Layar Hp Bergaris dan Goyang

Layar Hp Bergaris dan Goyang Penyebab Serta Solusinya

Empatpilar.com – Layar Hp Bergaris dan Goyang Penyebab Serta Solusinya. Seiring berjalannya waktu, pengguna ponsel atau handphone semakin banyak. Tidak dapat kamu pungkiri bahwasanya peran handphone menjadi lebih penting. Salah satu komponen penting dari hp adalah layar atau screen.

Layar atau screen merupakan bagian yang menampilkan sistem kerja ponsel sehingga kita bisa menikmati performa handphone sesuai kebutuhan. Berbagai merek perusahaan kini memodifikasi dan memberi inovasi lebih pada layar smartphone agar memberikan pengalaman terbaik untuk para penggunanya. Layar handphone yang luas dalam genggaman akan membuat kita lebih leluasa, contohnya adalah kehadiran layar 90 ghz.

Namun, siapa sangka layar smartphone yang mulus bisa menjadi tidak nyaman untuk kamu lihat karena tampilannya yang bergaris ataupun bergoyang. Kebayang dong bagaimana rasanya menikmati layar handphone seperti itu. Pasti sangat mengganggu. Nah, apa saja penyebab layar hp bergaris dan goyang? Penyebabnya adalah sebagai berikut:

LayarHp Sering Jatuh

Ponsel terjatuh adalah suatu kondisi yang kadang kala sulit kita hindari. Pada saat kita sibuk, kadang kala setelah mengangkat telepon atau mengirim pesan kita memasukan handphone dengan cepat. Tanpa kita sadari justru hp kita tidak masuk kedalam tas dan malah terjatuh. Hp yang terjatuh dari tempat yang tinggi akan berakibat pada kerusakan LCD atau layarnya. Alhasil layar hp mu bisa saja bergaris atau goyang. Bahkan pada kondisi yang parah, bisa jadi layar hp retak.

Sering menekan layar Hp

Pada saat kita jengkel karena sesuatu, terkadang menekan layar handphone dengan keras menjadi jalan keluar. Tapi, sebenarnya itu adalah cara yang tidak saya rekomendasikan karena bisa memperparah masalah pada layar ponsel. Menekan layar dengan keras akan membuat komponen pada layar terganggu kinerjanya bahkan rusak.

Kerusakan Layar dari Komponen Smartphone

Penyebab yang bisa membuat tampilan layar terganggu jika Grapic Processing Unit pengatur layar rusak. Graphic Processing Unit (GPU) membantu CPU dalam urusan tampilan layar. Jika chip ini mengalami kerusakan maka bisa menimbulkan garis, layar berkedip, atau gangguan lainnya yang menyebabkan tampilan layar tidak bekerja sempurna.

Itulah penyebab layar hp bisa bergaris. Jangan khawatir, ada cara yang bisa kamu tempuh untuk mengatasinya yaitu:

Menggunakan Aplikasi Dead Pixel Detect

Solusi yang bisa kamu coba dengan menginstall aplikasi Dead Pixel detect. Aplikasi ini dapat mendeteksi pixel yang mati (dead) dan bagian yang terbakar pada layar handphone. Sehingga kamu akan tahu apa yang menyebabkan layar hp bergaris dan goyang.

Mengganti LCD

Kerusakan layar seperti layar bergaris, bergoyang, dan berkedip selalu berhubungan dengan LCD. Iya, itu memang sudah menjadi hal yang mutlak. Penyebabnya karena LCD (Liquid Crystal Display) berfungsi menampilkan gambar pada layar. Solusi terakhir apabila sudah pasti LCD pada hp kamu rusak adalah menggantinya dengan yang baru. LCD bukan hal yang sulit untuk diganti namun masalahnya biaya yang kamu keluarkan akan relatif mahal. Apalagi untuk jenis smartphone masa kini tentunya kamu harus siap-siap dengan hal itu ya.

Itulah penyebab dan solusi yang bisa kamu tempuh saat mengalami layar hp bergaris dan goyang. Oleh karena itu, tahap antisipasi untuk menjaga layar tetap aman dan nyaman untuk kamu gunakan lebih penting guys. Kurangi menyimpan ponsel di saku celana karena dapat menyebabkan tekanan pada layar handphone, sehingga layar hp berpotensi terganggu.