Pengertian Panel Listrik

√ Pengertian Panel Listrik : Fungsi, Jenis dan Tujuannya

Posted on

Empat Pilar –Pengertian Panel Listrik : Fungsi, Jenis dan Tujuannya. Panel listrik, yang umumnya disebut sebagai “Panel Listrik” dalam bahasa Indonesia, adalah komponen dasar dari berbagai sistem listrik. Mereka memainkan peran penting dalam mengatur dan mendistribusikan daya listrik di rumah, industri, dan bangunan komersial.

Dalam panduan komprehensif ini, kita akan menjelajahi definisi, komponen, fungsi, dan manfaat dari panel listrik. Baik kalian calon insinyur listrik atau pemilik rumah yang ingin tahu lebih banyak, artikel ini bertujuan memberikan wawasan berharga tentang dunia panel listrik.

Pengertian Panel Listrik

Panel listrik merupakan suatu perangkat elektronik yang terbuat dari lembaran besi, yang berperan dalam menempatkan komponen-komponen listrik sebagai pendukung bagi beroperasinya mesin-mesin listrik sesuai dengan prinsip kerja masing-masing.

Biasanya, panel listrik memiliki bentuk yang menyerupai sebuah kubus dengan beragam pilihan ukuran. Panel listrik juga dilengkapi dengan sebuah kotak yang dapat dibuka dan ditutup seperti pintu.

Di dalam kotak panel listrik tersebut, terdapat sebuah papan yang terhubung dengan bagian belakang pintu kotak melalui baut. Papan ini dapat dilepas dan dipasang kembali sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu varian panel listrik yang umum digunakan adalah panel listrik 3 fase. Panel listrik 3 fase juga sering dikenal sebagai kontaktor magnetik, yang berfungsi untuk mengumpulkan daya medan magnet guna menghasilkan arus listrik.

Arus ini kemudian mengalir ke dalam kumparan dan menjadi sumber medan magnet tambahan untuk arus listrik. Panel listrik 3 fase juga berperan dalam menghubungkan atau memutuskan arus listrik dalam rangkaian elektronik.

Tentang harga panel listrik untuk rumah, informasi lebih lanjut dapat diperoleh dari penjualnya langsung. Hal ini disebabkan oleh variasi tempat pembelian yang dapat menyebabkan perbedaan harga untuk kotak panel listrik yang berbeda.

Komponen Panel Listrik

Komponen Panel Listrik

Agar memudahkan Anda mempelajari panel listrik, berikut adalah 16 komponen yang biasanya terdapat dalam panel listrik, diantaranya:

  1. Tiang relai, merupakan lembaran logam yang terbuat dari kuningan. Lembaran logam ini berfungsi sebagai terminal atau penghubung kabel, dan juga dapat berperan sebagai pemisah arus.
  2. Kontraktor magnetik, merupakan komponen yang dapat digunakan untuk membuka dan menghubungkan jalur arus listrik.
  3. Lampu pilot, adalah panel listrik yang berfungsi sebagai indikator aliran listrik yang mengalir pada suatu kabel.
  4. Pengaman sirkuit mini, adalah komponen yang digunakan untuk menghubungkan atau memutuskan arus listrik dalam satu fasa.
  5. Ampere meter, adalah panel listrik yang digunakan untuk mengukur besaran penggunaan arus listrik.
  6. Voltmeter, adalah panel listrik yang digunakan untuk mengukur tegangan dalam sirkuit listrik.
  7. Tombol pemilih voltmeter, adalah komponen yang berfungsi untuk memilih tegangan listrik pada kabel yang sedang digunakan.
  8. Tombol darurat, merupakan komponen yang digunakan dalam situasi darurat. Anda perlu menekannya jika terjadi masalah pada aliran listrik, sehingga aliran listrik dapat segera dimatikan.
  9. TOR atau Thermal Overload Relay, berfungsi untuk melindungi dari beban listrik yang berlebihan.
  10. PLC atau kontrol logika terprogram, digunakan untuk menggantikan rangkaian relai secara berurutan.
  11. Penghubung sirkuit udara, berfungsi sebagai penghubung aliran listrik secara manual maupun otomatis.
  12. Transformator arus, merupakan komponen untuk mengukur arus yang mengalir pada ampere meter.
  13. Kotak Panel Listrik, Panel listrik dibuat menggunakan kotak, yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu kotak listrik yang terbuat dari besi dan plastik, berikut penjelasannya.
  14. Kotak Besi, Jenis pertama adalah kotak besi, terbuat dari bahan plat baja tuang atau besi plat yang dibentuk dengan tekanan. Kotak ini masih umum dan dapat dipesan.
  15. Kotak Plastik, Jenis kedua adalah kotak plastik, terbuat dari bahan plastik khusus, yakni HDPE. Plastik ini tidak hanya kuat dan keras, tetapi juga tahan lama.

Tujuan Panel Listrik

Manfaat penggunaan panel listrik sangatlah luas, karena panel listrik memiliki peran krusial dalam mengendalikan aspek-aspek listrik secara keseluruhan. Bagian ini berfungsi sebagai titik akses langsung untuk mengatur aliran listrik ketika situasi yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga :  Arti Kode 9898 Pada Meteran Listrik dan Solusinya

Panel listrik juga dilengkapi dengan sistem otomatis yang beroperasi, sehingga jika terjadi konsleting di area tertentu, panel listrik secara otomatis akan memutus aliran listrik. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan yang lebih luas pada peralatan elektronik lainnya dan menghindari terjadinya korsleting yang lebih serius.

Fungsi Panel Listrik

Pada dasarnya, panel listrik memiliki peran penting dalam penempatan dan perlindungan komponen-komponen listrik dari potensi kerusakan yang bisa ditimbulkan oleh faktor lingkungan sekitarnya. Namun, fungsi panel listrik tidak terbatas hanya pada itu. Berikut adalah beberapa Fungsi Panel Listrik :

  1. Memudahkan Pengoperasian Perangkat Listrik
    Panel listrik menjadi titik kendali yang mempermudah operasi berbagai perangkat listrik.
  2. Pengaturan dan Kontrol
    Panel berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan pengaturan komponen-komponen listrik, memungkinkan mereka beroperasi sesuai dengan prinsip kerja masing-masing.
  3. Pengaturan Arus Masuk dan Keluar
    Panel mengatur aliran arus listrik masuk dan keluar dari perangkat dan sirkuit.
  4. Pengaturan Tegangan Listrik
    Panel juga bertugas mengatur tegangan listrik agar sesuai dengan kebutuhan perangkat yang terhubung.
  5. Distribusi Energi Listrik
    Panel membantu mendistribusikan daya listrik ke berbagai bagian yang membutuhkan.
  6. Pemantauan Konsumsi Daya
    Panel memungkinkan pengguna untuk memantau konsumsi daya yang digunakan oleh berbagai perangkat.
  7. Pencegahan Konsleting
    Panel membantu mencegah risiko konsleting dan gangguan lainnya dalam sistem listrik.
  8. Perlindungan Darurat
    Dalam kondisi darurat, panel listrik berfungsi sebagai alat perlindungan yang membantu menjaga keamanan.
  9. Indikator Operasi
    Panel memberikan indikasi visual saat perangkat listrik dalam operasi.
  10. Fasilitas Pemeliharaan
    Panel listrik membantu menyusun rangkaian listrik dengan rapi, memudahkan proses pemeliharaan dan perawatan.

Jenis-Jenis Panel Listrik berdasarkan Fungsinya

Beberapa jenis panel listrik yang umum digunakan diantaranya adalah panel distribusi listrik, panel transfer listrik, panel kontrol listrik, panel pembagi listrik, panel induksi listrik, dan panel kapasitor listrik.

1. Panel Distribusi Listrik

Kotak distribusi listrik merupakan varian kotak listrik yang berfungsi untuk menyalurkan energi listrik ke beberapa perangkat atau sirkuit listrik.

Kotak distribusi listrik sering digunakan di bangunan bertingkat maupun dalam lingkungan industri, berperan dalam mengatur serta mengalirkan aliran listrik dari sumber utama ke berbagai area dan perangkat listrik yang beragam.

2. Panel Transfer Listrik

Kotak transfer listrik adalah jenis kotak listrik yang berperan dalam mengalihkan pasokan listrik utama dari PLN ke generator atau UPS (Uninterruptible Power Supply) pada saat terjadi gangguan pada sumber listrik utama.

Kotak transfer listrik umumnya dipasang pada instalasi listrik yang kritis, seperti rumah sakit atau pusat data, untuk memastikan kelangsungan pasokan listrik yang tidak terputus.

3. Panel Kontrol Listrik

Panel kendali listrik merupakan tipe panel listrik yang berfungsi untuk mengatur operasi peralatan listrik maupun sistem otomasi.

Panel kendali listrik umumnya dipakai pada mesin-mesin industri atau sistem otomasi, seperti sistem pengolahan air atau pendinginan udara, guna mengontrol serta mengatur operasi peralatan atau sistem tersebut.

4. Panel Pembagi Listrik

Panel pembagi listrik ialah jenis panel listrik yang digunakan guna membagi daya listrik dari sumber utama ke beberapa lokasi atau beban listrik yang berbeda.

Panel pembagi listrik seringkali diterapkan pada bangunan gedung atau industri kecil demi mengatur serta membagikan pasokan listrik yang berasal dari sumber utama.

5. Panel Induksi Listrik

Panel kendali motor listrik merupakan tipe panel listrik yang digunakan untuk mengatur motor listrik, terutama motor listrik tiga fasa.

Panel kendali motor listrik kerap digunakan di sektor industri guna mengontrol serta mengatur operasi motor listrik yang dipergunakan dalam mesin-mesin atau sistem otomatisasi.

6. Panel Kapasitor Listrik

Panel kapasitor listrik ialah tipe panel listrik yang dipakai untuk mengatur faktor daya pada sistem listrik.

Panel kapasitor listrik dimanfaatkan pada sistem listrik besar, seperti pembangkit listrik atau instalasi industri, dengan tujuan mengatur faktor daya listrik dan meningkatkan efisiensi sistem listrik.

Saat memilih tipe panel listrik yang sesuai, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan serta karakteristik sistem listrik yang akan digunakan.

Baca Juga :  Cara Pasang Saklar Lampu Semua Jenis : Tunggal, Ganda dan Gantung

Pemilihan panel listrik yang sesuai akan meningkatkan efisiensi serta keselamatan sistem listrik tersebut.

Kesimpulan

Dalam merangkum ulasan dari empatpilar.com ini, pengertian panel listrik adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pusat distribusi tenaga listrik yang mengatur aliran listrik dari sumber ke berbagai titik beban atau pengguna. Panel listrik ini menjadi jantung dari sistem listrik di berbagai fasilitas dan gedung, mengendalikan dan memonitoring berbagai perangkat elektronik dan mesin.

Tanpa panel listrik yang efisien dan aman, kestabilan operasional sebuah bangunan atau industri bisa terganggu. Oleh karena itu, pemahaman tentang panel listrik, dari desain, instalasi, hingga pemeliharaannya, sangatlah penting untuk menjamin keamanan dan efisiensi energi. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam memahami lebih dalam tentang apa itu panel listrik dan bagaimana pentingnya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *