Perbedaan WiFi dan Hotspot

Perbedaan WiFi dan Hotspot, Jangan Sampai Salah !!

Posted on

Empat Pilar – Perbedaan WiFi dan Hotspot, Jangan Sampai Salah !!. Koneksi internet yang baik sangatlah penting untuk kehidupan kita saat ini. Mulai dari pekerjaan, hiburan, hingga belajar, semuanya membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat.

Namun, terkadang kita masih bingung dengan perbedaan antara WiFi dan Hotspot. Kedua jenis koneksi ini seringkali digunakan secara bergantian, padahal sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya.

Di artikel ini, kami akan membahas secara rinci tentang Perbedaan WiFi dan Hotspot serta mana yang lebih baik untuk koneksi internetmu.

1. Pengertian WiFi

Sebelum kalian mengetahui Perbedaan WiFi dan Hotspot, ada baiknya mengenal Pengertian Wifi dahulu. Wifi adalah kependekan dari wireless fidelity yang berbasis pada keluarga protokol IEEE 802. Teknologi ini memberikan akses internet bagi klien di dalam Jaringan Area Lokal.

Hampir semua perangkat saat ini sudah dilengkapi dengan fitur wifi, sehingga kita dapat mengakses wifi pada smartphone, laptop, tablet, dan komputer kita.

Teknologi wifi menggunakan pita radio Ultra-High Frequency 2,4 GHz. Jarak jangkauan wifi terpengaruh oleh penghalang seperti dinding dan pintu.

Kita dapat membuat hotspot wifi dengan mengizinkan smartphone kita untuk berbagi internet. Pada skala kecil, ini termasuk menghubungkan satu atau dua perangkat ke telepon kami dengan perlindungan kata sandi.

Saat ini, wifi mampu memberikan kecepatan transfer data hingga 1 Gbit/s. Agar terhindar dari risiko diretas, wifi dilindungi dengan menggunakan Wi-Fi Protected Access.

Selain itu, keuntungan dari wifi dibandingkan dengan Ethernet kabel adalah dapat digunakan di tempat-tempat di mana kabel tidak dapat diletakkan.

Pada awalnya, jaringan wifi dilindungi dengan Wired Equivalent Privacy (WEP). Namun, karena kelemahan keamanannya, kemudian digunakan desain baru yaitu Wi-Fi Protected Access (WPA).

Selain itu, Virtual Private Networks (VPN) juga dapat digunakan sebagai cara yang efektif untuk menjaga keamanan data pada jaringan wifi publik.

Fungsi WiFi

Dari pengertian WiFi di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa fungsinya:

1. Untuk Koneksi Ke jaringan Internet

Fungsi utama dari WiFi adalah untuk menghubungkan perangkat seperti PC, laptop, dan smartphone yang mendukung WiFi ke jaringan internet tanpa perlu menggunakan kabel.
Dengan demikian, penggunaannya lebih praktis dan cepat. Selain itu, WiFi juga dapat digunakan untuk membentuk jaringan komputer LAN.

2. Sharing File

Perangkat yang mendukung WiFi memungkinkan dapat saling berbagi File tanpa menggunakan kabel, sehingga lebih praktis dan lebih cepat.

3. Menghubungkan Handphone ke PC

Saat ini, smartphone semakin canggih dan telah dilengkapi dengan fitur WiFi. Dengan aplikasi tambahan tertentu, kita dapat menghubungkan smartphone ke PC atau laptop tanpa menggunakan kabel USB, hanya dengan memanfaatkan koneksi WiFi.

Namun, tentunya perangkat PC atau laptop kita juga harus mendukung perangkat nirkabel (Wireless).

4. Menjadikan Handphone Sebagai Modem

Smartphone tidak hanya berfungsi sebagai penerima sinyal WiFi, tetapi juga bisa menjadi modem portabel atau pemancar sinyal hotspot.

Dengan begitu, jika kita menghubungkan smartphone ke perangkat laptop, PC, atau gadget lainnya, perangkat tersebut dapat mengakses internet. Hal ini sering disebut dengan istilah “Tethering”.

5. Kecepatan yang Stabil

Bagi pengguna smartphone, penggunaan WiFi terasa lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan jaringan seluler biasa saat mengakses internet.

Banyak pengguna smartphone yang memilih menggunakan WiFi untuk streaming video dan mendownload file karena aksesnya mudah dan kecepatannya stabil.

Terlebih lagi, saat ini banyak provider internet yang menyediakan layanan internet menggunakan teknologi nirkabel (wireless).

2. Pengertian Hotspot

Begitu juga sebelum Perbedaan WiFi dan Hotspot, kalian harus kenali dulu apa itu Hotspot. Hotspot adalah lokasi fisik yang ditandai oleh perangkat jaringan yang memberikan akses internet kepada klien. Sebuah hotspot bisa menggunakan nirkabel atau kabel.

Baca Juga :  Pengertian Konektor (Connector) : Jenis dan Fungsinya Secara Lengkap

Hotspot menggunakan wifi sebagai protokol, dan router sebagai perangkat jaringan untuk memberikan akses internet ke perangkat di Jaringan Area Lokal Nirkabel (WLAN).

Namun, wifi bukan satu-satunya pilihan. Bluetooth dan kabel USB juga dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet. Dalam hal ini, perangkat disebut sebagai tether.

Ada dua jenis hotspot berdasarkan lalu lintas klien. Yang pertama adalah hotspot publik, yang dibuat menggunakan titik akses nirkabel (WAP) dan router.

Mereka didirikan oleh hotel, perpustakaan, dan organisasi lain untuk memberikan layanan kepada para pengunjung.

Yang kedua adalah hotspot pribadi, juga dikenal sebagai tethering. Ini digunakan untuk berbagi langganan internet smartphone dengan perangkat terdekat lainnya. Tethering dapat dilakukan dengan menggunakan bluetooth sharing atau koneksi USB.

Terdapat beberapa masalah keamanan yang terkait dengan hotspot. Koneksi wifi perlu dienkripsi agar peretas tidak dapat mencuri data berharga.

Selain itu, penyedia hotspot memiliki akses penuh ke konten yang dicari oleh klien.

Meskipun demikian, akses hotspot semakin populer di kalangan orang-orang. Dari tahun 2012 hingga 2018, jumlah hotspot di seluruh dunia telah meningkat dari 5,2 juta menjadi 10,5 juta.

Fungsi Dari Hotspot

Terdapat beberapa fungsi dari perangkat hotspot yang mungkin belum banyak diketahui. Salah satu fungsi umumnya adalah menjalankan jaringan internet pada perangkat lainnya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi lainnya:

  1. Dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas internet seperti browsing, mengirim email, chatting, mendownload film, dan sebagainya.
  2. Tidak memerlukan kabel yang membuat penggunaan menjadi lebih mudah.
  3. Jangkauannya bisa mencapai paling kurang seratus meter.
  4. Sangat fleksibel dalam penggunaannya.
  5. Dapat digunakan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keamanan hotspot Kalian:

  • Jangan mengaktifkan fitur file sharing atau folder sharing pada PC atau laptop Kalian. Jika Kalian terhubung dengan jaringan publik lainnya, hal ini akan memungkinkan orang lain untuk mengakses folder yang Kalian sharing tersebut.
  • Matikan fitur sharing printer pada PC atau laptop Kalian.
  • Pastikan anti virus Kalian selalu terupdate ke versi terbaru.
  • Jangan pernah memberikan username dan password hotspot Kalian kepada orang lain.

Hotspot Tidak Sama dengan Wifi

Perbedaan WiFi dan Hotspot adalah bahwa hotspot adalah sebuah lokasi fisik yang menyediakan akses internet melalui jaringan WiFi.

Koneksi WiFi pada hotspot dapat dilakukan melalui kabel LAN, di mana titik akses jaringan tersebut terhubung ke perangkat router.

Hotspot dapat diakses secara pribadi dengan cara menyambungkan kabel USB, misalnya dari perangkat ponsel ke perangkat komputer.

Selain itu, hotspot juga dapat ditemukan di layanan publik seperti instansi pemerintah, sekolah, restoran, kafe, dan area lainnya.

Dibandingkan dengan WiFi, kelemahan dari hotspot terletak pada segi keamanannya. Peretas lebih mudah mengambil alih kendali dari pengguna aslinya karena enkripsi data yang digunakan sangat bervariasi dan cenderung longgar.

Perbedaan WiFi dan Hotspot

WiFi dan hotspot memiliki perbedaan. WiFi adalah metode koneksi nirkabel ke penyedia layanan internet, sedangkan hotspot adalah konfigurasi yang menyediakan akses internet.

WiFi digunakan terutama untuk mengatur hotspot, meskipun ada juga teknologi lain yang digunakan.

Berikut adalah Perbedaan WiFi dan Hotspot utama :

  1. WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity dan merupakan metode koneksi untuk Jaringan Area Lokal. Di sisi lain, hotspot adalah perangkat atau lokasi yang menyediakan akses internet ke satu atau beberapa klien di Jaringan Area Lokal.
  2. WiFi adalah seperangkat protokol, sedangkan hotspot adalah lokasi fisik.
  3. WiFi disediakan oleh Penyedia Layanan Internet, sedangkan hotspot diatur oleh perusahaan yang berbeda.
  4. WiFi lebih aman karena penolakan akses ke klien yang mencurigakan itu mudah. Di sisi lain, hotspot kurang aman karena siapa pun dalam jangkauan dapat mengaksesnya.
  5. Biaya yang lebih tinggi dikaitkan dengan mengakses WiFi dari penyedia layanan internet, sedangkan hotspot umumnya gratis untuk digunakan.

Penutup

Kesimpulannya, WiFi dan hotspot keduanya adalah teknologi yang berguna untuk mengakses internet nirkabel. Pilihannya tergantung pada kebutuhan dan preferensi pengguna.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Domain .io : Pengertian & Harganya

Jika Kalian membutuhkan akses internet di rumah atau di kantor, WiFi adalah pilihan yang lebih baik. Namun, jika Kalian membutuhkan akses internet di mana saja, hotspot mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat.

Itulah ulasan yang bisa empatpilar.com berikan kepada kalian mengenai Perbedaan WiFi dan Hotspot. Terima kasih Kata Pencarian Terpopulerapakah di blaberry pasport ada hot spot,https://www empatpilar com/perbedaan-wifi-dan-hotspot/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *