Pengertian Antena Yagi

Pengertian Antena Yagi : Fungsi dan Cara Kerjanya Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar – Pengertian Antena Yagi : Fungsi dan Cara Kerjanya Secara Lengkap. Pelajari pengertian antena Yagi, fungsi, dan contohnya secara lengkap dalam panduan ini. Jelajahi dunia transmisi nirkabel dengan teknologi ini yang menakjubkan!

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana gelombang radio dapat ditransmisikan dengan begitu jelas di jarak yang sangat jauh? Inilah di mana Antena Yagi masuk. Artikel ini akan menjelaskan dengan lengkap Pengertian Antena Yagi : Fungsi dan Contohnya Secara Lengkap. Jadi, sambungkan sabuk pengaman Anda dan bersiaplah untuk perjalanan yang penuh informasi!

Antena Yagi, juga dikenal sebagai antena Yagi-Uda, adalah antena direktif yang sangat populer digunakan dalam berbagai aplikasi radio. Namun, apa sebenarnya pengertian Antena Yagi ini?

Antena Yagi adalah jenis antena yang dirancang untuk mengumpulkan dan memfokuskan sinyal dalam arah tertentu, sering digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Antena ini dijuluki berdasarkan dua ilmuwan Jepang yang mengembangkannya pada tahun 1926, Hidetsugu Yagi dan Shintaro Uda.

Pengertian Antena Yagi

Antena Yagi adalah tipe antena yang beroperasi sebagai antena tunggal yang terintegrasi dengan rangkaian dipol persegi panjang serta elemen pakan dan elemen parasit lainnya.

Dalam hal bentuk, antena Yagi sangat mirip dengan antena televisi yang memiliki struktur seperti tulang ikan. Namun, lebih akuratnya, antena Yagi adalah antena directional atau unidireksional yang terdiri dari tiga komponen utama, yaitu elemen penggerak, reflektor, dan direktor.

Keberadaan reflektor dalam antena ini berfungsi untuk mengarahkan radiasi gelombang ke satu arah tertentu. Hal ini mirip dengan antena parabolik, tetapi dengan penyebaran sinyal yang lebih terfokus, atau tidak meluas.

Antena ini umumnya dibuat untuk dua jenis frekuensi, yaitu 2,4 GHz dan 5,8 GHz. Sementara itu, jangkauan jarak antena ini termasuk dalam kategori jarak menengah hingga jauh, dengan penguatan sinyal mencapai 28 dBi.

Bagian-Bagian Antena Yagi

Contoh model antena Yagi. Tanda panah menunjukan direksional/arah yang diperkuat.

Antena Yagi terdiri dari lima komponen utama, yaitu:

  1. Driven
    Ini adalah titik di mana kabel antena dihubungkan. Biasanya, panjang fisik driven setara dengan setengah panjang gelombang (0,5 λ) dari frekuensi radio yang dipancarkan atau diterima.
  2. Reflektor
    Ini adalah bagian belakang antena yang berperan sebagai pemantul sinyal. Panjang fisiknya biasanya lebih panjang daripada driven, biasanya sekitar 0,55 λ (panjang gelombang).
  3. Direktor
    Ini adalah bagian pengarah antena, dan ukurannya biasanya sedikit lebih pendek daripada driven. Penambahan batang direktor dapat meningkatkan gain antena, namun juga akan membuat pola pengarahan antena menjadi lebih sempit. Semakin banyak direktor, semakin sempit arahnya.
  4. Boom
    Ini adalah bagian tempat diletakkannya driven, reflektor, dan direktor. Boom biasanya berbentuk batang panjang yang terbuat dari logam atau kayu.
  5. Gambut Brotherhood
    Ini adalah bagian yang berfungsi untuk menangkap gelombang sinyal dan memperkuat sinyal yang diterima.

Fungsi Antena Yagi

Setelah memahami Pengertian Antena Yagi, selanjutnya secara ringkas, fungsi antena Yagi telah kita ulas sebelumnya. Namun, ada beberapa peran utama dari antena Yagi yang perlu Kalian pahami.

Ada tiga peran utama dari antena Yagi, yaitu:

  • Sebagai konverter, yang berarti dapat merubah energi listrik menjadi gelombang elektromagnetik, dan sebaliknya, antena ini juga akan mengubah gelombang elektromagnetik menjadi energi listrik.
  • Sebagai radiator, yaitu untuk memancarkan gelombang elektromagnetik ke udara terbuka di sekitarnya. Sebaliknya juga, antena ini dapat menangkap pancaran radiasi gelombang elektromagnetik, atau disebut juga sebagai re-radiator.
  • Sebagai impedance matching, yang berarti antena akan selalu menyamakan saluran transmisi dan udara bebas. Misalnya, saat antena beroperasi, antena akan menyesuaikan impedansi saluran dengan impedansi udara.

Melihat dari peran utama antena Yagi tersebut, hampir sama dengan antena wifi lainnya. Namun, karakteristik bentuk antena Yagi memberikan peran yang lebih spesifik.

Jadi, apa peran spesifik dari antena Yagi tersebut?

Berikut ini adalah peran spesifik antena Yagi:

  1. Sebagai antena direksional, antena Yagi beroperasi secara direksional atau satu arah. Dimana bagian belakang reflektor memiliki gain yang sangat rendah, karena semua gain diarahkan ke bagian depan.
  2. Antena Yagi berperan dalam meningkatkan kekuatan sinyal wifi. Kekuatan sinyal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti bentuk dan ukuran reflektor, jumlah direktor, dan lainnya.
  3. Antena Yagi juga berperan dalam menangkap dan memancarkan sinyal pada frekuensi tertentu. Setiap frekuensi dari jenis antena ini ditentukan dari salah satu bagian utama antena, yaitu elemen penggerak. Seperti frekuensi antena untuk 2,4 GHz berbeda dengan antena berfrekuensi 5,8 GHz.
  4. Selain itu, peran antena Yagi juga dalam meningkatkan jarak jangkauan. Jenis antena Yagi digunakan untuk jangkauan jarak menengah hingga jauh. Jarak jangkauan tersebut bisa ditingkatkan dengan berbagai faktor yang telah disebutkan sebelumnya, seperti reflektor, direktor, dan juga kekuatan radio.
Baca Juga :  Keunggulan Mesin Pengering Laundry : Secara Lengkap

Cara Kerja Antena Yagi

Antena Yagi adalah salah satu tipe antena direksional, yang berarti antena ini menerima atau mengirim sinyal radio dalam satu arah tertentu. Mekanisme kerja antena Yagi ini serupa dengan antena direksional lainnya seperti antena parabola, antena grid, dan lain-lain.

Ambil contoh antena parabola untuk lebih mudah memahaminya. Antena ini memfokuskan sinyal yang berada di bagian depan lengkungan dengan intensitas sinyal yang tinggi, sedangkan di bagian belakang parabola intensitas sinyal sangat rendah.

Antena Yagi dikenal memiliki gain atau kekuatan sinyal yang sangat bagus. Jangkauan sinyalnya bahkan bisa mencapai antara 40 km hingga 60 km.

Kekuatan sinyal tersebut ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain:

1. Bentuk dan ukuran reflektor

Bentuk reflektor antena ini bervariasi, ada yang berbentuk bolic, corner, disc, dan lain-lain. Ukuran reflektor juga berperan penting, semakin besar ukuran reflektor, semakin jauh sebaran sinyal yang dapat dicapai.

2. Jumlah direktor

Direktor adalah komponen yang digunakan untuk mengarahkan antena. Jumlah batang direktor yang lebih banyak akan meningkatkan kekuatan sinyal.

Namun, sebanding dengan peningkatan tersebut, pola atau arah sinyal yang dipancarkan menjadi semakin terfokus atau sempit.

Jenis Antena Yagi

Antena Yagi memiliki berbagai variasi yang dapat dibedakan berdasarkan bentuk reflektor dan frekuensi yang digunakan.

Berdasarkan bentuk reflektornya, beberapa jenis antena Yagi meliputi:

  • Antena Yagi dengan reflektor grid
  • Antena Yagi dengan reflektor bolic
  • Antena Yagi dengan reflektor dish
  • Antena Yagi dengan reflektor corner

Sementara itu, berdasarkan frekuensi yang digunakan, jenis antena Yagi mencakup:

  1. Antena Yagi frekuensi 2,4 GHz
  2. Antena Yagi frekuensi 5,8 GHz
  3. Antena Yagi multiband, yang dapat digunakan untuk frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz.

Cara Memasang Antena Yagi

Masih dalam pembahasan Pengertian Antena Yagi, Nah tentu saja, berikut adalah panduan lebih lengkap tentang cara memasang Antena Yagi:

1. Pemilihan Antena

Pertama-tama, Kalian harus memilih antena yagi yang tepat sesuai dengan frekuensi radio yang akan Kalian gunakan. Jika Kalian menggunakannya untuk wifi, biasanya menggunakan frekuensi 2,4 GHz atau 5,8 GHz.

2. Posisi Pemasangan

Setelah mendapatkan antena yang tepat, tentukan tempat yang ideal untuk memasang antena. Sebaiknya di tempat yang cukup tinggi dan jauh dari hambatan fisik seperti gedung atau pohon.

3. Arahkan Antena

Antena Yagi adalah antena arah yang berarti harus diarahkan ke sumber sinyal yang akan ditangkap. Biasanya, Kalian harus mengarahkan bagian depan antena (ujung panjang antena atau bagian depan dari reflector) ke arah sumber sinyal. Untuk mendapatkan sinyal yang optimal, Kalian mungkin perlu melakukan beberapa penyesuaian posisi antena.

4. Menghubungkan Kabel

Hubungkan kabel dari alat transmitter (misalnya modem router Kalian) ke antena melalui elemen yang disebut ‘driven element’. Pastikan koneksi aman dan kokoh.

5. Pengujian Sinyal

Setelah semua terpasang dan dikonfigurasi, lakukan pengujian sinyal untuk memastikan bahwa antena berhasil menerima dan mengirim sinyal dengan baik. Kalian dapat menggunakan berbagai alat dan aplikasi untuk melakukan ini.

6. Penyesuaian Akhir

Jika diperlukan, lakukan penyesuaian akhir pada posisi antena untuk mendapatkan sinyal terbaik.

Ingatlah bahwa setiap instalasi dapat berbeda tergantung pada faktor-faktor spesifik seperti model antena, lingkungan, dan perangkat keras lain yang digunakan. Selalu baca dan ikuti petunjuk yang disertakan dengan antena Kalian.

A. Kelebihan Antena Yagi

  1. Antena Yagi memiliki gain yang cukup besar, mencapai 7dB, yang sesuai dengan kebutuhan aplikasinya.
  2. Antena Yagi merupakan jenis antena yang memiliki pola radiasi arah yang dapat diarahkan sesuai kebutuhan.
  3. Antena ini cocok digunakan dalam frekuensi tinggi hingga ultra-tinggi, menjadikannya fleksibel dalam berbagai aplikasi.
  4. Antena Yagi dapat disesuaikan dan diatur untuk mencapai rasio akurasi yang diinginkan.
Baca Juga :  Ketahui, Penyebab Freezer Beku Sebagian

B. Kekurangan Antena Yagi

  1. Meskipun Antena Yagi cocok untuk memperkuat sinyal, penguatannya tidak sebesar jenis antena lainnya.
  2. Perancangan Antena Yagi membutuhkan sejumlah besar elemen yang harus dipasang dengan hati-hati.
  3. Kerusakan pada salah satu elemen parasit dapat menyebabkan gangguan pada keseluruhan kinerja antena.
  4. Ukuran Antena Yagi yang relatif besar membuatnya kurang populer di kalangan pengguna saat ini.

Penutup

Dalam artikel ini, kita telah menjelajahi pengertian antena Yagi, fungsi utamanya, dan beberapa contoh penggunaannya.

Antena Yagi merupakan jenis antena unidireksional yang dirancang dengan menggunakan rangkaian elemen panjang dan pendek yang diposisikan secara teratur.

Dengan menggunakan desain yang efisien dan sederhana, antena Yagi telah terbukti menjadi pilihan yang populer dalam banyak situasi komunikasi.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pengertian dan fungsi antena Yagi, kita dapat memanfaatkannya secara optimal dalam berbagai aplikasi yang membutuhkan peningkatan sinyal.

Sekian artikel dari empatpilar.com ini tentang pengertian antena Yagi, fungsi dan contohnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca dalam memahami lebih lanjut tentang teknologi antena yang penting ini. Kata Pencarian Terpopulerhttps://www empatpilar com/pengertian-antena-yagi/,Fungsi driven antena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *