud.io atau stud.io.

Apakah domain .io aman?

Benar. Domain ini dijamin aman meskipun belum sepopuler .com atau .org.

Pilih registrar domain terpercaya untuk memastikan proses pendaftaran domain io semakin aman.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan WiFi CBN : Pahami Sebelum Menggunakan

Siapa saja yang boleh mendaftarkan nama domain .io?

Meskipun awalnya hanya dikhususkan untuk wilayah British Indian Ocean Territory, domain io sekarang termasuk dalam kelompok TLD umum yang dapat didaftarkan oleh siapa saja dari semua negara.

Domain ini sangat cocok untuk perusahaan teknologi, terutama yang bergerak di bidang elektronik, perangkat lunak, bahkan game.

Selain itu, domain .io juga bisa digunakan untuk membangun personal branding di Italia karena kata io adalah bahasa Italia untuk ‘saya’.

Berapa harga domain io?

Harga domain .io di Hostinger adalah Rp586.900 per tahun pada tahun pertama. Saat diperpanjang, biayanya menjadi Rp715.900 per tahun.

Namun, perlu diketahui bahwa Kalian akan dikenakan biaya tambahan untuk mengaktifkan kembali domain yang sudah kedaluwarsa dan berada di masa tenggang (grace period).

Jika dibandingkan dengan .com dan .online, harga .io memang lebih mahal karena sudah banyak digunakan oleh startup teknologi.

Penutup

Sebagai penutup, domain .io telah menjadi pilihan populer di kalangan pengembang dan perusahaan teknologi.

Kelebihannya meliputi branding yang kuat, ketersediaan domain yang lebih baik, dan reputasi yang berkaitan dengan inovasi teknologi.

Namun, kekurangan seperti harga yang relatif lebih tinggi dan keterbatasan geografis mungkin perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan domain .io.

Dalam menimbang kelebihan dan kekurangan, sebaiknya perhatikan juga kebutuhan dan anggaran Kalian agar domain yang dipilih menjadi investasi yang tepat dan efektif dalam jangka panjang.

Demikian pembahasan yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Kelebihan dan Kekurangan Domain .io. Selamat memilih domain yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *