Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini Portable, Ketahui dengan Baik

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini Portable, Ketahui dengan Baik. Mesin jahit mini portable menjadi semakin populer di kalangan pecinta kerajinan tangan dan pembuat pakaian.

Dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan dibandingkan mesin jahit stKalianr, mesin jahit mini portable sangat praktis dan mudah dibawa ke mana saja.

Namun, seperti produk lainnya, mesin jahit mini portable memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Artikel ini akan membahas kelebihan dan kekurangan mesin jahit mini portable dan memberikan panduan tentang apa yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin jahit ini.

Mengenal Mesin Jahit Mini Portable

Seperti namanya, mesin jahit portable merupakan mesin jahit mini yang multifungsi dan berukuran sedang sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Berbeda dengan mesin jahit standar yang berbobot berat dan memerlukan meja khusus, mesin jahit mini portable dapat diletakkan di mana saja sesuai dengan keinginanmu.

Dengan mesin jahit mini ini, kamu dapat menjahit di rumah dengan lebih mudah dan fleksibel kapan saja yang kamu inginkan.

Tidak hanya memiliki desain yang modern dan menarik, mesin jahit portable juga lebih mudah digunakan karena dilengkapi dengan tombol multifungsi yang lengkap.

Selain itu, mesin jahit mini ini juga dilengkapi dengan sejumlah fungsi khusus seperti membuat jahitan zig-zag, membuat lubang kancing, menjahit semi obras, dan membuat bordir manual. Harga mesin jahit portable dibanderol mulai dari Rp 99 ribu saja.

Secara umum, hasil jahitan dari mesin jahit mini portable hampir sama dengan hasil jahitan dari mesin jahit standar karena jenis mesin jahit ini menggunakan 1 benang spool dan 1 benang sekoci.

Jenis mesin jahit portable ini memiliki harga yang bervariasi sesuai dengan mereknya.

Beberapa di antaranya menggunakan baterai dan tenaga listrik sehingga tidak perlu khawatir jika sedang mati listrik, mesin ini tetap dapat digunakan dengan menggunakan baterai.

Namun, penggunaannya hanya dalam waktu tertentu saja.

Kelebihan Mesin Jahit Mini Portable

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini, berikut Kelebihan Mesin Jahit Mini Portable yang perlu kalian ketahui sebelum memutuskan membelinya :

1. Mudah Dibawa ke Mana Saja

Mesin jahit mini portable dapat dengan mudah dibawa ke mana saja karena sifatnya yang portabel.

Berbeda dengan mesin jahit manual atau elektrik high speed yang berat dan sulit dipindahkan.

2. Tidak Perlu Pemasangan yang Rumit

Mesin jahit mini portable memiliki bobot yang ringan, yaitu sekitar 3-6 kg. Oleh karena itu, mesin ini bisa diletakkan di berbagai tempat, seperti di meja belajar, meja ruang tamu, atau bahkan di kursi kayu yang permukaannya rata.

Kalian tidak memerlukan meja khusus dan pemasangan yang rumit untuk dapat menggunakan mesin jahit tipe ini.

3. Harga Terjangkau

Mesin jahit mini portable memiliki harga yang terjangkau. Harga untuk mesin berbahan dasar plastik biasanya berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp400 ribu, sedangkan mesin berbahan dasar logam bisa mencapai dua hingga tiga kali lipatnya.

Harga ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mesin jahit stKalianr yang harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

4. Pengoperasian Mudah

Mesin jahit portable sangat mudah untuk dioperasikan. Cukup dengan menghidupkan mesin dan mengatur setelannya, Kalian bisa membuat pola jahitan sesuai dengan keinginan.
Beberapa mesin mini bahkan tidak dilengkapi dengan pedal sehingga lebih praktis dan mudah digunakan.

Baca Juga :  Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung yang Mudah Dipahami

5. Dilengkapi dengan Baterai atau Dinamo

Banyak mesin jahit mini portable yang dilengkapi dengan baterai atau dinamo sebagai sumber listriknya.

Hal ini membuat pengguna tidak perlu repot mencari stopkontak dan menggulung kabel. Bahkan saat listrik padam, mesin jahit ini tetap bisa digunakan selama berjam-jam tanpa batasan.

Kekurangan Mesin Jahit Mini Portable

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini, selain kelebihan kalian juga harus mengetahui Kekurangan Mesin Jahit Mini Portable, simak di bawah ini :

1. Hanya Memiliki Fitur Dasar

Mesin jahit mini portable hanya memiliki satu sekoci dan satu benang spool. Oleh karena itu, Kalian tidak dapat menggunakan mesin ini untuk membuat berbagai variasi jahitan.

2. Fungsi Terbatas

Mesin jahit mini portable hanya dapat digunakan untuk menjahit kain tipis seperti kemeja, kaos, celana dalam, sarung, mukena, atau untuk membuat setelan pakaian skala ringan.
Mesin ini tidak dapat digunakan untuk menjahit kain tebal seperti tas, jeans, atau kain stretch.

3. Body Mesin Mudah Rusak

Kebanyakan mesin jahit mini memiliki body berbahan dasar plastik yang kurang kokoh.
Berbeda dengan mesin elektrik yang digunakan di industri konvensional yang terbuat dari bahan logam yang kokoh. Karena body mesin yang ringkih, mesin ini mudah pecah dan rusak jika terjatuh.

4. Daya Pakai Pendek

Beberapa merek mesin jahit mini portable yang bagus umumnya memberikan garansi minimal satu tahun penuh.

Jika terjadi kerusakan yang bukan disebabkan oleh kesalahan pengguna, maka bisa dilakukan klaim garansi.

Apakah mesin jahit portable cepat rusak? Jawabannya tergantung pada kualitas merek dan penggunaannya.

Berdasarkan review dari para pengguna, umumnya mesin jahit mini portable dapat bertahan antara 1 hingga 2 tahun untuk penggunaan normal.

Jenis-Jenis Mesin Jahit Mini Portable

Setelah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Mini, selanjutnya kalian akan mengetahui jenis mesin jahit mini. Mesin jahit mini portable memiliki sistem pengoperasian yang mirip dengan mesin jahit elektrik lainnya.

Namun karena ukurannya yang kecil, fitur yang tersedia pun terbatas sehingga hanya bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga saja.

Berdasarkan jenisnya, mesin jahit mini dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu:

1. Mesin Jahit Mini (Stapler)

Mesin jahit mini ini berukuran sekecil genggaman tangan dan dapat bekerja secara otomatis maupun manual.

Bentuknya menyerupai staples sehingga disebut mesin jahit stapler. Mesin ini sangat mudah digunakan dan cocok bagi pemula yang belum memiliki pengetahuan dasar tentang menjahit.

2. Mesin Jahit Mini Portable

Mesin jahit mini portable memiliki ukuran yang lebih besar daripada mesin jahit mini (stapler), meskipun masih lebih kecil dari mesin jahit elektrik pada umumnya.

Mesin ini hanya memiliki satu spool dan satu sekoci saja dengan ukuran yang mini.

Daftar Harga Mesin Jahit Portable Terbaru

Untuk kalian yang ingin mengetahui Daftar Harga Mesin Jahit Portable Terbaru, simak di bawah ini :

Harga Mesin Jahit MINI Portable JYSM 202Rp95,000
Harga New Set!! Paket Hemat Mesin Jahit Mini Portable+Meja Jumbo +FREE LAMPURp117,500
Harga Mesin Jahit SINGER M1005 Portable Mini MultifungsiRp975,000
Harga Mesin jahit mini portable SM 505 (12 Pola Jahitan)Rp350,000
Harga Mesin Jahit Mini Portable SM-202 Sewing MachineRp85,000
Harga Springcome Mesin Jahit Portable Mini Mesin Jahit Tangan Spring Come AlRp10,000
Harga Mesin Jahit Karung NL NP-7A - NP7A Portable Bag CloserRp1,199,000
Harga Mesin Jahit Tangan Mini Portable Handy Stitch Alat Genggam SewingRp42,000
Harga READY STOK Mesin Jahit Tangan Portable Alat Jahit MiniRp105,000
Harga Mesin Jahit Portable YFSM 306 - Mini Sewing Machine YFSM 306Rp209,000

Penutup

Dalam memilih mesin jahit mini portable, perlu dipertimbangkan kebutuhan dan kegiatan menjahit yang akan dilakukan.

Apabila hanya digunakan untuk menjahit pada bahan tipis dan tidak terlalu sering, maka mesin jahit ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca Juga :  6 Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Horizontal: Tips dan Solusi

Namun, jika akan digunakan secara intensif dan untuk menjahit bahan yang tebal, sebaiknya memilih mesin jahit yang lebih besar dan memiliki daya jahit yang lebih tinggi.

Semoga informasi dari empatpilar.com mengenai kelebihan dan kekurangan mesin jahit mini portable dapat membantu dalam memilih mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *