Mengenal Nat Keramik

Mengenal Nat Keramik : Fungsi dan Jenisnya Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Mengenal Nat Keramik : Fungsi dan Jenisnya Lengkap. Nat Keramik, sebuah nama yang mungkin belum begitu akrab di telinga banyak orang, namun menyimpan keindahan dan inovasi di setiap lembarannya. Dalam dunia desain interior dan arsitektur, Nat Keramik menjadi sorotan sebagai produsen keramik yang menghadirkan keunggulan artistik dan kualitas yang tak tertandingi.

Artikel ini akan membawa kalian Mengenal Nat Keramik, menggali sejarah perusahaan, filosofi desain, dan mengapa produk-produk mereka menjadi pilihan utama bagi para penggiat seni dan desain ruang. Mari kita berkelana melalui keindahan yang tersimpan di balik setiap nat keramik, membuka pintu wawasan tentang bagaimana sentuhan keramik ini dapat mengubah atmosfer dalam ruangan menjadi lebih elegan dan memukau.

Mengenal Nat Keramik

Nat atau grout merupakan campuran yang digunakan untuk mengisi celah atau sambungan di antara ubin keramik yang telah dipasang. Proses pengisian nat umumnya dilakukan setelah seluruh keramik terpasang, menjadikannya langkah terakhir dalam pemasangan keramik di dinding atau lantai.

Bahan nat biasanya terdiri dari semen, batu kapur, pigmen warna, dan pasir yang dicampur dengan air. Kandungan pigmen warna memungkinkan nat keramik dapat disesuaikan dengan warna keramik yang telah dipasang. Sebagai contoh, jika lantai berwarna putih, nat yang digunakan bisa berwarna terang, demikian juga sebaliknya.

Tidak hanya itu, beberapa jenis nat juga memiliki sifat tahan air atau tahan air, sehingga tidak mudah ditembus oleh air.

Fungsi Nat Pada Keramik

Setelah Mengenal Nat Keramik, nah selanjutnya Salah satu fungsi nat pada keramik yaitu sebagai sambungan yang digunakan untuk menutup celah antar keramik. Namun, sebenarnya fungsi nat keramik itu cukup banyak dan beragam. Berikut adalah beberapa fungsi nat keramik yang perlu kamu ketahui:

1. Menentukan Kekuatan Keramik Lantai

Nat keramik memiliki peran penting dalam menentukan kekuatan keramik lantaimu. Kekuatan keramik yang baik menunjukkan bahwa keramik tersebut tidak mudah retak atau mengembung akibat penguapan. Nat keramik sika dapat menjadi pilihan yang tepat karena mengandung bahan semen, pengisi celah, zat pewarna, dan perekat sintetis berkualitas tinggi. Fungsi nat keramik sika meliputi ketahanan terhadap jamur dan lumut, sehingga sangat cocok digunakan di area yang sering terkena air, seperti kamar mandi dan dapur.

Pastikan pula bahwa proporsi pengadukan sudah benar. Sebelum mengisi celah dengan nat keramik, penting untuk mencampurnya dengan air. Jika takaran air berlebihan, dapat menyebabkan keramik mudah retak akibat penguapan.

2. Mencegah Rembesan Air

Jika sering mengalami rembesan air dari dinding kamar mandi, hal tersebut mungkin disebabkan oleh pengelupasan nat keramik. Kesalahan dalam pemasangan nat pada awalnya kemungkinan besar menjadi penyebab masalah ini. Salah satu kesalahan yang umum terjadi adalah kurangnya kecocokan dalam pencampuran bahan semen konvensional.

Semen konvensional cenderung sulit tercampur dengan baik, meninggalkan butiran semen yang keras ketika diaduk dengan air. Campuran yang tidak merata dapat membuat nat sulit masuk dan melekat pada celah keramik, bahkan dapat menyebabkan keretakan.

Penting juga untuk membersihkan lantai dari debu dan kotoran sebelum memasukkan nat keramik, untuk mencegah agar partikel tersebut tidak ikut tercampur dengan nat dan merusak campuran.

3. Mencegah Invasi Serangga

Pemasangan keramik selalu melibatkan pemberian jarak antar satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan ukuran antar keramik dalam satu dus, berkisar 3-5mm yang tidak selalu presisi. Jarak ini diberikan dengan tujuan untuk mengendalikan modul keramik di lantai dan memberikan ruang saat terjadi pemuaian agar keramik tidak saling bertabrakan.

Celah yang muncul akibat pemberian jarak antar keramik kemudian ditutupi dengan nat keramik. Jika celah pada lantai tidak ditutupi, akan muncul banyak serangga seperti semut, kecoa, kaki seribu, dan kelabang.

Baca Juga :  Cara Hitung Biaya Pembuatan Railing Tangga Secara Lengkap

4. Menambah Estetika Keramik

Collor fill adalah mortar instan yang berisi nat keramik, mudah dibersihkan, dan memiliki beragam pilihan warna. Fungsi nat keramik collor fill adalah memberikan warna yang menarik dan menghindari kesan monoton, sehingga dapat meningkatkan nilai estetika keramikmu.

Tersedia banyak merek collor fill dengan pilihan warna yang beragam, mulai dari monokrom, hitam dan putih, hingga warna-warna pastel yang indah. Kamu juga dapat menyesuaikan warna nat keramik dengan corak keramik yang telah dipasang.

Jenis-Jenis Nat Keramik

Nat keramik memiliki beberapa jenis berdasarkan cara pemasangannya, dan umumnya dijumpai di rumah-rumah. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai tiga jenis nat keramik yang umum digunakan: open joint, closed joint, dan expansion.

1. Open Joint

Jenis nat ini dipasang dengan ukuran lebih dari 3 mm. Biasanya, open joint digunakan pada lantai dua suatu hunian dengan tujuan agar lantai tidak mudah mengalami pemuaian. Dengan memberikan celah yang lebih besar, open joint membantu mengatasi perubahan suhu dan kelembapan yang dapat memengaruhi keramik pada lantai.

2. Closed Joint

Sebaliknya, closed joint adalah jenis nat yang dipasang dengan ukuran tidak lebih dari 3 mm. Nat ini umumnya digunakan pada pemasangan keramik di dinding dan lantai. Dengan celah yang lebih sempit, closed joint memberikan tampilan yang lebih rapi dan halus, cocok untuk aplikasi di area yang membutuhkan penampilan yang presisi.

3. Expansion Joint

Expansion joint dipasang dengan tujuan untuk mengantisipasi pergeseran struktur bangunan. Nat ini sering digunakan untuk mencegah keretakan atau kerusakan pada lantai akibat perubahan struktural bangunan, seperti pergerakan fondasi. Pemasangan expansion joint membantu lantai agar tetap stabil, menghindari kejadian menggelembung, dan melindungi keramik dari kerusakan lebih lanjut.

Dengan memahami perbedaan fungsi dan pemasangan masing-masing jenis nat keramik, pemilik rumah dapat memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik ruangan yang akan dipasangi keramik.

Cara Memasang Nat Keramik

Sudah Mengenal Nat Keramik kan? nah karena perannya yang penting dan berdampak besar pada keramik, Anda membutuhkan langkah memasang nat yang benar. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk memasang nat agar hasilnya optimal:

1. Persiapkan Permukaan Lantai

Sebelum memulai proses pemasangan nat keramik, pastikan untuk membersihkan setiap celah antara keramik dengan teliti yang akan diisi dengan nat. Pastikan bahwa permukaan tersebut benar-benar kering. Langkah ini sangat penting agar nat yang diaplikasikan dapat merata dan mengering dengan sempurna. Dengan melakukan persiapan ini, hasil pemasangan nat akan dapat memberikan fungsi optimal sesuai dengan yang diharapkan.

2. Perhatikan Ketebalan Nat

Ketebalan nat dapat bervariasi tergantung pada jenis keramik yang digunakan dan lokasi pemasangannya. Untuk keramik lantai, umumnya diperlukan nat setebal sekitar 3mm, sementara untuk keramik dinding, ketebalan nat yang sesuai adalah sekitar 5mm. Penting untuk mengukur dan mengatur ketebalan nat dengan tepat. Tujuannya adalah agar proses pembersihan nat nantinya menjadi lebih mudah dan sesuai dengan kebutuhan pemasangan keramik yang bersangkutan.

3. Aplikasikan Nat dengan Tekanan dan Kesejajaran yang Tepat

Saat mengaplikasikan nat pada celah keramik, gunakan alat seperti potongan sandal jepit berbahan karet. Isilah celah dengan nat secukupnya dan pastikan untuk meratakan dengan tekanan yang memadai, sehingga nat benar-benar tersebar merata di seluruh permukaan. Penting untuk memastikan bahwa setiap celah terisi dengan baik, karena celah yang tidak terisi dapat membuat keramik menjadi lebih rentan terhadap keretakan.

4. Biarkan Nat Mengering dan Bersihkan Sisa-sisa

Setelah mengaplikasikan nat, biarkan nat mengering sesuai petunjuk produsen nat keramik yang digunakan. Pastikan untuk mengikuti waktu yang dianjurkan agar nat benar-benar kering dengan baik. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa nat yang mungkin menempel pada permukaan keramik. Penggunaan lap bersih atau sapu dapat membantu menghilangkan debu atau residu nat yang tersisa, meninggalkan hasil pemasangan yang bersih dan rapi.

Baca Juga :  Apa Itu Batako? : Pengertian, Jenis dan Keunggulannya

Penutup

Dengan Mengenal Nat Keramik, kita dapat memahami betapa pentingnya perusahaan ini dalam industri keramik. Keunggulan produk dan dedikasi Nat Keramik terhadap inovasi dan kualitas menciptakan fondasi yang kokoh dalam pasar. Melalui perjalanan ini, kita telah menyelami keberhasilan perusahaan yang tidak hanya menciptakan produk berkualitas tinggi, tetapi juga memberikan inspirasi bagi industri keramik secara keseluruhan.

Dengan semangat inovasi dan komitmen terhadap keunggulan, Nat Keramik tidak hanya menjadi pemain utama, tetapi juga pionir yang terus membentuk arah perkembangan industri ini. Sebagai penutup dari empatpilar.com, mari kita terus mengapresiasi dan mendukung kontribusi Nat Keramik yang telah dan akan terus memberikan warna baru bagi dunia keramik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *