Pengertian Motor Grader

√ Pengertian Motor Grader : Fungsi dan Cara Kerja Secara Lengkap

Posted on

Empat Pilar –Pengertian Motor Grader : Fungsi dan Cara Kerja Secara Lengkap. Dalam industri konstruksi, penggunaan peralatan yang tepat dapat berdampak besar pada efisiensi dan produktivitas proyek.

Salah satu peralatan yang sering digunakan adalah motor grader. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian motor grader, manfaatnya, dan bagaimana penggunaannya dapat meningkatkan efisiensi dalam pekerjaan konstruksi.

Motor grader adalah sebuah mesin konstruksi berat yang digunakan untuk meratakan dan memadatkan permukaan tanah.

Mesin ini memiliki pisau yang dapat digerakkan secara vertikal dan horisontal untuk mengubah kemiringan dan profil tanah. Motor grader juga dilengkapi dengan ban yang bergerak sendiri dan kemudi belakang, memungkinkan pengendara untuk mengontrol pergerakan dan arah mesin dengan mudah.

Pengertian Motor Grader

Motor grader merupakan jenis mesin konstruksi berat yang dilengkapi dengan pisau panjang, dirancang khusus untuk meratakan permukaan di area konstruksi.

Biasanya, grader dilengkapi dengan tiga roda dan mesin serta kabin yang ditempatkan di bagian tengah dari roda belakang. Blade atau pisau panjang ini berada di belakang kendaraan ini.

Di beberapa negara, seperti Filipina, grader dirancang dengan blade yang terletak di depan roda depan. Ukuran blade ini bisa bervariasi, berkisar antara 2,5 hingga 7,3 meter.

Terdapat beberapa jenis grader yang dapat memanfaatkan berbagai peralatan tambahan, yang mempermudah dan mempersingkat pekerjaan penambangan dan tugas konstruksi lainnya.

Komponen yang Dipakai Pada Motor Grader

Setelah memahami Pengertian Motor Grader, nah selanjutnya ada beberapa perlengkapan kerja yang sering dipakai pada Motor Grader akan kami jelaskan di bawah ini:

1. Front Blade

Pemotong Depan merupakan salah satu peralatan kerja yang selalu diperlukan. Peralatan kerja ini sering digunakan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan penaburan atau penyebaran. Sesuai dengan namanya, pemotong depan adalah pisau yang ditempatkan di bagian depan.

2. Front Pull Hook

Peralatan kerja yang juga digunakan oleh Motor Grader adalah gancu tarik depan. Tidak jauh berbeda dengan pemotong depan, peralatan kerja ini juga dipasang di bagian depan. Lalu apa fungsi gancu tarik depan? Fungsinya adalah untuk menarik. Terdapat dua jenis gancu yang digunakan, yaitu penyangga berbentuk huruf U yang dilas pada poros depan dan penyangga berat depan dengan paku.

3. Push Plate

Peralatan kerja yang ketiga disebut pelat dorong. Peralatan ini digunakan untuk meruntuhkan atau mendorong pohon saat terjebak di lumpur. Pelat dorong juga digunakan sebagai pemberat atau penyeimbang. Dengan demikian, roda depan tidak akan terangkat saat Motor Grader digunakan dalam menjalankan tugasnya.

4. Scarifer

Penyisir adalah peralatan yang digunakan untuk menggali material. Material seperti lapisan es dan aspal yang tidak dapat digali hanya dengan menggunakan pisau. Penyisir dilengkapi dengan gigi, dan jumlah gigi tersebut akan disesuaikan dengan tingkat kekerasan material yang akan digali.

5. Extension Blade

Bagaimana dengan pisau perpanjangan? Ketika kamu menggunakan pisau perpanjangan, kamu dapat memperpanjang pisau baik di satu sisi maupun dua sisi. Hasilnya, pekerjaan yang dilakukan menggunakan pisau akan lebih efisien. Namun perlu diingat bahwa pisau perpanjangan hanya boleh digunakan untuk pekerjaan yang ringan saja.

6. Hydraulic Blade Tip Control

Perlengkapan kerja Motor Grader yang keenam disebut kendali ujung pisau hidrolik. Dengan menggunakan perlengkapan kerja ini, sudut potong pada pisau dapat diatur secara hidrolik. Cara pemotongannya akan diatur melalui kabin.

7. Rear Mounted Ripper

Perlengkapan Motor Grader yang digunakan untuk menggali batu disebut pemecah belakang terpasang. Bagian ini juga digunakan untuk menggali material yang keras yang tidak dapat dilakukan oleh penyisir. Jadi, baik penyisir maupun pemecah belakang terpasang akan saling berganti tugas sesuai dengan tingkat kekerasan material yang akan digali.

Fungsi Motor Grader

Motor Grader adalah perangkat berat yang dapat digunakan dalam berbagai pekerjaan konstruksi. Keunggulannya terletak pada gerakan fleksibel dari blade (pisau) dan roda ban. Motor Grader terdiri dari 6 roda ban karet dan memiliki blade yang lebar yang berfungsi utama untuk meratakan jalan.

Baca Juga :  Perbedaan Pompa Jet Pump dan Semi Jet Pump Secara Lengkap

Pada proyek infrastruktur jalan, Motor Grader memainkan peran penting dalam membentuk permukaan jalan dan bahu jalan seperti punggung kuda.

Tujuannya adalah membuat bagian tengah jalan 15 cm lebih tinggi dari bahu jalan, sehingga saluran drainase terbentuk di tepi jalan. Dengan cara ini, air hujan dapat mengalir ke tepi jalan dan tidak menyebabkan genangan di tengah jalan.

Selain digunakan untuk membentuk jalan, Motor Grader umumnya memiliki fungsi-fungsi berikut:

  • Meratakan dan membentuk permukaan tanah.
  • Membuat saluran air (parit) di pinggir jalan. Cara kerjanya adalah dengan memasang blade atau pisau pada sisi Motor Grader dan mengoperasikannya sejalan dengan jalan untuk membentuk saluran air atau parit.
  • Membuat kemiringan yang tepat pada tebing pinggir jalan atau sloping untuk meningkatkan keamanan pengguna jalan. Kemiringan yang dihasilkan oleh Motor Grader lebih presisi dibandingkan dengan penggunaan excavator, menghasilkan permukaan yang rapi dan halus sesuai dengan kemiringan yang diinginkan.
  • Finishing pada proyek pembuatan lapangan golf. Motor Grader memiliki peran penting dalam menciptakan kemiringan tanah yang panjang dan lebar dengan hasil yang rapi sesuai standar lapangan golf.
  • Meratakan tanah yang luas dengan gundukan tanah yang keras, seperti pada proyek pembuatan lapangan sepak bola, bandara, dan lainnya.
  • Menggemburkan tanah dengan komponen yang dimilikinya.

Dengan berbagai fungsi yang dimilikinya, Motor Grader merupakan perangkat yang sangat berguna dalam industri konstruksi untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang mencakup pembentukan permukaan jalan, pembuatan saluran air, pembuatan kemiringan tanah, dan lain-lain.

Cara Kerja Alat Berat Motor Grader

Motor Grader adalah salah satu jenis alat berat yang sering digunakan dalam proyek konstruksi, terutama untuk meratakan dan mengatur permukaan tanah atau material lainnya. Berikut adalah cara kerja dari alat berat Motor Grader:

  1. Pengoperasian:
    Motor Grader dioperasikan oleh seorang operator yang duduk di kabin. Operator ini mengontrol gerakan dan fungsi Motor Grader dengan menggunakan berbagai kontrol dan tuas yang ada di dalam kabin.
  2. Pemindahan Material:
    Motor Grader bergerak maju dan mundur berulang kali di atas area yang perlu diratakan. Ini dilakukan dengan mendorong material dari satu tempat ke tempat lain menggunakan pisau atau blade yang besar dan tajam yang terpasang di bagian bawah Grader. Pisau ini dapat diatur untuk mengontrol kedalaman dan sudut pemotongan.
  3. Penggunaan Pisau:
    Saat Motor Grader bergerak ke depan, pisau diturunkan untuk mendorong dan meratakan material. Ketika Grader bergerak mundur, pisau diangkat untuk menghindari pengumpulan material di belakang Grader. Proses ini diulangi berkali-kali hingga permukaan menjadi rata sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  4. Penyesuaian dan Pemeliharaan:
    Selain pengoperasian dasar, operator juga bertanggung jawab untuk penyesuaian dan pemeliharaan Motor Grader. Ini termasuk penyesuaian pisau berdasarkan kondisi kerja, perawatan rutin seperti pelumasan dan pembersihan, serta pemecahan masalah dan perbaikan jika ada masalah yang terjadi.

Selain itu, Motor Grader juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti GPS dan sistem kontrol otomatis yang membantu dalam mengoptimalkan operasional dan meningkatkan efisiensi kerja. Operator harus memahami cara kerja semua fitur ini untuk dapat mengoperasikan Motor Grader secara efektif dan efisien.

Kemampuan Motor Grader

Sudah memahami Pengertian Motor Grader kan? selanjutnya adalah Kemampuan Motor Grader, yang harus kalian ketahui :

1. Penggalian Saluran Drainase

Salah satu kemampuan utama motor grader adalah penggalian saluran drainase di sepanjang jalan. Ini sangat penting untuk mengelola aliran air dan mencegah kerusakan pada struktur jalan akibat penumpukan air. Alat ini bisa digunakan untuk membuat saluran drainase dalam berbagai bentuk, misalnya bentuk V atau bentuk lainnya.

2. Keberagaman Fungsi

Motor grader sangat fleksibel dan bisa beradaptasi dengan berbagai jenis pekerjaan dengan menambahkan peralatan khusus. Misalnya, dengan menambahkan blade pendek atau special short blade, motor grader bisa digunakan untuk menggali saluran dangkal berbentuk persegi empat dengan ukuran tertentu. Fungsionalitas tambahan ini membuat motor grader menjadi alat yang sangat berguna dalam berbagai proyek konstruksi.

3. Pekerjaan Perkerasan Jalan

Motor grader juga bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan perkerasan jalan. Dengan ini, grader dapat memperbaiki atau menambah jalan yang sudah ada, memastikan permukaan jalan rata dan halus untuk memudahkan penggunaan.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Cup Sealer : Panduan Mudah Pemula

4. Elevating Conveyor

Beberapa model motor grader dilengkapi dengan elevating conveyor. Fungsinya adalah untuk menampung material yang dilepaskan oleh blade, kemudian mengangkatnya dan membuangnya ke samping. Perlengkapan ini sangat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan kecepatan pekerjaan.

Dengan semua kemampuan tersebut, motor grader merupakan alat yang sangat penting dalam proyek konstruksi jalan. Kemampuannya untuk beradaptasi dengan berbagai tugas dan fungsi menjadikannya alat yang sangat berharga dalam industri ini.

Penutup

Kesimpulan dari empatpilar.com, Pengertian Motor Grader adalah alat berat yang sangat penting dalam berbagai proyek konstruksi dan perawatan jalan. Fungsi utama dari motor grader adalah meratakan dan memperhalus permukaan jalan, tetapi juga memiliki beragam fungsi lainnya.

Memahami pengertian dan fungsi dari motor grader sangat penting bagi setiap profesional di bidang konstruksi. Oleh karena itu, penggunaan yang tepat dan pemeliharaan yang baik akan memastikan efisiensi kerja dan memperpanjang umur operasional alat ini.

Dengan demikian, motor grader merupakan investasi yang berharga bagi sektor konstruksi dan infrastruktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *