Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus

Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus, Wajib Dipahami Sebelum Membeli

Posted on

Empat Pilar – Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus, Wajib Dipahami Sebelum Membeli. Artikel ini menjelaskan secara mendalam tentang kelebihan dan kekurangan printer infus, teknologi cetak yang semakin populer, serta menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

Printer infus, atau dikenal juga sebagai printer dengan sistem tangki tinta, telah mengubah cara kita mencetak dokumen dan gambar.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan printer infus yang perlu Kalian ketahui sebelum memutuskan untuk memiliki satu. Jadi, mari kita mulai!

Mengenal Printer Infuse

Printer infus adalah jenis printer yang menggunakan tinta dalam wadah yang menyerupai infus sehingga pengguna tidak perlu repot menyuntikkan tinta setiap kali tinta yang digunakan habis.

Tinta dalam wadah infus dapat diganti secara otomatis dan mudah. Berbeda dengan printer suntik, di mana tinta harus disuntikkan terlebih dahulu ke dalam cartridge printer.

Cartridge biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu untuk tinta berwarna dan hitam putih.

Cartridge warna memiliki tiga warna dasar, yaitu biru, merah, dan kuning, yang masing-masing memiliki lubang penyuntikan yang berbeda.

Meskipun harga printer infus lebih mahal dibandingkan dengan jenis suntik, printer ini tidak memerlukan pengisian tinta yang repot seperti pada printer suntik.

Jika tinta dalam infus sudah habis, pengguna dapat langsung membeli dan memasangnya. Sangat mudah dan cocok untuk mereka yang tidak ingin bereksperimen belajar mengisi tinta.

Printer infus juga cocok digunakan untuk bisnis percetakan karena dapat mengurangi kesalahan.

Kelebihan Printer Infus

Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus, terdapat beberapa kelebihan yang perlu diketahui dari printer infus. Salah satu kelebihannya yang telah disebutkan sebelumnya adalah kemudahan dalam penggantian tinta printer.

Namun, masih terdapat beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh printer infus yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah penjelasan detail mengenai kelebihan printer infus.

1. Mudah Dalam Pengisian Tinta

Salah satu kelebihan printer infus adalah sistem pengisian tinta yang dimilikinya. Dibandingkan dengan pengisian tinta melalui suntikan, sistem tinta infus lebih mudah dilakukan karena wadah atau tabung tinta berada di luar printer.

Bahkan, penampung tinta infus lebih besar hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan yang digunakan pada printer dengan sistem suntikan.

2. Mudah Mengetahui Kondisi Tinta

Kelebihan menggunakan printer infus adalah kemudahan dalam memantau kondisi tinta pada printer Anda.

Hal ini berbeda jika Anda masih menggunakan cara manual atau tinta suntik. Anda tidak akan tahu apakah tinta pada cartridge sudah habis atau belum, terutama jika cartridge sudah direset sebelumnya.

Cartridge yang sudah direset biasanya tidak dapat menampilkan indikator pada monitor komputer atau laptop Anda.

Dalam kondisi seperti ini, Anda akan kesulitan untuk melihat tingkat tinta pada cartridge.

3. Harga Tinta Infus Lebih Murah

Kelebihan printer infus terletak pada harganya yang lebih terjangkau dibandingkan printer inkjet, terutama dalam hal biaya tinta.

Selain itu, sudah dijelaskan sebelumnya bahwa printer infus lebih mudah diisi ulang tinta.

Meskipun harganya lebih murah daripada printer inkjet, tetap perlu memperhatikan kualitas tinta yang digunakan agar hasil cetakan maksimal.

4. Cartridge Lebih Awet

Kelebihan lain dari printer infus adalah komponen cartridge-nya cenderung lebih tahan lama dibandingkan printer inkjet.

Hal ini disebabkan karena pada saat pengisian tinta, kita tidak akan menyentuh bagian cartridge tersebut.

Kerusakan pada cartridge biasanya terjadi akibat kesalahan pada saat pengisian tinta atau tinta yang mengenai chip pada cartridge.

Baca Juga :  Cara Mengatur Suhu Kulkas Samsung 2 Pintu Side by Side

5. Volume Tabung Printer Infus Lebih Besar

Volume tabung printer infus lebih besar dibandingkan dengan printer ink jet.

Ukuran volume tabung printer infus sendiri mencapai 100ml dan bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Kekurangan Printer Infus

Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus, setelah mengetahui beberapa kelebihan dari printer infus, tentu beberapa kekurangan yang dimiliki printer infus sendiri.

Berikut adalah pembahasan mengenai kekurangan printer infus yang perlu diketahui:

1. Kehilangan Garansi

Perlu diperhatikan bahwa jika printer inkjet dimodifikasi menjadi printer infus, maka printer akan kehilangan garansi secara total.

Oleh karena itu, sebaiknya dipertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk mengubah printer inkjet menjadi printer infus.

Berbeda dengan printer infus yang didesain langsung oleh pabrik, printer tersebut tidak akan kehilangan garansi karena sudah didesain secara khusus.

2. Frekuensi Kendala Lebih Tinggi

Ketika memasang printer infus, seringkali muncul kendala seperti tinta putus-putus, rongga udara di selang, tinta membeku, dan masalah lainnya.

Pastikan untuk selalu mengembalikan tabung setelah melakukan pencetakan, karena jika tidak, udara bisa masuk ke dalam selang cartridge dan menyebabkan masalah.

3. Harus Digunakan Setiap Saat

Jika ingin menggunakan printer infus, pastikan untuk menggunakannya secara teratur. Jika jarang digunakan, beberapa masalah bisa muncul, seperti udara yang masuk ke dalam tabung tinta dan merusak bagian cartridge.

Oleh karena itu, sebaiknya digunakan secara rutin agar printer infus tetap berfungsi dengan baik.

Fungsi Printer Infus/InkJet

Nah sudah mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus kan ? selanjuntya, printer infus/ InkJet ini memiliki kegunaan untuk mencetak dokumen dengan tinta 4 warna yakni Cyan, Magenta, Yellow dan Black (CMYK).

Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa kegunaan printer infus:

1. Mencetak Dokumen

Pencetakan dokumen merupakan fungsi utama dari printer. Dengan bantuan printer infus, dokumen yang dibuat dari aplikasi seperti Microsoft Word, QuarkExpress, Microsoft Excel, Illustrator, Coreldraw, Indesign, dan aplikasi lainnya dapat dicetak dengan menggunakan tinta CMYK atau tinta hitam (K) saja.

2. Mencetak Foto

Selain dokumen, printer infus juga dapat digunakan untuk mencetak foto. Untuk mencetak foto, pengguna perlu menggunakan kertas yang tepat seperti art carton atau art paper.

Selain itu, pengguna perlu mengatur konfigurasi print agar mendapatkan hasil cetakan yang baik, terutama pada mode High Resolution.

3. Mencetak Cover Buku

Jenis kertas yang digunakan untuk mencetak dokumen tergantung pada jenis dokumen tersebut.

Untuk mencetak sampul buku, umumnya digunakan jenis kertas art paper. Pengguna dapat menggunakan konfigurasi kualitas cetak Standard untuk hasil yang cukup bagus.

Namun, jika menginginkan hasil cetak yang lebih baik, pengguna dapat mengatur konfigurasi menjadi High Resolution.

4. Mencetak Stiker

Printer infus dapat digunakan untuk mencetak stiker dengan menggunakan kertas stiker vinyl.

Tinta printer infus dapat menempel pada permukaan plastik, sehingga hasil cetakan stiker bisa dihasilkan dengan kualitas yang tajam dan detail.

Untuk hasil yang lebih bagus, pengguna dapat menggunakan mode High Resolution, sedangkan untuk hasil yang cukup, mode Standard sudah cukup.

5. Melakukan Scan dan Fotokopi

Beberapa model printer infus dilengkapi dengan perangkat scanner, sehingga pengguna bisa memindai dokumen untuk diolah kembali menggunakan software pengolah gambar atau untuk melakukan fungsi fotokopi.

Printer yang dilengkapi dengan mesin fotokopi dan scanner sering digunakan di kantor atau tempat rental komputer yang membutuhkan pemindaian dokumen.

6. Membantu Menganalisis Dokumen

Pencetakan dokumen dengan printer infus juga membantu pengguna untuk menganalisis dokumen tanpa perlu menatap layar komputer terlalu lama.

Hal ini sangat membantu untuk mengurangi kelelahan mata akibat terlalu lama terpapar cahaya monitor yang tajam dan terang.

Penutup

Dalam kesimpulan, penting bagi kita untuk memahami kelebihan dan kekurangan printer infus sebelum memutuskan untuk membeli.

Kelebihan seperti biaya cetak yang lebih rendah, kemudahan pengisian ulang tinta, dan kapasitas tinta yang lebih besar menjadikan printer infus pilihan yang menarik.

Baca Juga :  Kelebihan dan Kekurangan Laundry Pods Secara Lengkap

Namun, ada pula kekurangan seperti investasi awal yang lebih tinggi, perawatan yang lebih rumit, dan kemungkinan bocor jika tidak dijaga dengan baik.

Membeli printer infus memang merupakan investasi yang menjanjikan, terutama bagi mereka yang membutuhkan volume cetak tinggi.

Akan tetapi, sebaiknya pertimbangkan pula kebutuhan dan kemampuan dalam merawat perangkat tersebut agar investasi Kalian tidak sia-sia.

Semoga informasi dari empatpilar.com tentang kelebihan dan kekurangan printer infus ini dapat membantu Kalian dalam mengambil keputusan yang tepat. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *